Thursday, January 27, 2011

Cerita Bersambung

CERBUNG DASRUN  PART 4





Lutut Siti mendadak lemas mengetahui suaminya kehilangan dompet. itu artinya lenyap sudah gaji sebulan. Padahal seharusnya ini adalah moment yang membahagiakan untuknya, untuk anak dan tentu saja untuk suaminya. Jauh jauh hari Rama, anaknya, sudah berencana pergi ke pasar malam dan membeli helicopter mainan. 2 hari yang lalu bahkan keinginan itu terbawa dalam mimpinya.

Siti melihat suaminya yang kebingungan.
Basah keringat yang menempel di ketiak kemeja kerjanya belumlah kering. Peluh di dahinya juga belom sempat dia seka.Sekarang harus ditambah lagi rasa kebingungan karena uang itu hilang.

950 ribu...
sangat besar untuknya dan  Sang Suami.

Ia mencari tempat duduk, karena lututnya mulai gemetar. menutup mata karena mendadak semuanya menjadi gelap....
di telinga, terngiang ngiang suara mendiang Emak. "Siti anakku sayang... Besok kamu akan menjadi istri Dasrun. Ikutlah kemanapun suamimu pergi. Patuhlah padanya, senangkan hatinya, terima apapun yang dia berikan padamu. Jangan sekali kali meminta atau menuntut apapun. Istri yang baik adalah istri yang sanggup mengelola rumah tangga dengan berapapun yang suami berikan. InsyaAllah, rejeki sudah diatur Tuhan. Kamu ndak usah kuatir, Emak percaya kamu bisa jadi istri yang baik"


Sosok Emak yang dirindukan Siti. dibalik senyumnya yang lucu dan polos, tersimpan kebijaksanaan yang luar biasa luasnya


Siti seolah olah mendapatkan kekuatan baru. Ia bangkit dan memasang senyuman termanisnya. mendekati Dasrun yang masih panik, lemas dan tidak percaya kehilangan dompetnya.
Dibelainya punggung sang suami, “Mas, ndak apa apa. Itu cuma uang. Nanti pasti diganti yang lebih banyak sama Allah. Sekarang yang penting Mas Dasrun gak kenapa kenapa. Iya tho?..... Ayo Mas, makan dulu. Tadi sudah tak bikinkan sambel tempe penyet. Untung aku sempat nanam cabe  ya Mas, jadi meskipun sekarang Cabe mahalnya minta ampun, kita tetep bisa bikin sambel. Ayo Mas, aku lapar juga…Kita makan sama sama?”

Dasrun menatapnya, menarik nafas panjang panjang.
Sekali lagi Siti berusaha memberikan senyumannya, berharap bisa menenangkan Sang Suami. Ia melihat mata suaminya berkaca kaca. tapi sebelum air mata itu meleleh jatuh, Dasrun sudah mendekapnya. Entah kenapa, Siti merasa sudah ikhlas kehilangan 950 ribu itu. Selama Dasrun ada untuknya, maka segalanya akan baik baik saja.

"Terima kasih ya dek..." bisik Dasrun.

Di luar rumah, terdengar suara Rama dan teman-temannya semakin dekat….


*****


Madi berjalan  pelan-pelan di belakang anak-anak itu, menguntit dan mengamati sampai dimana mereka akan berhenti.

“Rama, jangan lupa lho ya… besok aku pinjam pesawat-pesawatannya!”
“Iya iya… tapi inget ya, jangan dirusakin!” balas Rama, anak yang sedari tadi membuatnya penasaran.
Anak-anak tadi berhenti di depan sebuah rumah kecil, dengan teras yang juga sangat kecil, namun dipenuhi pot pot tanaman. Ada tanaman Cabai setingi pinggang orang dewasa, ada pula tanaman tomat yang harus disangga dengan batangan kayu karena tak kuat menahan beban beberapa buah tomat ranum yang masih menggantung. Di sebelahnya ada Kemangi dan Kenikir. Lalu ada tanaman anggur yang merambat melalui tiang sampai ke atas teras mendekati genting rumah yang tidak terlalu tinggi. Masih ada beberapa gerombol anggur hijau yang masih sangat muda.

Jika sudah masak, Rama suka membagi-bagikan anggur ini ke teman dan tetangga

Madi masih mengawasi tak jauh dari rumah itu, tempat Rama berhenti, dan teman-temannya meninggalkannya. “Jadi ini rumahnya…” batin Madi.

Belum jauh anak-anak yang lain berjalan, keluar seorang wanita manis dari rumah kecil itu.  “Alhamdulillaaah anakku sudah selesai mengaji…” sambutnya pada Rama.

Si anak tersenyum lebar melihat Ibunya di depan pintu. “Assalamualaikum Bu… nanti kita jadi ke pasar malam kan??”

Madi serasa disambar petir……
Dia mengenal wanita manis itu.

*****

“Sudah Mas, nanti dilihat Rama lho… tuh Rama sudah pulang” Siti berusaha melepaskan pelukan Dasrun, meskipun dalam hatinya ia tak ingin pelukan hangat suaminya harus berakhir. Kalau saja dunia ini hanya milik mereka berdua, maka Siti memilih untuk menghabiskan seluruh sisa hidupnya dalam pelukan Dasrun.

Dasrun terseyum nakal “Biar saja Rama tahu….” Dia makin erat mendekap Siti, istrinya yang bertubuh mungil, tubuhnya selalu wangi meskipun dia tak pernah mampu membelikan Siti parfum.
“Ehh..malu ah…”  Siti melepaskan diri, dan langsung keluar dari kamar menuju pintu depan untuk menyambut anak semata wayangnya, Rama.

.  “Alhamdulillaaah anakku sudah selesai mengaji…” sambutnya pada Rama.

Si anak tersenyum lebar melihat Ibunya di depan pintu. “Assalamualaikum Bu… nanti kita jadi ke pasar malam kan??”

“Waalaikumussalam Rama anakku sayang….”
“Jadi kan Bu?? Kita ke pasar malam?”
Siti terdiam, tak tau harus berkata apa. Tadi ia lega karena berhasil menenangkan Dasrun. Tapi kali ini, melihat mata Rama….. ia tak sanggup. Segera ia menunduk, dan memeluk Rama. Menahan air matanya agar tak terjatuh. Tapi tampaknya susah sekali….

“Bu, jadi kan?”
Siti hanya menarik nafas panjang. Ia berjuang keras mengendalikan dirinya. Mulutnya tak sanggup menjelaskan apa yang terjadi, ia benar benar tak tahu apa yang harus dia katakana nanti pada Rama.

“Ibu nangis ya?”
“Ah ndak kok, tadi Ibu ngupas bawang…” jawabnya buru buru…
“Oooh….”
“Ayo Nak, masuk dulu. Mandi ya.. sudah ditunggu Ayah. Katanya mau makan bareng Rama gitu” Siti berusaha mengalihkan perhatian Rama, menggandeng tangan kecil anaknya masuk ke rumah.


*****


Madi masih mematung di tempatnya.  Ribuan halilintar hebat telah menyambarnya tadi. Ia masih tak percaya apa yang dilihatnya.

Siti.

Satu nama yang …. Madi sendiri pasti akan kebingungan jika disuruh menjelaskan siapa Siti baginya.

Ia mengenal Siti sejak masih anak-anak. Abangnya  Siti, Joko,  adalah sahabat karibnya. Madi bahkan sering sekali menginap di rumah Siti. Madi sangat akrab dengan seluruh keluarganya. Semenjak Bapaknya meninggal, Ibu Madi bekerja keras menggantikan peran bapaknya. Dini hari sudah berangkat berjualan di pasar. Menjelang tengah hari baru pulang ke rumah, dan tidak berhenti sampai di situ. Ibunya harus pergi lagi ke rumah Pak Haji Mu’in untuk menjadi tukang cuci disana sampai malam hari. Itulah kenapa Madi lebih sering berada di rumah Siti. Karena ia bisa main sepuasnya dengan Joko, dan bisa ikut numpang makan atau tidur disana.

Madi juga ingat betul soal Emak, yang sudah dianggapnya sebagai ibu kedua. Setiap selesai memasak, Emak selalu tak lupa memanggilnya. “Jokoo…Madiii… Sitiiii…, Ayo makan dulu….”
Bahkan Emak pula yang mengajarinya mengaji…..


Saat mereka beranjak dewasa, Joko harus pergi ke Jakarta untuk mencari kerja, dan Siti masih tetap di pesatren. Sementara Madi? Ia sempat ikut Pak Dhe nya bekerja di Malaysia, jadi buruh kasar disana. Berpindah pindah, dari satu proyek bangunan yang satu ke proyek bangunan yang lain. Pernah sekali ia tertangkap polisi diraja Malaysia, dipukuli dan ditendang-tendang karena tidak bisa menunjukkan berkas berkas yang lengkap. Ia memang illegal. Apa boleh buat. Kedua kalinya ditangkap, Madi pun ogah kembali ke Malaysia. Apa gunanya jadi budak di negeri orang?

Setelah itu, ia terdampar di Jakarta, malas pulang karena tak ada lagi yang menunggunya di kampung. Ibunya sudah lama meninggal, mungkin karena terlalu lelah bekerja mati-matian untuk Madi dan adik adiknya. Sementara adik-adiknya pun bercerai berai mencari penghidupannya sendiri.

Ia tak tahu lagi kabar Joko, Siti atau Emak…..

Sampai akhirnya… ia melihat Siti sekarang.

Madi membalikkan tubuhnya… bergegas pergi dari situ. Ia berlari…. Di dadanya ada perang batin yang lebih dahsyat dari semua perang yang pernah terjadi di bumi ini.


*****


Rama sedang mandi. Dan Dasrun masih duduk sambil memegang segelas the manis yang dibuatkan Siti tadi. Pikirannya bercabang cabang, seandainya tadi uang tidak dimasukkan ke dompet, pastilah tidak kena copet. Seandainya tadi ia tidak naik angkot yang itu… pastilah tidak kena copet. Seandainya tadi… seandainya tadi….

Sementara Siti di kamarnya, membuka lemari. Tangannya berusaha mencari sesuatu di bawah tumpukan bajunya.

Matanya terlihat lega ketika ia sudah berhasil menemukannya. Sebuah bungkusan…benda kecil yang dibungkus kain lap berwarna hijau terang. Dipakainya di jari manis kanannya, lalu diputar putar, sambil mengenang Emak. Ada butiran butiran bening menetes pelan dari ujung matanya.

“Mak… maafkan aku Mak, cincin Emak terpaksa aku jual buat makan sebulan ke depan…”



"semoga cukup untuk beli beras dan bayar sekolahnya Rama..."



the end
tamat
fin




**************************************************


Ceritanya begini sodara sodara....
beberapa hari yang lalu, Mbak Herien, Bundanya Shishil yang cantik itu, memberiku hadiah berupa tendangan super maut !!  (pinjem istilahnya Mbak Herien, hehehe..)
Tendangannya berupa sebuah tantangan untuk meneruskan cerita bersambung yang diawali dengan kisah si Dasrun. Asal muasal cerbung ini dari ide usilnya Mbak Iyha yang bosen dengan cerbung hasil karya satu orang saja. Beliau pikir akan lebih sensasional jika cerbung ditulis oleh banyak orang dan banyak versi, sehingga bisa muncul hal hal yang mungkin tidak pernah terpikir sebelumnya. Dan benar... ternyata cerbungnya berlanjut dan berkembang sedemikian rupa, (semoga gak akan sepanjang serial Tersanjung yaa...) dari sudut pandang yang bermacam macam dan gaya penulisan yang berbeda beda....

Buktikan saja, Dari kisah awalnya yang hanya sederhana, cerbung bagian kedua yang ditulis Bibi TitiTeliti  ,   MasBro dam  Little Usagi sangat jauh berbeda.... unik kan?? LIttle Usagi menggambarkan Istri Dasrun orang yang ekspresif, agak galak dan cenderung bawel. Sementara MasBro memilih istri Dasrun adalah seorang yang tidak banyak ngomong, dan pandai membaca keadaan, sangat mengerti suaminya. sementara Bibi TitiTeliti memilih menggambarkan sosok Rama, anaknya Dasrun.

Lalu bergulir terus, dari Bibi TitiTeliti menuju ke Bunda Shishil yang kemudian membuat ceritanya semakin berkembang dan menarik.... muncul karakter baru, yaitu Madi si Pencopet beserta istri dan anak anaknya. alur cerita semakin liar menakjupkan!!!!

Setelah itu, cerbung itu baru loncat ke blog kuning ini. 
Aku tidak pandai menulis cerita, jadi maafkanlah jika terasa membosankan, hehehe....
Semoga Mbak Iyha, Mbak Err dan Mbak Herien puas dengan cerbung bagian ke 4 versi YellowLife.

oh ya, aku tamatkan ceritanya disini, meskipun masih menggantung. tak apalah, agar para pembaca bisa memiliki kelanjutan kisah ini versinya sendiri sendiri
jika ada yang berminat meneruskan...monggo silakan saja.....

**********************************************************************

Berhubung Mbak Iyha, author pertama dan Mbak Herien, author ketiga, keberatan jika kisah ini berhenti sampai di sini ... maka aku mencoba untuk melemparkan tendangan maut ini ke HENNY YARICA, ibu muda yang sedang menikmati masa kehamilan pertama. Semoga Yenny bersedia meneruskan kisah Dasrun....

:)

58 comments:

  1. waaah,,jadi ini cerita bersambung para blogger toh. lain kali henny mau ah dikasih PR kayak begini :D

    ReplyDelete
  2. Tante elsa cantik... makasih banyak udah repot nerusin ide usilku, heheheh...

    keren, top markotop ceritanya... tapi kalo boleh minta, tolong jangan ditamatkan... tunjuklah 1 sahabat saja untuk nyambung lagi,, ini masih enak buat dilanjutin, gregetnya masih terasa banget,, ayo Tante,, lanjutkannnnnnnnnnn... tunjuk 1 orang ya..ya.. please,, hehe...

    trims Tan, sorry lho repotin, 1 kali lagi, tengkiu ah... hehe...

    ReplyDelete
  3. plok plok plok... keren tante elsa, mirip seperti yang aku bayangkan, sengaja di ketemukan mereka di rumahnya dasrun, hehehe...

    ayo tante elsa tunjuk 1 orang lagi utk nerusin biar makin seru dan bikin penasaran, serta makin banyak hal2 yang tak terduga lainnya :)

    siapa yah yg kira2 dpt tendangan maut selanjutnya??

    ReplyDelete
  4. ide usilnya boleh juga tuh...
    banyak cerita, banyak versi sesuai penulisnya.
    kreatif!!

    ReplyDelete
  5. ga sabar nunggu kelanjutannya: )
    mbak istrinya dasrun istri dambaan para suami ya, ga ngeluh apa yg terjadi walaupun kekurangan.

    ReplyDelete
  6. boleh juga tuh ceritanya, ternyata ada bakat terpendam menjadi cerpenis :)

    ReplyDelete
  7. wahhh ceritanya makin seruuu.....ternyata bisa juga nech tante elsa bikin cerbung ehehhe....

    ReplyDelete
  8. haduh..langsung dilempar ke henny :)
    insyaallah henny selesaikan mbak. tapi harus tunggu 2 hari baru bisa dipublish, soalnya blog henny lagi dialihkan domainnya. kelamaan nggak?

    kalau terlalu lama, bisa dialihkan dulu ke blogger yang lain, setelahnya baru henny yang lanjutin. gimana?

    ReplyDelete
  9. loh berarti nama lengkap istri Dasrun itu.. Siti Ruqaiyha ya..

    ehm uapik deh cerpennya

    ReplyDelete
  10. keren banget idenya, cerbung dr beberapa penulis berbeda.

    keren kok punya mbak elsa, udah bisa ngebangun imajinasi pembaca :D

    ReplyDelete
  11. nice story :)
    blognya sudah saya follow ya ^^

    ReplyDelete
  12. Seru pastinya soalnya endingnya nggak bisa ketebak karena idenya nggak cuman dari satu dua orang.. jadi penasaran liat nasib Dasrun dan yang lainnya gimana

    ReplyDelete
  13. Ini dia istrie yang dapat jadi teman sampai surga insyallah....bagus ceritanhe

    ReplyDelete
  14. wah sambung-menyambung menjadi satu yo nduk. Kalau Sembung itu di Perak ya.
    Apik critane.

    Salam hangat dari Jombang (juga)

    ReplyDelete
  15. hu huyyy..s ambung lagi walau ada tulisan Fin


    keren ceritanya

    ReplyDelete
  16. semoga gak kebagian tendangan mautnya,karena gak bisa bikin cerita :D

    apa kabar mba ? apa kabar dija cantik ?

    ternyata mba elsa jago jg nih bkn cerita ^^

    ReplyDelete
  17. wah ternyata dasrun itu punya istri 2 ya, yg pertama namanya Siti dan yang kedua namanya Iyha, hehehehe

    ReplyDelete
  18. @Bundha Shil: 3 Bun. Yang ketiga namanya Nting :D

    @Tante Elsa: duh, sy mbrebes mili mbaca cerita di sini... Menarik mb.. Alur dr Mb Erry menarik, berganti-ganti sudut pandang... Good..

    ReplyDelete
  19. wah wah tantenya Dija, banyak banget bakatnya ...

    ReplyDelete
  20. hihihi... aku nyambung2in dr versi yg lain mba elsa, di versi yg lain kan ada yg kasih nama siti dan ada yg kasih nama iyha, jadi aku sambungin aja siti advertiyha, hahahha.

    Abis ada juga di versi yg lain, yg nyebutin kalo yg nyopet si dasrun itu namanya madi, lha itu kan versi kita kan mba elsa. Jadi emang jadi ngacak juga nih kayaknya, hahaha

    ReplyDelete
  21. Whuaaaaa....
    keren mba Elsa...
    Ada potonya segalaaaaa...
    Niat banget...
    Jadi lebih gampang ngebayanginnya...hihihi...

    Ayooo...
    Lanjut teruuuuus :_

    ReplyDelete
  22. Duuh..Tante elsa keren nih ceritanya..
    komplit deh ma fotonya..
    penasaran nih lanjutannya..!!

    salam kenal yah..

    ReplyDelete
  23. uweesss teeehh..... mangstab lah,,, ditunggu beredar di pasaran, hihihihi

    ReplyDelete
  24. iyaaaaa keren foto..fotonya... :)
    idenya kreatif....
    mari kita nantikan berikutnya akan dibawa kemana si dasrun.. :D

    ReplyDelete
  25. awalnya tadi kirain ini kisah nyata *sebelum baca link2 yg ada* :D

    Mbak Elsa kreatif banget ini bukan hanya cerbung mbak, tapi cergam juga, kereenn deh.. tapi koq fin binti tamat aka the end siih?? lagi lagi lagi :D

    ReplyDelete
  26. Tante Elsa nyambunginnya keren banget,
    jadinya tetap lanjut kan, seru juga baca kemungkinan certa ini berkembang

    ReplyDelete
  27. hmmmm spertinya bisa neh buat novelnya,...hehhehe

    ReplyDelete
  28. dasrun sang manusia toiltetkah?? he he he kisahnya lengkaaaaaaap mbak....ndak membosankan pula..muantaaaaaapppp...kalo baca dari part 1 nmmmmmmmmm

    ReplyDelete
  29. Wooohhh... Seru nih ada cerbung antar blogger seperti ini. Selain ceritanya jadi berkembang, persahabatan antar blogger juga jadi tambah erat ya mba.

    ReplyDelete
  30. heheheheheheh waaahhhh serunya saling menyambung cerita hehehehe

    ReplyDelete
  31. wehehe..tantenya dijja juga bisa koq bikin cerita hihi..

    ReplyDelete
  32. waduh, pada kreatif2 banget neh blogger indonesia sekarang.... hmmm salut mbak elsa...

    ReplyDelete
  33. Ah ini keren ini ...

    Cerita Dasrunnya pakai ilustrasi bergambar

    Hahahaha

    Salam saya Bu ...

    (sudahkah bersepeda hari ini ?)
    (muterin lapangan bola tempat Putra Jombang latihan misalnya ?)

    (hehehe)

    ReplyDelete
  34. Suka duka harus dihadapi bersama dalam keluarga!

    ReplyDelete
  35. wuihhhhhhhhhh, keren mbak,,,,
    *speechless* deh

    ReplyDelete
  36. dasrun menerjang blogosphere!

    ReplyDelete
  37. wah bagian ke-4... saya harus baca dari pertama dulu nih mbak.... :)

    ReplyDelete
  38. ngga salah ngasih bola dong ya mbak berarti mereka... :D hasilnya aja ginih

    ReplyDelete
  39. mbElsa menggambarkan Siti sebagai istri yg ideal,insya Allah bisa menginspirasi,aminn..

    ReplyDelete
  40. membaca cerbung ini di sini, terasa ada yang berat di mata.gak tau kenapa, apakah ada batunya atau juga habis ngupas bawang.tapi yang jelas ceritanya sungguh bagus

    ReplyDelete
  41. buah anggurnya kok serasa enak gitu ya....

    ReplyDelete
  42. waaa...kakak elsa cantik pandai menulis juga hehe *ngiri* :D

    ReplyDelete
  43. mesti baca dari awal lag nih, soalny endingnya bagus.. :D

    ReplyDelete
  44. Keren..keren..!! Nyambung banget dengan punyanya bunda Shishil, tambah keren lagi karena ada gambarnya.. Jadi penasaran nih lanjutannya gimana..

    ReplyDelete
  45. Hari ini saya baca cerita ini lagi. Masih ada peluang untuk meneruskan cerita, setidaknya tentang kisah persaudaraan si Madi dengan keluarga Siti.
    Alurnya asyik nih, bikin yang baca bertanya tanya. Itu tandanya penulis sukses menggiring imajinasi para pembaca. jempol deh buat Mbak Elsa;

    ReplyDelete
  46. Mantaaafff euy. Gw baru baca yang pertama di tempat Mba IyHa. tar ah lanjut ke tempat Mba Herien.

    hehehe, ternyata temen2 kyu banyak penulis hebat boooo :-)

    ReplyDelete
  47. salam kenal mba elsa...cerita yang penuh hikmah mba...
    mba..btw mau ga join bareng aku di kecubungnya pakdhe??? agar persahabatan semakin erat...

    ReplyDelete
  48. Mbak Elsa, saya punya Kado terindah buat Dija...
    silahkan diambil ya di blog saya
    makasih ya mbak..

    ReplyDelete
  49. wah aku ktinggalan jauh. jalannya mas dasrun tll cepat yo mb. nunggu endingnya ajalah :)

    ReplyDelete
  50. Elsa: cerbungnya sudah bisa dimuat ke koran/majalah. Sudahkah? itu sangat bagus..

    ReplyDelete
  51. wahh mba keren bisa bikin cerbung
    hihiii

    asyik juga kalo buat event kayak gini yaa

    ReplyDelete
  52. duh..udah lama ga bw, ternyata ada tendangan super maut dari temen2..hehe..asik tuh mba, menarik..:)

    ReplyDelete
  53. wah ceritamu jen.... keren banget... tapi rasanya aku kenal pohon anggur itu???.... hehehe.... sekarang sudah ngga ada... karena kemaren kena angin kencang.....

    ReplyDelete
  54. Memang gaya nulisnya beda-beda ya,jadi seperti membaca cerita yg berbeda
    tapi itulah uniknya Cerbung yang ditulis bergantian. jadi ga bosen !!

    Mbak Elsa... mau nangis aku baca tulisanmu, hiks 3x

    ReplyDelete
  55. cerbung yang luar biasa... bisa jadi novel nich...semangat semangat

    ok Thank's for you enjoy aja.

    ReplyDelete
  56. haha.. karakter istri memang sangat berpengaruh ya mba terhadap perilaku suami. Benar-benar harus ekstra hati-hati,

    Betapa bahagianya suami yang punya istri penyabar seperti siti, subhanallah...

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.