Monday, December 13, 2010

Makam Tuanku Imam Bonjol di Minahasa

Semua orang pasti mengenal Tuanku Imam Bonjol, pahlawan nasional dari Sumatera Barat yang terkenal karena kisah heroiknya memimpin Perang Padri (1821-1838).

tapi pasti tidak banyak yang tahu, bahwa Tuanku Imam Bonjol dimakamkan di tanah Minahasa kan??

hehehe, aku juga baru tahu hal itu ketika mengadakan perjalanan dari Manado ke Tomohon beberapa waktu yang lalu.




Tuanku Imam Bonjol lahir di Bonjol tahun 1772, dengan nama Muhammad Shahab. Karena Beliau adalah seorang ulama dan pemimpian masyarakat setempat, Beliau mendapatkan beberapa gelar. yang paling terkenal adalah Tuanku Imam. Dan karena tinggal di daerah yang bernama Bonjol, maka dipanggillah beliau dengan gelar Tuanku Imam Bonjol.

Singkat cerita, Tuanku Imam Bonjol ini memimpin kaum Padri melawan penjajahan Belanda yang kemudian terkenal dengan sebutan Perang Padri. Perlawanan kaum Padri ini sangatlah kuat, membuat Belanja seakan akan kehabisan akal untuk menghadapinya. Sampai sampai Belanda merasa perlu mendatangkan banyak bala bantuan. Tapi Tuanku Imam Bonjol tidak semudah itu dikalahkan.

dan akhirnya Belanda menangkap Tuanku Imam Bonjol dan mengasingkannya ke beberapa tempat, sampai akhirnya Beliau meninggal pada 16 November 1864 di pengasingannya yang terakhir yaitu di dekat sungai Malalayang, desa Lota, Kecamatan Pineleng, Minahasa.




Menurut cerita masyarat setempat, Tuanku Imam Bonjol tidak banyak beraktifitas selama di Minahasa. Beliau menghabiskan waktunya hanya untuk melakukan sholat, sholat dan sholat. Sholatnya pun di atas sebuah batu besar yang terletak di tengah tengah sungai Malalayang. Batu besar itu tetap berada di tengah sungai sampai pada akhir dekade 90-an ada seorang Angkatan Laut yang berbaik hati menyewakan alat berat untuk mengangkat batu itu ke tepian.

Dan dengan swadaya masyarakat setempat kemudian dibangunlah sarana dan prasarana yang lebih layak untuk menghormati Tuanku Imam Bonjol.




Bangunan Makam Tuanku Imam Bonjol sengaja dibuat khas rumah adat Sumatera Barat. Tampak begitu indah karena berbeda dengan rumah-rumah di sekitarnya yang memiliki ciri khas rumah Minahasa. Bangunan ini sangat terawat dengan baik, meskipun tidak ada bantuan dari pemerintah.

Makamnya juga sangat bersih....



Bangunan di bawah ini juga dibangun atas swadaya masyarakat.



inilah batu besar tempat Tuanku Imam Bonjol menghabiskan hari-harinya dengan sholat. Jika dilihat dari dekat, maka akan terlihat begitu jelas bekas dudukan Tuanku Imam Bonjol, juga bekas dahi beliau saat melakukan Sujud.

Subhanallah....
kita saja untuk melakukan sholat 5 kali sehari kadang terasa berat. Sajadah yang lunak saja tidak akan berbekas pantat ataupun dahi kita...
Sementara Tuanku Imam Bonjol..... bisa membuat sebuah BATU yang keras dan berat itu berbekas.
Bisa membayangkan, betapa banyaknya sholat beliau yaa.... pasti Sang Batu nanti juga akan bersaksi di hadapan Allah.





Terima Kasih tak terhingga kepada Mbak Heny CES Sting yang sudah  menyumbangkan reportase begitu penting ini lengkap beserta gambar-gambarnya.

53 comments:

  1. Waaah..baru tau makamnya imam bonjol di Minahasa. Ini salah satu tokoh pahlawan favoritku krn asalnya dr sumatra barat wuahahaa...

    Bagus ya bangunan makamnya, biar org ga lupa asal muasalnya.

    ReplyDelete
  2. waa keren...
    di bengkulu adanya makam sentot :D
    heheee

    ReplyDelete
  3. Surprise bgt baca posting ini krn Mbak Elsa udah nyampe di kampung sy dibesarin, Lotta-Pineleng.

    Waktu msh kecil kami sering bermain di makam imam bonjol, dulu batu tempat sholatnya belum ditutup kyk begitu, msh asli di pinggir kali yg airnya deras bgt.

    Kalo Mbak Elsa liat ada masjid di seberang makam, dulu kami termasuk pengurus di masjid itu, senang bgt bs liat perkembangan makam imam bonjol setelah hampir 10 thn gak mudik,hehe...

    ReplyDelete
  4. subhanallah.. semoga bisa memotivasi kita untuk beribadah lebih baik :)

    makasih sharingnya mbak elsa :)

    ReplyDelete
  5. jalan2 sekaligus nambah ilmu pengetahuan ya olysmbak :)

    ReplyDelete
  6. Wow batu aja bs seperti itu
    berarti tuanku imam bonjol rajin bgt sholatnya

    yg ak inget dari Tuanku Imam Bonjol waktu SD klo dsuruh bawa gambar pahlawan, ak suka bawanya gambar Tuanku Imam Bonjol hehe :p

    ReplyDelete
  7. subhanallah ulama yg satu ini. semoga Allah memberikan surga terindah atas imbalan shalat2 beliau.
    merinding baca kisah seorang ulama..

    ReplyDelete
  8. Seru bgt yah jalan2 mengelilingi Indonesia :)

    ReplyDelete
  9. Keren. Informatif. Perjananan menakjubkan.

    ReplyDelete
  10. subhanallah..
    baru tau aku..tq infonya ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. elsa memang benar2 seorang petualang sejati...wis cantik-cakep-kreatif n cinta sama pahlawan pisan,salutt!!

    ReplyDelete
  12. Keren jeng liputannya, hehehe. Bagus banget arsitektur masjidnya, teduuh, dan damai

    ReplyDelete
  13. selalu suka dengan cerita sejarah, walau pas sekolah dulu nilai sejarahku pas-pasan karena ndak suka menghafal -_-" *curhatdotcom*

    makasi mba' udah berbagi, dan selalu bikin orang ngiler pengen jalan-jalan hu hu hu... :))

    ReplyDelete
  14. ...Tambah pengetahuan lagi mampir sini...Subhanallah, orang yang banyak ibadahnya bgt semasa hidupnya ya....

    ReplyDelete
  15. Jauh bana dari kampuang halaman makamnyo tuanku Imam Bonjol yo :)
    Btw ba'a kabarnyo hehe

    ReplyDelete
  16. assalamualaikum..
    lama tak berkunjung.
    begitu memotivasi, apalagi bekas shalat tuanku imam bonjol sampai ada bekasnya. sangat menyentuh kita.
    salam

    ReplyDelete
  17. wah... baru tau nih makamnya Tuanku Imam Bonjol di Minahasa (mungkin waktu pelajaran sejarah di SD dulu pernah dibahas, tp aku lagi tidur, jadi baru dengar lagi sekarang, hehee). Subhanallah ya kisah hidup beliau sangat menginspirasi sekali, semoga beliau tenang di sisi-Nya

    ReplyDelete
  18. kok patungnya berlumut gitu ya?
    semoga tempat-tempt seperti ini tetap terjaga kebersihan dan kelestariannya

    ReplyDelete
  19. Wah wisata sejarah juga yah Mbak?

    Jadi terinspirasi nih pengen wisata sejarah juga.

    Hmmmm sepertinya gak lama lagi blog nya Mbak Elsa juga akan berisi banyak cerita travelling. Asyiiik bertambah satu teman :)

    ReplyDelete
  20. nggak takut mbak.. pelesiran di makam MamBo gitu?..

    tapi beneran saya baru ngerti kalo MamBo dimakamin di Minahasa.. bukannya MamBo tuh asli jawa yak?..

    mirip Diponegoro gitu berarti

    ReplyDelete
  21. uiihh.. phonank dapat Pengetahuan baru nih,,
    Selain Tuanku Imam Bonjol, ternyata masih ada lagi beberapa pahlawan daerah yang tidak di makamkan di tanah kelahirannaya Lho. Waduuh... phonak lupa lagi namanya, nanti deh phonank cari informasinya lagi.. hehehe

    ReplyDelete
  22. Luar biasa. Batu itu akan menjadi salah satu saksi di hari akhir.

    ReplyDelete
  23. komplit banget jalan jalannya. dari nyelam sampe wisata religi. lain kali ajak ajak dong.. hhehe

    ReplyDelete
  24. hmmm aku baru tau
    kupikir beliau dimakamkan di daerah Bonjol Sumatera Barat

    ReplyDelete
  25. wahhhh~ aku jg baru tau Imam Bonjol ada makamnya xDD

    ReplyDelete
  26. jadi tambah ilmu dan bisa liat pics yg bersejarah..

    TFS y mba Elsa.. :)

    ReplyDelete
  27. Subhanallah, itulah orang2 yg memang terpilih oleh Allah, betul2 mencintai Allah dengan ibadahnya.

    ReplyDelete
  28. Baru tau juga kalo imam bonjol makamnya di Minahasa heheheh.....bener mbak elsa, sholat yg 5 waktu aja kita kadang2 malas. Setelah baca postingan ini, jadi termotivasi untuk rajin sholat tepat pada waktunya nechh.....

    ReplyDelete
  29. WAh..seru nih liputannya. Mbak Elsa jalan2 teyus nih hehehe :-)

    ReplyDelete
  30. Waahhh baru tau kalo makam Imam Bonjol di Minahasa. Subhanallah, semoga Beliau diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

    Mba Elsa kapan neh maen ke Miri? Ditunggu loh kedatangannya sama Zahia. Tar kita main ke Brunei, kan deket ajah cuma 2 jam dari rumah Zahia

    ReplyDelete
  31. betapa indahnya ibadah Tuanku Imam Bonjol..hingga kakinya berbekas di batu itu...

    makamnya pun bersih..ini memang sepantasnya dilakukan oleh pihak terkait untuk menghormati jasa2 pahlawan kita..:)

    ReplyDelete
  32. wah kok merinding ya baca postingan tentang Tuanku Imam Bonjol ini. *serius*

    ReplyDelete
  33. Makasih infonya mbak....
    Saya sering lewat pineleng tapi nggak pernah mampir ke makam tuanku imam bonjol.. malah lihatnya dari postingan mbak Elsa

    ReplyDelete
  34. saya baru tahu makamnya di minahasa..

    ReplyDelete
  35. heihei.. p kbr bug?
    duh ngilerin ja ni kesana,,
    modalin dong, hehe

    ReplyDelete
  36. Kalau Elsa main ke Makassar, jangan lupa mampir juga ke makam Pangeran Diponegoro yah

    ReplyDelete
  37. uhh dibikin irii teruus sama mbak elsaa

    ReplyDelete
  38. tuanku imam bonjol..jadi ingat pas masih ada pelajaran pspb..sayang anak-anak sekarang udah pada lupa dengan pahlawan negeri ini..thanks telah share..mbak elsa..

    ReplyDelete
  39. Salah seorang pahlawan penegak Tauhid kebanggaan saya.. Saya baru bisa sampai di tanah kelahiran Beliau, tapi belum berziarah ke makamnya. Patung beliau menaiki kuda dengan menghunus keris saat ini berdiri kokoh di kota asal saya Bukittinggi...
    Kapan-kapan mampir ke Bukittinggi juga ya Mbak Elsa...^_^
    *Btw, instrumental buat backsound judulnya apa ya Mbak? Saya suka dengernya... Kontemplatif...

    ReplyDelete
  40. oh ternyata makamnya beliau di minahasa ya.. makasih infoanya Elsa

    ReplyDelete
  41. makasih mbael, udah share. baru sempet mampir nih & baca :).

    pas banget nih, verification wordnya perciek, ciek duo tigo :D. *asal

    ReplyDelete
  42. Wow,mantab,sist.Jadi belajar ulang sejarah nih.

    ReplyDelete
  43. wah.. keren...
    Tempatnya juga asri... :)
    dan masih terpelihara

    ReplyDelete
  44. Aku baru tahu ternyata semua bangunan di kompleks pemakaman Tuanku Imam Bonjol itu hasil dari swadaya masyarakat to..? Walau tanpa bantuan pemerintah tapi ternyata terawat dengan baik ya..?

    ReplyDelete
  45. wow..keren mb elsa,,,

    banyak pelajaran yang bisa diambil dari sini..semoga saya bisa kesana..
    slmt hari ibu..

    ReplyDelete
  46. hihi..sa, buku sejarah yg dipakai beda kali yah, memang beliau dimakamkan di tempat pengasingan. dulu pak guru sejarahku suka nanya pertanyaan2 kayak gini ... termasuk imambonjol dimakamkan di mana. dan itu guru yg sama dari aku kelas 1 SMP sampai kelas 3 SMA =) SMP dan SMA satu komplek, guru juga share.
    cuman karena itu udah sekitar 20 tahun lalu... memang dah nyaris lupa. cuman ingat perang diponegoro 1825-1830 hahahaha

    ReplyDelete
  47. Kok bisa ada jejak kakinya yah?
    Subhanallah...
    Suatu karomah yang hanya dimiliki oleh orang-orang pilihan Allah...

    Kalo inget Imam Bonjol jadi keinget ama temen SD ku yg rada-rada Chinese... julukannya Si Imam Benjol hahah :D

    ReplyDelete
  48. Salut dengan dedikasi masyarakat sekitar untuk menjaga benda warisan sejarah dan menghargai jasa Tuanku Iman Bonjol.

    Jadi malu ya, baca tulisan ini. Bener banget kata mba Elsa, sajadah super lembut, besar dan empuk aja kadang jarang digelar karena kelalaian kita terhadap kewajiban 5 waktu, tapi Tuanku Imam Bonjol. Huff, harus lebih banyak belajar lagi nih.

    ReplyDelete
  49. Subhanallah......

    Setahuku Minahasa mayoritas nasrani

    tp sungguh baik hati org disana melesatarikan situs tokoh pejuang indonesia...

    jd pengen kesana liat langsung...baru tau aku klo Makam beliau di sana...

    ReplyDelete
  50. wah gw ma ke manado minguu depan ,, gw mw berkunjung noh kesono

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.