Friday, December 21, 2012

Hitam Manis



Aku bertemu si Hitam Manis ini di alun-alun Jombang, ketika Aku dan Dija bermain-main disana. Memberi makan ratusan burung merpati, mengejar-ngejar mereka, dan berlarian di rerumputan. Saat Kami kelelahan, seorang wanita berdandan pengemis menghampiri kami, tangan kirinya menggandeng seorang anak kecil seumuran Dija, mari kita sebut dia Si Hitam Manis.

Sebenarnya aku paling benci dengan orang-orang yang berdandan pengemis dan memakai anak-anak sebagai atributnya. Jaman sekarang, pengemis bukan sebuah keterpaksaan, tetapi sebuah pilihan profesi. Banyak orang orang mampu tapi malas yang lebih suka bekerja sebagai pengemis. Dan membawa bayi atau anak anak sebagai atributnya sama saja dengan mendidik mereka, menjadikan mereka calon-calon pengemis masa depan. Yah... lupakanlah saja masalah sosial yang satu itu.... karena aku jatuh cinta pada Si Hitam Manis.

Kulitnya legam terbakar matahari, kakinya kotor karena menyapu debu jalanan. Bajunya benar-benar lusuh, tapi aku bisa melihat betapa lucu model tuniknya jika saja sudah dicuci bersih, sementara celana birunya tampak sedikit kebesaran. Mungkin celana itu dulu milik kakaknya, dan kini menurun padanya, sebuah warisan, sebuah lungsuran. Rambutnya hitam keemasan karena kurang protein tampak sangat tipis dan kering mengingatkanku pada rambut jagung, warnanya sungguh mirip. Cara ibunya mengikat rambut Si Hitam Manis sempat membuatku tersenyum senang, modelnya lucu sekali. Jabrik-jabrik berdiri ke atas, persis seperti bunga terompet yang mencari sinar matahari. Matanya jernih sekali, menatapku tajam namun tak menghakimi. Dia melihatku mengutak-atik lensa kamera, dan diam saja ketika aku memotretnya. Dia mungkin belum pernah melihat kamera seperti itu, keingintahuannya bisa aku rasakan. Aku sempat tersenyum, berharap dia tersenyum juga meskipun malu-malu. Ternyata harapanku meleset, dia tetap tenang didepanku, sambil tetang menggandeng tangan ibunya.

Aku lihat Si Hitam Manis... dia benar-benar cute, dia benar-benar cantik. Meskipun tanpa gaun yang indah, meskipun tanpa senyuman di wajahnya, aku bisa melihat kecantikannya. Dalam hati aku hanya bisa berdoa, semoga dia punya masa depan yang cerah dan seribu keberuntungan menunggu di depannya. Kelak bisa saja dia menjadi Oprah Winfrey, pembawa acara kaya raya dengan masa kecil yang sangat sangat kelam. Atau Halle Berry, aktris cantik jelita pemenang oscar yang juga punya masa kecil kurang bahagia. Who knows...

Semoga Allah mengabulkan doaku....

Read More...

Tuesday, December 18, 2012

Words Puzzle Surprise

Sebenarnya postingan ini hendak diikutkan dalam Budhe Gembul Giveaway, tapi sayang sekali waktu pendaftaran sudah ditutup dan bahkan sudah diumukan pemenangnya!!!

Yup, my mistake!!!!!  salahkan aku... aku mengira waktu pendaftarannya hingga akhir bulan ini, sementara minggu lalu aku tidak punya kesempatan untuk ngeblog. Tapi its OK... ikut giveaway ini kan bukan untuk mengejar selembar kaos CakCuk, tapi dengan niat tulus memberi saran dan ide buat perayaan Fifth Anniversary Long Distance Relationshipnya Budhe Gembul dan Pakdhe Gembul.... So, posting jalan terus.... semoga bisa memberi inspirasi buat Budhe Gembul di perayaan ke enam tahun atau tujuh atau delapan.

Jadi begini ceritanya....

Budhe Gembul tinggal di Surabaya, sementara Pakdhe Gembul tinggal di somewhere in Borneo. Awal tahun depan, adalah tepat lima tahun hubungan cinta kasih mereka... sayangnya, Budhe dan Pakdhe "mungkin" tidak bisa merayakannya bersama-sama. Padahal bagi Budhe Gembul, hari itu sangat special. Maka terbersit niat di lubuk hati Budhe Gembul untuk memberikan a little surprise buat Pakdhe yang berada di perantauan. Masalahnya adalah, Budhe Gembul sedang tidak punya ide segar sama sekali...  So here I am... yang akan memberikan satu ide buat Budhe Gembul.

Idenya adalah, Send Him A Words Puzzle Surprise.
Monggo Budhe Gembul membuat satu kalimat yang sangat berarti untuknya, lalu pisahkan kalimat tersebut tidak berdasarkan kata perkata, tetapi buatlah agar sedikit aneh bin ajaib. Buat menjadi beberapa potongan.

Langkah selanjutnya adalah, Send His Favorite Food With The Message.
Pernah dengar istilah dari perut naik ke hati kan??? Maksudnya pikatlah pasangan dengan makanan yang enak.Pasti selama 5 tahun berpasangan, Budhe Gembul pasti sudah tau makanan favorit Pakdhe Gembul. Pilihlah makanan ( cemilan) yang dijual online agar bisa mengirimnya dengan mudah. Atau jika memungkinkan mengirimkannya sendiri, malah lebih baik. Nah, kirim satu persatu potongan kata tadi dengan makanan yang berbeda-beda.



Tips yang perlu diperhatikan adalah, Sebaiknya jangan mengirimkan makanan yang berumur pendek alias mudah basi. Budhe Gembul bisa mencari info tentang toko kue di kota tempat tinggal Pakdhe, yang melayani jasa antar. Dan pastikan potongan puzzle terakhir tiba tepat atau mendekati hari perayaan, sehingga Pakdhe Gembul bisa membaca pesannya pada hari itu.





Itulah sumbang ideku buat Budhe Gembul, semoga bisa memberikan inspirasi meskipun ideku tidak 100% dipakai. Buat teman-teman blogger yang sedang menjalani long distance relationship, silakan memakai ide ini untuk menyenangkan Si Dia nan jauh disana....

Kalo Budhe Gembul mau pake ide ini (cieee... GR banget ya idenya mau dipake), atau siapapun yaaa.... jangan lupa untuk mempostingnya. Bagi-bagi cerita manisnya memberi kejutan words puzzle surprise ke pasangan...

Read More...

Thursday, December 6, 2012

Ciplukan - "Physalis Angulata"

Namanya Cipluk'an. 
Sejak kecil aku menyebutkan begitu.  Masa itu, setiap kali ke sawah, aku selalu mencari buah yang tertutup kelopak ini. Rasanya manis asam, seperti tomat, seperti carson fruit, tapi berbeda... rasanya unik. Subhanallaaaah....






Namanya Cipluk'an.
Yang aku tahu, buah ini tidak memiliki nilai komersil sama sekali di Indonesia. Tapi ketika berkunjung ke Zhangjiajie China tahun 2009 lalu, aku mendapati banyak kios penjual buah-buahan di sana menjual Ciplukan. Aku terpana luar biasa, melihat mereka menjualnya kiloan, dan melihat ukuran ciplukan di sana dua atau bahkan tiga kali lipat ukuran ciplukan di Indonesia. Subhanallaaah







Namanya Cipluk'an.
Ternyata buah lucu ini punya nama latin Physalis Angulata.
dan Subhanallaaaaah...... ternyata buah ini memiliki banyak khasiat... di buahnya, di daunnya, di batangnya, di akarnya.... Tak percaya? Coba tanyakan Mr Alamendah  tentang khasiat Ciplukan ini.





Namanya Cipluk'an.
Sejak kecil hingga kini, aku menyebutnya begitu... Sejak kecil hingga kini, aku menyukainya.
Bagaimana teman-teman menamai buah kecil ini??





Read More...