Tuesday, January 18, 2011

WANITA

Mendiang Kakakku, Noni, suka sekali mengkliping artikel dari koran atau majalah yang dianggapnya penting atau bagus. Dia tidak ragu ragu menggunting artikel itu langsung setelah dibacanya, meskipun koran atau majalah itu masih benar benar baru. "Yang penting digunting dulu. diselamatkan..dan disimpan!"  begitu katanya suatu hari. Entah setelah itu ia sempat mengklipingnya atau tidak...

Kemaren, aku mencari sesuatu di lemarinya. Aku tidak menemukan apa yang kucari, tapi malah menemukan banyak sekali guntingan-guntingan koran. Aku melihatnya satu persatu...membacanya satu persatu, dan menemukan diriku dengan air mata yang deras tertumpah dari mataku....

ada satu guntingan koran yang menarik perhatianku... tanpa keterangan nama koran dan tanggal terbit. tak apalah...  aku ingin membaginya disini. semoga semua juga suka membacanya...

betapa beruntungnya kita jadi wanita...





1. Doa wanita lebih makbul dari laki-laki karena sifat penyayang yang lebih kuat dari laki-laki. Ketika ditanya kepada Rasulullah akan hal tersebut, jawab baginda: "Ibu lebih penyayang dari Bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia".

2. Wanita yang sholihah itu lebih baik dari 1.000 orang lelaki yang tidak soleh.

3. Seorang wanita sholihah lebih baik daripada 70 orang wali.

4. Seorang wanita sholihah lebih baik daripada 70 laki-laki soleh.

5. Barangsiapa yang menggembirakan anak perempuannya, derajatnya diibaratkan seperti orang yang senantiasa menangis karena takut kepada Allah dan orang yang takut Allah akan diharamkan api neraka atas tubuhnya.

6. Barangsiapa yang membawa hadiah (barang makanan dari pasar ke rumah) lalu diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti bersedekah. Hendaklah mendahulukan anak perempuan terhadap anak laki-laki. Barangsiapa yang menyukakan anak perempuan seolah olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail As.

7. Tidak seorang wanita yang haidh itu kecuali haidhnya merupakan kifarah (tebusan) untuk dosa dosanya yang telah lalu, dan apabila pada hari pertama haidh nya membaca "Alhamdulillahi'alaa Kulli Halin Wa Astaghfirullah"  Segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan aku mohon kepada Allah dari segala dosa, maka Allah menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudah melalui shiratul mustaqim yang aman dari siksa, bahkan Allah mengangkat derajatnya, seperti derajatnya 40 orang yang mati syahid, apabila ia selalu berdzikir kepada Allah selama masa haidh nya.

8. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal bersama aku (Rasulullah SAW) di dalam surga.





catatan:
mohon maaf, tidak ada keterangan nama koran dan tanggal terbit. apalagi riwayat hadist dan dalil-dalilnya. Jadi ga tau, hadistnya kuat atau lemah.

66 comments:

  1. kak noni semua engkau tenang dan damai di"sana" betapa beruntung-nya engkau mempunyai adik seperti elsa ini,betapa membanggakan-mu sebagai saudara dan kakak tertua-nya,menyayangi dija seperti anak-nya sendiri,..elsa kamu benar2 adik dan saudara yang baek maka engkau adalah sebenar-benarnya saudara kak noni,..kalian adalah para wanita yang hebat!!

    ReplyDelete
  2. subhanallah.. betapa beruntungnya kita sebagai wanita..
    insya Allah kita menjadi wanita shalehah. aminn

    ReplyDelete
  3. Assalamuallaikum mbak Elsa,
    Catatannya Subhanallah menjawab kebimbangan saya :)

    Tapi saya masih bingung di poin ke 7 mbak, sejak lama haid saya selalu tidak teratur, terkadang 4 bulan berturut2 tidak dapat haid, atau haid cuma dapat 1-2 hari dalam 1 bulan...
    apa dengan demikian berarti dosa-dosa saya belum tertebus mbak...

    ReplyDelete
  4. Poin yg ke 7 itu aku jg pernah baca di kitab Durratun Nasihin dan Alhamdulillah jadi amalan tiap hari pertama di masa haid.

    ReplyDelete
  5. subhanallah... betapa Allah mencintai kaum wanita, maka sudah sepantasnya lah para wanita menshalihahkan dirinya, agar kecintaan Allah semakin bertambah, aminnn...

    ReplyDelete
  6. bergetar membacanya...titip doa ya agar aku sgr mendapatkan wanita spt itu :) N kukirim al fatihah tuk almarhum Bu Noni..amiin

    ReplyDelete
  7. merinding bacanya..Subhanallah..
    nambah lagi pengetahuan ku dr blog ini, makasih mbak elsa :)

    ReplyDelete
  8. Mudah2an membaca ini bisa lebih dan lebih lagi dalam menghargai seorang wanita....

    ReplyDelete
  9. mbak Noni, peninggalannya bermanfaat banget

    trims ya Elsa sudah membaginya di sini,

    ReplyDelete
  10. Subhanallah...
    Alhamdulillah terlahir sebagai wanita :)

    semoga mbak Noni mendapatkan tempat terbaik disisi Allah. Aamien

    ReplyDelete
  11. Subhannallah.... *_*
    untuk mba noni,semoga damai disana...

    maaf mba elsa baru berkunjung,ternyata malas itu sulit sekali obatnya :(

    dan sekalinya mampir ke sini menemukan postingan indah dan bermakna,terima ksh membaginya disini. sepertinya perlu untuk dibookmark untuk pengingat betapa beruntungnya kita terlahir sbg seorang wanita....

    ReplyDelete
  12. Semoga Elsa termasuk dalam kriteria wanita sholihah seperti yang dimaksud di dalam tulisan itu, sehingga bisa mendapatkan keutamaan2 tersebut. Amin ya Rabb.

    ReplyDelete
  13. Hiks...
    Moga Istri2 Kita, Anak2 Kita, Tetangga2 Kita, Semuanya saja menjadi wanita yang sholikhah...
    Barokallahu Fiikum...

    ReplyDelete
  14. walaupun kak noni sudah tidak ada tapi masih saja bisa memberikan sesuatu untuk kita ya

    ReplyDelete
  15. semoga semuanya diingatkan... nilai perempuan akan semakin tinggi.

    ReplyDelete
  16. aku lebih suka pakai kata "perempuan" ... yang empunya bumi ... =)

    ReplyDelete
  17. bersyukurlah kalian kaum wanita

    ReplyDelete
  18. sebetulnya Allah telah memuliakan wanita.. hanya terkadang banyak wanita yang malah justru merendahkan martabat mereka sendiri...

    ah, seandainya mereka-mereka tahu ini.. pasti akan lebih bersyukur

    ReplyDelete
  19. subhanallah, tiap kali baca kata2 seperti yang di atas semakin bersyukur sama Allah..

    mbak Noni, semoga selalu diterima amal ibadahnya.. Amin..

    ReplyDelete
  20. subhanallah.. its always nice to be here..this is why we all come to this blog.

    ReplyDelete
  21. hai :)
    how are you guys out there?
    maaf baru sempat BW..

    ReplyDelete
  22. assalamualaikum...
    Trims mbak elsa atas tulisannya,..
    sangat menyentuh saya, semoga kita bisa menjadi wanita sholehah..
    Kak Noni,semoga ditetapkan di surga Allah SWT.
    amiin.
    sekali lagi,..trims mabk elsa
    salam

    ReplyDelete
  23. subhanallah...
    smoga bunda noni mjd salah satu wanita yg beruntung itu ya mb. amin

    ReplyDelete
  24. Luar biasanya seorang wanita yah Mba. Dan Insya Allah Ka Noni mendapat tempat di surga-Nya. Amien

    Btw maap yah Mba baru mampir lagi. Inet di rumah diblokir sejak akhr taun, baru aktif lagi tanggal 14 :-(

    Btw ada lomba di blog gw, Mba. Kalo mo berpartisi-sapi monggo ditunggu. Thanks :-)

    ReplyDelete
  25. beruntung mengenal wanita kyk mbak elsa n alm mbak noni :)alm

    ReplyDelete
  26. subhanallah ... sungguh Allah sangat meninggikan seorang wanita , alfatihah buat mbak noni ..

    ReplyDelete
  27. Mba elsa, kan ada 3 kategori. Dengan pasangan 9suami / istri), pacar, sama sahabat. Kalo dirimyu masih anggota IJO LUMUT (Ikatan Jomblo Lucu Imut), ikutan yang bagian ini ajah, bikin tulisan mengenai sohob kental Mba. sohib bisa jadi temen, sodara kandung, sepupu, dll.

    Ditunggu yah Mba partisi-sapinya :-)

    Thanks a lot

    ReplyDelete
  28. ah entah kenapa terharu membacanya mbak elsaa :)
    maaf aku nimbrung yaaa :)

    ReplyDelete
  29. Beruntungnya kita sebagai wanita ya mbak...
    Makasih ya utk sharingnya.

    ReplyDelete
  30. Subhanallah, betapa mulianya seorang wanita ya mbak. Semoga mbak Noni damai di sisiNya ya. TFS.

    ReplyDelete
  31. waw.. tulisannya toucfull... mantap Elsa

    ReplyDelete
  32. postingan tersebut diatas adalah sebahagian dari 40 keistimewaan wanita..... Subhanallah, betapa sayangnya Allah pada kaum wanita.

    ReplyDelete
  33. terima kasih sharingnya mba...ijin copy buat pribadi.
    mba Noni semoga tenang disana, amin3x.

    ReplyDelete
  34. jadi makin mensyukuri nikmat-Mu ya Allah...
    artikelnya sangat bermanfaat
    TFS :)

    ReplyDelete
  35. Subhanallah....

    Saya sering mengklik nama Mbak ELsa di blogteman2, tapi begitu banyak blog membuat say abingung karena saat pertama saya klik kok lama banget nggak ada update..nah untuk yang ini saya nggak salah masuk...

    Terimakasih telah berbagi :)

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum Mba ElsaQ yg cantikkkk
    udah lama banget ya aq ga kesini,untung diingetin jd aq bisa kesini,dunia nyata terlalu menyita waktu aq mba hikes hikes..
    duh aq jadi smakin pgn ketemu sosok kya Mba noni...T__T
    tapi kayanya aq nemu dari Mba Elsa,,~_~
    aq boleh ikut doain ya mba kl yasinan tiap maljum ^_^

    ReplyDelete
  37. Subhanallah mba...

    Seperti mba Noni memberi petuah untuk mba Elsa secara ngga langsung ya.

    ReplyDelete
  38. Itulah kedudukan wanita. Rasulullah saja sampai menyebut "ibumu..ibumu..ibumu.. lalu ayahmu". Menyebut ibu sampai 3 kali. Menunjukkan betapa mulianya seorang ibu/wanita. :)

    ReplyDelete
  39. terima kasih mba els, aku baru tau ini.
    dan aku baru tau bunda noni, kakaknya mba els.
    smoga beliau bahagia di sisi Nya.amin

    eh dija pasti lagi maen yah mba els :D

    ReplyDelete
  40. beruntungnya kita tercipta sebagai wanita...

    ReplyDelete
  41. Semoga Kak Noni tenang dan mendapat tempat terbaik di sisiNYA karena kita telah mengikhlaskan kepergiannya.

    ReplyDelete
  42. info yang sangat berguna mba elsa,

    ReplyDelete
  43. ga bisa ngomong apa-apa lagi. sumpah merinding gue.

    ReplyDelete
  44. subhanallah... begitu mulia seorang wanita.
    izin kopas sebagian utk share di fb plus sumbernya

    ReplyDelete
  45. salam kenal mbak :)
    lg blog walking, sampai ke blogya mbak yg serba kuning.. Dan, kebetulan suka kuning juga, hehe.. Postingannya indah sekali.. Semakin bersyukur terlahir sebagai wanita.. Wanita solehah wanna be, amien..

    ReplyDelete
  46. selain itu pula...syurga dibawah telapak kaki ibu....dan juga Allah SWT ridho..dimana salahsatu asmaul husna berada di tubuh wanita yaitu..rahim..sungguh..betapa mulianya seorang wanita....

    ReplyDelete
  47. Dan berbahagialah mereka para wanita yang selohah,,,

    sungguh wanita selihah adalah permata dunia..


    Nice,,

    ReplyDelete
  48. Mbak Elsa, doakan Cipu bisa dapat istri Solehah yah. Btw, Mbak Elsa add YM ku dong di cipu_civil@yahoo.com.au

    Thanks

    ReplyDelete
  49. subhanallah..alhamdulillah terlahir sebagai wanita,alhamdulillah bisa merasakan kehamilan dan melahirkan...terima kaish untuk postingan yang menjadi pengingat buat saya :)...

    ReplyDelete
  50. subhanAllah mulianya wanita.... mbak noni juga insyaAllah dimuliakan Allah disisinya

    ReplyDelete
  51. bersyukur jadi wanita..al fatihah buat ibunya Dija..speechless..

    ReplyDelete
  52. Assalamu'alaikum..
    Allahu akbar...semoga mbak Noni damai di sisiNya,amin.

    ReplyDelete
  53. sungguh mulia kedudukan wanita dalam islam

    ReplyDelete
  54. itulah sabda nabi pas banget..surga dibawah telapak kaki ibu...

    Oya sobat blogger hebat, mari ikut berpartisipasi dalam Gerakan SEO Positif Season 2..." Judul postingan yang negatif tapi isi postingan mengandung hal positif"....ditunggu pastisipasinya...partisipasi sobat semua sangat berguna buat generasi bangsa....Jangan sampe ndak ikutan ya!!!

    ReplyDelete
  55. Nice article mbak..

    Betapa agama kita mengharagai wanita..
    Tapi sayangnya banyak banget wanita yang mengharagai dirinya sendiri :sendu

    ReplyDelete
  56. wah seneng dech baca point no. 8, smoga aku bisa tinggal terus sama anak2ku dan kelak jadi penghuni surga. amiin

    ReplyDelete
  57. Subhanallah, begitu mulianya wanita...
    Semoga Almarhumah diberikan tempat terindah ya mbak elsa

    ReplyDelete
  58. AlhamduliLLAH siang ini baca postingan yang menyejukan hati
    Terima kasih mbak

    ReplyDelete
  59. Subhanallah, Alhamdulillah betapa beruntungnya kita yang diciptakan sebagai wanita ini, makasih sudah share Mbak... semoga kita smua bisa masuk surga, Amin :)

    ReplyDelete
  60. sama kayak aku dong. dulu aku juga suka klipping. tapi sekarang udah malas. btw, kakaknya cantik ya.

    ReplyDelete
  61. Alhamdulilah dilahirkan sebagai wanita,dan semoga bisa menjadi wanita yang sholihah *amien selalu berusaha kearah itu*

    Mbak elsa, membaca postingan postingan mbak elsa tentang mbak elsa dan kak noni, yang dari SMAN 2 Kediri aku jadi keingat teman2ku..aku juga dari Jawa Timur mbak,nah pas kuliah di unair aku punya dua sahabat dari SMAN 2 Kediri, yang kayaknya mungkin satu angkatan dengan almarhumah kak noni yang kayaknya dari tanggal lahirnya lulus sekitaran 97 waktu SMA, tapi aku belum bisa kontak dengan 2 sahabatku yang eks SMAN KEdiri itu, mungkin bisa jadi dia juga kawan seangkatan almarhumah kakak mbak elsa...

    NB : Membaca postingan mbak elsa tentang Klapertart yang bisa pesan antar disurabaya jadi pingin neh,nanti kalo pulkam..ngiler.com neh...aku dah catet nomer telpnya hehehe, thanks sharingnya mbak elsa..

    ReplyDelete
  62. Hai Elsa, sudah lama ga main kesini
    setiap kali kesini, selalu terharu dengan lagu2mu, pun soal almh kakakmu
    semoga beliau bahagia disisi ALLAH SWT bersama amal ibadah baiknya
    aminnnn

    btw, thanks for sharing these yaa

    ReplyDelete
  63. alhamdulillah, aku terlahir sebagai wanita...

    ReplyDelete
  64. Bismillah.. Subhanallah ya Mba... Insya Allah hadist nya sahih.. Aku lagi cari2 nih Mba apa ada posting yg menceritakan ttg Mba Elsa sekeluarga, dede' Dija dan kakak Aladdin, dan alm. Bunda Noni.. :-) Di bikin page nya dong Mba..Biar org yg baru kenalan bisa tau hehhe *request*

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.