Wednesday, August 20, 2008

Seorang Pemuda dan Sholat Jumat


Pagi-pagi tadi. Di trotoar depan Toko.
Elsa duduk di kursi plastic, sambil baca Koran.

(pemuda) : Mbak…Mbak….
Elsa : (masih khusyuk baca Koran) Ha?
(pemuda) : Eehm……
Elsa : cari apa? Kursi? Lemari? Spring Bed?
(pemuda) : ada lowongan, Mbak?
Elsa : (bingung, melihat pemuda itu dari bawah hingga atas) lowongan???
(pemuda) : eemmm… saya mau kerja disini. Saya bisa ngerakit almari knock-down. Sebelumnya saya kerja di SXXXX. Tapi disana….. uummmmmmm …….saya gak boleh sholat jumat. Trus kata salesnya Olympic, saya di suruh kesini. Kerja di Abah gitu. Katanya disini lebih enak. Saya bisa ngerakit kok Mbak, saya juga bisa-
Elsa : (masih bengong)
(pemuda) : -masang masang kursi gitu… soalnya saya sebelumnya kerja di SXXXX.
Elsa : emmm….. iya gimana ya…..
(pemuda) : (harap-harap cemas, kebingungan)
Elsa : Abah, yang punya toko ini, masih di belakang. Sholat atau sarapan, aku gak tau. Tunggu aja, sebentar lagi juga pasti datang. Nanti Tanya langsung ke Abah aja. Soalnya,masalah ini bukan wewenang saya. Ya? Duduk aja di situ, sama nunggu Abah datang.
(pemuda) : iya Mbak. (sambil pergi)


Hhm…..
Haree gene… masih ada yang kebebasan beribadahnya terbelenggu?
Masih ada yang melarang pegawainya sholat jumat?

Wah wah wah…. (sambil geleng-geleng kepala, gak habis pikir)
Astaghfirullaaaah!!!


Catatan: sekitar satu jam kemudian, setelah bertemu Abah langsung, akhirnya pemuda itu diterima! Kerja hari ini juga.

20 comments:

  1. wah..wah...pelanggaran pasal 29 UUD '45 tuh...

    ReplyDelete
  2. mbak...mbak.....yang nanya lowongan kerja itu iksan lho....asyik bisa ketemu elsa tiap hari kekekekekek....mudah2an ada peluang....:P

    ReplyDelete
  3. siapa yang berani ngelarang sholat jum'at, kakinya belom pernah diinjek ama cicak kali ya.. eee.. lha dalah..

    ReplyDelete
  4. enak ya, kerjanya nggak pake ngelamar, nggak repot2. abahnya elsa emang baik. salam ya :)

    oya, soal logo gimana? bisa kita bicarakan lewat email aja..

    ReplyDelete
  5. Mba... saya bisa kerja di sini ngga? Saya bisa ngerakit blog top-down. Soalnya, di tempat lain, saya ngga bisa lihat warna. Kalo di sini saya tau kalo warnanya kuning. Sumpah!!!

    ReplyDelete
  6. wew, dilarang sholat jumat? laporin aja ke Komnas HAM! Hmm... abahnya Elsa top deh! :)

    ReplyDelete
  7. Semoga Abah selalu diberikan kebaikan dari Allah SWT, dijaga dalam setiap langkahnya, diberikan kasih sayang dan rahmat-Nya, diberikan kemudahan dalam setiap ibadahnya, .... begitu juga seluruh keluarga besar putra gembira

    ReplyDelete
  8. ampun deh.... melanggar HAM tuh. parah dah. mendingan ga kerja di situ. Smoga dpt kerja lbh baik lg.

    Shirei

    sorry ga ada ID blogspot. ini cm buat komen2

    ReplyDelete
  9. akhir th 96 dulu sy pernah jd buruh pabrik, sholat ashar dan magrib ga boleh! biar masih training, jgn tanya dan jangan salahkan saya kalo beberapa hari berikutnya ratusan (mungkin ribuan) buruh yang lainnya jadi demo .........!!!!!

    Mbak elsa, sy juga bisa ngerakit lhoooo! he he he he....

    ReplyDelete
  10. Masya Allah, kalo itu sih namanya perampasan hak asasi beribadah. Tega nian si pemilik toko :(
    Ditunggu kelanjutannya..!!!

    ReplyDelete
  11. syukur ya mba si pemuda itu ditrima abahmu.. ngelarang solat jumat, ada2 aja tuh bosnya.. beribadah kan hak semua manusia ga terkecuali..

    ReplyDelete
  12. wah, si Bos SXXXX itu kejam juga, ya? Even di sini, suamiku masih bisa nyempetin sholat Jumat sebelom ngajar kelas post-grad, loh! ck.ck.ck.
    Jadi pengen liat si Boss SXXXX, euy. Pengen nabok, soalnya.

    ReplyDelete
  13. wah... bahagianya... seneng ih dia ngorbanin kerjaannya demi biar bisa sholat. dan ternyata gak sia2 hehehe.

    ReplyDelete
  14. hmmm... pokoknya hak2 asasi manusia ga boleh diabaikan siapapun dia....ga boleh pilih kasih,tebang pilih, apalagi pilih bulu..... apa coba...
    btw boleh komentar apa aja khan mba?
    foto di profile nya cantiiikkk bangeet.. he he..

    ReplyDelete
  15. salut sama pemuda itu yang berani mengambil keputusan untuk segera meninggalkan tempat bekerja sebelumnya, keputusan yang tepat...

    ReplyDelete
  16. payah deh,
    orang di Sg aja aku bisa sholat jum'at sampe jam setengah tiga sore :D

    sisanya nongkrong sambil ngopi...

    mending dilaporin ke MUI aja, supaya dapet teguran resmi gitu... atau lapor ke tebu ireng :D

    ReplyDelete
  17. Salut saya buat si pemuda ituh. Berani memperjuangkan haknya, meski jalannya berliku penuh debu, penuh ketidakpastian.

    ReplyDelete
  18. HARI GENE MASIH LARANG ORANG IBADAH...!!!

    Pelanggaran HAM berat kaleee..

    Biasanya orang yang berani melarang orang beribadah adalah orang tidak menganut satu agama pun...

    ReplyDelete
  19. Astaghfirullahal adzimm ....
    Salam buat abah yach ...

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.