Tuesday, June 17, 2008

Shock!!!

ini toko Abah dan ibuku..... toko kami...


Pagi ini benar-benar mengejutkan. pingin marah, pingin ngamuk, pingin nangis juga.....

saat aku buka toko tadi pagi, tak lama kemudian ada seorang wanita sekitar 40-an masuk ke tokoku. "Alhamdulillah..." pikirku. masih pagi, baru buka sudah ada pembeli. Rizki Allah memang berlimpah.

Wanita itu kemudian memilih-milih karpet. rupanya dia adalah seorang penjual juga. belanja barang yang kemudian di jual kembali secara kredit pada tetangga-tetangga di desanya. setelah puas memilih-milih, dia akhirnya menentukan pilihan pada dua buah karpet Samira ukuran 160x210 berwarna merah menyala. dua pegawaiku segera menggulung karpet dan membungkusnya dengan plastik. setelah melihat karpet pilihannya telah siap dibawa pulang, Wanita itu menghampiriku di kasir. kemudian berceritalah ia...

"Harganya dipotong ya Mbak, kan saya buat dijual lagi..."

"Ok Bu, jangan khawatir, ini sudah harga khusus kok. gak mahal"

"Iya gitu... soalnya nanti kalo tetangga-tetangga saya banyak yang suka, nanti saya ambil kesini lagi. saya gak tahu sih, ada toko karpet ini... soalnya saya biasanya beli mebel gitu... kayak lemari olympic gitu lho Mbak..."

"Lho, ambil dimana Bu? saya juga jual Olympic-an gitu lhoo....kursi tamu juga ada. lemari mau yang jati juga banyak"

"Lho Sampeyan juga jual lemari ta? mana?"

"itu toko mebel saya di depan" kataku sambil menunjuk seberang jalan.

"saya tadi sudah terlanjur beli di SXXXX, harga zzz.000"

"lho tipenya apa bu?"

"qqqq"

"lho, saya jual itu cuman segini lho, ibu gak salah tipe ta?. itu jual biasa. kalo sampeyan dijual lagi, ya tak kasih kortingan banyak."

"kok murah sampeyan? Olympic nya asli ta Mbak?"

"Lho? memang ada Olympic palsu? Ya Asli Bu, wong saya ambil dari pabriknya langsung. gak asli gimana. wong resmi kok."

"soalnya katanya pegawainya toko SXXXX tadi, jangan beli di Putra Gembira. olympic nya disana itu pasti palsu. bikinan sendiri"



Astaghfirullah..............

tega nian mereka menghasut konsumen seperti itu. dan memfitnah kami.

seandainya kami bisa memproduksi barang-barang seperti olympic sendiri, sudah pasti kami akan membangun pabrik. tidak malah bertahan sebagai toko mebel kecil sampai saat ini.

Astaghfirullah...............

Aku gak ngerti, sebagai sesama penjual barang yang sama, kenapa mereka harus menghancurkan kami seperti itu? tidak bisakah mereka bersaing secara sehat? padahal toko itu sangat besar, modern, dan mewah. semua calon pembeli pasti akan menoleh pada toko semegah itu. kenapa harus menghancurkan toko yang lebih kecil???

Astaghfirullaaaaaaah.....................

(NOTE: kata berwarna merah sengaja disensor, agar tidak menghancurkan reputasi pihak yang terkait)

29 comments:

  1. Sabar buk.. Mungkin itu semua ujian dari allah agar kita lebih sabar dalam menghadapi semua cobaan. Dan itu semua akan mendapatkan balasan yang setimpa dari allah

    ReplyDelete
  2. Gak perlu dipikirin sikap kompetitor kita yang semacam gitu. Yang penting kita bersih dan bisa menjaga kepercayaan konsumen dan pelanggan.
    Nanti orang yang tidak bersih mainnya semacam ini akan runtuh dengan sendirinya, karena tidak mampu bersaing dengan baik dalam perdagangan yang sehat.

    ReplyDelete
  3. sabar elsa..sabar..yg sirik tanda tak mampu..

    ReplyDelete
  4. menangislah bila harus menangis....
    karena kita semua manusia...
    manusia bisa terluka...
    manusia pasti menangis....
    dan manusia pun bisa mengambil hikmah...

    (dewa)

    ReplyDelete
  5. tissue_paper_one_dollarJune 17, 2008 at 10:07 PM

    hmmmm...

    Sa, mudah-mudahan itu bukan dari toko SXXXX itu ya, yah mudah-mudahan itu cuma omongannya si Ibu itu.

    (sama-sama Suudzonnya ya? he....)

    anyway, kamu tahunya juga dari omongannya si Ibu itu, bukan dari kamu sendiri kan? :)

    siapa tau bisa dapet diskon... terus bilang ke toko SXXXX kalo di toko Putra Gembira gini gitu :)

    itulah jeleknya dunia bisnis, jeruk makan jeruk he..he...

    sing sabar ya Nduk...

    ReplyDelete
  6. langit side ...

    Seorang pelayan dari pasar pulang kerumah majikannya, ... dengan tak sabar dia kemudian bercerita. 'tuan, ... dipasar tadi ada orang yang mengatakan hal-hal yang buruk tentang tuan, yang saya rasa tidak benar'

    Sang majikan tersenyum kemudian dia berkata 'Oh ya? ... kalau begitu ambilah kurma dan anggur yang paling bagus dan berikan kepada orang itu, sebagai hadiah dari ku'

    Pelayan itu terkejut dan dia berkata 'Tuan ...kenapa tuan malah memberikan hadiah kepada orang itu?'

    'Ya .... karena orang itu baru saja mengambil dosa-dosa-ku, dan memberikan pahala kebaikannya padaku ...','karena itu aku-pun ihklas dia berkata seperti itu'

    dunia side

    mhh .... well, you know more about the marketing strategic ... but believe me, alls not just logic like math ...

    and 1st , be patient sist, keep pray, and do the best

    ReplyDelete
  7. hiks ... , bilang Astaghfirullah ....nya, kalo mau manjur dengan kelegaan hati dan berserah diri ya, .... he he he diriku takut dengan warna merah-nya ...

    tar seperti ibu-ibu yg kesel sama anaknya, ... bilang Astaghfirullah sambil ....... hiks gawat

    ReplyDelete
  8. itu namanya fitnah, santai aja mbak, pasti ada balasannya. Siapa menebar benih pasti akan menuainya *halah sok tau*.

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum...
    dunia bisnis emang keras ya mbak,.. saran ku.. mbak cool down, jangan membalas dengan hal serupa. Cari cara atau ide2 baru yg fresh dalam berbisnis. Fokus kepada kepuasan pelanggan.. ok mbak "Crisis is the best reason to change" keep smile.. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  10. @QIE: thenks a lot ya. kuakui, emang aku orangnya kurang sabar. maka Allah memberi palajaran tentang Sabar dan ikhlas. semoga lulus. doakan aku yaa...

    @POO: Yup, gak usah terlalu dipikirin, wong Allah sudah mengatur segalanya. tiap orang rizki nya berbeda. tenang aja, sudah ada yang ngatur... iya kan?

    @MIKE: hhm.... sabar... sabar... sabar....sabar....(sambil ambil nafas panjang)....sabar....sabar....

    @ANTOWN: hhm, bener juga ya, orang sedih kalo dihibur dengan nyanyian, bisa feel better. terima kasih!

    @Tissue Paper One Dollar : jeruk yang makan jeruk kan tidak semua. hanya segelintir jeruk yang gak tahu dosa aja.
    and don;t call me 'nduk'

    @ADHI: really good story!! thank you very much yaaa..
    tulisan "ASTAGHFIRULLAH" bukan merah, tapi orange.

    ReplyDelete
  11. mba elsa ga perlu sedih. menurut aku, pembeli juga akhirnya bs nilai sendiri klo kualitas barang di tokomu bagus. aku sih percaya, slama kita jujur, insya allah ada jalan..

    ReplyDelete
  12. tissue_paper_one_dollarJune 18, 2008 at 8:23 PM

    Iya Bu Elsa, saya kan cuma bilang jeleknya...

    yang bagusnya kan banyak

    mudah-mudahan kita dijauhkan dari fitnah ya?

    bener tuh kata Madu Nektar, you know better lah...

    ReplyDelete
  13. bener kata Dee..
    pembeli lah yang akan menilai.
    so.. bersabar..

    ReplyDelete
  14. astaghfirullah! [mengelus dada, geleng-geleng dan manggut-manggut]

    Jombang mana yah ini ya, kayaknya pernah liat TOKO PUTRA GEMBIRA.

    salam kenal.

    ReplyDelete
  15. BAH...."APA KATA DUNIA".......
    weleh..weleh....
    semua pasti ada balasannya....
    dalam dunia usaha,hal2 semacam itu biasa sa...banyak yg menghalalkan segala cara untuk mengeruk keuntungan,meskipun harus dengan fitnah.....
    tapi kamu jgn ikut2an ya....
    pada akhirnya orang akan tahu sendiri mana toko yg menjual barang2 berkualitas dengan harga yg pantas......
    semangat..semangat.....

    ReplyDelete
  16. cobaannya berat juga ya say, difitnah ama saingan.. tapi believe it, sooner or later the truth will come up... jadi jangan ngerasa down ya.. jangan lupa juga doa minta yang terbaik dari Allah SWT..

    ReplyDelete
  17. sudah biasa itu dari jaman jahiliyah sampe sekarang. nabi muhammad aja yang dikenal Al Amin justru di sebut gila. apalagi kita segabai manusia biasa. oleh karena itu kalau di fitnah tunjukan saja dengan bukti yang sebaliknya. sekali lagi bukti..
    bukti dan bukti. oke?

    ReplyDelete
  18. sabar..sabar...kadang memang kita perlu kesabaran extra buat buat menghadapi orang2 seperti itu...

    tenang aja sapa tau ada hikmahnya....

    ReplyDelete
  19. yang sabar ya mba..biasa ko'cobaan itu pasti ada, untuk menguatkan iman kita,,,sukses

    ReplyDelete
  20. saya justru merasa kasihan sama toko seberang yang menggunakan 'negative campaign' untuk mempromosikan tokonya, saya yakin dia bakal menyesali apa yang dia lakukan dengan menyebarkan cerita buruk tetang kompetitornya, karena ini pasti akan berbalik menikan usahanya sendiri. Jangan takut dan 'keep positive" !!

    ReplyDelete
  21. Kadang orang cr jalan apa aja buat cari keuntungan sendiri... Mudah2an malah toko kamu tambah laku El... eh jangan2 ibu2nya yg ngarang tuh..

    ReplyDelete
  22. berdagang dengan cara persaingan yang tidak sehat, apalagi memfitnah, maka disana tidak akan ada keberkahan...

    ReplyDelete
  23. Bagaimanapun juga, urusan kualitas biar konsumen yang menilai. Sabar ya Non...!!!

    ReplyDelete
  24. jangankan hanya merk, apa sih yang gak bisa di palsu di indonesia, agama palsu, perda palsu, tanda tangan palsu, ijasah palsu, perilaku palsu, buku palsu, atau jangan-jangan pemimpin kita juga palsu ........ !!!!

    ReplyDelete
  25. wah .... ini yang punya rumah kemana lagi? ,komputernya gak rusak lagi kan? ,smoga baik2 aja ....

    ReplyDelete
  26. Hm,

    Karena dirimu melongok blogku, aku gantian menyambangi blogmu. Mungkin nanti menengok toko kamu juga.

    Sabar ya menghadapi cobaan. Semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  27. sabar adalah salah satu dari iman. seperti orang fakir yang bersabar lebih tinggi derajatnya di mata Allah AWT daripada orang kaya yang bersabar.

    ReplyDelete
  28. SING SABAR YO MBA..........

    BEGITULAH HIDUP.

    KADANG KITA TIDAK DISUKAI ORANG YANG BAHKAN TIDAK KITA KENAL, TAPI TENTU ITU TIDAK BERARTI KITA JUGA HARUS BERSIKAP SAMA SEPERTI MEREKA. TIDAK PERLU DIBALAS. SEMUANYA ADA YANG NGATUR.

    ReplyDelete
  29. Biarkan saja fitnah yang keluar dari mulut seorang pembohong ...
    kalau kita ladenin akan banyak energi kita yang keluar untuk bicara menanggapi fitnah itu ... Bukankah lebih baik energi kita guna untuk kegiatan2 kita yang lain dan bermanfaat ... Sabar yach ..sukses selalucsp

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.