Saturday, October 31, 2009

Another Side of JiuZhaiGhou

danau ini... (lupa namanya, karena saking banyaknya!) termasuk salah satu danau yang paling bagus diantara 108 danau yang ada di JiuZhaiGhou. waktu kami kesana, ternyata banyak sekali couple yang sedang melakukan pemotretan untuk pre-wedding. kira-kira ada 6 atau 8 couple. semuanya cantik-cantik, sudah pake gaun pengantin. kebanyakan memilih model kemben. lucunya... setelah di foto, ada asisten yang siap sedia memegang jaket. maklum...kan dingin banget. begitu satu pose selesai, asistennya langsung memakaikan jaket tebal ke bridenya. begitu mo take pose yang kedua, jaketnya dilepas lagi. hehehehe... semoga para bridenya gak masuk angin ya.. hhihihihi
kalo yang ini, salah satu danau yang terluas dan terbesar. airnya tenang. dan tidak begitu bening. dasarnya juga gak kelihatan. tapi jangan salah, kebersihannya tetep terjaga. keistimewaannya... danau ini berdempetan langsung dengan tebing. dan di sepanjang sisi tebing itu... dibangun jalan (semacam trotoar) dari kayu. bisa lihat kan? untuk para pengunjung yang berjalan kaki. nyaman dan aman!!!

kalo ini... pusat oleh-oleh. kebanyakan yang dijual adalah kerajinan dari 9desa di lembah JuiZhaiGhou. pernah-pernik macem-macem lah. yang paling bagus menurutku adalah topi bulu khas mongolia itu. mahal sih, soalnya bulu domba asli.


beginilah bentuk salah satu halte bus di lembah JiuZhaiGhou. tentu saja bukan sembarang bus. Bus khusus yang BBMnya ramah lingkungan, karena pengelola taman nasional ini tidak mau JiuZhaiGhou tercemar polusi kendaraan bermotor. busnya nyaman... bersih. selalu ada toilet, meskipun toiletnya jorok banget!!!



Nah, kalo yang ini... salah satu kantin di Juizhaighou. sebenarnya cuman ada 2 kantin, dan keduanya dikelola oleh pemerintah daerah setempat. tidak ada pihak swasta yang diijinkan untuk membuka usaha di taman nasional ini. mungkin untuk melindungi segala sesuatu nya kali ya....
lihat deh, betapa impianku jadi nyata. makan sambil menatap pohon yang daunnya kuning? pohon warna-warni...... wah wah wah, subhanallah banget!!!!!! alhamdulillah, bersyukur tiada terkira!

di belakangku itu... namanya pearl lake. disebut danau mutiara karena air beriak tanda tak dalam, hehehe... karena gemericik airnya itu menimbulkan buih-buih putih seperti mutiara. dan danau mutiara ini...terletak di puncak tebing, dan di ujungnya...jatuh ke bawah jadi air terjun. bagus sekali deh pokoknya!!!

pantas saja kalo Unesco menetapkan JiuZhaiGhou sebagai warisan dunia. top abiessssss!!!!

Read More...

Thursday, October 29, 2009

The Beauty of JiuZhaiGhou

lihat warna airnya!!!! indah banget kan?? warnanya emang asli gitu, tanpa rekayasa. takjub sekali aku dibuatnya.....
JiuZhaiGhou.... tau gak bacanya apa? orang-orang menyebutnya "CUCAIKO". beda banget ya??

JiuZhaiGhou masih di wilayah propinsi Sichuan, disebut juga lembah sembilan desa. di dalamnya memang masih ada 9 desa yang masih tradisionil, belum banyak tersentuh hal-hal yang bersifat modern. Lembah ini luas sekali. gak cuman satu gunung. tapi bergunung-gunung. berbukit-bukit. yang membuat JiuZhaiGhou begitu istimewa adalah karena taman nasional ini memiliki 108 danau. YUP..SERATUS DELAPAN DANAU!!!!! dan setiap danaunya memiliki ciri khas masing-masing, termasuk keindahan yang tiada duanya.

bertualang di JiuZhaiGhou tidak mungkin cukup hanya dalam satu hari. karena lokasi yang begitu luaaaaaaaaaas.... dan bagitu banyak danau indah yang dikunjungi. tapi tenang saja, pengelola taman nasional ini sudah mempersiapkan segalanya. segala kebutuhan turis... lengkap deh!!! dari satu danau ke danau yang lain, lokasinya cukup jauh. bisa ditempuh dengan jalan kaki menyusuri lembah... tempat jalan kakinya sudah nyaman banget!!! kalo gak mau jalan kaki, sudah puluhan bus yang selalu beroperasi, dan berhenti di setiap danau. sip kan??

hebatnya lagi, seluruh armada bus yang beroperasi mengantarkan pengunjung mengunjungi setiap danaunya itu... adalah bus yang ramah lingkungan. itu karena taman nasional JiuZhaiGhou ini sudah ditetapkan sebagai warisan alam dan budaya oleh UNESCO. jadi dijaga bener-bener nih sama pemerintah China maupun Unesco.

apa lagi yang membuat JiuZhaiGhou begitu special???
JiuZhaiGhou mewujudkan impianku!!! bertemu pohon yang daunnya warna-warni. lihat foto di bawah ini. indah sekali kan gunungnya??? so colorful.... impian jadi nyata banget deh...


dari 108 danau... semuanya berair jernih. saking jernihnya... kita bisa lihat apa yang ada di dalam danau...termasuk dasarnya juga. kelihatannya sih gak seberapa dalem... tapi ternyata... rata-rata danau disana memiliki kedalaman hingga 30meter.


lihat air yang begitu jernih...kepingin nyemplung... berenang!!! hahahahaha... tapi karena ini taman nasional yang well protected banget, gak boleh ada pengunjung yang berenang. bahkan penduduk asli yang berasal dari 9desa itu pun sudah gak boleh lagi berenang di danau.



satu hal yang aneh... dari 108 danau itu... cuman satu danau yang ada ikannya. gak tau kenapa.


foto yang paling bawah ini... dibelakangku itu Danau Mirror. disebut danau cermin karena airnya kayak cermin. lihat deh... garis horizontal di bagian bawah gunung. persis cermin kan???


kami sangat beruntung, hari itu cuaca sangat bersahabat. cerah.... gak ada hujan salju seperti sebelumnya. dan yang lebih beruntung lagi... pohon-pohon berwarna-warni mulai gugur daunnya. wah, sungguh pemandangan yang indahnya tak terlupakan.


Alhamdulillah.

Read More...

Wednesday, October 28, 2009

Welcome to HuangLong

Senin, 19 Oktober 2009. Kali ini kami berlibur ke China bagian utara. tepatnya di Huanglong. termasuk pedalaman sih. penduduknya masih berternak. tidak ada sayur mayur, heran juga. padahal daerahnya dingin banget. 4300meter di atas permukaan laut. desa-desanya masih alami. arsitektur rumahnya saja masih unik. termasuk juga orangnya. nih lihat:

sejak HuangLong ditetapkan sebagai taman nasional, penduduk di sekitar mendadak menjadi pendagang barang seni atau kerajinan khas daerah mereka. contohnya taplak meja, selimut, pashmina, sarung bantal, topi bulu domba, jaket bulu bison, dan lain lain. bagus ya??

dalam perjalanan menuju taman nasional HuangLong, kami bertemu hujan salju di puncak gunung. berhentilah kami untuk foto-foto. kebetulan ada 2 boneka salju. kalo dilihat-lihat... ibu dan aku kok persis sama boneka salju itu ya? induk dan anaknya! hahahahaha
satu impian sudah terwujud!! ketemu salju!!!!
ternyata super dingin ya? waduh.... kata tour guidenya, ketika dulu hendak berangkat, dia memperkirakan suhu di China paling rendah berkisar 18 derajat celcius. karena saat ini masuk musim gugur, bekum masuk musim salju.
ternyata eh ternyata....
musim salju datang lebih cepat dari perkiraan!!!
kami pun kedinginan!!!!
aku cuman bawa satu sweater. dan itu gak cukup untuk menghangatkan badan. terpaksa deh beli jaket tebal warna biru itu. lumayan mahal, soalnya belinya di taman nasional. di tempat wisata. jadi... harganya lebih tinggi daripada pasar biasa. mo gimana lagi? daripada beku?? jadi balok es??? hahahahahahaa




sampai di HuangLong Park...ternyata hujan saljunya gak berhenti juga. wuih makin dingin aja!!!

begitu ketemu pohon yang daunnya merah.... wuuuuaaaaaaah senengnya aku!!!! mo foto-foto, gak tahan dinginnya. jadi foto cuman sekali aja. hujan saljunya makin deras!!!




Taman Nasional HuangLong ini terletak di puncak gunung... di tengah hutan.... isinya?? cuman air. hahahahaha..... air terjun sih. bagiku biasa aja. gak bisa menikmati juga, soalnya kedinginan.



gak bisa puas foto-foto juga... gara gara hujan saljunya makin mengganas.
air terjunnya sih gak tinggi. cuman yang bikin bagus tuh... karena air terjunnya konon katanya mengandung belerang, jadi tebing yang dilaluinya jadi kuning. dan air terjunnya mengalir ke bawah, berkumpul di beberapa kolam. kolam yang satu dengan yang lain... memiliki warna air yang berbeda. katanya lagi... itu karena kandungan mineral yang ada di setiap kolamnya berbeda. sehingga muncul warna yang berbeda beda.
jadi ingat danau kelimutu ya???
Indonesia juga punya nih, pikirku.
tuh kolamnya. begitu banyak kolam.... sayang aku gak naik sampai ke atas. gak kuat dinginnya. pingin cepat-cepat kembali masuk ke dalam bus yang hangat!!! minum kopi panas....






begitu turun, sampai ke bawah, dekat dengan parkiran.... eh, hujan saljunya berhenti. ah dasar... aku sudah terlanjur turun. mo naik lagi males.... kali ini, kami tidak beruntung di HuangLong. cuaca kurang bersahabat. kurang bisa menikmati keindahan alam...


tapi alhamdulillaaaaaaaaah... sudah ketemu salju..... sudah ketemu pohon yang daunnya kuning-merah-orange!!! aaaaaaaah, betapa senanganya.....

Read More...

Tuesday, October 27, 2009

Chengdu 1

Tanggal 18 Oktober siang, kami mendarat di Chengdu, ibukota provinsi Sechuan, China. Chengdu ternyata kota yang cukup besar dan ramai. bahkan sampe jam 11 malam, masih ramai orang-orang berjalan-jalan di trotoar. banyak pula muda-mudi yang pacaran di taman kota.

Setelah makan malam, kami menuju sebuah pertunjukan "Changing Faces". pertunjukan tradisional China yang memadukan tarian tradisional, seni musik tradisional dan keahlian akrobatik. stylenya mirip pertunjukan sulap yang mempertontonkan kecepatan berganti pakaian. pernah tau kan?? kalo yang ini, kecepatan berganti topeng wajah.

awalnya disuguhi pertunjukan musik solo. terdengar indah sekali. satu orang memainkan satu alat musik, tapi dengan berganti-ganti jenis musik. dia bisa main musik tradisional dengan alat musik itu...tapi juga bisa maik musik rock dengan alat musik yang sama. hebat sekali. seluruh penonton di gedung bertepuk tangan ketika dia selesai bermain alat musik itu.

kalo yang ini, semacam muppet show. wanita di tengah itu memegang boneka/wayang..dan memainkannya dengan sangat luwes. hebat sekali... gerak gerik wayangnya persis manusia sungguhan.


baru deh, pertunjukan "Ganti Wajah" nya dimulai. ada sekitar 5 orang di atas panggung yang mempertontonkan keahliannya berganti topeng dalam sekejap. tentu saja...dipadu dengan tarian tradisional. dan di sebalah kanan, ada 5 orang pemain musik tradisional yang mengiringi pertunjukan "ganti wajah" itu. cukup menarik...

di akhir pertunjukan, semua pemain memberi hormat kepada para prnonton. seperti biasalah....

dan esoknya, aku beserta rombongan...siap-siap pergi lagi. menuju suatu tempat yang indah... dimana mimpiku menjadi kenyataan. alhamdulillah.....
tunggu postingan selanjutnya.


Read More...

Monday, October 26, 2009

Oleh-Oleh dari Mandai Orchid Garden Singapore

Thanks alot to Yuyus buat jalan-jalan dan foto-fotonya.


















Semua foto di atas fotografernya Yuyus, kecuali satu foto di bawah ini, fotografernya orang tak dikenal. hehehehe

Yuyus - Ibu - Elsa.





Read More...

Sunday, October 25, 2009

Singgah Sejenak di Singapura


Aku dan Ibu sempatin berfoto ria sebelum meninggalkan Singapura menuju ke China. di depan hotel tempat kita menginap selama 2 malam.

Esplanade. di belakangnya itu.... tampak dari kejauhan... sedang dibangun Kasino, yang konon katanya akan selesai tahun 2010. so yang hobi berjudi, siap-siap mulai sekarang. Singapura bakal menjadi tujuan berjudi terdekat. lebih dekat dari Macau kan??


Gedung-gedung bertingkat...

pemandangan Singapura yang bisa dilihat dari balkon kamar hotel. sayang cuman 2 hari di singapura. gak bisa jalan-jalan dengan puas....

seneng banget lihat lalu lintas dari atas. soalnya teratur banget sih. gak ada yang saling serobot... gak ada yang ngawur, apalagi ugal-ugalan. serba teratur tur tur....



Read More...

Thursday, October 15, 2009

Indonesia Duduki Posisi Kedua Olimpiade Astronomi Asia Pasifik


dari kiri: Bu Sofyan, Dinda Zhafira, Bu Baidlowi (ibunya Dinda)

Dinda Zhafira : Kedua dari kiri.



JAKARTA--MI: Putra putri Indonesia berhasil menduduki posisi kedua dalam ajang Asian Pacific Astronomy Olympiad (APAO) ke-5, yang berlangsung di Damyang, Korea Selatan, 7 - 13 Oktober 2009. Pada ajang tersebut, Indonesia berhasil meraih dua medali emas dan dua medali perunggu, dibawah Korea Selatan yang menyabet 3 emas, 5 perak dan 5 perunggu. ''Selanjutnya, diposisi ketiga diikuti Thailand yang meraih 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Sedangkan, tim Cina pada kali ini tidak meraih satu medali emas pun,'' ujar Representatif APAO untuk Indonesia Chatief Kunjaya saat menerima rombongan anggota tim APAO Indonesia yang tiba pukul 16.00 WIB, di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (14/10).

Chatief mengungkapkan, meski prestasi Indonesia masih di bawah bayang-bayang Korea Selatan, namun sangat membanggakan. Pasalnya, medali emas yang diraih putra putri Indonesia kali ini merupakan emas yang pertama bagi Indonesia, sepanjang keikutsertaannya yang kelima kali.

''Apalagi, putra putri Indonesia meraih the best result untuk kategori junior (secondary school atau SMP),'' kata Chatief. Raihan the best result itu, kata Chatief, disumbangkan oleh Dinda Zhafira, siswi SMP kelas 9 (kelas tiga) Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Putra Bontang, Kalimantan Timur, yang menyumbang satu medali emas. Sedangkan, satu medali emas lainnya, disumbangkan oleh Riana Pangestu, siswa kelas 11 (kelas dua) SMA Negeri 4 Berau, Kalimantan Timur, untuk kategori senior. Sementara itu, tambah Chatief, dua perunggu lainnya diraih oleh Romeo Muyapa (SMP YPPK St Antonius Nabire, Papua) untuk kategori yunior dan Mardhatilla Amalia (SMA 10 Fajar Harapan, Banda Aceh) untuk kategori senior. ''Ini menunjukkan, dari 8 siswa (4 siswa kategori yunior dan 4 siswa kategori senior), yang semuanya berasal dari daerah, menunjukkan prestasi yang luar biasa di kancah internasional,'' ujarnya.

Dinda Zhafira, peraih medali emas untuk kategori junior, mengatakan dirinya tak menyangka mendapat satu medali emas, karena selain tidak diunggulkan, juga persaingan sangat ketat terutama dari Cina dan Korsel yang mengirim dua tim. ''Yang paling sulit adalah observasi, karena belum biasa menggunakan teleskop yang digunakan dari Korsel. Namun, saya tetap optimistis dengan berdoa, karena persiapan materi sudah tak mungkin lagi di sana,'' kata Dinda. APAO ke-5 kali ini diikuti 11 tim dari 9 negara (62 peserta).

Kesembilan negara yang berpartisipasi yakni Korea Selatan, Thailand, Cina, Rusia, Singapura, Kazakhstan, Bangladesh, Kirgyztan, dan Indonesia. Sama halnya dengan International Astronomy Olympiad (IAO), APAO diselenggarakan tiap tahun sejak 2005, namun APAO dikhususkan bagi siswa siswi Asia Oceania. Untuk APAO ke-6 tahun 2010 pemerintah Kabupaten Tolikara (Papua) akan menjadi tuan rumah. (Dik/OL-03)

copas dari: Media Indonesia

Lihat pula: Media Indonesia , Tempo Interaktif , News


NOTE: Dinda Zhafira adalah adik sepupuku!!!! hehehehehe, gak apa-apa kan ikutan bangga?? bukankah seluruh bangsa Indonesia PATUT bangga atas prestasi adik-adik kita ini???

Read More...