Thursday, November 27, 2008

Bye Bye Bali


Waktu berlibur di Bali dah habiiiss....
sekarang balik lagi ke Jombang. cari duit lagi, buat dihabisin lagi kalo liburan. hahahaha...
next stop: LOMBOK. (i hope so). amien amien amien.....
kapan ya, bisa ke lombok....

Read More...

Monday, November 24, 2008

DIVING For The First Time

Alhamdulillaaaaaaah...akhirnya kesampaian juga cita-cita diving ku!!!

di Bali, hari Sabtu kemaren... kami naik kapal Quicksilver dari Tanjung benoa, ke Nusa Penida. nah, kapal Quicksilver nih berlabuh di dermaga tengah-tengah laut, dekat sama Nusa Penida. dan di selama berlabuh itu, seluruh penumpang bisa melakukan banyak hal. beberapa pilihannya adalah jalan-jalan ke Nusa Penida melihat kehidupan masyarakat di sana sebagai petani rumput laut dan penangkar penyu, jadi bisa melihat penyu aneka ukuran dan berfoto sama tukik-tukiknya. bisa juga naik kapal selam yang samping-sampingnya ada kacanya, jadi bisa lihat aneka ikan yang sedang berenang. atau.... pilih snorkling, naik banana boat dan diving.

mau tau apa pilihanku?
Semuanya!!!
mumpung liburan. semuanya gratis, kecuali Diving. harus bayar sewa peralatannya 350.000 rupiah. kalo wisatawan luar negri tarifnya malah 50 US$. so, ngeluarin 350.000 itu mahal atau nggak, gak tau deh. yang penting keinginanku untuk bisa diving sejak bertahun-tahun yang lalu bisa terwujud.


dari sekian banyak aktifitas tadi, yang paling berkesan adalah Diving, ya jelaslah!!!. Subhanalah, ini pengalaman yang menakutkan sekaligus sangat menyenangkan!!!

sempat sombong sedikit. aku pikir, pasti gampang. kan aku sudah mahir berenang, aku pikir diving gak bakalan beda jauh gitu. ternyata....

Hahahahahahahahaa.......
SUSAH BANGET!!!

aku sama silvya dilatih dulu sama instrukturnya. dikasih tau alat-alat perlengkapan, fungsi dan cara penggunaannya. setelah itu kami diajari menyelam naik turun ke bawah. aku masih berpikir, "Ah, keciiil!"

dasar sombong, belom 5 menit menyelam, baru kedalaman 3 meter aku dah panik. hehehehehe.. sampe lupa cara bernafasnya. duuh, bodoh sekali deh!
biasanya kalo renang, gak pernah ada kekhawatiran takut tenggelam. lha yang ini... baru turun 3 meter, dada rasanya ditekan dari depan dan belakang, akibat tekanan air laut. belom lagi semakin turun ke bawah, maka telinga semakin sakit. emang sih diajarin cara mengatasinya....

tapi aku panik duluan.
sampe mas instrukturnya hampir habis kesabaran.
"Nyerah aja deh Mbak..." begitu sarannya.
Enak aja, nih jauh-jauh datang ke Bali, pingin Diving setelah sekian lama. sampe sini, aku gak mungkin nyerah!. trus aku nyemplung lagi... lagi dan lagi.....

kalo Silvy kayaknya lebih pinter deh...sekali nyemplung ke air...langsung nyelam dan gak naik-naik lagi. dia langsung bisa menikmatinya.
kalo aku... 3 kali naik turun...baru benar-benar bisa menyelam terus dan menikmati apa itu Diving...

so, beginilah aku... waktu masih dipegangin sama mas instrukturnya.

nah, kalo ini, masih di kedalaman 5 meter. sudah bisa dilepas, namun masih harus di dampingi sama mas instrukturnya.

dan ini Silvya, waktu ngasih makan ikan-ikan...

setelah benar-benar bisa, akhirnya mas instruktur mengajak kami berdua berkeliling sampai pada kedalaman 10 meter selama kurang lebih 30 menit. menyelam mengagumi keindahan dunia ikan...
mau tau rasanya?
MENAKJUPKAN karena... subhanallah, kita bisa melihat betapa indahnya kehidupan di laut. ribuan jenis ikan...mulai yang besar sampai yang kecil sekali, mulai yang tubuhnya cuman satu warna hingga yang seperti pelangi...bentuknya juga bermacam-macam. kita bisa bermain sama ikan-ikan... memegangnya dan berenang bersama. hebat kan?? belom lagi melihat terumbu karang yang bentuknya luar biasa indah, aneka rumput laut dan semua yang ada di dalam sana.... jadi makin mengagumi kebesaran Allah.
MENAKUTKAN karena.... awalnya rasanya dada nih ditekan, jadi sesak nafas, tapi gak bisa bernafas pakai hidung, harus pakai mulut. dan itu gak mudah,apalagi kalo pakai hidung, akibatnya bisa bahaya. trus semakin jika menyelam makin dalam, telinga akan semakin sakit. meskipun ada cara mengatasinya, tapi sakitnya gak bisa hilang 100%... dan semakin lama, kepala nih pening. dan itu bisa bikin kita panik.... soalnya di dalam sana, kita gak bisa ngomong, juga gak dengar apapun. hening!!! aku sempat berpikir tentang kematian di dalam sana....

Aah...
so, kesimpulanku, Diving itu sulit banget, sangat menyenangkan sekaligus teramat menakutkan.
tapi patut dicoba!
pasti akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan.
(keinginanku selanjutnya, yang belum terwujud... pingin nyobain parasailing.)

Read More...

Sunday, November 23, 2008

WELCOME TO BALI

Alhamdulillah, bulan ini Allah memberi kami banyak rizki. berupa kesempatan untuk liburan. menyenangkan sekali!!! setelah gratis ke Thailand, 4 hari pulang ke jombang, langsung berangkat lagi ke Bali. hehehehehee..... liburan teruuuus!!!

mampir sebentar di GWK...melihat sebagian Bali dari ketinggian. indah sekali... siapapun pasti akan mengaguminya. sungguh karya ciptaan Allah yang Maha Sempurna!!!

Liburan di Bali setelah dari Thailand... jadi makin cinta sama Bali. hehehehehee.... karena ternyata Bali jauh lebih indah dibanding Thailand!!! percaya deh!!!

aku sama Ibu di depan pintu hotel, pagi-pagi setelah jalan-jalan di Kuta.


dan senengnya lagi... liburan kali ini di Bali... bisa wisata kuliner sepuuuasnya!!! gak khawatir ada babinya, hehehehehe...
kayaknya berat badanku nambah nih...

Read More...

Thursday, November 20, 2008

Singgah di Pattaya

Sekarang aku ajak mengunjungi Pattaya yaa....

ternyata, pantai Pattaya yang konon katanya indah itu.... masih kalah sama pantai Kuta di bali. suasananya persis sama kuta. pantainya langsung di sebelah jalan, dan di sisi lainnya berbaris hotel-hotel dan pub-pub yang dipenuhi turis dan (maaf) PSK.

kalo dibandingkan dengan Kuta....
Pattaya jauh lebih sempit. selain itu, jarak antara jalan raya dan bibir pantainya juga lebih sempit. Kuta masih terbilang luas. lihat foto di bawah ini... pantai pattaya dipenuhi oleh payung-payung yang disewakan pedagang setempat. bayangin aja, payungny tuh benar-benar memenuhi pantai...lha kalo gini, mana bisa kita lari pagi atau jalan-jalan santai di sepanjang pantai.... kalo di Kuta, mau jalan jalan santai, lari pagi, atau membangun istana pasir... pantainya masih luas. gak masalah.

ombaknya juga...biasa aja. pagi itu, sekitar jam 7 waktu setempat, aku tidak menemukan turis yang jalan-jalan atau berselancar. beda banget sama Kuta, pagi-pagi jam setengah enam aja dah rame. banyak turis yang lari pagi, juga ada yang berbikini siap berenang, ada pula yang berselancar.

tapi kalo mengenai kebersihan sih.... Kuta kalah sedikit sama Pattaya!

Pagi itu, sebelum sarapan, kami berniat jalan-jalan ke Pattaya. ternyata sepi... belom ada orang.

Nih, lihat jalan di sepanjang pantai Pattaya. bener kan? kayak di Kuta...

jalannya sempit, persis jalan di depan Kuta gitu deh. dan jalannya juga selalu rame.. persis juga sama Kuta kan?


Hotel dan aneka tempat hiburan bisa ditemui di sepanjang jalan itu...

Oh ya, ternyata...di Thailand tuh mirip banget sama di Bali. di setiap rumah, kantor, hotel, sekolah, apapun itu... selalu memiliki tempat pemujaan di bagian depannya. lengkap dengan bunga-bunga dan sesajen. seperti yang terlihat di belakangku itu...

Nah, ini hotel tempat kami menginap. berada persis menghadap pantai. hotelnya sungguh unik, karena bangunannya berbentuk kapal. trus konsep nya serba kapal juga. mulai bellboy, sampai resepsionis nya semua berkostum ala awak kapal. jadi setiap saat serasa bertemu Popeye gitu deh... dan interior kamarnya juga serasa berada di kapal. sip deh pokoknya...

Pas jalan-jalan... ketemu sama Aksorn Institute of Technology Pattaya. hehehehe... mungkin ini ITS atau ITB nya Thailand ya... sayang, waktu itu pas hari sabtu. jadi kampusnya sepi.


nah, kalo yang ini... contoh Ruko nya Thailand. gak jauh beda sama kita ya...


oya, hampir lupa. di Thailand, susah banget nemuin resto yang menyajikan makanan BENAR-BENAR halal. karena orang thai pemakan Babi... jadi kebanyakan masakannya pakai daging babi. dan beberapa hari di Thai, kami kurang menikmati kekayaan kulinernya. karena terpaksa hanya makan nasi dan telur. yah, apa boleh buat....
sampai akhirnya, kami menemukan restoran muslim. Alhamdulillah....
baru kali itu, kami makan sepuasnya tanpa rasa was-was.

Read More...

Wednesday, November 19, 2008

SAVE OUR TRADITIONAL DANCES

Setelah Malaysia 'nyolong' Reog Ponorogo, Batik, Lagu Rasa Sayange, dan lain-lain....
setelah Tempe dicuri jepang....
jangan sampai kesenian tari-tarian yang lain dari bangsa kita di curi bangsa lain!!!



pernah lihat tarian semacam ini kan?
aku yakin, aku pernah melihat tarian seperti ini di Indonesia....
tapi aku lupa, berasal dari provinsi apa. ada yang bisa membantuku mengingat?

ada dua orang memegang dua batang bambu yang digerak-gerakkan merapat dan melebar. kemudian satu atau dua penari menari loncat-loncat di sela-sela bambu yang digerak-gerakkan tadi, dengan gerakan yang dinamis dan lincah, meskipun bambunya bergerak cepat, kaki sang penari tidak terjepit... dan tidak jatuh terjungkal.

Tarian yang ini...
aku melihatnya di Nongnoch Cultural Village, Thailand!!!

apa yang harus kita lakukan???
kita gak bisa diam aja kan???



Read More...

Tuesday, November 18, 2008

Alcatraz Show in Pattaya

Begitu tiba di Pattaya, kami langsung ke sebuah gedung pertunjukan Alcatraz. rame banget... aku heran. padahal, Alcatraz Show ini adalah sebuah pertunjukan (semacam operet) yang semua pelaku seni nya adalah waria. kebanyakan mereka telah menjadi transgender (sudah operasi kelamin, sehingga TOTAL jadi perempuan). namun ada beberapa waria yang belum melakukan operasi karena masih dalam rangka mengumpulkan uang untuk operasi kelamin. yah, maklum lah, biaya untuk melakukan operasi semacam itu kan gak sedikit.

apa sih yang menarik dari sekedar "menonton" waria menyanyi dan berakting?
ternyata..... pertunjukannya keren sekali!!! awalnya, pertunjukan dibuka dengan tarian dan lagu-lagu tradisional Thailand. kostum para pemainnya sungguh luar biasa. Niat banget deh! dandannya pol abis! juga settingnya... belom lagi lightingnya... semuanya luar biasa.

tapi yang PALING LUAR BIASA adalah para waria itu sendiri. seumur hidup, aku belom pernah melihat waria secantik itu!!! kulitnya putih bersih dan muluuus sekali, tinggi dan langsing, paha dan betisnya kecil, lengan nya juga kecil, jari-jarinya sungguh lentik!!!
perutnya rata, sementara pinggul dan pantatnya montok!!!
payudaranya apalagi!!!! sungguh menakjupkan!!!


pertunjukan kolosal ini membuatku terkagum-kagum. dari tarian dan lagu tradisional, mereka beralih pada kostum ala penari-penari las vegas.... mirip juga sama Moulin Rouge-nya Nicole Kidman... hhm, kalo dibandingin sama Nicole Kidman, mungkin gak beda jauh cantiknya!!!

mereka menampilkan banyak scene yang berbeda-beda. mereka juga membawakan lagu-lagu dari negara-negara lain, karena penontonnya adalah turis dari berbagai negara. ketika lagu india dinyanyikan, seluruh turis india berdiri dan ikut menyanyi sambil berjoged, gemuruh sekali. ketika lagu korea dinyanyikan, para turis korea juga ikut bernyanyi. sayang, tidak ada lagu indonesia dalam pertunjukan itu....


tuh lihat bentuk kakinya!!! bagus sekali kan??? sayang, waktu itu, gara-gara kami datang terlambat, jadi nonton di lantai atas. ngambil gambarnya jadi susah, gak jelas gini. selain itu, mereka gerak-gerak terus, jadi makin susah ngambil gambar yang sip. padahal aku pingin nunjukin betapa cantiknya mereka....


termasuk yang ini....
semoga ini gak termasuk pornografi. hehehehehe....
dalam adegan yang ini, seluruh pemainya topless. tapi pake bodypainting, jadi gak kelihatan banget topless nya.
astaghfirullaaaahhh.....
di Thailand, yang merupakan surganya para waria, pertunjukan semacam ini banyak sekali. mulai yang terbilang sopan seperti Alcatraz ini, sampai yang benar-benar "gak sopan". semuanya legal. dan pemerintah Thailand sangat mendukung pemberdayaan waria dalam hal ini. gak tau deh, harus ngomong apa lagi...
di pattaya, di jalan-jalan.... berseliweran PSK-PSK cantik dan sexy.... susah membedakan, mana yang waria, dan mana yang asli perempuan. gila deh... sampai sekarang aku gak habis pikir, kok ada waria yang secantik itu. benar-benar sempurna tubuhnya!!! jadi iri juga, yang perempun asli aja kok ya gak secantik itu... hehehehehe....

dunia emang aneh bin ajaib.
makin edan!!!

Read More...

Monday, November 17, 2008

Durian Bangkok Uenak Tenan!!!

masih di hari yang sama....

di Thailand aku menemukan makanan yang aneh (menurutku), yaitu rujak pepaya. rasanya masam sekali karena banyak cuka-nya. kayaknya sih, pepaya yang masih muda, diiris tipis panjang-panjang, trus dicampur sama cuka dan beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang bombai dan cabai, trus di campur sama selada dan kacang. rasanya lebih mirip acar daripada rujak.
karena rujaknya terlalu masam, aku lebih milih untuk makan seladanya aja. soalnya seladanya benar-benar cantik, menggoda iman!!! hijaunya.....bentuknya yang bagus.... i love selada!!!

yang paling menggemparkan emang duriannya!! durian bangkok tiada duaya deh! sumpah... ukurannya super gedhe, dagingnya tebal, bijinya kecil, rasanya mantap banget!!! tuh lihat, ukuran durian sama ukuran kepala adikku, lebih besar duriannya. hehehehe


menggiurkan sekali kan?


oh ya, cara orang thailand membelah durian ternyat berbeda dengan kita. aneh sekali deh, bikin aku terkagum-kagum. nih orang membelah durian atau membelah ikan (kayak fillet)... kok gampang banget kayaknya. mungkin sebaiknya pedagang durian di Indonesia harus berguru ke pedagang thailand mengenai cara membelah durian.


trus, aku juga menemukan buah yang aneh di perkebunan durian itu. pingin banget tanya sama petani di situ, buah apaan nih. sayang petaninya gak ada yang bisa bahasa inggris.

Malemnya, Ibuku yang pecinta buah-buahan berburu buah-buahan di pedagang kaki lima. kalo masalah ini, kayaknya Thailand sama dengan Indonesia. banyak pedagang kaki lima di pinggir-pinggir jalan, sehingga meusak pemandangan kota.
dan, wujud pedagang kaki lima nya sama juga dangan yang di sini. gak jauh beda kok!

Read More...

Saturday, November 15, 2008

Jalan Jalan ke Kuil

Hari ini acaranya jalan-jalan ke Kuil, menyusuri sungai ChaoPhraya....

Kuil di THAI beda dengan Candi di Indonesia. seperti yang satu ini contohnya. kalo bentuknya sih mirip-mirip ya, sama-sama stupa gitu. cuman bahannya aja yang beda. kuil yang ini seluruh permukaannya dipenuhi keramik/porcelen. warna-warni jadi indah sekali.
(Tapi jangan khawatir...candi-candi kita jauh lebih menakjupkan! Prambanan, Borobudur... masih lebih bagus!!)

waktu aku lagi memfoto adikku, di belakang ada rombongan turis dari USA. seorang wanita menyeletuk "Wow, beautiful". aku menoleh, ternyata wanita itu menatapku. hehehehe, aku jadi GR banget. ternyataaa..... dia mendekatiku, dan langsung memegang bajuku dan berkata "This is very beautiful. Made in Thailand?"
Oalaaah... hehehehehehehe.... gak jadi GR.
tapi gak papa, aku langsung bangga pakai batik. "This is Batik, from Indonesia"
setelah itu aku mempromosikan Batik dan Indonesia. kebetulan, setelah dari Thailand, rombongan itu hendak menuju Bali. Dia berniat akan membeli banyak Batik di Indonesia. selesai ngobrol, kami pun berfoto bersama.
ada kuil yang indah... di seluruh dindingnya terdapat lukisan yang bercerita tentang kehidupan Buddha. gaya lukisannya, pewarnaannya... indah sekali.
(tapi, sekali lagi... kekayaan budaya kita jauuuuh lebih indah kok! tinggal kita aja yang harus pintar-pintar "menjual" ke turis asing...)

berpose di salah satu sudut kuil.

bisa lihat kan? kuilnya warna-warni......

Read More...

Thursday, November 13, 2008

Ke Thailand


Nona pingin belajar baca huruf Thailand. hehehehe....

Silvya mengamati suasana di Bandara


Aku dan Ibu, di depan Tempat Penghormatan bagi Kakak Raja, yang dikremasi tanggal 15 november. hampir di seluruh jalan-jalan di Thailand banyak dipasang foto-foto kakak Raja sebagai penghormatan terakhir. Kakaknya Raja tuh perempuan yang fotonya kelihatan di belakang itu...

Berkunjung ke Thailand dari tanggal 13 sampai 16 november. pertama menginjakkan kaki di Bandara, yang menarik perhatian emang tulisannya. huruf Thailand mirip sama huruf jawa ya...
Ternyata, Thailand masih kalah sama Indonesia. bukan karena aku orang Indonesia, namun memang kenyataannya...Indonesia (sebenarnya) jauh lebih bagus dan lebih kaya dari Thailand. (juga dari Singapore dan Malaysia). sayangnya, pemerintah kita kurang bisa mempromosikan pariwisata indonesia.... Pemerintah kita tidak pandai menjual pariwisata "Indonesia" seperti halnya pemerintah Malaysia menjual pariwisatanya.

Read More...

Wednesday, November 12, 2008

Video Mesum Jombang

Tadi malam, nonton berita di tvOne, tentang beredarnya video mesum di kalangan pelajar Jombang, dengan actor Jombang pula… cukup membuatku kaget. Wah, nih mengerikan sekali. Masyarakat pasti belom lupa pada kasus pembunuhan yang dilakukan Ryan, sekarang ada lagi yang bikin Jombang lebih terkenal. Video Mesum… ck ck ck….

Paginya, ketika aku membersihkan toko dengan tiga pegawaiku, aku menceritakan kekagetanku tadi malam pada mereka. Dan lebih kaget lagi, ketika tiga pegawaiku, malah menertawakanku.

“Ya Ampun Mbaaaak!!! Ndak cuman itu. Sebelumnya sudah banyaaak!”
“Loh? Loh? Ya video porno memang banyak. Tapi yang Jombang kan baru ini..”
”Nggak laah…. Sampeyan aja yang gak tau. Nih aku punya, video SMA A, trus nih ada video SMA B, yang SMP juga ada… mahasiswa juga ada. Mahasiswa sama dosennya, mahasiswa sama temannya. Lengkap pokok e wes!!”
“HAH??? Jombang??”
“Iya, arek Jombang semua… aku punya semua videonya. 10 lebih ada! Sudah lama Mbak. Sampeyan minta ta? Kalo minta tak kirim pake Bluetooth ya?”

Wah Wah Wah…. Aku cuman geleng-geleng kepala.

Nih aku yang kuper, aku yang bodoh, aku yang ketinggalan jaman, aku yang terlalu menutup mata… atau aku gak mau tau keadaan sekeliling ya?Sebegitu parahnya kah anak muda kita sekarang???

Disinyalir terdapat 500 lebih cuplikan film porno yang menggambarkan hubungan sex orang-orang Indonesia yang dibuat dengan menggunakan Handphone dan Video Kamera. 90% adegan cuplikan film porno dilakukan oleh anak muda SMA dan Mahasiswa. 8%nya berasal dari rekaman prostitusi, para pejabat negara dan pemerintah (DPR dan Pegawai Negeri). 2%nya adalah cuplikan kamera pengintai yang mengambil gambar para wanita-wanita muda yang sedang bugil tanpa sadar di toilet ataupun di kamar hotel.
sumber : www.janganbugildepankamera.org

Read More...

Tuesday, November 11, 2008

Ibu yang Menangis...

Jemaah haji kloter 25 dan 26 dari Jombang akan berangkat ke Arab Saudi tanggal 12 November. Dan dua hari ini, penjualan karpetku alhamdulillah sedikit meningkat. Kalo pada hari biasa yang paling laku karpet ukuran sedang, dua hari ini yang paling laku adalah karpet berukuran besar. Rata-rata, mereka membeli karpet besar untuk acara syukuran menjelang keberangkatan haji.
Dan kemaren ini, ada seorang pembeli yang menarik perhatianku.

Sepasang suami istri sudah agak tua, sekitar 55-60an gitu deh, ditemani seorang anaknya, pemuda berbadan tinggi besar, kulitnya legam, dengan potongan rambut cepak. Aku rasa dia bukan tentara, karena perutnya buncit (hehehehe....). Mereka langsung ke belakang untuk memilih karpet yang berukuran besar. Dari jauh aku melihat mereka tampak bingung menentukan pilihan, lalu aku menghampiri sang ibu. Aku mulai bertanya, karpet yang bagaimana yang diinginkan, tentang warna dan ukuran, juga tentang estimasi harga sesuai kebutuhannya. Kemudian Sang Ibu mulai bercerita sementara sang bapak dan anaknya masih tampak bingung memilih.

“itu anak saya Mbak, yang nomor 2. dua hari lalu baru pulang dari Jakarta, bilang kalo pingin ngajak saya sama bapak keluar jalan-jalan. Bapak Ibu pinginnya apa, nanti dia yang traktir. Gitu katanya…..”

“Wah…. Hebat sekali Bu, anaknya….”

“Ya alhamdulillah…. Besok kan mau ada syukuran di rumah,saya sama bapak mau berangkat haji, ya saya minta karpet aja. Soalnya karpet di rumah itu kecil-kecil, sudah jelek. Ya trus ini, langsung di antar ke sini. Disuruh milih karpet. Katanya terserah Ibu Bapak. Tapi kalo saya ya terserah anaknya aja, mau belikan yang mana…. Sudah dibelikan aja rasanya sudah suuueneng!”
“Iya ya Bu…. Saya bisa bayangin, gimana senengnya…”

“Trus katanya lagi, nanti sepulang dari haji, dia mau beliin mobil buat Bapak Ibu. Gitu….”

Mata sang ibu tampak berkaca-kaca, menyertai senyum yang penuh bangga.

Subhanallah..... aku iri!!! aku belom bisa membuat Ibuku menangis seperti itu.... aku belom pernah membuat Ibuku bangga.....
hik hik hik.... jadi pingin nangis.....

Read More...

Monday, November 10, 2008

Tour de Mekkah 1956

Beberapa hari yang lalu, saudara sepupuku mengundang kami sekeluarga untuk datang pada acara syukuran, karena dia akan berangkat haji. dan yang lebih menyenangkan lagi, berangkat hajinya GRATIS. enak sekali yaa... itu karena sebagai dokter, dia mendapatkan tugas untuk mendampingi satu kloter selama ibadah haji. hhm, kalo dipikir-pikir, pasti dia dapat pahalanya dobel. satu karena sudah melaksanakan haji, dua karena dia merawat para jemaah haji selama melaksanakan ibadah hajinya. bukankah itu luar biasa? bikin iri aja!!

dan... beberapa hari ini, dagangan karpetku lumayan laris (meskipun tidak selari menjelang lebaran kemaren) karena banyak orang yang mau berangkat haji, membeli karpet. ada yang beli karpet untuk acara syukuran sebelum dan setibanya dari haji, ada pula yang beli karpet itu oleh-oleh, mengingat akan sangat merepotkan jika harus membeli karpet di sana. setiap aku tanya mereka, tentang persiapan ibadah hajinya, mereka selalu bercerita dengan suka cita. aduuuh, aku makin iri aja. pingin berangkat haji lagi.....

trus aku ingat sama email dari temanku, tentang suasana haji di mekkah tahun 1956. belom ada yang lahir kan?? ibuku aja tahun segitu belom lahir! hehehehehehe....
foto-foto ini di muat di majalah National Geographic tahun 1956. sayangnya, temanku tidak menyertakan keterangan lainnya tentang masing-masing foto. but thats fine, foto-foto di bawah ini sudah cukup jelas kok....

So, silahkan menikmati tur kembali ke masa lampau Mekkah tahun 1956.


ini majalah National Geographic nya. Terbitan Amerika.
sayang, gak diketahui, nama penulisnya. amerika asli atau keturunan timur tengah. soalnya kan, untuk memasuki tanah haram, (mekkah, Madinah, dll) haruslah orang muslim. selain Muslim dilarang masuk.


Sepertinya ini lapangan terbangnya. hehehehe, pingin ketawa ya... sederhana sekali. airport nya pake landasan tanah. lihat tuh pesawatnya juga kecil sekali.


Kalo ini, melihat dari pakaiannya, berarti mereka masih dalam keadaan ihrom. jadi mungkin di Arafah. sedang wukuf. bayangkan kalau semua jemaah haji harus memasak sendiri pakai kuali dan kayu bakr seperti itu? ribet banget kan?
jaman sekarang sih, semua sudah pakai jasa catering. jemaah haji tinggal duduk manis, fokus pada ibadah, gak usah mikirin acara masak-memasak. sip kan? Alhamdulillaaaah.....beruntung banget kita hidup di jaman sekarang ya....


Nah, ini lokasi untuk melontar jumroh. ada tiga sumur/lobang. gak tau deh, yang di foto ini, lobang yang man, yang ula, wustho, atau aqobah. tapi yang pasti, aku bisa bilang kalo "Kok sepi sekali ya?"
kalo dibandingin jaman sekarang nih, waduuuh, berat banget!! melempar jumrah adalah bagin terberat dari serangkaian ibadah haji. karena medannya yang kurang bersahabat, panas dan teramat sangat penuh sesak. jadi untuk melempar di satu lobang saja, perjuangan yang teramat berat. apalagi harus 3 lobang.
kalo yang ini nih.... gampang banget ngelempar batu-batunya. lha wong sepi banget gitu...

ini suasana penjualan hewan qurban. hhm... hewan qurbannya sangat sedikit ya. pembelinya juga sedikit. sama kayak di Indonesia.
kalo sekarang, penjualan hewan qurbannya persis pasar grosir internasional. banyaaaaaaak dan besaaaaaaaaaaar tempatnya. hewannya juga banyaaaaaaaaak....banget!!! jangan tanya pembelinya!! super banyaaaaaaaaaaaaaaaaak pokoknya. asyiknya lagi, pembelinya dari berbagai bangsa. ada yang rambutnya kuning, hitam, coklat, putih... kulitnya juga macem-macem. tawar-menawarnya? pakai bahasa isyaratlah...!!! hehehehe


nih dia yang lucu... hewan kurbannya masih diangkut pakai keledai!!! wow, kayak sedang membaca cerita abunawas dan keledainya ya.... heheheheheh
sekarang mana ada yang mengangkut daging kambing qurban pakai keledai?
daging qurban dari Mekkah, disalurkan ke negara-negara miskin di Afrika yang rakyatnya kelaparan. ya jelas pakai pesawat, truk, mobil...apa aja deh. yang pasti bukan keledai.

ini juga bikin iri nih....
sepi banget soalnya!!! jadi pingin kembali ke masa lampau. biar bisa sholat dekat ka'bah dan mencium hajar aswad sepuasnya ya....
lihat tuh, masa yang sholat cuman 2 atau 3 shof saja?
sekarang? jangan tanya deh!!
hari-hari biasa saja penuh. ramadhan penuh sesak. musim haji malah luar biasa banyaknya manusia yang "mengerumuni" ka'bah. Masjidil haram 3 lantai penuh semua. itu belum termasuk manusia yang gak kebagian tempat, sehingga harus sholat di luar masjid, di jalan-jalan...
Subhanallah... Tidak ada yang patut disembah selain Engkau, Ya Allah...

Oya, coba lihat lantainya!!!
dan lihat bangunan-bangunan di sekitar ka'bah.
masih sangat sederhana ya??
sekarang, Masjidil Haram merupakan Masjid terindah di dunia. Masjid Qubah Emas yang sedang di bangga-banggakan itu, gak ada apa-apanya....
dan di sekitar masjidil haram, dikelilingi oleh hotel-hotel berbintang yang tinggi dan megah, yang setiap tahun dipenuhi oleh jemaah haji berkocek tebal. karena semakin dekat hotelnya dengan masjidil haram, semakin mahal pula tarifnya.
Ya iyalah... bayangkan saja, dari jendela kamarmu, kamu bisa melihat ka'bah.
Allahu Akbar!!!! itu adalah pemandangan paling indah yang pernah kulihat.

yang Hitam itu Ka'bah. dan pagar putih sebahu itu, adalah Hijr ismail. bentuknya setenga lingkaran. kata Nenekku, ketika kami sholat di sana, itu dulunya adalah tempat Ibrahim merebahkan Ismail untuk disembelih. Subhanallaaaah.....
dan bangunan di tengah itu, yang ada kubahnya...sayangnya aku gak tau. soalnya itu sudah gak ada lagi.


kalo ini... aku gak tau juga! heheheheh
ini mungkin suasana di sekitar masjid. soalnya selain di kelilingin oleh hotel, masjidil Haram juga dekat sama pasar. jualan apa aja. mulai pernak-pernik haji, makanan, macem-macem deh.... dan selalu ramai.
tapi pasar yang sekarang, jelas wajahnya sudah gak seperti pasar tradisional lagi. kebanyakan sudah berubah jadi MALL. bersih, ber-AC.... ya persis kaya mall-mall di sini lah.

sepertinya ini adalah salah satu pintu masjidil haram. setiap pintu ada namanya masing-masing, aku gak hafal. yang bikin aku hafal, cuman dari warnanya aja. hehehehe, kayak orang buta aksara ya... menghafal sesuatu dari warnanya.
pintu masjidil haram yang sekarang, sengat megaaah dan luar biasa besar. ada tulisan arab, dan tulisan inggris, dan tulisan apalagi yaa... aku lupa.selain itu ada nomor nya juga. daan... tulisan pada setiap pintu itu bermacam-macam warnanya. tidak ada yang sama. mungkin itu juga untuk memudahkan jemaah haji yang buta aksara. hehehehehe......(termasuk aku dong...)


kalo ini sih sekumpulan jemaah haji muda yang sedang istirahat dengan menikmati Sisha (nulisnya bener gak ya?), rokok khas turki itu lhoo...


ini suasana pelabuhan kapal para jemaah haji yaa...
oya, nenekku dulu pergi haji kalo gak salah tahun 69 atau 70 gitu deh, naik kapal lho!! perjalanan berangkat dari indonesia sampai ke arab memakan waktu satu bulan. trus menetap di sana satu bulan.trus bali lagi ke indonesia naik kapal lagi, satu bulan lagi. jadi totalnya 3 bulan.waduuh.... benar-benar berat tuh!!


Nah, ini dia yang aku bilang tadi. karena ini adalah tanah suci... yang di sucikan.... maka non muslim dilarang masuk.
kalo sekarang sih, tulisan peringatan akan larangan itu jauh lebih bagus dan permanen. gak kayak di foto itu...hehehehe, kayaknya pakai triplek seadanya, trus ditulisin sebisanya. heheheheh...lucu ya...
Oya, di setiap pintu masuk menuju tanah haram, bakalan ada pemeriksaan paspor. ya itu tadi, untuk menyaring orang yang masuk ke tanah haram.

ini nih, suasana Wukuf di arafah. dan orang-orang yang mendaki di bukit itu, itu pasti jabal rahmah.
Oya, lihat tenda-tenda di kejauhan itu?
dah banyak ya.... kalo yang sekarang, jauuuuuuuuuuuh lebih banyak lagi. canggihnya, tendanya semi permanen, dan tahan api!!! hebat kan??

nah nih gak tau lagi... siapa ya dia? ada yang kenal???
mungkinkah dia jurnalis penulis laporan haji untuk National Geographic waktu itu ya?
siapapun dia, semoga anda masuk surga ya pak..


Wah, kalo ini sih gak berkomentar deh.
propaganda amerika...
coca cola kan brandingnya amerika banget gitu.
tapi kalo aku lihat sih, di sana lebih banyak Pepsi daripada CocaCola. kebalikan sama di sini.

ini acara Tahalul. mencukur rambut setelah menuntaskan haji. sederhana sekali yaa...
kalo jaman sekarang, dah muncul banyak barber shop di sekitar tempat jumroh. alatnya juga canggih, pakai pencukur elektrik gitu, jadi jauh lebih cepat. soalnya yang antri di cukup banyaaaaak sekali.
Alhamdulillah...
sekian Tur kita hari ini teman-teman.
semoga bermanfaat dan bisa menyenangkan teman-teman semua.
karena sangat menyenangkan bagiku melihat foto-foto haji masa lampau itu, untuk pembelajaran kita, supaya kita bersyukur dan sekaligus nostalgia juga.
semoga.....secepatnya kita bisa menjadi tamu Allah lagi.
Amien...
(besok, mungkin aku mo posting sedikit foto Mekkah jaman sekarang sebagai perbandingan, kalo gak lupa. ingetin yaa.....)

Read More...