Monday, September 6, 2010

DIY: Simple Pouch

Pouch itu semacam dompet kecil, menurutku lebih serbaguna. karena Pouch bisa digunakan tidak hanya untuk menyimpan uang saja, tetapi juga bisa untuk menyimpan pernak pernik kecil lainnya, misalnya sebagai tempat kosmetik, tempat menyimpan koleksi flashdisc, atau apapun juga.

beberapa hari yang lalu, tanganku gatel pingin pegang mesin jahit... ini juga gara-gara Dija yang minta dirayain ulang tahun ke setengahnya. hehehe.. hubungannya apa? tunggu aja deh pengumuman selanjutnya.

balik lagi ke mesin jahit, akhirnya aku membuat pouch sederhana. gampang kok...
kalo mau bikin juga, silakan ikuti step by stepnya disini.



A. Bahan-bahan yang dibutuhkan bukan telor, tepung terigu atau mentega. tetapi (1) kain katun, (2) kain satin, (3) busa/spon tipis untuk lapisan, (4) benang jahit yang sesuai dengan warna kain, (5) resleting, (6) gunting dan alat alat jahit lainnya.

ukurannya bisa disesuaikan dengan keinginan.


B. ambil koran bekas, dan buatlah pola seperti di gambar. lalu potong kain katun, kain satin dan busa tipisnya sesuai pola koran tadi.



C. tumpuk kain katun dan busa tipis, dan mulailah jahit garis garis sampai penuh.



D. lipat jadi dua, permukaan kain katun di dalam, dan busa tipisnya di luar. lalu pasang resleting di atasnya, pada bagian yang melengkung. setelah itu, jahit sisi kanan kirinya.


E. kemudian jahit kedua ujungnya, untuk mendapatkan ketebalan pouch. setelah itu, tinggal membalik pouch. sudah jadi deh... gampang kan?


F. agar dalamnya kelihatan lebih bagus, kita akan kasih lapisan kain satin. Kain satinnya dijahit hampir sama dengan cara membuat pouch tadi. kemudian masukkan ke dalam pouch.


G. langkah selanjutnya adalah melekatkan kain satin untuk menutupi lapisan busa. agar lebih mudah, sebaiknya jahit sama pakai tangan. soalnya kalo pake mesin jahit, agak susah. tapi jahit pake tangannya yang rapi yaa....


H. akhirnya.. pouch sederhananya sudah benar benar jadi.... tinggal kita memberi hiasan agar lebih cantik.


beginilah hasilnya kalo sudah diberi bunga dan hiasan lainnya. lebih cantik kan?

kalo dibagikan gratis, ada yang mau???

56 comments:

  1. aqw mau..mau..mau..

    lumayan mbanya THR ganti pake tas lucu tu hehehehe

    ReplyDelete
  2. ha ha ha ..mau dech .....Ternyata Elsa bisa jahit ya, keren dech....

    ReplyDelete
  3. Ga pernah bisa peringkat 1 coment ke Elsa. tapi kali ini peringkat 4 lumayan hehee... Met lebara Elsa

    ReplyDelete
  4. Bagus bgt mba, aku mauuuu dooooong :D

    ReplyDelete
  5. waaa,,,aku mau mbak...hehehe

    mbak Elsa jago jait juga ya...
    ^^

    ReplyDelete
  6. mau..mau,, ak mau mbak elsa :D

    eh, maksud DIY ap y?? :D
    tkira daeras istimewa.. :D

    ReplyDelete
  7. DIY: daerah istimewa yogyakarta

    DIY: Do It Yourself

    ReplyDelete
  8. Wahhhh...bangga dengan kamu my fren....sungguh kreatif...

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum...
    mbak elsa terampil ya, segala bisa.
    btw mau dunk..
    salam

    ReplyDelete
  10. bahannya simpel tapi setelah jadi manis banget :)
    henny mau tuh kalo dikasih satu :)

    ReplyDelete
  11. Gak gratispun pasti ada yg mau beli kalau dah sebagus itu..btw ini toh yg jadi suvenir ultahnya Dija hehe. oh ya usul aj nih El, coba adain lomba design baju bayi (seumuran Dija)tema bebas, pasti ramai deh :)

    ReplyDelete
  12. mbak elsa emang hebat dan terampil...

    dulu pelajaran PKK nya dapat sembilan pasti...... selamat setengah tahun yah buat Dija :D

    ReplyDelete
  13. Elsa is always creative and never ever left her creativity and last but not least, Keep Your Creativity Everlasting Bu...

    ReplyDelete
  14. Bapak ku hobi jait mbak, tp aku nggak, dl malah beliau pas bujangan jadi penjahit :D

    ReplyDelete
  15. Mauuuuuu... lucu ihh jadinyaaa pengen bikin (tapi ga bisa) =D

    ReplyDelete
  16. Mauuuuuuuuuuuuuu!!!

    Mbak kok bisaan aja siihhh bikin gituan.. T_T

    ReplyDelete
  17. Duh..tantenya bang Pendi ternyata pintar ya...kreatif dan inovatif, salut..lut..lut ! Ngomong2 yg ngebet ngerayain ultah siapa ya, non Dija atau tantenya...hehehe

    ReplyDelete
  18. kalo dibagikan gratis, pacar saya mungkin mau... heheheh


    *senang deh ngeliat yang kreatif2 gini,... :)

    ReplyDelete
  19. ya ampun Mbak... pintar amat buatnya. . huhuhuh, kapan ya gek bisa jahit???

    Untuk Dija ya?? :)

    ReplyDelete
  20. aku juga mau ya: ) keren nih tantenya dija

    ReplyDelete
  21. wah,,,

    telat ga ya pembagiannya!??!
    lucu mbak ^^

    ReplyDelete
  22. telat ini aku comentnya heheheheheh,,,,mau mau mau mbak bagusssss hehehehhe

    ReplyDelete
  23. Mbak...keren banget lho...sumpah
    aku juga mau dong.

    ReplyDelete
  24. cantik pouchnya.. berhubung nggak punya mesin jahit, apalagi bisa njahit plus gape dalam nawar harga kain.. saya mending beli jadi aja deh. hehehe

    ReplyDelete
  25. Ditangan seorang yg kreatif semua bisa jadi indah yah.

    ReplyDelete
  26. Ternyata gitu ya cara bikin pouch, kayaknya gampang tapi buat aku yg gak bisa jahit...nyerah deh. *eh tapi kalo dikasih, mau doooong*

    ReplyDelete
  27. wah kalo aku mendingan gambar deh Els......

    Memang oleh Allah setiap manusia diberi kelebihannya masing2.....

    ReplyDelete
  28. aku mau banget pouch-nya mbak :)

    udah lama ga ke blog mbak Elsa, eh dapat tutorial gratisan bikin pouch
    suka banget, thanks ya mbak Elsa
    maaf lama ga mampir, karena kmrn kena demam+flu berat nih, ga bisa ngapa-ngapain

    btw, tentang jahit bahan knit/kaos yang suka lompat-lompat, kalau ga punya mesin serger, sebaiknya jahit pakai narrow zigzag mbak.
    dulu aku ga tahu & pakai stitch lurus biasa utk bahan kaos & hasilnya lompat-lompat gitu. ternyata sebaiknya pakai jahit zigzag :)
    maap OOT ya, cuma mau jawab pertanyaan mb Elsa di blogku

    ReplyDelete
  29. mauuuuuuuuuuuuuuuuuuu lah
    lha wong gratis kok

    ReplyDelete
  30. Yaaa mauuuu laaaahhh :D

    lucu bgt tuh pouch-nya
    mba Elsa rapiii yaaa jahitnyaaa >.<

    hehehe yg ada korsase bunganya manis bgt tuh...

    ReplyDelete
  31. mau bgt sa...beneran deh..ditunggu ya kirimannya..hehehhe :)

    ReplyDelete
  32. Mbak...aku sampe terpana lihatnya
    lupa udah komen apa belum
    bagus banget

    ReplyDelete
  33. Hartohadi dot com mengucapkan :
    Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

    ReplyDelete
  34. ya mau mau mau bangetSsssss...

    btw, Sa,,, kok aku jd iri bgt ya?
    Memang dija beruntung punya tante kayak dirimu...cantikkk...kreatiff, Baik pulaa...

    10 jempol buat Ola Elsa

    ReplyDelete
  35. mba elsa mau bagi-bagi pouch sama tote bag gratis yaaa....

    aku mau aku mau aku mauuuu

    hahahaha.....dasar muka gratisan :p


    iiiiihhh....ngiri deh sama orang-orang yang kreatif, aku mah bisanya beli yang udah jadi aja.

    ReplyDelete
  36. wah kapan y saya bisa hal23kreatif kayak mba elsa >_<

    ReplyDelete
  37. oh ini ya souvenir yang dibilangin di diary-nya dija..mau dong. bentuknya cantik. jelas tidak cocok dibawa laki-laki. tetapi tetap bisa untuk tempat penyimpanan. apalagi ada busanya, hangat.

    salut dengan ketrampilan itu semua.

    ReplyDelete
  38. hebaatttzzz kamu Elsa...mb kagum deh...semoga sukses dgn acara yg akan berlangsung nanti...aminnn

    ReplyDelete
  39. hai..
    bagus pouchnya... bisa buat banyak ga ya? kalo aku mau beli, brp per pcs nya? thks.
    email ke aku ya..
    marni.marniati@google.com

    ReplyDelete
  40. lucu pouchnya, maniiss.. aku pengen bikin, tapi kyknya g ada bakat jahit menjahit deh.. huhuhu..

    ReplyDelete
  41. mau-mau-mau,..
    simple tapi anggun n mengesankan,salut aku ma kamu sa!!

    ReplyDelete
  42. Harusnya mbak Riesta pesen ke Mbak Elsa aja utk souvenir pernikahannya ya...? hehehe

    ReplyDelete
  43. Mohon Maaf Lahir Bathin.... Maaf baru sempat mampir.
    Kalau yang kaya begini saya juga mau :)

    ReplyDelete
  44. lagi mandangin hadiah hadiahnya nya .. moga moga dapet salah satunya .. : ngiler mode on : :D

    ReplyDelete
  45. kreatif bangettt MBak, jadi pengen buat juga tapi tak yakin bisa :D

    ReplyDelete
  46. lucu mba, pengen deh...pada dasarnya saya suka banget handmade, tapi lemah dalam hal jahit-menjahit *bertekad belajar biar jago* hehehehe

    ReplyDelete
  47. wah bagus hasilnya, malahan bisa di jual itu, dan bisa jadi usaha sampingan sepertinya

    ReplyDelete
  48. makasih tutorialnya mbak, aku suka deh ^^

    ReplyDelete
  49. Wah bagus banget, ingin coba buat tapi waktunya kadang nggak sempet2...!

    ReplyDelete
  50. kreativ sekaliii..:))
    kenapa gak dijual say?

    ReplyDelete
  51. Slm knal,,Lucu bgt,,boleh y sy praktekin,,trims

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.