Monday, December 26, 2011

MUST TRY : Tengkleng and Mie Ongklok


Mampir Solo??? Sempatkan mencoba Tengkleng Bu Edi di gapura Pasar Klewer.

Tengkleng sebenarnya adalah masakan yang berbahan utama tulang belulang  kambing. Lha kenapa bukan daging kambing? Nah, di sinilah letak keistimewaan Tengkleng.

Daging kambing biasanya diolah menjadi sate atau gule kambing. Tulang belulang dan tengkoraknya yang dianggap tidak bermanfaat ternyata bisa dijadikan masakan serupa gule, tetapi tidak mengandung santan dan tanpa kehilangan rasa gurihnya, yang dinamakan Tengkleng tadi. Banyak orang jadi penggemar Tengkleng karena asyik "mbrakoti balungan".

Begitu pula aku.... Hehehehee. Tengkleng Bu Edi yang berada tepat di bawah gapura Pasar Klewer patut diperjuangkan. Pembelinya antri banget, gak heran jika tengkleng Bu Edi tiap hari ludes terjual dalam tempo 3 atau 4 jam saja. Geleng geleng kepala kan?

Info lebih lengkap tentang Tengkleng Bu Edi, klik Disini.






Ini dia.... makanan khas Wonosobo yang sejak dulu kuidam-idamkan.

Mie ongklok sebenarnya mie biasa, tapi kuahnya yang luar biasa. Seperti bubur, kuah Mie ongklok terbilang cukup kental. Rasanya benar-benar khas jawa tengah, manis banget!

Mie ongklok biasa dinikmati dengan sate sapi dan tempe goreng tepung. Coba saja makan mie ongklok panas-panas di Wonosobo yang dingin, wuuuah...SEMPURNA!!!!!


PS: Makaaaan terus, jangan heran kalo aku jadi gendut sekarang, heheheheee

Read More...

Friday, December 23, 2011

Dieng - Wonosobo



Minggu siang, 18 Desember 2011, Kami tiba di Wonosobo Jawa Tengah  setelah melewati perjalanan yang sangat lama dari  bagian tengah Jawa Timur. Pemandangan hijau di kanan kiri ternyata mampu mengobati rasa sakitnya pantat yang mati rasa karena terlalu lama duduk di mobil, hehehheee....




Aku dan beberapa teman gilaku, baru dua hari sebelumnya memutuskan untuk pergi ke Wonosobo. Tanpa perencanaan yang matang, Alhamdulillah kami sampai juga di gerbang selamat datang Kota Wonosobo. Tentu saja kami langsung jeprat-jepret kegirangan begitu sampai di  titik ini.






Tapi keceriaan kami segera berubah seiring awan gelap yang tiba-tiba memayungi Wonosobo. Semakin kami naik ke Dieng, suasana semakin mencekam. Hujan deras...Jika ingin lebay sedikit, aku menyebutnya Hujan Badai. 




Kabut juga mulai turun..... Jarak pandang semakin menyempit.
Air beserta lumpur turun dengan derasnya memenuhi jalan yang kami lalui. Tegang tentu saja. Sambil terus berdoa agar badai segera berlalu. Kami memutuskan untuk tetap melanjutkan perjalanan sampai ke Candi Dieng dan Telaga Warna.





Alhamdulillaaaaah.... terwujud juga keinginanku menginjakkan kaki di Dieng.....




Meski hujan belum juga berhenti, dan kabut pun turun semakin gelap.... Aku tetap berusaha menikmati Candi Dieng dan segala keindahannya meski secara terbatas. Ingin berlama lama, tapi kebut gelap yang berkawan dengan hawa dingin memaksa kami segera pamit. Jari-jariku kedinginan mulai mati rasa.



Kami meninggalkan lokasi Dieng sekitar pukul 4 sore. Tapi baru 5 menit, di kejauhan tampak kerumunan orang dan kendaraann. Sesuatu telah terjadi.. dan tampaknya bukan hal yang baik. Orang-orang terlihat bingung dan tegang. Kami dihentikan oleh seorang bapak berjas hujan yang sibuk mengatur semua kendaraan di situ.

"Ada apa Pak?"
"Mohon maaf  Pak, Anda harus memutar. Ada longsor di desa bawah"

Astaghfirullah.... ternyata hujan badainya gak main main!!!

Butuh sekitar 15 menit untuk memutar di jalan yang sempit dan penuh dengan kendaraan lain. Kami meluncur mencari jalan memutas, melewati Banjarnegara sesuai instruksi bapak tadi. GPS tidak berfungsi, karena sinyal di ponsel sama sekali tidak bisa diandalkan.

Begitu sampai di Banjarnegara, kami terpaksa memutar lagi, karena disanapun terjadi bencana banjir bandang. Subhanallah..... Kami berusaha tenang, dan mencari jalan yang lebih aman menuju Wonosobo-Magelang.

Hujan deras, Gelap, jalan sempit di tengah hutan , di pegunungan.... Bissmillahirrahmanirrahiim..... tanya sana-tanya sini, melewati pedesaan yang kami bahkan tak tahu namanya apa....hingga akhirnya menjelang tengah malam kami tiba di Yogyakarta. Alhamdulillaaah.....

sempat narsis...padahal di bawah banyak orang trekena bancana. Astaghfirullah.....


Tiba di Jombang pukul 5 pagi keesokan harinya, Aku sangat sangat sangat bersyukur. Apalagi setelah melihat berita di televisi dan di koran, ternyata Banjir bandang dan musibah longsor di Wonosobo telah memakan korban yang tidak sedikit. Beberapa korban bahkan ditemukan dalam keadaan terpotong potong berkilo kilo jauhnya dari lokasi bencana.

Don't know what to say,
but... Alhamdulillaaaaaaaaaaaaaah.....



Mari berdoa untuk para korban

Media Indonesia - Dua Korban Longsor Wonosobo belum Ditemukan


Read More...

Thursday, December 22, 2011

Hari Ibu : Ibuku, Guruku


Apa jadinya bila kita tanpa Ibu? 
Karena dari Ibu lah kita belajar semua hal di dunia ini.
Aku sayang Ibu.....




Foto diambil kira-kira tahun 1981, Nenekku (memakai mukena) sedang mendampingi Kakak Sepupuku belajar mengaji setiap selesai sholat. Kakak Sepupuku kehilangan Ibunya ketika masih berusia 2 tahun, dan sejak itu Nenekku yang menggantikan peran Ibu.



Potret ini di ikut sertakan dalam Kontes Perempuan dan Aktivitas yang di  selenggarakan  oleh  Ibu Fauzan dan  Mama Olive 

Read More...

Wednesday, December 21, 2011

Missing



"I really miss you!"
dont you know that?






Photo taken by: Elsa
Location : Wonosobo - Central Java
December 18 2011

Read More...

Saturday, December 10, 2011

Madumongso


Madumongso.... siapa yang tahu madumongso?

Menurut Wikipedia, Madumongso adalah makanan ringan yang terbuat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Rasanya asam bercampur manis karena ketan hitam sebelumnya diolah dahulu menjadi tape (melalui proses fermentasi). Setelah jadi kemudian diolah lagi dengan menambahkan gulasantan dan beberapa buah nanas sebelum kemudian dimasak hingga menjadi seperti dodol/jenang. Madumongso biasanya dibungkus kertas minyak yang berwarna-warni.




Beberapa hari yang lalu, ketika sedang berbelanja di sebuah toko pusat jajanan dan oleh-oleh... aku tertarik untuk membeli madumongso. Bukan karena warna kertas pembungkusnya yang warna-warni, tetapi lebih kepada judul kemasannya yang unik. Madumongso Singkong. Sebuah inovasi madumongso yang patut dicoba kan?



Beginilah wujud madumongso setelah tali pengikatnya dibuka. Bulatan kecil seukuran satu suapan--orang jawa akan menyebutnya 'sak emplok-an'--yang dibungkus plastik tipis bening rapat-rapat.




Teksturnya agak berbeda dengan madumongso yang biasa, karena campuran singkong lembut yang ada di dalamnya. Warnanya ungu kehitaman, dan masih ada butiran ketan hitam yang crunchy. Rasanya....hhmm.... UNIK!!!  karena aku bisa menemukan sedikit rasa tape singkong ketika madumongso legit  ini menguasai lidahku.




Terbayang bagaimana enaknya kan???

^_^

Read More...

Tuesday, December 6, 2011

Random Pic from Malaysia


Jelek tapi Indah.
Aku berjumpa dengan bidak catur bergaya monster ini ketika berkunjung ke pabrik Royal Selangor di Malaysia. Lihatlah... betapa jelek wajah para monster itu. Tapi di lain sisi... kita bisa melihat karya tangan yang benar-benar indah.





Shoes Couple.
Awalnya aku tertarik dengan sepatu yang dikenakan oleh seorang gadis berkulit hitam. Celana pink nya serasi dengan sepatu bermotif bunga pink dan putih. Tapi kemudian warna merah menyala dari sepatu sang pacar juga menarik perhatianku. Keduanya tampak serasi jika dilihat dari sepatunya yaa




Mie Mangga Muda.
Awalnya aku mengira ini mie rebus. Tetapi setelah dimakan.... ternyata itu adalah mangga muda!
Rasanya tentu saja asam. Tetapi bumbunya rame sekali. Ada manis, pedas, asin.... sungguh aneh bin ajaib.




Menuju Istana.
Aku mengambil foto ini di gerbang istana negara malaysia. Ada yang sudah tau kan? Jika ternyata Raja Malaysia itu memerintah secara bergiliran. Bingung ya?
Malaysia terdiri dari beberapa negara bagian yang masing-masing memiliki Rajanya sendiri. Nah, secara berkala, Raja-raja negara bagian itu bergiliran menjadi Raja Malaysia. Hebat ya... itu yang namanya berbagi kekuasaan.

Read More...

Monday, December 5, 2011

Sebelas Kali ENAM

Ternyata tak cukup dengan sebelas kali tiga. Sebelasnya dikalikan tiga lagi. Jadi kalo dijumlah semuanya adalah sebelas kali ENAM. Ijinkan aku mengambil nafas terlebih dahulu sebelum menjawab sebelas kali tiga part 2 ini....

Pertanyaan dari Febby:

1. Describe yourself in five words!
Stubborn, stupid, selfish, childish,  and.... EVIL!!! Hahahahahaa

2. What do you think about fake friends?
hhm... males deh. gak bakalan bisa akrab sama orang seperti mereka.

3. If you're rich person, what will you do? What will you buy?
Aku mau keliling dunia. Beli rumah di beberapa negara, jadi teman-teman yang mau travelling, backpacker ataupun tidak, bisa nginep gratis di rumahku, hehehehee

4. who is your favorite teacher?
Mrs. Sitta. guru TK. sampai sekarang beliau masih suka datang ke rumah ketika kami mengadakan acara-acara. Perhatian beliau benar-benar luar biasa, padahal sudah berpuluh puluh tahun yang lalu aku jadi muridnya, tapi tetep saja hingga kini beliau tidak pernah lupa.

5. What is your room color?
Absolutely, YELLOW.

6. Who is your favorite singer?
Jaman aku SD, tergila gila sama Michael Bolton.  kegilaan itu sudah jauh berkurang sekarang. Tapi tetep aja gak terima jika si Michael berduet sama Agnes Monica... gak rela!!!!

7. Who is your favorite Movie Character?
- Dr. Doug Ross (ER)
- Danny Ocean (Ocean Eleven)
- Ryan Bingham (Up in The Air)
- Captain Billy Tyne (The Perfect Storm)
- Jake Geismer  (The Good German)
- Jack / Edward (The American)

8. Do you have a pet? Tell me the name and the animal!
No. I have no pet.

9. What is your favorit drink?
Air putih.

10. What country do you want to visit?
UK, Japan, Russia, South Africa............ dan semua negara di eropa.

11. What is you favorite quotation?
Maka nikmat Tuhan yang mana lagikah yang kamu dustakan?



Pertanyaan dari Rika Willy:

1. Sejak kapan kamu nge-blog?
sejak 2008.

2. Menurut pendapat kamu tentang blog saya?
A simple blog of a gorgeous Mom. Banyak belajar dari situ tentang being a good mom.

3. Hal apa yang kamu lakukan sesaat setelah bangun tidur? 
Cium Dija.

4. Jika kamu menjadi presiden RI, apa yang pertama kamu lakukan untuk membenahi Negara Indonesia tercinta ini?
Menangkap semua koruptor, menyita harta benda mereka dan memasukkannya ke kas negara.   Setelah itu melunasi hutang luar negeri. Memanggil semua ilmuwan Indonesia yang bekerja di luar negeri, meminta mereka bekerja membantuku mempebaiki negara.

5. Berapa handphone yang kamu pakai sekarang?
Satu.

6. Menurut kamu, menikah itu apa?
Pengabdian seumur hidup, proses belajar memahami pasangan tiada henti.

7. Kalau besok kiamat, apakah kamu yakin bisa masuk sorga?
sepertinya nggak yakin.. dosaku terlalu banyak  :(

8. Apa yang kamu lakukan jika disuruh menunggu  seseorang selama 5 jam?
Shopping??? Hehehehehee

9. Binatang apa yang kamu sukai?
well... gimana kalo burung cendrawasih yang sangat sangat sangat sangat indah itu?? Harusnya pemerintah menjadikan burung cendrawasih sebagai maskot negara, gak dibiarin punah gitu aja.

10. Pernahkah kamu menerima/mengirim bunga kepada pacar/suami/isterimu?
Pernah menerima. A bouquet of red roses. Aku masih menyimpan bangkai bunga mawarnya hingga saat ini, meskipun sudah sangat rapuh....

11. Kapan terakhir kamu mampir ke blog saya?
Semoga gak pernah ada kata terakhir yaaa.... semoga tetep sering mampir, hehehee




Pertanyaan dari Nia Angga:


1. Mending dapat beasiswa tapi jurusan gak sesuai atau melepasnya? Alasan?
Dicoba dulu saja, jika masih bisa dipelajari, kenapa nggak? Kan sayang beasiswanya...


2. Boong buat nyenengin orang atau jujur aja tapi menyakitkan?
Boong buat nyenengin orang.


3. Gambarkan aku dalam 3 kata!
goodmom, loveable, smart.


4. Sebutkan blogger yang seruangan ama aku!  (yang aktif sih ada 3)
Mbak Puteri amarylis, Zilha... trus satunya siapa lagi ya?


5. Siapakah si gendut yang duduk di sebelah kanan dan kiriku? 
hhm.... apa ya???

6. Siapa nama pak RT ku?
mana gue tau? hehehehe pak RT ku aja aku gak tau namanya....

7. Hewan/tokoh/simbol apa yang cocok untuk menggambarkanku?
POOH !!!! beruang madu kuning yang lucuuuu sekali

8. Mimpi apa yang masih terpendam, dan langkah untuk mewujudkan mimpimu?
Menginjakkan kaki di eropa. Masih nabung... hehehe mau cari utangan kok gak ada yang bersedia memberi utang.

9. Alat doraemon apa yang kamu pengenin bener-bener ada? alasan?
Kantung ajaib nya dong!!! soalnya bisa mengeluarkan semua benda yang sedang dibutuhkan.

10. Andai bisa memutar waktu, apa yang ingin kamu lakukan/perbaiki? 
Aku ingin jadi anak yang benar-benar membuat orang tuaku senang dan bangga. benar-benar patuh sama mereka.

11. Siapakah yang paling kamu cintai di dunia ini?
My Mom... dan Dija!!!


Read More...