Monday, December 8, 2008

Idul Adha

foto: shaun the sheep (serial yang sangat lucu....pernah nonton?)


waktu aku kecil, masih belom sekolah sampai usia TK, Idul Adha jadi acara yang sangat menyenangkan. soalnya Abah selalu membeli beberpa kambing jauh-jauh hari, dan menempatkannya di kebun belakang rumah. jadi setiap hari, aku bisa main sama kambing. memberinya makan dengan menu dedaunan, melihatnya selama berjam-jam, kadang-kadang juga menaikinya. hehehehe..... dan baru pada malam sebelum Idul Adha, kambingnya akan diangkut pakai pick-up ke masjid/lokasi yang sudah dipilih sebelumnya (tiap tahun berbeda lokasinya).

setelah anak-anaknya orang tuaku beranjak besar, Abah memutuskan untuk berhenti membuat pit-stop bagi hewan-hewan qurban itu. lagipula, hewannya sudah berubah, tidak lagi kambing. melainkan sapi. jadi gak mungkin lagi menyimpan sapi di belakang rumah, meskipun beberapa hari. lagipula, kebunnya sudah hilang. diganti gudang-gudang. akhirnya, sekarang setelah beli sapi, langsung seketika itu juga di kirim ke masjid atau lokasi yang sudah ditentukan.

Oya, masalah lokasi, dulu... Abah juga suka mengajak kami mencari lokasi yang tepat. naik mobil, jalan-jalan menyusuri desa, melewati sawah yang luas, pernah juga ke gunung... acara mencari lokasi buat hewan Qurban ini jadi sebuah wisata tersendiri. tapi sekarang, berhubung anak-anaknya Abah sudah besar-besar dan memiliki kerjaaan masing-masing, Abah jadi pergi sendiri mencari lokasi.

Ya begitulah...Idul Adha sekarang ini... sepi.
gak bisa lagi main sama kambing... atau sapi....

HAPPY "IDUL ADHA" everybody!!!

13 comments:

  1. pertamaaaaaaaaaax!!!
    met idul :)

    ReplyDelete
  2. Gulai dan tongsengnya kok gak nyampe Solo nih? :D
    Semoga kita bisa memaknai arti pengorbanan yang sesungguhnya...

    ReplyDelete
  3. happy idul adha jugaaaaaa....

    ReplyDelete
  4. Wha .... jangan naik kambing lg deh, tar da yg cemburu .. he he he

    Sayang ya gak bisa jalan2 ikut abah ke pedesaan, ...

    kmarin diriku jalan2 ke pedesaan, ... jadi termotivasi liat pada smangat kerja,.... jadi sedih karena banyak saudara kita yg masih menanggung beban hidup, ... jadi bersyukur Allah memberikan banyak skali kepada kita ...

    Sepi ya?? ....Tau gitu kmarin tak ajak di sini ya ... rame2 ma temen2 jadi panitia Qurban ...

    ReplyDelete
  5. klo kambingnya kayak gitu
    gak tega mau maem...

    hahaha

    ReplyDelete
  6. Inget Idul Adha inget kambing. Inget kambing inget gulai kambing bikinan mbahku.

    ReplyDelete
  7. met idul Adha ya...
    sori baru bisa mampir, jauh sih dirimu di Jombang... hehehe

    ReplyDelete
  8. Selamet Idul Adha ya..

    apa kabar?

    ReplyDelete
  9. met idul adha ya... gak bisa lagi main sama kambing dan sapi ya??? main sama unta aja.. hehe..

    habis sate berapa mbakyu???

    ReplyDelete
  10. Met Idul Adha.....
    Smoga kita dapat mengambil hikmah dari Ketaatan dan Keikhlasan Keluarga Ibrahim a.s

    ReplyDelete
  11. tahun baru ke Jakarta?

    I will be working there, until 8 Jan.

    well, if you have a plan that is

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.