Monday, January 24, 2011

Putra Jombang Football Club

Kakak Aladdin, kakaknya Dija yang nomor satu, tinggal di Jombang bersama kami sejak Kak Noni (ibunya Kakak Aladdin dan Dija) wafat. Dia baru masuk kelas 1 SD ketika itu. dan sejak itu pula, Kakak Adin selalu seja merengek minta dimasukkan klub sepakbola. Kami pun berburu informasi, dimana ada klub sepakbola untuk anak anak. Akhirnya setelah beberapa lama berburu informasi, kami pun menemukan klub sepakbola anak-anak terdekat, yaitu PUTRA JOMBANG. Kalau ada yang bertanya berapa iurannya, pasti akan terkaget-kaget mendengar jawabannya. Kakak Aladdin hanya harus membayar 2000 rupiah setiap kali datang berlatih. Murah sekali kan??? hehehehee....

Seminggu latihan resminya cuma 3 kali, tapi jika ada pertandingan yang akan dihadapi, latihan bisa jadi 4 atau 5 kali seminggu. Setiap kali latihan, Kakak Adin sungguh sungguh bersemangat, dan tidak mau terlambat. Apalagi 2 minggu belakangan ini, dia selalu bercerita dengan sangat serius bahwa sebentar lagi akan bertanding di Kediri.

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pukul 5 pagi, seluruh anggota tim sudah bersiap berangkat ke Kediri, kurang lebih 1 jam perjalanan dari Jombang. Aku turut menemaninya... Pertama kalinya bagi Kakak Adin bertanding di luar kota, pertama kalinya bagiku juga menemaninya bertanding sepakbola di luar kota.
ah betapa lucunya anak-anak ini. Padahal pertandingan ini hanyalah pertandingan persahabatan, tapi mereka begitu menganggapnya serius. Hehehehe....

Ada beberap orang tua juga yang ikut menemani. Mereka sama sepertiku... menemani anaknya yang tergolong paling kecil di klub itu.



Kakak Aladdin nomor 2 dari kiri. Nomor Punggungnya 43

Begitu tiba, Pak Pelatih pun memberi arahan bagaimana menghadapi dan mengalahkan lawan. dan anak-anak kecil itu sekali lagi dengan serius mendengarkan arahan Pak Pelatih.


Lalu mereka juga melakukan pemanasan. Olah tubuh... lari-lari... persis banget dengan cara pemain sepakbola profesional saat melakukan pemanasan.



Pemanasan sudah, saatnya bertanding. Namun sebelum itu, aku foto dulu mereka... Lihatlah gayanya... persis TimNas Garuda kan?


Kakak Adin masuk tim usia paling kecil.

Pertandingan pun dimulai.

ternyata... aku juga baru tahu nih, tim kecil ini menggunakan hanya separo lapangan saja. ya iyalaaah.. kalo satu lapangan penuh, mereka bisa pingsan kali!!!   Satu tim juga cuma 9 orang saja... hehehehe nih sepakbola atau futsal sih? gak apalah, namanya juga anak-anak...

Pertandingan berjalan sangat seru dan sungguh lucu. 18 anak kecil berebut bola... dan suporternya para orang tua dan rekan klub yang lebih besar berteriak teriak memberi semangat di belakang gawang kecil itu. Ramai sekali, apalagi ketika terjadi beberapa pelanggaran. Tim lawan sedikit main curang. Begitu juga wasitnya yang berasal dari tim lawan kami rasakan kurang netral. Ketika mereka melakukan pelanggaran pelanggaran kecil, kami cuma tertawa saja melihat kelucuan mereka. Begitu pula saat satu gol dari tim kami diangulir karena wasit kurang jeli memperhatikan bola. Padahal bolanya benar benar masuk gawang. Susah sih, soalnya gawangnya cuma tiang, tidak ada jalanya. Tapi ketika Kakak Adin dijegal di kotak penalti sampai jatuh tergulung gulung...kami pun langsung ikut ikutan tidak terima dan melancarkan protes keras. Hahahaha.......



dan Wasit pun menghadiahkan satu tendangan penalti buat kami. Para pemain Putra Jombang awalnya akan menunjuk satu nama yang dirasa paling jago melesakkan bola ke gawang lawan, tapi akhirnya Pak Pelatih menunjuk Kakak Aladdin sebagai pengeksekusi tendangan penalti untuk menghiburnya setelah jatuh keras tadi. Kakak Adin langsung senang sekali dan lupa pada kakinya yang sakit.

Seluruh suporter ikut tergang menyaksikan tendangan ini... apalagi aku!!! Hahahahaa....

Begitu wasit meniupkan peluit, Kakak Adin dengan percaya diri yang tinggi dan kekuatan penuh mulau berlari dan menendang bola......

Kami semua menahan nafas.......



Tapi sayang, Kiper lawan yang memakai seragam timnas dengan nama punggung Gonzales itu dengan sigap menangkap bola!!!!!

Aaaahhh.... Kakak Adin kecewa sekali. Seluruh rekan satu timnya juga sangat kecewa.
Tapi Pak Pelatih dengan cepat meneriakkan kata kata pemicu semangat dengan lantangnya. Mereka pun kemudian kembali bermain...
Kami para orang tua meskipun kecewa (terlebih lebih aku... orang paling kecewa selapangan itu) masih bisa tertawa karena melihat kelucuan mereka bermain dengan sungguh sungguh.

Pertandingan itu akhirnya dimenangkan tim Putra Jombang dengan skor 2-1  (bagi kami 3-1 karena wasitnya gak netral).

Para orang tua menyambut anaknya masing-masing dengan minuman dan pelukan. Kakak Adin tampak kecewa sekali gagal dalam tendangan penaltinya. Aku pun menghiburnya...  "Itu karena Kakak tadi makannya cuma sedikit sih... makanya, kalo makan yang banyak, agar kuat nendang bolanya...."


perhatikan peluh di dahinya.... Dia sudah berjuang ektra keras untuk pertandingan tadi

Kakak Adin masih cemberut gara-gara penalti tadi, untung ada temannya yang menghibur....
"Emang kipernya pinter ya Din, tinggi trus gendut lagi!!"
Hahahaha.... aku menahan tawa melihat mereka berdua.


dan ini dia... Tim Putra Jombang yang dari kelompok umur ada di atas timnya Kakak Adin.





Tim Merah Putih ini sudah bermain profesioanl, memakai lapangan secara penuh, waktunya juga 2x45menit.

Senang kan melihat mereka??
Semoga kelak mereka bisa menggantikan Firman Utina, Bambang Pamungkas, atau Okto Maniani dan lain lain... amiiiiiiiiiiiiin

46 comments:

  1. kakak Aladin mau jadi pemain sepak bola profesional ya, seganteng Irfan Bachdim

    ReplyDelete
  2. huaaaa, terharu banget liat kesungguhan anak2 itu bermain bola. kak Adin cakeppppppp dehhhh. hihihihi

    *wink dari Aqeela*

    ReplyDelete
  3. waaahhh udah 'diasah' dari kecil. Semoga kelak jadi pemain sepakbola yang handal yah... :)


    Tumben nih bisa nangkring di nomor tiga. Hahahaha..

    ReplyDelete
  4. seandainya aku ikut kemarin jadi suporter pasti kak adin bisa ambil penalti,pasti..kan "mbah dukun-nya" datang kasih semangat he3x.. wes gapapa kak adin laen kali pasti bisa bikin gol n ambil penalti,ayoo bersemangat dan kamuuu bisaaaaa!!!
    **elsa:kapan kita foto2 bareng lagi,yuks ke SLG trus ke selomangkleng maneh..

    ReplyDelete
  5. hebat ya kak adin.kecil-kecil dah jadi bintang lapangan:)

    ReplyDelete
  6. kak Adin ganteng dan manis. (*gak ada hubungan gitu .. hehehe*)
    tetap semangat yah kak Adin! lain kali bisa nyetak 10 gol ... hehehe!

    ReplyDelete
  7. Wah kk Adin hebat nech mainnya, biar penaltinya ngga masuk seperti firman utina kemarin, tapi yg penting tetap menang yachh...skor nya juga sama 2-1 heheheh.....

    ReplyDelete
  8. semoga..kelak bisa mengharumkan nama bangsa ini

    ReplyDelete
  9. Adin hebat..... Selamat yah atas kemenangannya...

    Yang penting bukan kemenangannya lho, tapi sportifitasnya. Akan lebih lengkap kalo bisa menang secara sportif :D

    ReplyDelete
  10. semangat ka adiiinnn.. kegagalan hanyalah kemenangan yang tertunda kok..yang penting sportip dan ndak curang!! :)

    ReplyDelete
  11. ini dia calon-calon pengganti tim Garuda yang akan datang...
    mantap.... semangat sekali mereka ya :)

    ReplyDelete
  12. amiiinnn
    semoga aja aldin jd atlit nasional atau setidak2nya aldin bisa belajar apa itu sportifitas

    ReplyDelete
  13. Seruuu bangeeet..

    udah kayak timnas aja tuh berfotonya, asikk..

    eh murah yah, 2000 sekali latian. Kalo di futsal centre nggak dapet tuh segitu. Mana ada pelatihnya juga lagi.. hemm

    semangaat!! semoga jadi pemain sepak bola profesional juga..

    ReplyDelete
  14. wah...kak Adin gayanya keren waktu nendang pinalty. Bener deh kak, mb Tt sampe takjub nih... Biarpun gk gol, tapi tendangannya indah. Sungguh. :)

    Terus semangat brlatih ya k'Adin..

    Ponakan mb Tt juga ky k'Adin, kursus badminton sejak kelas 1.

    ReplyDelete
  15. semoga kak aladin bisa mengharumkan Indonesia ya waktu uda gede.
    masih ada ya tempat latihan cm bayar 2000 hari gini..
    ayo ayo, semangat lagi ya latihannyaaa

    ReplyDelete
  16. Jiheheehee... Waaaw kereen, rasanya ga terlalu berlebihan, Do'a om TM buat kak Adin, mudah2an k-lo kak Adin udah gede nanti bs bermaen untuk club elite sekelas MU ataw Barca, Amieeen.....!!!

    ReplyDelete
  17. Sy dan suami juga pengen bgt kalo ntar punya anak cowok dimasukin klub bola, jadi dari kecil anak sdh belajar ttg sportifitas dan kompetisi. Semoga Kak Aladin bisa menjadi pemain sepakbola yg hebat, amin ;)

    ReplyDelete
  18. wow kereeen kecil2 udah main bola :D
    moga bakatnya terasah terus, dan terbiasa sportif sejak kecil..

    mba Elsaaa... jd penasaran ama ka Noni :) pasti beliau berbakat banget yaaaa ^^ sempet liat webnya LIB,,, kak Noni yg desain ya?

    ReplyDelete
  19. keren juga tuh anak2..
    smoga timnya sukses ya...

    ReplyDelete
  20. saluuuut bgt dah....
    :D
    gayanya udh kyk kelas dunia aja...
    smoga makin semangat dan berhasil meraih cita2

    ReplyDelete
  21. Percaya atau tidak ...
    Saya tersenyum sepanjang postingan ...
    saya larut pada cerita yang dialami Kakak Adin ...

    Very Nice ...
    Ini sederhana ...
    tetapi entah mengapa ... saya suka sekali membacanya ...

    So Warm ... Sangat Hangat !

    Maju Terus Putra Jombang !!!

    Salam saya

    ReplyDelete
  22. hai mba elsa... main-main kerumahku ya... aku punya sesuatu buat mba elsa... pasti mba elsa suka :)

    ReplyDelete
  23. jadi inget ponakan ku yg msh umur 2thn yg hobi nendangin bola juga..mudah2an bisa kaya ka adin masuk sekolah bola..
    salam buat ka adin yah mbak, semangat teruss!!

    ReplyDelete
  24. pasti mereka akan jadi pemain2 profesional nantinya, seneng banget baca postingan ini. Ga apa2 ya ka adin, lain kali pasti bisa menjebol gawang lawan :)

    ohya mba elsa jangan lupa mampir rumahku ya :)

    ReplyDelete
  25. semoga cita2anya bisa terwujud kelak ya k adin :)

    ReplyDelete
  26. Wah.. kakak adin keren euy.. :)
    gak papa gagal nendang penalty, yang penting tetep semangat.... :)

    moga nanti bisa terus berprestasi ya kak, biar bisa gantiin gonzales.. :)

    hidup putra jombang..!!!
    bravo kakak adin.. :)

    ReplyDelete
  27. waah lucu dan penuh semangat :D

    ReplyDelete
  28. hihihihi...
    it was fun football..

    Sekolah Sepak Bola kini kian ramai, sebagai ajang pembentukkan bibit-bibit muda yang efektif sehingga diharapkan nanti akan menjadi cikal bakal dari Tim Nasional Indonesia yang tangguh di masa mendatang.. Amin..

    ayo Aladdin kamu bisa..

    :)

    ReplyDelete
  29. Kak Adin hebat. Besok besar jadi pemain profesional y kak.. :)

    ReplyDelete
  30. dari kecil dididik begini ntr besar bs jadi pemain nasional

    ReplyDelete
  31. Wah.. hebat nih, Indonesia sudah punya calon2 pemain sepakbola yg hebat. Semangat terus berlatih ya kak Adin.

    ReplyDelete
  32. Bertanding ke Kediri? Wah... hebat banget tuh.

    ReplyDelete
  33. Shasa suka nonton bola juga kok... :)

    ReplyDelete
  34. calon calon anggota TimNas di masa mendatang. terus berjuang ya Kakak Adin!! :))

    ReplyDelete
  35. Pengen juga masukin azka ke club bola tp dr rmh agak jauh, Jd males nganternya...klo di bekasi 45 rb sebulan tp seminggu sekali. Kak adin semangat banget ya, hebaaattt

    ReplyDelete
  36. sayang tante saya g gitu suka bola hehe semangat y buat timnasnya :D

    ReplyDelete
  37. alhamdulillah
    semoga menjadi pesebak bola nasional
    seperti irfan bachdim
    ronny pattinasari
    dll

    tapi jangan kek nurdin ya

    ReplyDelete
  38. Hayoooo Ka Adin, tambah semangath yah latihannya. Semoga di pertandingan berikutnya Ka Adin bisa jadi top score. Oya, tar kalo dah gede mo jadi pemain sepak bola yah? Bunda Zahia doain yah semoga bisa jadi pemaen hebat. Amien

    ReplyDelete
  39. di pertandingan ini ternyata Gonzalez jadi kiper :D

    ReplyDelete
  40. Salam kenal. Ternyata tempat tinggal kita gak jauhan. Barusan aku mampir di blognya Dija untuk pertama kalinya juga.

    Semoga saja semakin banyak kursus yang terjangkau semakin ini. Terutama untuk anak2 pre-teen & teenager, soalnya aku rada khawatir dengan kondisi remaja2 sekarang di Indonesia..

    Love,
    Dina @ http://blog.sweetbatik.com

    ReplyDelete
  41. semoga mereka bisa mengharumkan nama Indonesia di dunia persepakbolaan

    ReplyDelete
  42. aku juga ikut PUTRA JOMBANG namaku dzikra aku kiper aku gak ikut foto karana aku telat semoga bisa menang

    ReplyDelete
  43. aamiin, smangat terus ya latihannyaaa....


    Tim Favoritnya kak addin apa ya???

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.