Tuesday, April 1, 2014

MMM Indonesia : Arisan Berantai Dari RUSIA

Artikel di bawah ini seluruhnya copy-paste dari situs HowMoneyIndonesia

Sumber : http://howmoneyindonesia.com/2012/12/18/mmm-indonesia-arisan-berantai-dari-rusia/




-----------------------------------------------------------------------

MMM Indonesia : Arisan Berantai dari RUSIA


Bagi Anda penggemar facebook mungkin Anda telah mendapat tawaran bisnis dari teman ataufriend baru berupa cewek cantik berwajah Eropa Timur. Bisnis baru tersebut bernama MMM (Mavrodi Mondial MoneyBox), sebuah ‘peluang bisnis’ hasil kreasi seseorang bernama Sergey Mavrodi asal Rusia.
Namanya juga peluang bisnis tawaran yang disampaikan cukup menarik. Anda tidak perlu membeli produk sebagaimana bisnis Multi Level Marketing (MLM) tetapi cukup menanamkan sejumlah uang untuk ‘membantu’ orang lain. Lalu Anda akan menerima bantuan setiap bulan. Atau jika Anda menanamkan uang Anda sebanyak misalnya $500, lalu diamkan selama 3 bulan, Anda akan menerima $1860!
Wow, tawaran yang menggiurkan. Apalagi MMM mengklaim telah merekrut 35 juta orang sedunia sebagai member. Berbagai jadwal seminar termasuk di Indonesia disampaikan lewat website mereka dimmmindonesia.com.
Sejarah MMM
MMM didirikan 1989 by Sergei Mavrodi, Vyacheslav Mavrodi, dan Olga Melnikova. Ketiganya menggunakan nama keluarga mereka sebagai nama usaha. MMM bermula dengan usaha jual beli computer dan peralatan kantor. Akan tetapi pada bulan Januari 1992 MMM dituduh menggelapkan pajak. Kasus ini mengakibatkan kebangkrutan. Lalu MMM banting setir ke usaha jual beli saham. Usaha ini pun tidak mendatangkan hasil yang baik.
Bulan February 1994 MMM memulai usaha pyramid scheme atau phonzi. Pyramid scheme atau phonzi yaitu usaha mengumpulkan dana masyarakat dengan iming-iming pengembalian atau profit yang tinggi. Investor juga wajib merekrut member lain untuk menyetor dananya. Usaha ini biasa disamarkan dalam aneka bentuk seperti kospin, MLM, atau aneka bisnis investasi gadungan lainnya. Untuk info lebih lanjut, baca juga: Tipuan Piramid dan Bisnis Online.
Dimasa itu MMM mengumpulkan dana masyarakat dengan janji hasil investasi 1.000% setahun! Rakyat Rusia yang sedang dalam masa transisi reformasi berbondong-bondong menanamkan duitnya. MMM berhasil mengumpulkan dana rakyat Rusia dalam jumlah yang sangat besar, sampai mencapai USD50 juta (Rp500 M) per hari! Bisnisnya tetap berjalan karena Pyramid Scheme merupakan usaha legal di Rusia.
Sergei_Mavrodi
Sergey Mavrodi: Jagoan arisan berantai (Pyramid scheme)
Akan tetapi pada bulan July 1994 MMM ditutup pemerintah Rusia karena tuduhan pengelakan pajak. Saat itu, MMM berhutang antara 50 Milyar – 100 trilyun Rubel (mata uang Rusia) kepada para investornya. Wikipedia menyebut setidaknya 50 orang investor bunuh diri karena tidak mendapatkan uangnya kembali. MMM kemudian dinyatakan bangkrut pada bulan September 1997.
Sergey Mavrodi sempat menghilang. Ada yang mengatakan ia pindah ke AS, ada juga yang meyakini ia tetap di Moskow sambil memanfaatkan uang masyarakat yang telah dikumpulkannya. Dari persembunyiannya, Mavrodi dengan dibantu rekan dan kerabatnya masih sempat mencoba usaha yang sama. Kali ini dengan menggunakan bisnis ‘permainan saham’ dengan janji pengembalian investasi 200%. Meski pernah jatuh, bisnis Mavrodi masih menarik minat banyak orang. Tidak lama kemudian, bisnis ini kembali bangkrut dan sekitar 20.000 – 275.000 orang kehilangan uang mereka. Kerugian para korban ditaksir mencapai USD5,5 juta (sekitar Rp50 milyar).
Tahun 2003 Mavrodi ditemukan lalu dijebloskan ke dalam penjara. Ia dihadapkan pada sejumlah tuntutan. Ia baru bebas dari hukuman pada tanggal 22 Mei 2007. Tidak kapok-kapok, Mavrodi kembali menjalankan bisnisnya, kali ini dengan nama MMM-2011. Dengan gamblang Mavrodi menyatakan bisnisnya sebagai bisnis pyramid dimana ‘orang memberi saling memberikan uangnya, tanpa alasan yang jelas.’ Entah mengapa, pada bulan Mei 2012 ia menutup MMM-2011.
Tetapi ditahun 2011 ia telah meluncurkan MMM di India yang disebut MMM India. Beberapa bulan terakhir MMM Indonesia juga telah beroperasi. Member menyetor uang, lalu merekrut member lainnya, kemudian member mendapatkan bonus dari hasil setoran member di bawahnya. Dapat dipastikan MMM hanya akan beroperasi di negara-negara berkembang karena negara-negara maju jelas menetapkan pyramid scheme seperti ini sebagai bisnis terlarang dan illegal.
Tidak Ada Jaminan Investasi?
MMM jelas bukanlah bisnis investasi. Dalam website atau video-video yang ditayangkan oleh MMM, secara gamblang dijelaskan bahwa MMM tidaklah melakukan investasi atau memutar uang tersebut dalam suatu industri atau bisnis tertentu. Uang yang dibayarkan kepada member semata-mata berasal dari member yang menyetor sebelumnya. Betul-betul murni money game atau phonzi.
Karena tidak ada jaminan, bisnis ini (katanya) didasarkan atas rasa saling percaya di antara member. Suatu hal yang tentu tidak mudah karena para member sendiri belum tentu saling kenal. Sistim jual beli poin diistilahkan Give Help (‘Membantu’) saat join /membeli poin dan Get Help (Minta Bantuan) saat menjual poin alias menarik dana.
Member yang akan bergabung membeli sejumlah unit poin yang disebut MAVRO. Keuntungan member nantinya ditentukan oleh nilai MAVRO ini. Setiap bulan nilai MAVRO dinaikkan dan diatur secara pribadi oleh Tuan Mavrodi sendiri (hebat ya…). Dengan kata lain, makin lama harga untuk bergabung ke MMM akan semakin naik karena nilai poin akan dinaikkan.Secara sederhana digambarkan bahwa jika saat ini nilai 1 Mavro = Rp. 1000, maka jika Anda bergabung dengan uang Rp 1 juta, Anda bisa membeli 1000 poin Mavro. Bulan depan, nilai Mavro mungkin naik 30% sehingga menjadi 1 Mavro = Rp1.300 (saat tulisan ini diturunkan MMM menjanjikan keuntungan 30% – 55%). Anda yang menjual poin Anda (Get Help alias menarik dana) akan mendapat Rp1,3 juta atas 1.000 poin yang Anda miliki. Disaat yang sama, seseorang yang punya uang Rp1 juta, hanya bisa memperoleh 769 Mavro (Rp1 juta : 1.300) karena MAVRO telah dinaikkan nilainya; demikian seterusnya.
Dengan semikian nilai poin Mavro ditentukan secara pribadi oleh Tuan Mavrodi. Poin ini jelas berbeda dengan hitungan poin dalam investasi sebenarnya seperti asuransi unit link atau reksadana. Dalam investasi yang sebenarnya, uang investor ditanamkan dalam berbagai jenis usaha, sementara di MMM, uang Anda tidak diinvestasikan dalam bentuk apapun. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Anda akan memperoleh keuntungan dari dana orang lain. Peserta MMM menyebutnya, menerima bantuan alias GET HELP.
Jadi MMM bukanlah investasi apalagi bisnis, bukan pula perusahaan, melainkan money game semata (jika Anda tidak mau menyebutnya arisan berantai). Dari segi legalitas, MMM tidaklah memiliki izin investasi dari OJK untuk menarik dana dari masyarakat. So, bila terjadi sesuatu, Anda tidak bisa menuntut siapa-siapa, karena Anda telah memasuki bisnis “aku percaya saja” dengan kerelaaan sendiri. Bahkan di website MMM ditegaskan bahwa MMM sangat beresiko. Anda bisa kehilangan semua uang Anda.
MMM Indonesia_peringatan
Sayangnya peringatan tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris, sehingga tidak semua orang mengetahuinya. Atau meski tahu, biasanya tidak dihiraukan, sebagaimana peringatan bahaya di bungkus rokok. Sudah tahu berbahaya tetapi tetap dinikmati.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Buat teman-temanku yang sudah terjerumus dalam MMM Indonesia, semoga Allah segera menyadarkan kalian. Ketahuilah bahwa Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.
Whatever alasan pembelaan diri para anggota komunitas MMM, orang yang bisa menggunakan akal sehat pasti tahu jika ini termasuk bentuk baru dari MONEYGAME, meskipun diselimuti dengan niat saling ikhlas membantu. Pleaseee, wake up !!!



"Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu ia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulanginya, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya" 
QS Al Baqarah 275

37 comments:

  1. wow, info yg menarik banget nih. bs buat info ke kolega2 yg lain, thanks mbak

    ReplyDelete
  2. ini juga mirip dengan cara-cara dijaman dulu (sekarang juga masih ada) dengan menyebar brosur fotokopi di ATM bank-bank. Kalau dulu dg cara konvensional, sekarang marak yang online.

    ReplyDelete
  3. Berarti tergolong mengundi nasib ya Sa, ada-ada aja.

    ReplyDelete
  4. Aku malah baru tahu mbak, makasih infonya yaaa,

    ReplyDelete
  5. sama seperti Nophi aku juga baru tau mengenai arisan ini. Memang biasanya aku gak tertarik hal seperti ini tapi bagus juga di share jadi teman-teman yang lain bisa lebih hati-hati

    ReplyDelete
  6. Tambahan lagi,

    mereka gak mau disebut ARISAN...
    mereka menyebut dirinya sebuah komunitas yang bertujuan untuk ikhlas saling membantu.

    kamuflase sih....
    karena pasti niatnya mengejar 30% nya itu, manusiawi kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lalu,,,apa salahnya jika mereka dapat bonus 30% nya?
      Emang duit elo......?!

      Delete
  7. hmm saya baru tau.. banyak sih bisnis2 berkedok investasi begini. dari dulu udah ada. tapi alhamdulillah ngga pernah terkecoh..

    ReplyDelete
  8. yang begini ga bakal tahan lama. org2 yang aku kenal sendiri udah banyak yg jd korban beginian walopun tema nya macem2, ada yang temanya emas mirip2 juga begini cuman money game aja. cuma buat org yang pengen cepet dpt untung tp ga mau susah2 kerja dan akhirnya malah buntung hihihii

    ReplyDelete
  9. sebenarnya ada dan sdh byk jenis "investasi" sejenis di dunia maya, herannya masih byk juga yg percaya tuk bisa dapetin duit segitu "mudahnya" hehe.
    Info spt ini memang harus dan sering disebarkan pada mereka yg masih belum kapok :)

    ReplyDelete
  10. aku pernah ditawarin MMM, agak tertarik gitu sih... tapi baca ini aku jadi tau...
    makasih mbak ^_^

    ReplyDelete
  11. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    Judi Online www.168sdbet.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  12. GH hanya bisa dilakukan setelah melakukan PH, saat seseorang telah melakukan PH, dia berharap untuk mendapatkan lebih, sehingga dia menunggu selama sebulan, agar bertambah 30 persen, setelah sebulan, dia mengklik GH (meminta bantuan), lalu pada akhirnya dia mendapatkan uang yang lebih besar daripada yang telah ia berikan.

    وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ
    "dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak." (QS Al -Mudatsir:6)

    “Terus-menerus seseorang itu suka meminta-minta kepada orang lain hingga pada hari kiamat dia datang dalam keadaan di wajahnya tidak ada sepotong dagingpun.” (HR. Al-Bukhari no. 1474 dan Muslim no. 1725)

    "Siapa yg meminta-minta kepada orang banyak untuk menumpuk harta kekayaan, berarti dia hanya meminta bara api. Sama saja halnya, apakah yg diterimanya sedikit atau banyak." [HR. Muslim No.1726].

    "Seorang dari kalian mengikat satu ikatan kayu bakar, lalu ia memikulnya di atas punggungnya, kemudian ia jual adalah lebih baik baginya daripada harus meminta-minta kepada orang, baik orang itu memberi atau menolaknya." [HR. Muslim No.1728].

    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  13. saya baru tau ada arisan berantai MMM. Tapi, drai dulu syaa memang gak seneng ikut arisan :)

    ReplyDelete
  14. Aku malah baru tahu soal MMM ini mbak Elsa.
    Terimakasih banyak utk share infonya ya.

    ReplyDelete
  15. makasih infonya mbak elsa,,bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  16. ngeri ahh Mbak. mendingan bikin arisan sendiri sama isteri saya sih, jelas masuk ke dapur juga, hehe

    ReplyDelete
  17. apa ini yang banyak di facebook-facebook y

    ReplyDelete
  18. Very important info.
    izin share ya kak ^^

    ReplyDelete
  19. aku baru tau yang ini Elsa...tfs ya


    ReplyDelete
  20. bagus informasinya.....Jazakillah semoga bermanfaat buat kita semua

    ReplyDelete
  21. Ga pernah tertarik gabung yang kayak gitu sih :D

    ReplyDelete
  22. Assalamu'alaikum Mba Elsa,
    terima kasih infonya..masih banyak juga yg g kapok2 bikin beginian, dan herannya masih ada aja yg mau terjerumus. Semoga banyak yg tersadar
    Oh ya, terima kasih sdh berkunjung lagi d blogku..kangeeenn

    ReplyDelete
  23. aku juga ditawari temen soal MMM ini, makasi sudah berbagi jadi tahu sekarang :)

    ReplyDelete
  24. wow! ngeri juga yah mbak.. aku sendiri baru tau tentang MMM ini baca blog mbak elsa..
    informasinya bermanfaat mbak, thank youuu...

    ReplyDelete
  25. Sobat q skalian mohon bijaklah menanggapi sgala hal , membawa muatan dalil kitab suci pun apa gunanya kalo qta hanya menuduh suudzon, sebaiknya apa yg qta lihat, rasakan dg mata kepala jiwa raga itu yg pantas qta sharingkan ke orang lain, bukan yang katanya itu, katanya ini dsb, skali lagi mohon bijak lah sobat.....

    ReplyDelete
  26. saya cuma tau sekilas2 aja tentang MMM,
    dan udah feeling : "masa' segitu gampangnya dapet duid tanpa berusaha".
    aneh aja.
    eh kebetulan blogwalking kesini nemu artikel ini,
    jadi makin paham deccchhh
    nice article

    ReplyDelete
  27. Salam Dasyat Buat Teman2 yg Ada di Blog Ini

    Sebelum memutuskan sesuatu alangkah Baiknya Kita Mencari Sumber dr 2 arah
    Positive dan negative

    ini adalah situs Yg Berorientasi Pada sistem keuangan Negara
    Kl anda Mau tau Apa tanggapan mereka,,silahkan Cekck

    Jadilah Orang yg Bijak dlm Memutuskan
    http://brokerforex.com/bisnis-mmm-sergey-mavrodi/

    ReplyDelete
  28. yang perlu kita lakukan ya meminimalisir resiko aja!!
    di MMM katanya gak di wajibkan harus setor berapa juta,min 100rb max 10jt.
    coba iseng iseng cari tau system kerjanya MMM,jangan komen klo gak paham systemnya.

    Aku berpendapat..semua di dunia ini gak ada yang abadi,begitu juga MMM.
    nah...bagaimana kita memanfaatkannya dan harus harus smart,jgn hanya percaya ke satu koment saja,gk usah gabung dulu,pahami saja dlu,yang saya tau seorang ustad saja bergabung di mmm,padahal dia sndiri bisa menbedakan antara riba dan bukan riba,MAAF SAUDARAKU SAYA JUGA LAGI BELAJAR MEMAHAMI IDEOLOGI MMM,penasaran saja koq banyak BO2 yg pda komentar soal mmm,nah...itulah bisnis...setelah saya telusuri memang tidak ada satupun member mmm yang tertipu,klo PRO dan KONTRA sesama BO itu wajar2 aja untuk riba dan gk nya coba bedakan sendiri antara bank dan mmm.

    semoga bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  29. sejak th 2012 saya tahu sistem mmm(tp tak paham),krn sejak 2005 sy s dh ikut BO,trading,n moneygame yg merugikan diri sendiri serta orang lain akhirnya sy vonis mmm sama dgn yg lain..
    di awal bulan mei sy iseng pelajari konsep n visi pencipta sistem ..dan hasilnya sy tuangkan di blog sy www.mmmcjdw.blogspot.com ...

    ReplyDelete
  30. Ass wr. wb.
    Memperkenalkan sebuah reformasi keuangan yg akan memberikan penghasilan yg halal tiap bulan. MMM bukan arisan berantai, bukan MLM yg harus ngajak orang dan jualan produk. MMM bukan bank dan perusahaan investasi yg harus mengumpulkan uang dari membernya atau nasabahnya.
    MMM adalah sebuah komunitas yg tiap anggotanya siap saling membantu.

    - Apakah MMM Skema Piramida? Memang iya, kan sudah dibilang secara terang-terangan diweb resminya: www.sergey-mavrodi.com

    - Apakah Bank Skema Piramida? Memang iya, tapi tidak bilang ke nasabah, takut nasabah panik dan menarik seluruh uangnya, dan bangkrutlah Bank.

    - Apakah Asuransi Skema Piramida? Memang iya, tapi tidak bilang juga ke pesertanya, takut tidak laku.

    - Apakah Jamsostek/BPJS/ASKES Skema Piramida? Memang iya, tapi tidak bilang juga ke pesertanya, kalo yang ini mau ga mau harus ikut. Enak juga pemerintah dapat dana abadi.

    Nah MMM, Asuransi, dan Bank sama-sama skema piramida. Emang apa salahnya dengan skema piramida?
    Simpan di Bank dengan bunga tidak lebih dari 5% /tahun???!!
    Tp Partisipasi di MMM dapat reward 30% perbulan.

    30% adalah kenaikan mata uang mavro yang anda beli dengan melakukan provide help dan ketika sudah 1 bulan maka mavro anda berkembang up to 30% dan bisa anda jual dengan melakukan request get help !

    30% adalah reward di MMM, sebagai stimulus anda di MMM Karena baik diakui atau tidak, partisipan menginginkan reward 30%

    Jika anda kerja jadi karyawan - > Stimulus anda adalah gaji Karena dengan gaji anda menjadi semangat untuk bekerja

    Oh ya ada satu lagu yang keren
    > Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkan kau bersujud kepadanya?,

    Karena harapan
    Baik diakui atau tidak, saya yakin ada.

    > Harapan dapat gaji bulanan anda sebagai karyawan
    > harapan 30% anda bergabung di MMM
    > harapan masuk surga tentunya, dengan rajin beribadah
    > harapan beli tanah harga 1 juta 10 tahun lagi laku 10 juta

    Sebenarnya apa yang anda ketahui tentang riba ?

    Riba = meminjam uang dan bulan depan anda harus balikin pokok + bunganya.
    Saya kira, disadari arau tidak semua orang pernah sekali selama hidupnya melakukan hal tersebut, baik kepada orang maupun badan usaha yang legal atau yang ilegal.
    Jadi, saya minta tanggung jawab anda sebagai pemilik blog ini yg sudah berani meng-copy paste dan ikut menyebarkan berita fitnah tentang system MMM ini, karena apa yang tertulis dalam situs tsb banyak salahnya daripada benarnya.
    Demikian semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Terima kasih Pak Sigit.. Untuk Penjelasannya..

    Banyak komentar negativ di Blog ini tapi dari mereka belum ada yang berani mencoba..

    Belum mencoba tapi sudah ketakutan duluan..!!! Kalah sebelum berperang.. atau pengecut..
    Karena telah mendapat informasi yang tidak benar.. Boleh jadi Blog ini diciptakan karena efek ketakutan dari pencinta Skema Piramida Bank maupun Asuransi..

    Saya ikut MMM karena dapat meningkatkan financial saya lebih dari pada Asuransi maupun Bank.. Yang Punya Blog ini harus bertanggungjawab atas Fitnah yg disebarkan.

    ReplyDelete