Sunday, August 21, 2011

Tumpeng NgeTril 61 - Sego Jagung ala Kampung




Sudah ribuan kali Pakdhe Cholik mengadakan kontes, sayembara, kuis berhadiah.... tapi ribuan kali pula aku tidak berkesempatan mengikuti ajang tersebut. Entah karena minder dengan lawan lawan nya, atau karena kemampuan otak yang terbatas, hehehee....

Tapi kali ini, dengan segenap jiwa raga dan niat yang sangat tulus ingin ikut memeriahkan milad Pakdhe Cholik yang ke 61, aku memberanikan diri ikut berpartisipasi dalam KONTES TUMPENG NGETRIL 61.

Tampaknya Pakdhe Cholik ingin mengajak para sahabat blogger untuk merayakan ulang tahunnya dengan membuat tumpeng mini. Tentu saja hal ini disambut hangat oleh para masterchef blogger seperti mamakinan, ibu dini, hilsa, dan lain lain. Melihat hasil karya semua peserta, aku sempat mengurungkan niat. Tapi demi Pakdhe Cholik, harus tetep semangat maju terus pantang mundur... iya kan Pakdhe??

Sebelum memamerkan tumpeng hasil karyaku, aku ingin bertanya pada Pakdhe terlebih dulu. Pakdhe suka sambel kan??  ada banyak sekali macam sambel di kampung tercinta kita Pakdhe... misalnya sambel pencit (sambal terasi dan mangga muda), sambel klotok (sambal terasi dan sejenis ikan asin) juga sambel kacang (sambal terasi dan potongan kacang panjang). Ayoooo...mau pilih yang mana?



Sambel Pencit memberikan sensasi kecut-pedes. Kalo sambel klotok, aroma klotoknya itu lho Pakdhe... ketika digoreng, aromanya bisa mengundang tetangga-tetangga datang ke rumah kita!!  Sementara sambel kacang, bikin 'klethus-klethus' di lidah kita. Iya tho?

Yo wes, tak pilihkan ya Pakdhe.....
ini dia, 2 sambal yang akan menemani tumpeng ngetrilnya....



Sudah kelihatan sedap kan Pakdhe? hehehehe, aaaamiiiiin aaamiiiiin...semoga Pakdhe suka dengan pilihanku. Selanjutnya, mari kita tengok tumpeng ngetril 61 nya....

This is it !!!!
(farah quin mode on)



Hehehehee, cukup ngetril  bukan? hihihihihi......
Karena aku tidak lulus audisi masterchef, harap dimaklumi ya Pakdhe, hal itu karena aku tidak piawai masak memasak, apalagi bikin nasi kuning. Tapi kalo soal berkreasi, sedikit sedikit masih bisa diusahakan laaah... seperti tumpeng ini. Aku mempersembahkan Tumpeng Nasi Jagung special buat Pakdhe.



Cara membuatnya sangat gampang Pakdhe. Ambil nasi di majicjar, lalu beri pipilan jagung manis, dan sedikit taburan bawang goreng. Campur semua.... Wuih, uuuenak Pakdhe! Nasinya hangat, lalu klethus kletus jagung manisnya bikin merem melek. dan bawang goreng nya itu lho... sedaaaaaaap.....

Lalu lauk pauknya?
Jangan khawatir Pakdhe, meskipun tidak bisa masak...aku sudah menyediakan serangkaian lauk pelengkap yang bisa membuat Pakdhe kangen sama kampung halaman tercinta....
mari kita lihat sama sama....


2 butir jagung sebagai puncak tumpeng

Ada paha ayam goreng kesukaan upin-ipin, telur dan tahu bali (bumbu merah), mie goreng, tumis daun pepaya dan tumis pare. Jangan lupa, 2 sambal... klotok dan pencit yang menggugah selera.

Bagaimana Pakdhe? Oseng-oseng godhong katesnya bikin inget kampung kan?? 



{ Pakdhe Cholik : "Lha katanya ndak bisa masak Nduk? kok bisa ada lauk macem macem?" }

Tenang Pakdhe, jangan heran dulu. Meskipun aku tidak bisa memasak, tapi aku bisa membuat orang lain memasak untukku. Hehehehee..... Sekarang, sudah gak heran lagi kan? Hehehee....

Tapi untuk soal sambal menyambal, aku bisa Pakdhe!!!!
tiga sambal yang dipajang di atas itu, asli bikinanku. asli hasil uleg-an tanganku Pakdhe.... dijamin pedasnya maknyus.....

Tumpeng Ngetril Sego Jagung ala Kampung

Beginilah hasil akhir tumpeng kreasiku Pakdhe...
semoga tidak di-diskualifikasi karena 85% bukan hasil masakan sendiri, tapi 100% disajikan dengan niat tulus dan rasa hormat yang besar untuk Pakdhe Cholik. Semoga Pakdhe menerima Tumpeng Ngetril 61 Sego Jagung ala Kampung ini untuk menyemarakkan milad yang ke 61 ini. Panjang umur buat Pakdhe, Sehat selalu agar bisa terus ngeblog menyalurkan ilmu buat blogger-blogger kroco macam Yellowlife ini, banyak rejeki agar bisa bagi bagi buku terus...... aaaamiiiiiiin aaaaammiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.....



Postingan ini special buat Pakdhe Cholik   {kontes tumpeng ngetril 61}

56 comments:

  1. tumpengnya kreatip, soale pake nasi jagung.., belum pernah ngerasain nasi campur jagung manies..

    ReplyDelete
  2. jadi laper nih, bagus banget mbak,malu aku posting nya barusan tumpengku

    ReplyDelete
  3. hmmmmm... liat tumpeng jagung nya bunda else jadi berharap magrib segera tiba.. hehehe... (astagfirullah.. maafkan aku ya Allah) hehehe...

    ReplyDelete
  4. ak yg gg makan nasi pun jadi ngiler deh tante :d
    fotonya bagus2 lagi :D

    ReplyDelete
  5. weittts, sumpahhh..asli pengen banget ..menunya itu lho, aneka sambal + oseng2nya .. slrrppp ...

    ReplyDelete
  6. keliatannya enak, mbak.. yum.. yum.. hehehe :))

    ReplyDelete
  7. huaaaaaaaaaaaaaaaaaa..........
    diriku jadi laperrrrr

    ReplyDelete
  8. Saya telah memperhatikan tumpeng anda dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat


    ** Soal sambel, yo gak ngalahno sambel klothox jeng ***

    ReplyDelete
  9. Tumpengnya tetap masih bernuansa "Yellow" hehehe,,,

    Sukses Kak dengan Kontesnya,,,,

    ReplyDelete
  10. Sambelmya msh asing di telinga saya, mbak elsa
    Xixixi

    ReplyDelete
  11. itu sih bukan sego jagung
    tapi nasi campur jagung...
    hehe

    ReplyDelete
  12. mantap nih Mbak Elsa... keren euy...
    sego jagung aku doyan banget... pesen satu porsi yah Mbak... hihihi.... ^_^

    food photographynya kereeeen... as usual deh Mbak Elsa... :-D

    ReplyDelete
  13. mantap nih Mbak Elsa... keren euy...
    sego jagung aku doyan banget... pesen satu porsi yah Mbak... hihihi.... ^_^

    food photographynya kereeeen... as usual deh Mbak Elsa... :-D

    ReplyDelete
  14. asli kreatif El,opo mane suambele pasti maknyus, mbok ya keremno nang plembang yo hehehe

    ReplyDelete
  15. alhamdulilah akhirnya muncul juga posting tumpengnya :) wah mbak sukses membuatku ngiler sama oseng daun pepaya, sambel klotok..mengko yeng bali tulungagung aku pingin cari nasi jagung dan tak minta bikinin sambel klotok :) sukses dengan tumpeng jagungnya yah mbak..nge trill banget nieh..kandidat jawara :)
    salam buat princess dija

    ReplyDelete
  16. untung baca postingannya pas malam, coba kl siang2 wuiiihhhhh

    ReplyDelete
  17. kreatif dan keren tumpengnya! :D

    belakangan ini kalo blogwalking jadi pada ngeliatin macem2 tumpeng karena kontes nya pakde. hehehe.

    ReplyDelete
  18. nasi jagungnya kereen...

    sukses dengan kontesnya ya. ^_^

    ReplyDelete
  19. fotonya cantik2 yg motret pinter bgt .... soalnya bkin yg mbaca ngiler :) good luck ya !

    btw, lihat headernya jadi kangen musim gugur, di mana 2 terpampang pemandangan emas kayak di headernya :)

    ReplyDelete
  20. sip mba, tumpengnya mengundang selero..apalagi sambalnya..waaaah..itu sebenarnya yang membuat lidah bergoyang...

    ReplyDelete
  21. hm... nyummmi...
    dari gambarnya aja udah bikin penasaran... semoga aja gak bikin batal puasa deh... hehe :)

    ReplyDelete
  22. Salam kenal dulu, Jeng :)

    Tumpengnya bagus banget. Kalo saya jurinya pasti tak menangin. Serius, nasi jagungnya meruntuhkan iman apalagi pake sambelnya itu.

    BTW, klotok itu apa to?

    ReplyDelete
  23. Wahhh...keren mba El...dan penasaran sm sego jagung, blm pernah makan..

    ReplyDelete
  24. assalamu'alaikum
    wah baru sekarang saya tahu tumpeng dari nasi jagung dan ada sambel iwak klothok.
    Walo bukan buatan tangan sendiri, hasilnya bener-bener kreatif dan menggoda selera

    PaDhe, niki patut menang lo

    ReplyDelete
  25. wah tampaknya tumpeng buatan mbak elsa bakal nyaingin tumpeng buatan masterchef lucky nih, hehehe sukses ya mbak di kontesnya.........

    ReplyDelete
  26. Elsa,
    Sumpah...aku ga berani ngeliat posting pic itu semua (koleksi tumpeng ngetril), brrr....ma' blukutuk perutku, belum lagi ma' glek....leher jadi kegoda banget, pastinya uuueeeenaaaaak....itu makanan.

    iki sing 'dosa' aku apa 'elsa' ya, hi hi hi

    ReplyDelete
  27. wahhh aku doyan banget jagung manis...dicampur nasi jadi tumpeng...kereeen dechhh.....apalagi foto2nya kereennn....jd tambah ngiler soale fotonya jelasss bangett...serasa itu tumpeng ada di depan mata hehehe.....

    sukses utk kontesnya...kayaknya kandidat juara soale udah bikin sambel kesukaan pakdhe ehhehe

    ReplyDelete
  28. astaghfirullah mbak, sambelnya benar2 menggoda iman.. apalagi yang sambel klotok nya.. bayangin makan tu sambel pake nasi anget ngepul, hmmm.. sempurna.. hahahahaha

    sukses kontesnya mbak :)

    ReplyDelete
  29. masterchef blogger, aku suka sebutan itu :D

    ReplyDelete
  30. Mbaaakk, tumpengnya uniiik, mau juga dunk utk buka puasa ntar malam :D

    ReplyDelete
  31. Waaa..keren banget mbaaak tumpengnya. Unik banget. Yang ini pasti menang deh...aku vote hehehe :-)

    ReplyDelete
  32. baru kali ini liat tumpeng kayak gitu.
    lagi puasa...
    ngilerr.... :(

    ReplyDelete
  33. Baca ini bikin ngiler sambil ketawa :D :D

    Semoga sukses mbak. Saingannya banyak yah? :D

    ReplyDelete
  34. mupeng ama tumpengnya... jadi ingat master chef kemaren, tantangan terakhirnya bikin tumpeng...
    semoga menang ya mba elsa ^^

    ReplyDelete
  35. mantap neh tumpengnya , cantik fotonya dan kayanya enakkk tumpengggnya

    ReplyDelete
  36. wow...
    wow...
    wow...

    Ini nih juaranya... Aku ngences dengan sukses.

    Oh ya, aku pengen bikin ketiga sambel diatas... Sepertinya sedap tenan. Asli aku ngiler. Kalo puasaku batal, tanggung jawab loh, Jeng. :D

    ReplyDelete
  37. pgn sambel klotok & sambel pencit mu elsaaa....keliatannya sedap dimakan ma nasi& lauknya.smoga menang yaaaa cayooo

    ReplyDelete
  38. Sore ini cegluk2 akibat intip2 lomba tumpeng hahaha...

    ReplyDelete
  39. kreatif bangeeet plus kereeen.. Sambalnya pengen dooong....

    Good luck mb elsa.. :)

    ReplyDelete
  40. Tumpeng Ngetril-61 nya kayak tugu Monas ya - keren abis. Rasanya kali ini gk perlu minder, ada harapan menanglah.

    ReplyDelete
  41. hmmm...... kalau cuma lihat di monitor kayanya kurang deeh..... enaknya langsung di garap (makan dengan muluk) hmmm...... itu baru mantab

    ReplyDelete
  42. wow, kreatif banget ini... nasinya itu lohhhh, jempolan banget idenya.. :D

    ReplyDelete
  43. wuaaaaa mba elsa skali aku liat ft tumpengnya lsg mupeng pgn cobain he..he.. warnanya sangat menarik dan sambel mangganya aku paling suka trus lauk yg lain juga mau, ns jagungnya juga *lho pgn smua.. smoga menang ya.

    ReplyDelete
  44. Dari semua tumpeng yang aku lihat...yang punya Elsa ini kelihatan terang, dan bagus...soalnya nasinya ada butiran kuning jagung gitu.
    Tapi akhirnya kita semua jadi pemenang ya...

    ReplyDelete
  45. Selamat ya mbak.. karena nasi tumpengnya jadi pemenang.
    Mbak Elsa langganan juara di kontes nih... Hebat!

    ReplyDelete
  46. wuah saya salah baca.... mana belom makan lagi nih. >0<

    ReplyDelete
  47. @Mbak Reni Catatan Kecilku : Hehehhe, semua peserta jadi pemenang kok Mbak. Jumlahnya ada 18 orang peserta, aku cuma dapat hadiah hiburan kok...urutan ke 9. hihihihihihi

    ReplyDelete
  48. aq mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuu......
    kirim ke kediri ya saaaaaaaaaa....
    ato kalo nggak pas 4 serangkai gila lagi ngumpul, kamu bikinnn....heheheh
    dijamin gak bakal ada sisa dehhhhhhhhhhhhhhhhhhh......

    ReplyDelete
  49. haduuu mbak elsaaa...ngebayangin kreces2 jagungnya itu lohhh >.<

    *ngelirik jam tangan...masih lama euy :D

    ReplyDelete
  50. mbaaakk, oseng2 godong kates-e ga nguatiiii >.<
    unik banget ni tumpengnya *good jooowwbb! :)

    ReplyDelete
  51. mengenai komentar aneh
    hadoooh kok muncul lagi masalah kek gini ya
    dulu sekitar tahun 2009 aku sering terima komentar aneh tanpa nama
    ya sabaaar aja deh mba


    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
    mohon maaf lahir bathin

    ReplyDelete
  52. haduuuuuuuuuuuuuh,,, jadi lapeeeeeeeeeeer

    ReplyDelete
  53. Dear,

    Minal Aidin wal faidizin..... maaf lahir dan bathin..... sebenarnya gw mau komen di atas... tetapi udah disabled...... ya suadahlah... komen disinia aja...

    ehhmmm.... komen ada yang enak ada yang gak..... saya abstein sebtulnya...... karena kita semua yang menggunakan internet ini bayar masing2..... trusss... kalo ada yang merasa tersinggung dan pengen mengigatkan.... yach... harus gentlemenet dong... jangan anonimus..... betull gak...??? jangan marah mbak.... anggap itu adalah masukan buat perbaikan......

    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    ReplyDelete
  54. ngileeeerrrr ama sambalnya.....

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.