Monday, March 30, 2015

Alhamdulillah... Sudah Selesai...

Sempat bingung, waktu kemaren bikin syukuran 5 tahun Dija di blog. Antara iya atau tidak. Iya nya karena tahun kemaren udah gak bikin syukuran di blog. Tidaknya karena aku lagi repot sekali. Pegawai toko masih baru-baru semua dan belom bisa "dilepas", sementara itu aku yakin syukuran ulang tahun Dija di sekolah juga pastinya akan menyita banyak perhatian dan tenaga. Tapi akhirnya tetep aku adain syukuran di blog, pingin berbagi sama teman teman blog.

Tapi kemudian... adaaa aja hal hal yang semakin menambah repotnya suasana, heheehehe... mulai nenekku yang sakit dan harus beberapa waktu di ICU, sementara itu Ibuku juga harus mengadakan perjalanan yang sangat jauh. Tidak itu saja, ketika rapat orang tua di sekolah Dija, Gurunya Dija kasih tahu kalo Dija mendapatkan peran utama di sebuah drama pada lomba main peran antar kelas. Beliau memintaku menyiapkan kostum yang sesuai dengan perannya. Setelah cari cari kostum dan minta tolong teman teman, aku dapat juga kostumnya. Tapi kurang sesuai dengan perannya. Jadi aku memutuskan untuk bikin kostum sendiri. Hehehhee... kalo dipikir pikir... emang aku sendiri ya yang bikin ribet.

Ya sudah lah, balik lagi ke syukurannya Dija yang seminggu lalu sudah selesai digelar, dari awal aku berharap tidak banyak peserta, hehehehe. Bukan apa apa, tapi kalo terlalu banyak, bingung banget menentukan pemenangnya. Dan seperti perkiraanku, karena aku gak sempat promosi giveaway kali ini, jadi alhamdulillah pesertanya hanya sedikit. Karena sedikit itulah, aku memutuskan untuk memberikan hadiah kepada semua peserta. Berikut ini adalah daftar peserta secara acak beserta hadiahnya :

40x40 Bantal Kecil

1. Mugniar
 http://mugniar.blogdetik.com/2015/03/22/5-gaya-pusing-pala-ala-dija/

2. Ajeng
http://nguleg-dot-net.blogspot.com/2015/03/princess-dija-5-hal-yang-membuatmu.html

3. Bunda Fitri 3 Boys
http://fitri2boys2.blogspot.com/2015/03/syukuran-5-tahun.html

4. Sandra Buana Sari
http://mykidneybean.blogspot.com/2015/03/a-princess-who-called-dija.html

5. Pakde Cholik
http://blogflamboyan.com/giveaway/5-persamaan-antara-dija-dan-saya



Mini Tote Bags

1.  Thia Bunda Vania
http://bundavania.blogspot.com/2015/03/dijas-special-five.html

2. Husna Risalah
http://risalahhusna.blogspot.com/2015/03/assalamualaikum-hi-dija.html

3. MamaMia
http://story-of-mamamia.blogspot.com/2015/03/princess-dija-is-turning-5.html

4. Rina Bunda Kanaya
http://episodekanaya.blogspot.com/2015/03/5-hal-tentang-blog-dija.html

5. Kania
http://catatantentangbuahhati.blogspot.com/2015/03/5-hal-menarik-di-blog-princess-dija.html

6. Lidya
http://www.fitrian.net/2015/03/serba-5-di-syukuran-5-tahun-dija.html

7. Sarah
http://nurlailazahra.blogspot.com/2015/03/5-point-tentang-blog-dija.html

8. Reni Judhanto
http://another-reni.blogspot.com/2015/03/menjelang-5-tahun.html

9. Jiah Al Jafara
http://jiahjava.blogspot.com/2015/03/priscess-dija-di-yellow-life.html




Maish ada satu sumbangan hadiah kecil lagi dari Pak Zach Flazz. Nanti akan diundi lagi siapa yang beruntung mendapatkannya. Aku tidak akan memberitahukannya disini dulu, mungkin lebih baik jadi surprise aja ya siapa yang nanti dapat kiriman hadiah tambahan itu. 

Terima kasih sekali lagi buat para peserta yang sudah membuat review blog Dija. Alhamdulillah sudah 5 tahun, semoga Dija dan blog nya akan panjang umur dan punya umur yang bermanfaat buat banyak orang. Kepada semua peserta, mohon mengirimkan alamat dan nomor ponsel yang bisa dihubungi melalui email  yellowupyourlife@gmail.com


Monday, March 9, 2015

Syukuran 5 Tahun Dija

Assalamualaikum....

Tak terasa, time flies so fast. Sebentar lagi Dija ulang tahun yang ke 5. Artinya, blog Little Dija juga sudah  hampir 5 tahun, sama kayak Dija. Untuk mensyukuri semua hal selama 5 tahun ini, Kami mau bikin syukuran sederhana, supaya bisa berbagi kebahagiaan sama teman teman blogger yang selama 5 tahun ikut memperhatikan perkembangan Dija.   Sudah tersedia 5  mini tote bags yang lucu untuk dibagikan :



Lalu ada juga 5 bantal lucu yang masih dalam proses pembuatan, (masih dijahit)  lihat contohnya satu aja ya, seperti ini nih bantalnya :


Jadi totalnya ada 10 hadiah yang siap dibagikan untuk syukuran Dija kali ini.


Bagaimana cara dapetinnya ?

Gampang kok. Cukup bikin postingan di blog masing masing berisi review blog Dija yang hampir berusia 5 tahun ini, dengan 5 point yang kreatif.

Review sederhana saja, tidak perlu terlalu panjang atau terlalu formal. Temukan 5 hal yang bisa dijadikan tema postingan, misalnya hal yang disukai dari blog Dija, 5 hal yang kurang atau belum ada di blog Dija selama ini, 5 cerita Dija, apapun bisa dibahas dalam review sederhana.

Lalu posting di blog masing masing. Waktunya mulai 4 Maret 2015 sampai tanggal 23 Maret 2015 pukul 17.00 WIB. Daftarkan Nama dan URL postingan review di kolom komentar postingan ini.
Semua blogger boleh ikutan, asalkan punya alamat pengiriman hadiah di Indonesia. Pengumuman pemenang insyaAllah seminggu setelahnya. Akan ada 10 pemenang paling kreatif yang akan dipilih oleh Dija dan Tante Elsa.

Syarat lainnya... hhm, apa yaa? Gak ada deh, itu aja sudah cukup. Review ringannya bisa dibikin mulai sekarang lho... Selamat posting ....


Monday, February 23, 2015

5 Mini Tote Bags

Akhir akhir ini kurasa aku sangat (sok) sibuk. Berawal dari resign nya dua pegawaiku karena alasan menikah, lalu untuk beberapa waktu tidak ada pengganti, sehingga aku harus benar-benar standby di toko dari awal sampai akhir. Sekarang Alhamdulillah sudah ada pegawai baru, (semoga saja dia betah bekerja denganku, dan aku juga betah bekerja dengannya).... tapi yaaa, begitu.... harus memulai lagi dari awal, mengajarinya ini itu. Butuh waktu untuk beradaptasi. Jadi sementara ini, aku belum bisa santai santai blogwalking, belum bisa santai santai keluyuran. Apalagi momentnya pas banget, sebentar lagi ulang tahunnya Dija. Mau berbagi kebahagiaan di sekolah, seperti tahun sebelumnya. Jika tahun lalu aku bikinin souvenir mug untuk teman sekelasnya, yang sebulan atau dua bulan kemudian dicontek sama temannya Dija, heheehe..... sedikit kecewa sih ketika ide kita dijiplak habis habisan oleh orang lain. 

Berawal dari situ, sudah sekitar 4 bulan yang lalu aku mikir, mau berbagi apa di sekolah nanti untuk syukuran hari lahir Dija yang ke lima ini. Akhirnya aku putuskan untuk membuatkan totebag berukuran mini yang sederhana tapi dengan banyak pilihan motif. Sengaja menjahit sendiri, dengan harapan kali ini idenya gak mungkin dijiplak lagi, hehehehe.... kalopun dijiplak, pastinya lebih bagus lagi ya, baik dari bahan, jahitan dan lain sebagainya.
dan karena teman sekelas Dija cuma 10 anak, maka membuatkan sekitar 15 totebag mini aku rasa masih bisa dihandle sendiri lah. Dan sejak sebulan yang lalu, aku sudah mulai mencicil mini tote bag ini.  Karena kali ini temanya adalah angka 5, maka aku bikin 5 motif tote bag yang (semoga) bisa disukai anak anak.







Mini tote bag ini rencananya sebagai goodie bag syukuran ulang tahun Dija. Tas nya sudah selesai. Isinya yang belum selesai dipikirkan. Pinginnya sih bikinin paket bento yang lucu buat anak anak. Terlalu tidak mungkin untuk membuat bento sendiri, karena (1) aku gak bisa masak dan (2) aku tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Jadi sementara ini aku masih hunting dimana bisa pesan bento, secara Jombang adalah kota kecil yang kayaknya belum ada jasa catering yang menerima pesanan bento. Harus putar otak nih, apakah tetap mau isi bento atau isi snack lainnya. 

Kalo ada saran dan usul yang keren, tolong share yaa....




Btw, ada yang berminat dapetin mini tote bag ini juga?

Friday, January 30, 2015

IRI



cuma sedang ingin berdoa. semoga kita semua dijauhkan dari rasa iri dan dengki pada orang lain, dan semoga orang orang di sekitar kita juga dilindungi dari hal yang sama, termasuk semoga mereka berhenti merasa iri dan dengki pada kira.

ingat pepatah jawa, urip iku mung sawang sinawang, hidup itu hanya saling memandang. Bagaimana kita memandang rumput tetangga yang selalu tampak lebih hijau, memandang hidup manusia lain lebih baik daripada kita, hanya menilai, menimbang dan membayangkan saja. Kita tak pernah bisa tahu apa sesungguhnya yang ada di balik rumput hijau tetangga tadi. 



Monday, December 22, 2014

its kinda (not really a) DILEMMA


Hari ini aku bikin satu judul baru di blognya Dija. Judulnya adalah Today I'm Wearing.  Ide awalnya adalah saat melihat begitu banyak foto Dija yang asal foto aja gitu, tanpa konsep, tanpa ada peristiwa yang melatar belakanginya. Foto foto asal jepret itu menumpuk begitu saja, karena mau dimasukin blog, tapi kok gak mengandung "cerita". Kemudian aku melihat beberapa waktu belakangan ini lagi ngetrend istilah OOTD alias Outfit Of The Day. Aksi OOTD ini gencar dilakukan oleh fashion fashion blogger yang stylish dan pastinya keren. Caranya cukup simpel, hanya mengapload foto seluruh badan untuk menampilkan secara lengkap busana apa yang dipakainya hari itu. Cara main berikutnya adalah dengan memberikan keterangan lengkap, brand brand apa aja yang dipakai from head to toe, dari atas sampai ke bawah. Misalnya, baju atasan merk apa, baju bawahan merk apa, tas merk apa, asesoris merk apa aja, dan lain sebagainya.

OOTD yang dilakukan banyak fashion blogger terkenal akhirnya mendapatkan respon dari brand brand tertentu. Karena pada akhirnya brand-brand ternama melihat OOTD para fashion blogger itu merupakan sarana promosi yang paling efektif. Yang terjadi kemudian adalah, pemilik brand fashion akan mengirimkan secara gratis barang barang terbaru mereka ke fashion blogger yang dirasa pantas untuk mempromosikannya. Sang fashion blogger pun dengan senang hati akan memamerkan barang baru itu dalam aksi OOTD nya. Semacam simbiosis mutualisme ya...

Fashion blogger yang sudah punya nama bahkan bisa menjadikan "simbiosis" itu tadi menjadi profesi tetapnya. Seperti fashion blogger yang selalu aku kagumi foto fotonya, si Alyx dari Perancis. Coba kunjungi blognya di Cherry Blossom Girl.  Foto fotonya menakjupkan. Gaun gaun dan segala pernak pernik yang dipakainya selalu tampak luar biasa indah. Everything looks good on her. Dia bahkan berkeliling dunia mengunjungi banyak negara, yaaa dari undangan brand brand ternama. Mereka mengundang si Alix ini dengan tujuan agar Alix nanti menuliskannya di blog, sebagai promosi. Hebat kan? aku ngefans banget sama blognya si Alix ini.

Nah, dari situ... muncul ide, kenapa gak jadikan foto foto Dija yang menumpuk tak berkonsep tadi menjadi semacam OOTD?
Tahu majalan VOUGE kan? Majalah fashion vouge (versi inggris) yang bisa dikatakan seperti kiblat fashion dunia ini bahkan punya segmen khusus OOTD para model ternama. Segmen itu diberi judul Today I'm Wearing.

Mencontek istilah yang dipakai oleh situs VOGUE.UK, maka jadilah postingan Today I'm Wearing ala Dija. Hehehhee.....  Harapanku membuat OOTD versi Dija ini, selain memanfaatkan foto foto yang terbengkalai tadi, juga pingin bisa mengambil foto Dija sebaik foto foto milik Alix yang cantik itu. Tentu saja levelnya Dija masih jauuuuuh dibanding Alix, seujung kuku pun belom bisa menyamainya. Tapi, meski begitu semoga segmen OOTD di blog Dija ini membuatku bersemangat ngeblog lagi, bersemangat belajar foto foto Dija lagi.

Today I'm Wearing versi Dija, sekali lagi memang pada dasarnya OOTD. Seperti yang aku jelaskan di atas, bahwa cara mainnya selain mengupload foto busana yang dipakai hari itu, juga menyebutkan merk-merk yang dipakai. Sebenarnya tidak harus branded. Diana Rika Sari dulu bahkan sering menyebutkan bahwa busana yang dipakainya adalah warisan sang nenek, tas yang dikenakan adalah warisan ibunya, atau rok yang cantik ternyata dia jahit sendiri. Intinya hanya menyebutkan, tak masalah itu barang branded atau tidak.

Yang menjadi masalah adalah.... ketika ada orang yang melihat segala sesuatu dari kacamata negatif. Ada kalanya kita bermaksud baik, tapi orang lain menilainya buruk. Pernah mengalaminya juga kan?Aku sih berdoa, pinginnya OOTD versi Dija nantinya tidak direspon negatif. Hmmm... gimana jelasinnya ya.... sebenarnya yang kumaksud adalah ini :




Please,... Tell me what you think.

Komentar si anonymous itu dengan indahnya nongkrong di blog Dija pada postingan Picnic. Terima kasih sekali buat Anonymous yang ini, yang sudah menjadi silent reader, yang sudah sangat sangat memberikan perhatian khusus pada blog Yellowlife maupun blog Dija dengan caranya sendiri. Terima kasih juga untuk peringatannya. Kalau boleh request sih, ya Mbak atau Mas Anonymous... next time kalo mau komen lagi, di blog Yellowlife aja. Karena Dija ... sama sekali gak ada kaitannya dengan anda.

Beberapa teman blogger menyarankan, untuk menghapus komentar Anonymous itu, karena dinilai membawa semacan hawa negatif. Ada saran juga untuk mengubah settingan komentar, agar bisa disaring dulu sebelum tampil di blog. Terima kasih untuk sarannya, tapi untuk sementara ini aku belum berkeinginan mengubah settingan komentar. Monggo siapapun yang ingin berkomentar, baik dan buruk. Asal jangan promosi obat-obatan yang tak sopan.

Well... balik lagi ke OOTD nya versi Dija, karena masalah yang ditimbulkan oleh anonymous inilah aku memutuskan untuk tidak menjalankan syarat kedua dari aksi OOTD, Aku tidak akan mencantumkan Dija pakai apa saja hari itu. Apakah baju mahal beli di mall, atau pakai baju murah beli di pasar tradisional. Nope. Aku hanya akan memajang foto Dija. thats it.

Semoga Today I'm Wearing nya Dija akan mendapatkan respon yang baik dari teman-teman blogger. Aaamiiin.....



Friday, November 21, 2014

Kopdar dengan Ibu Ibu Cantik

Kopdar 1  [Nchie Hanie]
Lokasi : Bandung

Terjadi Bulan Mei yang lalu, aku sampai sudah lupa tanggalnya, karena sudah terlalu lama.  Waktu itu, aku dan Ibu menghadiri pernikahan saudara di Bandung. Seminggu sebelumnya aku sudah berusaha mengontak Teh Nchie, memohon untuk bertemu beliau, karena aku ngefans banget, hehehehhee.....
Alhamdulillah  Teteh Nchie Hanie yang sangat sangat cantik dan baik hati bersedia menghampiriku di hotel sepulang kerja. Mungkin hanya 10 menit, tapi senang sekali bisa bertemu dengan Mama Olive yang baik ini. Beliau bahkan menghadiahiku selembar kaos hitam seperti yang dipakainya di foto ini, bertuliskan "SUMPAH AKU INI BLOGGER". Wow, siapa yang tak gembira? Hehehhe, terima kasih banyak ya Mama Olive yang sudah sangat baik mau menyambutku di bandung, meskipun hanya 10 menit.




Kopdar 2  [Mbak Nia Alqoernia dan Mbak Thia Bunda Vania]
Lokasi : Jakarta

Terjadi di awal Juni 2014. Ritualku ke Jakarta minimal sekali setahun mewajibkanku blusukan ke TanahAbang. Berhubung Mama Duo Ina juga saban hari melakukan hal yang sama, yaitu blusukan di Tanah Abang, maka mudah sekali bertemu dengan owner kios 108 ini. Sebenarnya kami sudah pernah bertemu tahun sebelumnya. Tak ada salahnya bertemu lagi, ya kan? Silaturahim kan bisa memperpanjang umur, hehehehe...



Mbak Nia ini ceria sekali orangnya, banyak bercerita dan tidak pelit berbagi ilmu. Di foodcourt Tenabang kami ngerumpi sampai tertawa terbahak bahak, hehehehe...seperti teman lama yang ratusan tahun tak pernah bersua. (lebay dot com).  Aku punya banyak waktu saat itu, jadi kami menghabiskan waktu sambil makan makan, juga sambil menunggu kedatangan Mbak Thia yang ingin bergabung dalam kopdar mini ini. 

Mbak Thia ternyata lumayan sibuk waktu itu, mengurusi pengambilan rapor di sekolahnya Vania, putri cantiknya. Tapi demi kopdar, Mbak Thia yang buta daerah Tanah Abang dan sama sekali belum pernah menginjakkan pasar tekstil terbesar se asia tenggara itu nekat membelah kemacetan jakarta demi bertemu kami berdua. Lama kami menunggu, hingga akhirnya Mbak Thia sampai juga setelah melalui perjuangan yang melelahkan. Terharu juga dengan perjuangan Mbak Thia nih...

Terima kasih ya Mbak Thia....
Terima kasih lagi buat buku-bukunya untuk Dija.




ssstt... Mbak Thia ternyata menyenangkan sekali lho, dan cantiiiik banget!!! 


Kopdar 3  [Mbak Entik]
Lokasi : Yogyakarta

Berawal dari komentar Mbak Entik di postinganku tentang yogyakarta, Mbak Entik ngajak ketemuan jika aku ke yogyakarta lagi. Kebetulan sekali, ketika aku membaca komentarnya Mbak Entik itu, aku memang berencana hendak ke Yogya dua hari kemudian. Sejak itulah kami intens janjian via whatsapp. Akhirnya disepakati, kami akan bertemu di CondongCatur Yogyakarta.

Sabtu 15 November yang lalu, sejak pagi aku sudah meluncur ke Borobudur, mengantarkan Dija dan kakaknya berlibur. Jadwal hari itu lumayan padat, karena setelah borobudur, kami melanjutkan ke Prambanan. Setelah itu, ada 4 tempat lagi yang ingin didatangi, salah satunya adalah rumah ayahandanya Mbak Entik di CondongCatur. 




bagi penduduk Yogyakarta, condongcatur mungkin wajar-wajar saja ya, tapi bagiku, Condongcatur itu layaknya labirin tak berakhir. Jalan-jalan kecil, gang-gang yang saling bersilangan satu sama lain, membuatku bingung! Untungnya di kami diantar oleh sepupunya Ibuku, yang mengenal betul daerah itu. Dan Mbak Entik yang khawatir kami tersesat, bersedia menunggu di pinggir jalan sambil kehujanan, untuk memastikan kami berhenti di lokasi yang tepat. Duuuh, hebat banget nih Mbak Entik....

Alhamdulillah akhirnya kami bertemu malam itu, meskipun cuma 5 menit aja, hehehehee yang penting sempat foto bersama. Aku yang datang beserta rombongan besar jadi  gak enak karena bikin penuh rumahnya Mbak Entik. Belum lagi pake acara terburu buru segala. Jadilah 
ngobrolnya dilakukan sambil jalan menuju mobil. 

Alhamdulillahnya lagi, Dija masih bersedia diajak foto foto, meskipun sudah sangat lelah dan mengeluh ngantuk. Emaknya ini maksain foto, mumpung bertemu Mama Entik, Mas Ikhsan dan Adik Ikhfan. 
Terima kasih Mbak Entik, sudah menerima kami yang bikin rame rumahnya Mbak Entik. Terima kasih juga waktu pulang dibawain oleh oleh bakpia khas yogya, dan mainan tradisional khusus untuk Dija.


dari kiri : Ayahnya Mbak Entik, Ibuku (kerudung merah), Mbak Entik gendong Ikhfan, Mas Ikhsan (kuning), Elsa dan Dija, Kakak Aladin, Dr Kholid dan Istri (sepupunya ibuku).




Kopdar 4  [ dengan siapa yaa...]
Lokasi : dimana yaa......

Hehehehe, siapa mau kopdar sama aku???
desperate banget nih kayaknya, ada gak ya yang mau diajakin kopdar??

Thursday, October 23, 2014

Cuci Mata di Grand Bazaar





Grand Bazaar. Inilah tempat yang dituju jika kita ingin belanja oleh oleh khas turki. Grand Bazaar merupakan pasar tradisional yang didirikan pada tahun 1461, termasuk salah satu pasar terbesar dan tertua di dunia. Jangan bayangkan Grand Bazaar dengan pasar tradisional di Indonesia ya... karena Grand Bazaar di Istambul ini adalah pasar yang tertutup, indoor, dengan arsitektur yang menakjupkan. Dikatakan salah satu tertua di dunia, pasti tak diragukan lagi, karena sudah berumur lebih dari 500 tahun ! Dan dikatakan sebagai salah satu yang terbesar di dunia, juga sudah pasti. Karena di dalamnya ada lebih dari 3000 toko. Pengunjung perhari rata rata mencapai 300.000 hingga 400.000 manusia.




Grand Bazaar itu luas sekali, tentu saja ada banyak pintu masuk menuju Grand Bazaar. Dan ada jaauuuuhhh lebih banyak lorong lorong yang saling bersimpangan di dalamnya. Cukup membingungkan, dan siap siap tersesat, hahahaha.... Karena perlu waktu seharian jika ingin mengelilingi seluruh Grand Bazaar, sementara aku tidak punya banyak waktu saat itu, maka aku cuma menyusuri tak lebih dari 10 lorong. Sebenarnya, itu juga karena aku takut tersesat, hehehehe

Bangunan yang berusia lebih dari 500 tahun ini tetap kokoh berdiri, menaungi ratusan ribu pengunjung tiap harinya. Dan yang paling kusuka adalah langit langitnya yang memakai warna dasar kuning. Ornamen bunga bunga menghiasai setiap sudut, hampir mirip dengan ornamen bunga bunga yang kulihat di Blue Mosque.  Dan satu lagi yang membuatku takjub, seluruh lantai di dalam Grand Bazaar menggunakan batu marmer. 





Semuanya ada di Grand Bazaar. Seluruh kerajinan khas turki bisa ditemukan di sini. Kerajinan tembikar, kerajinan perhiasan emas, permadani handmade, kain kain tenun yang sudah di sulap jadi tas, dompet, peci atau sarung bantal. Aneka bumbu, macam macam teh, manisan dan lain sebagainya. Makanan khas turki juga banyak sekali. Tapi jangan harap menemukan barang barang bermerk disini ya, karena ini adalah pasar tradisional yang khusus menjual hasil karya rakyat turki.

Jadi mari mari... ikut aku cuci mata di Grand Bazaar...



























Bagaimana?
Jalan jalan ke pasar seperti ini jelas membutuhkan iman yang kuat ya. Karena kalo gak kuat, bisa bisa kalap, pingin beli semuanya. Ingat ingat, sesuaikan dengan kondisi kantong atau dompet, selama dompetnya masih sehat dan gemuk, boleh boleh aja belanja banyak, tapi kalo dompetnya mulai kurus kering dan layu...sebaiknya puasa dulu, hehehehe...

Oh ya, ada satu pengalaman yang aku pikir bisa dishare di sini. Waktu pulang dari Grand Bazaar, ada teman seperjalanan yang mengeluhkan tentang satu atau dua penjual di sana yang dinilainya  kurang sopan. Dia tidak menjelaskan bagaimana bentuk ketidaksopanan itu, tapi yang pasti dia merasa dilecehkan sebagai perempuan. Aku sih menganggapnya, mungkin dia digodain sedikit, atau tak sengaja dipegang atau gimana, yang jelas teman perempuanku itu tidak senang. Aku memang tidak tahu kejadiannya, karena sewaktu di dalam sana kami berpisah, aku dan ibuku belanja sendiri, dia juga belanja sendiri bersama temannya. Nah, dari pengalamanku belanja di Grand Bazaar, cuci mata ke banyak sekali toko, tawar menawar dengan lebih dari 20 penjual, tak seorang pun penjual yang semuanya adalah lelaki itu melecehkanku. Tak seorangpun! Mereka semua memperlakukan kami secara sopan dan baik, mereka hormat dan kami saling menghargai.

Setelah kupikir pikir lagi, apa yang membuat temanku tadi mengalami kejadian yang tidak mengenakkan, ternyata itu bisa jadi karena temanku memakai pakaian yang "menurutku" kurang sopan. Aku tidak akan menjelaskan bagaimana pakaiannya, karena kita semua punya standar yang berbeda tentang bagaimana pakaian bisa dikatakan sopan dan tidak sopan. Tapi itu menurutku ya... sekali lagi, berdasarkan penilaianku. 

Jika kita berada di lingkungan yang berbeda, misalnya pergi ke negara lain, tentu saja sebaiknya kita juga memperhatikan norma yang berlaku di tempat itu. Setuju kan?



Friday, October 17, 2014

My Powerpuff Girls


Aku sedang menikmati Jogja saat itu, bersama sahabatku Dewi, saat aku merasa ada yang janggal di dadaku sebelah kiri. Tiga benjolan tak lebih besar dari telur puyuh, rasanya cukup nyeri. Tentu saja aku panik, jangan jangan ini tumor payudara? Jangan jangan ini kanker payudara? Duuuh, membayangkannya saja sudah sangat menakutkan.

Tentu saja Dewi, sahabatku sejak SMA ini langsung sadar ada yang tidak beres ketika melihat air mukaku berubah. Tapi aku tidak bercerita, karena kami masih punya satu hari lagi di Jogja. Its vacation time, jadi harus benar benar dinikmati meskipun ada sesuatu yang membuatnya terasa kurang nyaman, tapi  malamnya kami masih sempat nonton di Plaza Ambarukmo. Liburan hari itu terasa sangat menyenangkan dan Alhamdulillah kami menikmati Saturday Night in Yogyakarta yang sungguh indah. Sampai akhirnya ketika menjelang pulang ke Jawa Timur, di stasiun sambil menunggu kereta, aku pun menceritakan kegelisahanku. Tentu saja Dewi membesarkan hatiku, mengatakan hal hal klise yang meskipun aku tahu itu klise, tapi somehow cukup menenangkanku. "Semua akan baik baik saja..."

Bersama Dewi, nonton di Ambarukmo Plaza Yogyakarta

Aku ingat betul, sepanjang perjalanan di kereta, kami sibuk mencari informasi tentang kanker payudara di internet. Hampir semua sumber menyatakan, bahwa tumor ataupun kanker payudara bersifat genetis. Artinya, jika kita punya Nenek dan Ibu yang terserang kanker, maka sagat BESAR kemungkinannya kita juga akan bernasib serupa.  Aku langsung ingat, Kakakku dulu juga pernah terserang tumor payudara, Alhamdulillah tumor jinak, yang setelah dilakukan operasi, dokter menyatakan bersih. Jika kakak mengalaminya, berarti aku juga punya "kemungkinan" itu.  Sayang Kakakku sudah tiada, aku tak bisa lagi bertanya dan berkeluh kesah tentang hal ini. Tapi aku masih punya satu sahabat yang juga pernah mengalaminya, Ika namanya.

Rasanya seperti masih kemarin, ketika aku dan Merry ikut melepaskan Ika ke kamar operasi, menungguinya hingga selesai di Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya. Kami bertiga masih kuliah saat itu. Saking dekatnya atau entah saking konyolnya (mungkin kata yang terakhir jauh lebih tepat), kami bertiga menamai diri sebagai PowerPuff Girl, mencomot tokoh animasi produksi Nickleodeon. So silly huh?





Ika juga pernah menderita tumor payudara kala itu. Operasi pengangkatan tumor sudah sukses dilakukan, tapi tentu saja secara berkala ia tetap menjalani wajib lapor ke dokter untuk mengecek perkembangan kesehatan payudaranya. Sebagai orang yang sudah berpengalaman menghadapi hal semacam itu, aku segera menelponnya, menceritakan masalahku. Lama sekali kami bicara di ponsel, Ika menceritakan segala prosedurnya, dan aku banyak sekali bertanya hal hal kecil mendetail. Dia berusaha membesarkan hatiku, tapi jujur saja, aku semakin diserang ketakutan.

Setelah bicara dengan Ika, aku juga segera menelpon personel PowerPuff Girl lainnya, Merry. Aku mulai bercerita tentang benjolan dan sakit yang kurasakan. Segala ketakutanku, dan kekhawatiranku berkenaan dengan dokter laki laki atau perempuan yang akan aku hadapi juga aku sampaikan. Sahabatku ini sangat sangat mengerti keinginanku untuk segera menemukan dokter perempuan yang tepat. Merry dengan sangat sigap segera bertindak. Malam itu juga, ketika aku masih di duduk di bangku kereta, Merry sudah mencari segala informasi yang dibutuhkan. Dan sekitar satu jam kemudian, Merry melaporkan, "Aku sudah menemukan dokter perempuan untukmu, di RS Onkologi Surabaya. Besok sepagi mungkin aku akan membuat janji dengannya, atas namamu. Tetap tenang, jangan lama lama nangisnya ya"

RS Onkologi Surabaya kini terletak di Araya Galaxy Bumi Permai blok A2 nomor 7 Surabaya. Aku ingat dulu kakakku juga menjalani operasi pengangkatan tumor juga di RS Onkologi, tapi waktu itu RS Onkologi masih beralamatkan di Jalan Bawean. Kini RS Onkologi Surabaya sudah memiliki gedung sendiri yang jauuh lebih megah, dan pastinya lebih nyaman. RS Onkologi adalah rumah sakit yang memberikan layanan kesehatan khusus pada masalah kanker. Tidak hanya pada kanker payudara, tetapi juga meliputi beberapa jenis kanker lainnya.



Keesokan harinya, aku memulai hari dengan gelisah. Sekitar pukul 8, Merry sudah memberi kabar. "Sa, Aku sudah bikin janji untuk hari kamis jam 11 siang. Aku juga sudah calling Ika untuk gabung. Nanti aku sama Ika temani kamu ke RS Onkologi. Kamu siap kan? Kita hadapi bertiga"

Oh God, sudah hampir  10 tahun berlalu, sejak kami sama sama di wisuda dari kampus yang sama, tapi dua sahabatku di Surabaya itu tetap bisa menjadi saudara perempuan yang bisa diandalkan.

Merry-Elsa-Ika masih kuliah beribu ribu tahun yang lampau


Dua hari kemudian, hari kamis pun tiba. Pagi pagi sekali aku meluncur ke Surabaya. Merry menjemputku di satu tempat, lalu kami berdua ke RS Onkologi. Di sana Ika sudah menunggu. Dua sahabatku ini terpaksa harus ijin dari tempat kerjanya masing masing demi untuk menemaniku bertemu dokter. Aku gugup bukan main. Merry sibuk mengurusi adminitrasinya, sementara Ika berusaha menghiburku dengan menceritakan hal hal baik berkaitan dengan prosedur yang akan kujalani. Kami bertiga pun akhirnya larut dalam nostalgia masa kuliah, sambil menikmati sofa empuk di ruang tunggu, menunggu giliranku masuk ke ruang periksa. Bercanda bersama mereka berdua bisa mengurangi keteganganku.

Dewi menelpon menanyakan hasilnya sesaat sebelum aku dipanggil perawat. Aku pun meminta Dewi untuk bersabar, karena aku baru akan diperiksa. Ika dan Merry menemaniku masuk ke ruang dokter, dan di sana aku senang sekali bertemu seorang dokter perempuan yang cantik dan lembut sekali, dr Dwirani  R Pratiwi namanya. Kami bicara panjang lebar, beliau juga menjelaskan banyak hal tentang kanker payudara, penyebab, gejala dan lain sebagainya. Kemudian untuk observasi lebih lanjut, aku harus menjalani USG di ruang yang berbeda. Kali ini aku harus masuk sendiri, takut sih pada asalnya. Tapi lagi lagi aku bertemu dengan seorang radiologist perempuan yang cantik dan lembut, yang bisa menenangkanku.

Langkah selanjutnya adalah menunggu hasilnya. Kami bertiga kembali duduk di ruang tunggu, bercanda dan bercerita, menggosip dan menggombal, apapun itu untuk melenyapkan segala kegugupan atas hasil pemeriksaan nanti. Sementara itu, Dewi yang juga concern akan keadaanku berkali  kali mengirimkan pesan, menanyakan hasilnya dan memberiku semangat.

Kami bertiga benar benar terlibat sebuah becandaan seru di ruang tunggu itu, tapi deep inside... saat saat menunggu di sana merupakan saat saat yang sangat mendebarkan. Ini berkaitan dengan hidupku selanjutnya, siapa yang tak berdebar?
Hingga akhirnya seorang perawat memanggil namaku, dan mempersilakanku masuk menemui dokter. Aku menggandeng tangan Merry, dan Merry mempererat genggamannya. Ika menepuk bahuku sambil berjalan di belakang kami berdua. Sesaat kemudian kami bertiga duduk menghadap dokter, dan Bu Dokter yang cantik menangkap keteganganku. Aku tak bisa bicara, begitupun dengan Merry. Ika yang akhirnya mengawali pertanyaan, "Bagaimana dok?"

Bu Dokter yang cantik itu tersenyum, ia berkata  "Alhamdulillah..."

entah kenapa,  tepat saat itu rasanya ada sebuah batu sebesar jabal uhud yang tadinya ada di bahuku terasa terangkat dengan sendirinya. Bu Dokter cantik belum meneruskan kalimatnya, tapi mendengar kata Alhamdulillah, aku mengartikannya sebagai sebuah vonis yang menggembirakan, yang membebaskan.

"Ini cuma pembengkakan biasa, bisa karena hormon, atau ...."
"Bukan tumor atau kanker?" tanyaku memotong penjelasannya. Aku benar benar butuh diyakinkan lebih yakin lagi, seyakin yakinnya.

"Bukan" katanya tegas, tetap sambil tersenyum, tampaknya beliau sangat paham pasiennya yang ini teramat sangat ketakutan. Dan alhamdulillah, jawaban Bu Dokter cantik bisa membuatku kembali bernafas, yang tadinya serasa hendak menghadapi algojo untuk hukuman mati, kini seolah olah seorang algojo menakutkan yang besar dan kekar berkata padaku  "You are free to go".

Alhamdulillaaaahhh.....

Kami berpisah tak lama kemudian, Ika dan Merry harus kembali ke kantornya masing masing. Sebelum berpisah, tiga personel powerpuff girls  yang konyol ini berpelukan. Aku katakan pada mereka, terima kasih. Cuma terima kasih, tapi aku yakin mereka tahu maknanya jauh lebih besar dari yang diucapkan. Aku sangat bersyukur atas semuanya, termasuk bersyukur punya powerpuff girls yang selalu powerfull selalu siap diandalkan kapan saja.


Powerpuff Girls (versi konyol) yang sudah pada tua. Ika paling kiri, Merry di tengah.


Aku menatap mereka pergi menjauh, sambil mengambil ponselku. Ternyata ada 5 pesan dari Dewi, dan 6 panggilan tak terjawab dari nomor yang sama. Aku segera menelpon Dewi balik, dan langsung mengatakan "I'm free Wi ... I'm free"

Dan aku mendengar dengan jelas di ponsel, sahabatku yang tinggal di Kediri  itu berteriak kegirangan "Alhamdulillaaaaaaaaaaaaaaaaahhhh"




dedicated to My Powerpuff Girls; Ika and Merry
also to Dewi, my partner in crime and craziness

Monday, September 29, 2014

Desert Safari Dubai (part 1)



Dubai gak punya alam yang indah seperti Indonesia, hamparan sawah menghijau atau hujan rimba yang pekat, Air terjun yang dingin atau puncak gunung bersalju. Semua keindahan alam di Dubai adalah buatan manusia, kecuali gurun pasirnya, tentu saja. Mungkin itu satu satunya keistimewaan alam Dubai yang asli bikinin Tuhan. 

Gurun pasir yang tandus, super panas, dan konon katanya memiliki keindahan yang mematikan, kini sudah tak lagi mengerikan. Orang-orang Dubai sudah bisa menyulap gurun pasirnya menjadi arena bermain adrenalin, mereka menyebutnya Desert Safari. 

Turis yang sudah mendaftar untuk desert safari ini akan dijemput di hotel sekitar pukul 14:30 waktu setempat, lalu butuh waktu sekitar 1 jam untuk mencapai gurun pasir yang dituju. Desert Safari biasanya berupa rombongan atau konvoi beberapa mobil, karena wisata ini lebih asyik dilakukan beramai ramai. Begitu sampai di gurun pasir, mobil akan berhenti sejenak. Sopir kemudian mengatur tekanan ban, sedikit dikempesi, agar memudahkan mobil bermanuver dan meliuk liuk di bukit bukit pasir. 

Tak lama kemudian, gurun pasir yang luas dan berbukit bukit menjadi landasan pacu mobil mobil keren. Satu mobil memimpin di depan, dan lainnya berbaris di belakang seraya menjaga jarak tetap aman. Letak keasyikannya adalah ketika mobil meloncat, atau miring... menukik tajam, dan bermanuver dengan indahnya. Penumpang akan merasakan hentakan hentakan, kemiringan mobil dan keseruan lainnya, tentu saja sambil menjerit jerit ketakutan. Keasyikan lainnya ketika melihat mobil di depan atau di belakang kita melakukan akrobat, itu yang membuat penumpang berdecak kagum, juga menyiapkan kondisi jantung karena artinya tak lama lagi giliran mobil yang kita tumpangi akan melakukan hal serupa. 








Aku lupa menghitung waktu berapa lama kami berkendara, tapi belum selesai kami tertawa tawa karena merasakan isi perut dikocok, rombongan konvoi desert safari kemudian berhenti. Penumpang dipersilakan untuk turun dan menikmati  bukit bukit pasir di sekelilingnya. Lupakan sandal atau sepatu, karena merasakan pasir gurun yang sangat sangat lembut ternyata bisa membuat kita relax.

Time break ini tentu saja digunakan turis untuk foto foto, tak terkecuali aku. Mau foto tiduran di pasir, foto melayang di atas bukit, foto bak turis dehidrasi atau foto gila lainnya, semuanya boleh boleh saja. Cukup banyak waktu untuk melakukannya. 

Tak lupa mengucapkan banyak banyak syukur pada Allah, sudah diberi kesempatan "main-main" di gurun pasirNya, menikmati pemandangan yang luar biasa. Pingin bawa pulang pasirnya, hehehehehe. Karena pasirnya benar benar lembut jauh lebih lembut daripada pasir pantai, dan warnanya jingga. Indah sekali. 




Tak lama kemudian, konvoi bergerak lagi. Seperti ronde pertama tadi, mobil kembali bermanuver, mengajak kami merasakan kemiringan, menukik  turun, lalu melompat dan terbang melompati bukit. Luar biasa asyik !

Jerit ketakutan dan suara tertawa bercampur menjadi satu. Sang Sopir tampak puas mengerjai para penumpangnya, aku melihatnya tersenyum cekikikan. 

Setelah bermanuver panjang, konvoi desert safari berhenti lagi. Kali ini kami berhenti menghadap matahari yang hendak tenggelam. Subhanallaaaah indahnya.... menikmati detik demi detik bulatan api itu menghilang di antara bebukitan pasir.








Konvoi mobil mobil besar itu melanjutkan perjalanan lagi. Aku sungguh menikmati suasana gurun saat matahari menjelang tenggelam itu. Langit yang menguning tampak begitu serasi dengan warna pasir jingga. Lukisan Allah yang luar biasa indah. 

Jangan mengira perjalanan desert safari telah usai seiring menghilangnya matahari. Ternyata kami masih melakukan setengah perjalanan. 



Konvoi mobil melajut terus, kali ini melintasi gurun pasir yang relatif rata. Dengan kecepatan tinggi kami membelah gurun, meninggalkan matahari jauh di belakang, dari kejauhan tampak pemberhentian terakhir kami. Aku sudah tak sabar lagi untuk turun.


(bersambung)