Friday, May 28, 2010

Tentang Android

Dalam postingan sebelumnya, Berkenalan Dengan Android, bisa dilihat ternyata banyak yang belom ngerti apa itu Android. banyak pula yang mengira Android adalah robot lucu, mainan anak-anak dan lain sebagainya, karena melihat gambar robot hijau yang memang lucu itu. padahal, si robot hanyalah ikon dari Android sebagai Sistem Operasi SmartPhone.

jadi kali ini, aku ingin copy-paste sebuah artikel bagus di Majalah FORSEL cellular consumer's guidance edisi April 2010 tentang asal mula Android. Silakan dibaca... semoga semakin menambah wawasan....





FILOSOFI EMPAT ELEMEN



karya cipta teknologi seluler hampir saja sampai pada titik jenuh. Itu terjadi dua tahun silam. Semua pelaku industri seperti mengalami sindrom kehabisan ide. perang komponen ponsel lantas jadi objek jor-joran teknologi perangkat keras.


Blackberry memberikan sedikit penyegaran. Namun faktanya perkembangan layanan BB (yang jadi motor) terasa seperti di ujung tanduk. walaupun konsumen tetap mendesak untuk harus memiliki handset BB dan terbuai oleh romantika chatting. Nokia sedang mencari jalan. Memunculkan the biggest shop dan solution. Apple masih pongah dengan bisnis model iPhone-nya yang sukses di daratan Amerika, tapi faktanya tidak setali tiga uang dengan di sini.


Tiba tiba, tahun 2008, Google menghembuskan kabar bahwa kelak akan muncul ponsel Google. sepeti apa?
Apakah macam ponsel umumnya yang kemudian diplesetin oleh Mr.Bean dengan ponsen berdesain kotak telepon khas Inggris warna merah yang ditempeli tulisan Google? Atau sekedar sebuah ponsel yang memanfaatkan setiap layanan Google?




Ternyata di luar asumsi banyak orang, Google menggandeng Android Inc, sebuah perusahaan kecil bermarkas di California. Orang-orang Android inilah yang kemudian menjadi koki pembuatan konsep platform baru dengan operating sistem yang mengadopsi Linux Kernel.


Tak lama kemudian muncul sebuah aliansi yang menggabungkan pemikiran bersama antara Google sendiri sebagai inisiator, operator, perusahaan semi konduktor, perusahaan chip, dan peusahaan handset (vendor). tujuannya jelas, mewujudkan sebuah proyek kerjasama tidak saja dalam hal penyediaan ponsel, tapi jauh dari itu, sebuah sistem yang memadukan antara fungsi telekomunikasi dan akses internet.


Pemahaman sebuah ponsel dimana pengguna harus mengikuti apa yang disediakan olehnya dibalik. Ponsellah yang harus memahami dan mengikuti kebutuhan penggunanya.


Open Source System dipilih lantaran agar lebih memberi kebebasan pada semua carrier (operator) dan OEM (vendor) agar tidak perlu mengunci sistem operasi. "Tidak ada satupun yang jadi penguasa" ujar Andy Rubin, founder Android yang kini berkerja di Google.


Dari keseluruhan mekanisme yang terjadi, hasil akhirnya, Android membuka sebuah filosofi baru sistem telekomunikasi seluler masa kini yang sesungguhnya bermuara pada empat elemen.
Elemen apa saja?



1. Pengguna Sebagai Terget Sasaran
ketika fitur voice, sms, chatting sudah membosankan, maka pengguna sadar bahwa tak ada lagi yang bisa diberdayakan dari ponselnya. padahal diluar sana ada begitu banyak aplikasi yang bisa memperkaya ponselnya. Pengguna yang haus akan hal baru bisa mengunduhnya di internet karena Android memberikan kebebasan untuk melakukan apa saja. sebab dialah yang mengikuti kemauan, keinginan dan kebutuhan pengguna.
jadi setiap ponsel antar pengguna bisa berbeda isinya.



2.Operator sebagai Penyedia Fasilitas Koneksi Jaringan.
kebutuhan dasar ponsel Android adalah konten yang diperoleh dari situs atau shop, karenanya dipelrukan konektivitas yang stabil dan cepat. operator mau tidak mau harus melakukan pembenahan jaringan, entah pengembangan HSPA, atau bahkan mengembangkan WiMax. kompetisi tarif penggunaan data akan terus membuat operator musti mengembangkan inovasi marketing. dan hal ini tentu saja akan menguntungkan konsumen.



3.Pabrikan Selaku Penyedia Perangkat Handset
Kalaupun ada NexusOne, bukan berarti Google hendak jadi vendor. buktinya Motorola, Samsung, LG justru punya lebih dari 1 seri ponsel Android. Setiap pabrikan boleh dan bebas bikin. bahkan ponsel lokal IMO pun sudah ada. dengan kata lain, pabrikan di luar aliansi pun punya hak sama merilis ponsel Android karena Android menggunakan sistem open sourse.
sistem open source tidak memerlukan pembayaran lisensi khusus seperti pada sistem operasi lain, sehingga cost bisa ditekan.
konsumen lagi kan yang diuntungkan?




4.Developer yang Menjadi Motor Pengembangan Konten
inilah yang aku maksudkan... Google membuka pintu selebar lebarnya bagi penggiat software untuk berlomba menciptakan aplikasi utilitas, berita, game, gosip dan apapun jenisnya. hal ini membuat developer ( atau pencipta aplikasi android) mendapatkan manfaat baik secara intelektual maupun finansial. ceveloper bisa berinisiatif menjual aplikasi secara independen menggunakan model paypal yang mudah digunakan.


Tidak ada pengecualian, tidak ada ekskusifitas. karena semuanya serba terbuka. itulah hakekat sesungguhnya Android.


(Artikel Copas dari Majalah FORSEL edisi April 2010)


"Sungguh sesuatu yang tidak berguna,
jika pengguna bisa mengakses (internet) lewat dekstop,
tapi tidak bisa diakses dari ponsel mereka"
by Andy Rubin, founder Android.





**TO BE CONTINUED
postingan selanjutnya akan mengomongin CARA MEMBUAT APLIKASI ANDROID

Read More...

Monday, May 24, 2010

Berkenalan dengan Android


Pernah tau Android? robot kecil warna hijau yang lucu sekali itu?
sebenarnya robot Android itu adalah logonya Android. pernah dengar? atau malah sudah tau?
kali ini aku ingin mengajak teman teman blogger berkenalan dengan Android. bukan robot androidnya, tetapi Android sebagai Sistem Operasi SmartPhone.

Ok untuk yang belum kenal dengan Android, Pertama kita bisa berpikir tentang dunia komputer. Dalam dunia komputer (PC Specially) ada yg namanya Hardware & Software. ...., Hardware itu ya perangkat keras (CPU, Keyboard, Monitor dll),
lha kalo Software? ... ya anggap saja program yg berjalan di Hardware itu (SO -Sistem Operasi -Windows XP, Linux dll, Aplikasi Office - MS Word dsb)

Nah sama saja pada dunia Handphone/Ponsel ada juga Hardware & Software nya ....

Hardwarenya ya (Ada Layar LCD, Cassing, Keypad, beserta Jeroanya). Sedangkan Software, ya sama aja ada Sistem Operasi (OS / SO : misal Blackberry OS, Symbian, Windows Mobile, Limo dll) , Aplikasi misal : buat kirim SMS, kirim/terima email, game, dll.

Android itu ya mudahnya ya Sistem Operasi ,

..... lha kalo begitu kayak di komputer bisa nggak HP/Ponsel diganti-ganti, Diinstall sistem operasinya, ..... wah, kalo yg ini sih kita musti tau dulu, .... bahwa Hardware HP itu Arsitekturnya berbeda-beda, jadi gak standar kayak di komputer ..

Tetapi apabila spesifikasi hardware-nya sama, dengan kebutuhan yang disyaratkan oleh suatu Sistem Operasi. maka kita bisa mengganti Sistem Operasinya.

Nah di Android sendiri, selain mudah dioprek, juga kita bisa membuat aplikasi sendiri secara mudah, yaitu dengan pemrograman bahasa java. Tentu ini sangat menyenangkan, kita bisa membuat aplikasi berkirim SMS, email, atau bahkan aplikasi berbasis peta dengan GPS yang menyenangkan.

Tentu saja, faktor keamanan pada Android juga diperhatikan, mengenai kemungkinan Virus dan sebagainya. Tentu pada saat ini tidak satupun Sistem Operasi yang kebal dengan virus, tetapi pada Android dibuat seaman mungkin, ingat Android pada dasarnya dibangun pada sebuah kernel Linux, yang tangguh.

Kemudian untuk pengguna umum, apa keuntungannya?

Android dibangun untuk platform mobile masa depan - dan mnurutku komputer PC pada beberapa segi akan digusur oleh mobile computing ini pada saatnya nanti . Dengan bagitu, akan sangat menyenangkan mampunyai dan menggunakan aplikasi yang memenuhi kebutuhan kita sebagai pengguna. Dan tentu saja, Android menawarkan pengalaman menggunakan Handphone atau ponsel yang "Dedicated untuk Internet Connection" . Tentunya juga hal lain, misal Bisnis Productivity, Multimedia, Games, dll juga didukung oleh Android.

Keuntungan yang lebih pasti adalah ketika kita bisa membuat sendiri aplikasi Android.
bayangkan saja, kalo kita bisa membuat aplikasi Android, kemudian menjualnya. sebagai gambaran, sebuah aplikasi Android mungkin akan dihargai sekitar $2, dengan nilai itu katakanlah kita penciptanya akan menerima $1. Jika aplikasi kita didownload 10.000 kali, maka kita bisa menerima $5000 lho...
bisa kaya mendadak tuh!

so, kenapa kita gak mencoba membuat aplikasi kreatif... yang mudah tapi berguna bagi banyak orang??

"to be continued"
postingan selanjutnya akan ngomongin CARA MEMBUAT APLIKASI ANDROID




"Pada saatnya nanti kita akan menikmati pengalaman menggunakan Handphone,
seperti kita merasakannya pada saat menggunakan Komputer,
atau bahkan lebih menyenangkan,
.... dan Android salah satu yang terbaik yang akan mewujudkannya"
by maz adi tukang ngoprek android




Read More...

Thursday, May 20, 2010

Buku Yasin by DDcreative


Jalan jalan ke Jalan Sasak kemaren itu tujuan utamanya adalah cari buku yasin untuk peringatan 40 hari meningganya Kak Noni. itupun atas saran dari sahabatku, Dino.

waktu aku kebingungan mencari percetakan murah untuk memesan buku Yasin, tiba tiba teringat punya teman yang bisnisnya percetakan. ya Dino ini... langsung saja kontak Dino, dan Dino siap sedia membantu segala sesuatunya. pertama, aku disarankan cari buku yasin di jalan sasak, baru kemudian sampul dan halaman-halaman khususnya dibikinin Dino.

langkah selanjutnya, kami bertemu untuk konsultasi ini itu, aku maunya gimana, lalu Dino mewujudkannya. aku segera meluncur ke rumah sekaligus kantor Dino, ternyata... dia sudah merintis Dream Design Creative sebuah perusahaan kecil yang insyaAllah akan jadi raksasa. amiiiiiiiiiin..
disana, semua contoh hasil karya Dino bisa dilihat. ck ck ck... hebat sekali. apalagi kalo lihat daftar kliennya. kereeen... bikin iri aja, dia punya bisnis yang sudah kelihatan masa depannya kayak apa. cerah dan menjanjikan.

konsultasinya jadi sangat menyenangkan, karena Dino sungguh sungguh membantu, memahami keinginanku, dan yang sudah pasti... kasih harga murah. alhamdulillaaaah
Thanks alot Dino, you're my Hero deh...



Design awalnya sudah ada sebenarnya, adik iparku yang bikin. dan Dino lah yang menyempurnakannya dan mewujudkan jadi sebuah buku. aku gak tau gimana prosesnya, yang pasti buku yasin itu dikasi ini itu oleh Dino, sehingga ketika sudah jadi... hasilnya luar biasa keren!!! mewah dan anggun... meskipun murah.

teman-teman yang membutuhkan bantuan jasa percetakan, bisa langsung kontak Dino. dijamin tidak akan menyesal... pasti puas dengan hasilnya. apalagi harganya, hehehe... bilang aja, temennya Elsa. hahahahaha..... gak tau tuh, ngaruh gak ya... tanya Dino sendiri aja deh.


Dream Design Creative by Dino
Pulosari 1a nomor 3 Surabaya
telp: 03170255448 atau 081331440800








buat Kak Noni... buku itu buat kamu. semoga kamu suka....

Read More...

Friday, May 14, 2010

Jalan Sasak Surabaya

Jalan Sasak


Setiap kota pasti punya satu atau lebih jalan yang mengkhususkan diri pada satu hal, maksudnya sepanjang jalan itu semuanya berjualan bunga, sepanjang jalan itu dipenuhi penjual buah dalam gerobak, atau di sepanjang jalan itu banyak penjual rujak manis...
Nah, Jalan Sasak di Surabaya ini salah satu yang special, karena di sepanjang jalan sasak, kanan kirinya menjual buku dan kitab kitab islam.


sempit, satu arah


Terletak di kawasan wisata religi Ampel Surabaya, dan sama seperti lingkungan di sekitar situ, jalan sasak sejak dulu hinggal kini didiami oleh warga indonesia keturunan arab. tentu saja, ini membawa suasana berbeda... Orang-orang berhidung mancung, bermata lebar dan berkulit lebih terang daripada warga indonesia keturunan jawa. mereka... keturunan Arab banyak yang masih mewarisi tradisi dan budaya nenek moyangnya.
salah satunya terlihat dari bahasa yang dipakai dan makanan serta kebiasaan sehari harinya.
Tapi kali ini kita tidak akan membahas kebudayaan mereka, melainkan keistimewaan jalan sasak sebagai penyedia buku dan kitab islam terlengkap di surabaya.


salah satu warga keturunan arab

Arsitektur toko-toko di sepanjang jalan sasak sebagian besar masih bergaya tempo dulu, kuno... tapi ada beberapa toko yang bangunannya sudah baru. aku pikir sih sayang sekali ya kalo bangunan yang lama harus dipugar diganti yang baru. seandainya saja semuanya masih seragam berarsitektur kuno, pasti jauh lebih cantik lagi...

selalu ramai


Di sepanjang jalan ini, hampir semua toko tokonya menjual buku dan kitab kitab islam. misalnya Al Quran, kitab kuning... dan segala kitab dari dalam dan luar negeri untuk kebutuhan pendidikan pondok pesantren. Jangan khawatir dengan stok barangnya, rata rata mereka punya gudang yang besar. meskipun tokonya kelihatan kecil...

Toko toko penjual kitab di sepanjang jalan ini melayani grosir maupun eceran. mereka bisa mengirimkan buku dan kitab ke seluruh penjuru Indonesia.


ada juga yang jual parfum



salah satu toko yang tidak menjual Buku dan Kitab


transaksi jual beli di teras toko



Toko Mesir


Setelah menjelajahi satu persatu toko di sepanjang jalan Sasak, akhirnya aku menambatkan pilihanku pada toko sempit dan sangat kuno ini. ubinnya persis seperti ubin rumah nenekku yang dibangun jaman belanda, pintu tokonya dari kayu jati yang kuyakini telah berusia puluhan tahun jauh lebih tua dari umurku, dindingnya sudah tidak rata. lembab dan banyak yang lapuk termakan usia... namun toko Mesir tetap bertahan.

calon pembeli


Koleksi buku buku dan kitab kitabnya cukup lengkap. banyak sekali pilihan Quran, mulai yang sangat kecil hingga yang berukuran raksasa. juga buku Yaasiin&Tahlil yang aku cari cari. disini begitu banyak pilihan... dan harganya, aku pikir paling murah dibanding toko toko sebelahnya. thats why, aku membelinya disini...

Ya, untuk keperluan peringatan 40 dan 100 hari wafatnya Kak Noni, aku membeli buku Yaasiin&Tahlil disini dalam jumlah besar.


Elsa menanti bukunya dipacking di kardus besar

Teman teman di jawa timur yang membutuhkan Quran, atau kitab kitab Islam lainnya dalam jumlah besar maupun kecil, gak usah bingung lagi. Langsung saja ke Jalan Sasak Surabaya yaa...

Read More...

Monday, May 10, 2010

Mbak Mei Datang Lagi...

Hari Minggu kemaren, lagi lagi Mbak Mei, sahabat blogger dari Jakarta yang seorang pengusaha sukses, menepati janjinya untuk kembali mengagetkanku. Tiba tiba saja dia datang, bahasa jawanya "Mak Bedundhuk" ... hehehehe..... cling, tiba tiba ada di depan mata.

Setelah menghadiri sebuah acara keluarga, ditemani saudara cantiknya juga, Mbak Mey mengunjungi Khadijah. Alhamdulillah... kata Mbak Mei, Khadijah cantik sekali. aku jadi ikutan GR, hahahaha..... (harusnya kan Khadijah yang GR ya? )


Mbak Mey di tengah


Mbak Mey langsung gendong Khadijah yang beratnya sekarang sudah 3,9 kilo, jadi tampak montok pipinya. kemudian kita berfoto bersama (hukumnya wajib ya Mbak? hihihiihi...)

dan lagi lagi, belom sempat disuguhi apa apa, Mbak Mey sudah pamit pulang. oalah Mbak Mey... kok secepat kilat kunjungannya. hehehehe, tapi terima kasih banyak sudah mengunjungi Khadijah, sudah mendoakan Khadijah....

Khadijah dan aku senang sekali.





PS: BIG THANKS to Mbak Eka buat Postingannya, aku terharu sekali....

Read More...

Thursday, May 6, 2010

Aqiqah Khadijah

tanggal 2 mei kemaren, Kami mengadakan Syukuran Aqiqah buat Khadijah sekaligus pengajian 40hari wafatnya Kak Noni, Ibunya Khadijah. Karena ini merupakan moment penting, debut Khadijah pertama kali... jadi Khadijah harus tampil cantik dong...

Tentu saja Tante Elsa mendandani Khadijah dengan gaun warna kuning...
yang kemudian mendapatkan serangan protes dari beberapa pihak, termasuk Ayahnya Khadijah, karena aku sudah meracuni putrinya dengan virus kuning.
"Dasar Elsa, semuanya jadi serba kuning!"

So, here we are...
Enjoy The Yellow Aqiqah pictures!



Semoga Khadijah menjadi anak yang sholikhah, lurus jalannya... kuat imannya, berlimpah rizkinya, selalu dihujani cinta dari orang di sekitarnya... dan senantiasa dalam lindungan Allah.

Read More...