Saturday, December 25, 2010

Bukit Kasih

Pernah dengar Bukit Kasih?
hhm.... tidak banyak yang tahu kan?

Bukit Kasih adalah salah satu tempat wisata andalan jika kita berkunjung ke Manado Sulawesi Utara. Yang membuat Bukit Kasih special adalah karena di puncak Bukit Kasih ini dibangun 5 tempat ibadah yang saling berdekatan sesuai dengan 5 agama yang ada di Indonesia. Konon katanya, kelima tempat ibadah yang saling berdekatan satu sama lain itu merupakan wujud dari kerukunan beragama penduduk Sulawesi Utara. hhm, boleh juga ya...
jadi ngerti kan kenapa dinamakan bukit kasih....

Begitu sampai di area Bukit Kasih, kita langsung bertemu dengan sebuah Tugu yang melambangkan kerukunan 5 agama tadi. Di masing-masing sisi dinding tugu itu ditulis sebuah ayat dari masing-masing kitab suci. Menyenangkan sekali membacanya satu persatu, membuat kita kembali sadar... bahwa semua agama mengajarkan kebaikan. Bukan anarkisme... seperti yang akhir akhir ini terjadi, tindakan anarkisme berkedok agama. menyebalkan sekali yaa...

Setelah mengamati pesan-pesan agama di dinding Tugu, barulah kita mulai naik ke Bukit Kasih. Coba lihat di sebalah kanan tugu, terdapat tangga putih. Tangga itu... panjaaaaaaaaaaaaaaaang dan lamaaaaaaaaaaaaaa... sampai ke puncak bukit. Jika ada yang bertanya, berapa jumlah anak tangganya, maka aku akan lantang menjawab "Milyaran!".
(lebay....)





Ternyata... selain anak tangga yang berjumlah milyaran tadi, tangganya juga bercabang cabang! Coba lihat gambar di bawah ini. Bingung gak tuh??
Agar pengunjung tidak kebingungan, anak-anak setempat pun menawarkan jasa sebagai guide. Mereka akan mengikuti kita dan langsung bertindak sebagai guide. Jadi jika tidak ingin menggunakan jasa mereka, sebaiknya bilang "tidak" sejak awal.




Bukit Kasih ini ternyata tidak terdiri dari satu bukit saja. tetapi berbukit bukit. Dan dari kejauhan, Tangga yang mengukir setiap puncak bukit tampak seperti the great wall China! hehehehe....




Beginilah keadaan tangganya...
semakin tinggi, semilir angin dingin pegunungan semakin terasa....
dan tentunya betis juga semakin kaku, langkah kaki semakin berat, dan nafas jadi tersengal-sengal. Aku jadi mempertanyakan niatku, ngapain tadi nekat naik bukit kasih?!


masjidnya tidak terlihat karena tertutup pohon


Tapi setelah berkali kali meyakinkan diri, menghibur diri dan menyemangati diri sendiri... akhirnya, tujuan utamaku untuk sholat di masjid puncak bukit kasih tercapai!!! Alhamdulillaaaah




Masjidnya kecil. Ada selembar karpet sajadah berwarna hijau di tengah-tengah. lalu di salah satu dindingnya, terdapat beberapa mukena kotor yang digantung tidak rapi. dan di sebelahnya ada kotak amal.
Air Wudlu bisa diambil di bagian belakang masjid. Tempat wudlu sebenarnya cukup bersih, tapi daun daun kering yang jatuh di area itu membuatnya jadi kelihatan kotor.

Aku dan Nona, adikku, segeramengambil air wudlu. Dingin sekali... dan berbau belerang!
Setelah Sholat, kami berlama lama di masjid. menikmati pemandangan dari ketinggian, mengagumi ciptaan Allah, dan memberi waktu bagi kaki kami untuk sejenak mengambil rehat.



Di perjalanan menuruni tangga, terlihat cukup jelas kawah yang menganga. Ternyata... Bukit Kasih merupakan gunung yang masih aktif. Bau belerangnya cukup menyengat, asapnya juga tidak pernah berhenti keluar dari lubang lubang kawah.
Subhanallah.... aku jadi tiba tiba ketakutan. Apa jadinya jika Bukit Kasih tiba tiba meletus saat aku di atas tadi? jangan jangan ada Merapi jilid 2 disini... uupfh....

Menuruni milyaran tangga agak lebih ringan dan tentunya lebih cepat. Kami lebih bisa menikmati pemandangan kali ini....

Apalagi ketika sudah hampir sampai di bawah, ada sungai sungai kecil berair panas. Penduduk setempat malah membuatkan sebuah kolam kecil bagi para pengunjung untuk merendam kakinya di kolam berair panas tersebut. dan banyak pula yang menawarkan pijat kaki. Tawaran yang cukup menggoda kan... setelah lelah mendaki milyaran tangga Bukit Kasih.


sungai air panas mengandung belerang


Dan kakiku pun bisa tersenyum lega saat aku merendamnya di sungai itu....




tips :
1. Bawa ransel. jangan terlalu besar.
2. isi ransel dengan cemilan, dan air minum. pasti akan sangat berguna di tengah tengah kecapaian mendaki milyaran anak tangga.
3. no high heels ya.... (of course!)
4. its gonna be like a spiritual journey exactly...specially for christians. karena di salah satu puncak bukit ada menara salib raksasa. 
5. Jangan langsung memasukkan kaki ke sungai/kolam. tes dulu, panas atau hangat. soalnya ada yang panas banget!!

57 comments:

  1. Ihiiiyyy pertama kali bisa pertama :D

    Aku pernah denger ko bukit kasih itu. Cantik ya...

    Foto2nya mba Elsa bagus2 iiihhh...

    ReplyDelete
  2. Sesuai dgn namanya,tempatnya serasa penuh kasih..!

    ReplyDelete
  3. uda lama denger t4 ini, pingin kesana tp jauh, ini bakalan di tujuan utama gw kl ke menado nih

    ReplyDelete
  4. paling suka sama foto tugu e..
    apik puoooolll..

    ReplyDelete
  5. Nama bukitnya enak didengar, dan tempatnya pun seindah namana untuk membangun tali kasih bersma orang yang yang terdekat dengan kita.

    Fotonya keren Mba.....

    Salam

    "Ejawantah's Blog"

    ReplyDelete
  6. Jyaaaaaaaaaaaaah keduluan di Ocha.... Gak terima.....

    Mbak keren banget mbak tempatnya. See, iNDONESIA is the most beautiful country in the world. It has everything except SNOW.

    Mbak Elsa dan mbak Nona mulai jadi penjelajah yah.

    Setuju sama Ocha, pic nya keren keren.....

    Mbak ada YM nggak??? atau BBM??

    ReplyDelete
  7. Haduuh itu orgnya niat banget ya bikin anak tangga sebanyak itu hihi..aku langsung ngrasa pueggell ngebayangin naik tangga sebanyak itu sambil gendong alisha hahahha..

    ReplyDelete
  8. bagus banget yak pemandangannya dari puncak buit. Ijoooo.... bikin adem buat yang memandang.

    ReplyDelete
  9. saya pernah denger deh bukit ini. masi maen di Manado ya mbak. asik sekali. foto2nya juga bagus..

    ReplyDelete
  10. bukit kasih hmmm kalau kesana sama kekasih mngkin lebih terasa kasihnya hehe

    ReplyDelete
  11. mbanyaaa masih di manado yak??? mampir kendari donk :D

    ReplyDelete
  12. elsa...ternyata keinginanmu untuk traveling kesampaian juga ya...

    ReplyDelete
  13. Buset, pemandangannya sungguh indah.
    dan tangganya? emang yang buat gak mikir, kalau naik tangga itu capek :(

    ReplyDelete
  14. hawoooo, suwe gak dolan mrene..

    weh weh weh? apik pol!

    ReplyDelete
  15. wah, indah bgt Bukit Kasihnya yach....Picture2nya bagus2 bener dech ........

    ReplyDelete
  16. Wah nambah pengetahuan nih... makasih mbak Elsa :)

    ReplyDelete
  17. Nah yg ini lagi2 sy ketinggalan sama Mbak Elsa, sy blm pernah kesana.hehe...

    ReplyDelete
  18. Semoga bukan saja bangunan tempat ibadah yang bisa berdampingan di Bukit Kasih ini, tapi juga seluruh penganutnya bisa berdampingan secara damai dimanapun. amin.

    ReplyDelete
  19. subhanallah indahnya..

    Kl di Manado udah ada guide-nya. Tapi entah kapan bs kesana.. hehe..

    ReplyDelete
  20. subhanallah ... gak usah jauh 2 ke luar negeri deh .. Indonesia juga cukup indah .. mudah mudahan punya kesempatan berkunjung ke sana ..amiin :)

    ReplyDelete
  21. ngebayangin mlihat view luas terbentang dr atas....duh jd pengen

    ReplyDelete
  22. salam sobat
    wah ada ya, nama bukit kasih,
    baru tahu karena postingan mba Elsa.

    ReplyDelete
  23. waaaaaaah... dengan kesejukan dan pemandangan yang didapet setelah itu bisa merendam kaki dikolam air hangat... sptnya membayar saat menaiki dan menuruni ribuan anak tangga yah mba' ^^

    ReplyDelete
  24. Hmmm, namanya aja sudah indah. Apalagi pas liat foto2nya. Keren..! Kapan2 harus bisa kesana nih, bertamasya.

    ReplyDelete
  25. subhanallah indah bgt ya pemandangannya

    ReplyDelete
  26. subhanallah... jadi pengen kesana... bagus banget ya pemandangannya...

    ReplyDelete
  27. Kereen abis tempatnya, tapi lebih keren lagi keharmonisan beragama mereka. Tks foto fotonya, Elsa banget gituu lo ! hi hi hi

    ReplyDelete
  28. pasti punya keteguhan serta niatan kuat tuh para pembuatnya kalau melihat jumlah anak tangga yang dia buat :) hebat!

    ReplyDelete
  29. cuma pernah liat di tv ajaaaaaa
    katanya banyak yg pacaran disitu

    maaf baru bisa bw sekarang neh mba

    ReplyDelete
  30. Aku gak yakin bisa sampai ke puncak deh. Kebayang betapa beratnya perjalanan ke atas itu....

    ReplyDelete
  31. Ternyata setelah di atas pemandangannya indah ya mbak... tapi perjuangan utk sampai ke atas itu pasti berat deh... hehehe *otak pemalas*

    ReplyDelete
  32. subhanallah sekali pemandangannya hohohoho hmmm milyaran anak tangga ya? *ngelus ngelus dada*

    ReplyDelete
  33. ga pake baju kuning mbak? heeheheheeee duh mellow tiap kesini deh denger lagunya

    ReplyDelete
  34. wihh keren mbak elsa mendaki milyaran anak tangga! :)
    selalu suka ngeliatin foto2 mbak elsa. jempol :)

    ReplyDelete
  35. ohhh nooo....
    that's so beautifulll....

    ReplyDelete
  36. Subhanallah, bagus banget Bukit Kasih itu. Beneran kayak Great Wall China. Ditunggu cerita wisata selanjutnya,. Eh..wisata atau kerja sih :D

    ReplyDelete
  37. wow keren
    paling suka sungai air panas nya itu keren banget^^
    enak nih mba bisa jalan2 kemana2

    ReplyDelete
  38. waduh.. bener tuh tangganya banyak bener, bercabang2 pula..bisa tersesat deh aku kalo ke sono

    ReplyDelete
  39. ini masih rangkaian di Manado ya Mbak?? kereenn dan cantik2 yaa pemandangannya, Subhanallah...

    ayoo Mbak Elsa, kapan main ke Kendari (Sultra) tetangganya Manado (Sulut) lohh (masih 1 pulau maksdnya) :D

    ReplyDelete
  40. keren banget ya bukit kasih..
    pengennnn ke sana...hehe...
    kebayang aja tuh pas naek tangga bermilyar itu..pegelnya....heheh..tp pasti lelahnya segera terobati setelah melihat pemandangannya...:)

    ReplyDelete
  41. SUBHANALLAH
    Kerenz sekali seneng yah jadi kak Elsa bis akeliling dunia nieh hehehe

    ReplyDelete
  42. masyaAllah..keren banget ya mba els...

    itu cara fotonya juga keren..
    ternyata mba elsa punya bakat fotograph ya..dududud...ibu mutifungsi ini ma...harus dibudidayakan (*lho????hehehe....)

    ReplyDelete
  43. aku ngga pernah denger sama sekali mba :D tapi sayang yah ngga terawat di tangganya.

    ReplyDelete
  44. Wah kebayang dech capeknya menapaki anak tangga itu, kayaknya kelihatan sepi yach? apa orang2 ngga ada yang kuat naik kesana?

    asyik banget dech bisa menikmati hasil jepretan Mbak Elsa, jadi meskipun belum pernah kesana, dengan melihat foto ini jadi tau tentang Bukit Kasih.

    ReplyDelete
  45. ih kerennnnn banget mba elsa
    aku ngebayangin seru kali ya kalo maen kejar2an di situ naik turun tangga hihihi

    ReplyDelete
  46. sista i like thats...boleh share y,..

    ReplyDelete
  47. aq bru dnger... foto2nya kren... jdi pnasaran pengeng ksana (mupeng) :)

    ReplyDelete
  48. bener baru pertama info ini
    bagus banget tempatnya ya

    ReplyDelete
  49. Kalau Sulawesi punya Bukit Kasih, Bali juga punya tempat ibadah lima agama yang dinamakan Puja Mandala.

    ReplyDelete
  50. GOOD NEWS!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    1. ENGLISH TUTORS

    Qualifications:

    1. Competent, experienced, or fresh graduate
    2. Proficient in English both spoken & written
    3. Friendly, Communicative, & Creative

    Placement :
    => Batam - Balikpapan – Samarinda - Makassar – Pekanbaru - Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    2. COURSE ADVISOR (MARKETING)

    Qualifications:

    1. Communicative, Persuasive, Creative
    2. Having Experience
    3. Able to work full time

    Placement :
    => Batam - Balikpapan – Samarinda - Makassar – Pekanbaru - Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    3. STAF ADMIN

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335

    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

    4. FRONT OFFICER

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Berpenampilan menarik
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Gedung Graha Pena Lt. 5 Sute 510
    Jl. Raya Batam Centre
    telp: (0778) 460785
    Batam

    dan

    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335
    Denpasar - Bali
    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

    ReplyDelete
  51. Perjuangan yang luar biasa Mba, kalo gw dah gempor kali naek tangga sebanyak itu hehehe

    Btw potonya keren2. Jadi pengen ke Manado ekye jadinya

    ReplyDelete
  52. di kampung syaa ada yang namanya bukit cinta, tapi tak sebagus ini :)

    ReplyDelete
  53. Assalamu'alaikum mba elsa..
    Tulisan mba elsa tentang bukit kasih bagus banget, ditambah foto2nya...
    Kebetulan Insya Allah, kami ada rencana ke Gunung Karangateng P. Siau sekaligus mampir di Bukit Asih. Jadi saya minta tolong..rute perjalanan dari Manado ke Bukit Asih sekaligus transportasinya.
    terima kasih banyak mba Elsa..
    Mohon dikirim ke email ariskoesnendar@gmail.com

    Wassalamu'alaikum...

    ReplyDelete
  54. wooww indahnya subbhanAllah terimakasih mbk ,sangat bagus .

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.