Monday, November 28, 2011

Batu Caves



tips: Jika berkunjung ke Batu Caves, usahakan pagi atau siang hari, agar tidak bertemu hujan di sore hari. 
Sediakan kacang (atau yang lainnya) untuk memberi monyet-monyet di sekitar Batu Caves.
Hati hati dengan barang bawaan, bisa dirampas oleh monyet jika kita lengah. Karena dikira makanan.
Siapkan kaki cadangan, karena kita harus melewati tangga yang begitu ekstrim (hehehhehee)





Turun dari Genting, kami menuju ke Batu Caves. Tiba disana ketika sore sudah hampir berakhir. Langit begitu mendung, tampaknya tak lama lagi turun hujan. Aku, Ibu dan Aladdin (kakaknya Dija) segera berfoto di depan gerbang Batu Caves. Ada begitu banyak merpati jinak... Turis-turis lain sibuk memberi makan merpati agar bisa berdekatan dengan mereka... kami sih, numpang aja, hehehehe....

Batu Caves adalah kuil hindu yang dipandang sangat suci bagi umatnya. Letaknya di dalam sebuah gua alam yang terdapat di tenga-tengah gunung barbatu. Tebing-tebing di sekelilingnya begitu indah.




Konon, umat hindu dari Bali sering sekali berkunjung kesini hanya untuk bersembahyang. Biasanya mereka mengambil penerbangan paling pagi, begitu tiba di KLIA, langsung menuju Batu Caves. Menghabiskan hari dengan bersembahyang, kemudian kembali pulang ke Indonesia dengan penerbangan malam.




Banyak sekali orang keturunan India (tamil) di sekitar lokasi Batu Caves. Hingga pemerintah Malaysia kemudian membangun sekolah khusus Tamil di sebelah Batu Caves.  Sekolah itu menggunakan bahasa Tamil, guru-guru yang didatangkan asli dari India-tamil, dan kurikulum yang berbeda dengan sekolah lainnya. Sayang sekali, ketika kami kesana... sekolah sudah kosong karena memang sudah menjelang petang.




Untuk menuju ke Kuil Batu Caves, pengunjung haru menaiki anak tangga yang begitu banyaknya... begitu tingginyaa.....

lagi-lagi kami kurang beruntung, karena tidak menemukan seekor monyetpun.
Biasanya, banyak sekali monyet yang berkeliaran di tangga itu ketika pagi dan siang hari. Saat sore, sepertinya para monyet sudah harus kembali pulang ke rumahnya masing-masing, hehehee....



Aku baru saja menaiki anak tangga yang kesekian... saat hujan mulai turun. Awalnya gerimis kecil-kecil... tapi itu sudah membuat anak tangga jadi begitu licin. Aku meneruskan perjalanan naik, tapi hujan jadi semakin deras. Uh, sepertinya tidak mungkin dilanjutkan.... Aku pun turun kembali.




Di sekitar lokasi parkir, banyak kedai-kedai makanan (semuanya vagetarian) dan souvenir khas malaysia. Sambil menunggu hujan yang masih begitu deras, Kami  membeli satu butir kelapa muda seharga 5 ringgit (mahal banget yak!). Aku melihat ada seorang wanita muda keturunan india yang menawarkan jasa tattoo henna. Hanya 10 ringgit, aku pun menyodorkan tanganku. Kapan lagi bergaya ala Kajol atau Kareena Kapoor, meski hanya tangannya saja? Hehehehhee


Bagaimana?
Bagus kan?? hehehehehee.....
Rasa kecewa karena tidak bisa naik dan melihat langsung Batu caves rasanya sudah agak terobati dengan melihat tatto henna di tanganku ini.

55 comments:

  1. gede banget ya kuil nya. bagus.. keren...

    tato henna nya juga keren tuh. :)

    ReplyDelete
  2. Petualangan yang indah meski tak sampai puncak, ya....
    Sarannya bisa dipakai oleh para sahabat yang akan ke sana nanti.

    ReplyDelete
  3. semoga bs nyusul ksana jg
    aamiiinnn
    =D

    ReplyDelete
  4. mba' elsaaaaaa....
    kangen euy... :)

    mba'... komentarnya aku jadiin satu aja ya... abis bacanya borongan yang tentang jalan2nya... :D

    pokoknya semuanya bikin pengeeeeeeeeeen.. kapan ya bisa jalan2 kesana? erm... moga ntar pas Baby Zi udah gedhean bisa jalan2 kesana :) (amin)

    sun sayang buat Dija ya mba'... kangen... :D

    ReplyDelete
  5. wah coba kalo bisa ketemu monyetnya satu aja ya mbak, bisa dibawa pulang tuh buat oleh2 :D

    ReplyDelete
  6. pengen difoto sama burung jugaa iiihh.... =O

    ReplyDelete
  7. aaa, pengen liburaaaaaaaaaaaaaaan.
    *numpang teriak d hari senin yg sibuk :p

    ReplyDelete
  8. yaaayy kereenn bangett Mbak, huaa bikin mupeng deh

    ReplyDelete
  9. Mbak Elsa kok nggak ajak ajak saya seh, hehe..

    ReplyDelete
  10. waaahhh sayng sekali ya mbak, gx bisa meneruskan menaiki anak tangganya, padahal moment itu sepertinya yg paling di nanti.

    ReplyDelete
  11. SALAM SAYANG KAKA YANG CANTIK :) , UPSS SLAM KENAL DING HEHE,,,

    ReplyDelete
  12. kereennn...patungnya geda yah..

    merpati2 nya gemesiinnn >.<

    ReplyDelete
  13. WAH ASYIKNYA TAMASYA Brng kak Elsa...

    hemmpp mupeng hehee

    ReplyDelete
  14. kuil dan pemandangannya keren. tapi gambar tatonya gak keren. soalnya gak bisa lihat detailnya, hehehehe. tapi seru juga

    ReplyDelete
  15. waaaaa jalan-jalan yaaa.. pengeeeeeeennnn... kayanya bagus banget tempatnya, umm *tengok rekening* oke harus nabung, batu caves masuk ke list yang akan dikunjungi satu hari nanti =)

    ReplyDelete
  16. Subhanallah... Itu tebing batunya indah banget ya...
    Pinter banget ya pemerintahnya mengelola tempat wisata itu :)
    Hena yang cantik. Langsung berasa mau nari2 gak? hehe...

    ReplyDelete
  17. waoo keren...

    saya ragu tempat wisata ini kalo di indonesia bisa dilestarikan sebagus tempat ini.

    ReplyDelete
  18. waoo keren...

    saya ragu tempat wisata ini kalo di indonesia bisa dilestarikan sebagus tempat ini.

    ReplyDelete
  19. belum sempet... kapan ya?
    eksplorasi yg deket dulu
    *kata lain dari ga punya budget..hihi*

    ReplyDelete
  20. wiiih tatoan hehehe, apik tapi,btw pinter ya orang sono buat tempat wisata hingga byk org asing kesitu :)

    ReplyDelete
  21. wah tattoonya kereeen..itu sementara aja kan?bisa ilang ya?

    ReplyDelete
  22. Mbak Elsa kecewa gak ketemu monyet2nya, kalo kami (sy dan suami) malah seneng banget kalo gak ketemu,hehe...

    Kpn ya bisa jalan2 kesana? keren banget.

    ReplyDelete
  23. yah, sayang tuh murugan statuenya lagi dikeranjangin yah?.. jadi kurang bagus di foto. tapi asli, emang indah pemandangannya. apalagi nyampe diatas liat kuala lumpur langsung..


    kemarin ke KL nggak kesana lagi.. jauuh :)

    ReplyDelete
  24. wuuahhh, ngikut donk .hihihihi
    pasti seru..

    ReplyDelete
  25. Wah lagi bertamsya ke negeri jiran nih Kak,,dedek Dija diajak gak Kak,,hehehe

    ReplyDelete
  26. eh senyumnya eyang, tetep cakep mba :D
    pantes anak2nya juga cakep, prikitiwwww.
    bagus henanya mba

    ReplyDelete
  27. wa... tahun 1992 punya rencana ke Batu Caves, eh malah berubah haluan ke Genting Highlands :D

    ReplyDelete
  28. wah keren abis
    jadi pengen kesana kalo pas cuti tar..

    ReplyDelete
  29. blogwalking aja dari pada pengin kesana kejauhan...

    ReplyDelete
  30. Hhuhuhu sudah ke Malysia 2x, gak pernah mampir ke tempat indah ini. Maklum ke sananya bukan jalan2. Thanks reviewnya mbak.. :-)

    ReplyDelete
  31. wah sayang yach mbak pas kesana hujan dan kesorean.....jd kurang puas jalan2nya....

    yang tatto tangan itu keren euyyy....kayak orang india asli hehe...

    ReplyDelete
  32. Kuilnya ngingetin saya sama kuil yang ada di Medan, mirip banget..

    Tatonya keren mbak, hehe, iya kapan lagi bisa bergaya ala Kajol :D

    ReplyDelete
  33. wah seru yaa jalan-jalannya... salam kenal elsa, aku follow yaa

    ReplyDelete
  34. Salah satu tempat di Malaysia yg pengen banget aku kunjungin nih *mupeng*

    ReplyDelete
  35. wuaa tangannya mbak Elsa jd keren gitu... namanyua tatto henna ya ternyata :-D

    ReplyDelete
  36. kereeeennn! suka yang foto tangga itu *jempols*

    kok dija ga ikut mba?

    ReplyDelete
  37. mau melawan Batu Caves dengan Bono aseli Indonesia
    xixixixiii...
    http://www.attayaya.net/2011/12/mengejar-bono-sungai-kampar.html

    ReplyDelete
  38. keren ya, dan kompleks kuilnya warna-warni begitu, suka deh, pasti foto-foto melulu *dasar org visual :D

    berangkat ke sana cuma bertiga mba?

    ReplyDelete
  39. waahhh waktu itu ke batu caves cuma photostop aja, krn udah sore, mau ke Genting. Kayaknya seru juga ya

    ReplyDelete
  40. Melihat gambar2 seperti ini jadi ingat waktu sekolah di India selama 11 bulan. Dimana-mana melihat pura/mandir.

    Mengesankan.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  41. Hiks hiks tetetup menangisi kenapa dikau ga jadi ke Miri :-(

    Hehehe, gw belom pernah kesono malahan. Waktu holidei ke KL ngendon di hotel ajah Jeng soale Zahia sakit. Om Zul & Nyokap yang kelayapan. Nasiiiibbb

    ReplyDelete
  42. hu hu batu cave keren banget. dulu pernah kesana tapi udah lama banget. naik tangga nya lumayan olahragatuh. foto nya keren mbak.

    ReplyDelete
  43. Itu arcanya gedhe banget. Apakah terbuat dari emas?
    Masih takjub aja mengetahui orang2 Bali yg hanya jauh2 ke Batu Caves dan PP dalam sehari dalam rangka bersembahyang disana.

    ReplyDelete
  44. Mantap nih, kapan ya bisa ke sanaa....

    ReplyDelete
  45. huaaa...abis jalan2 juga ya mbak

    keren euy...kapan2 kesana aaaahhh,,hihihihi

    ReplyDelete
  46. Bismillahirrahmanirrahiiim...hehehe.....ini mbak elsa wong njombang mana ya?..kyknya kenal akrab dengan mas juned

    ReplyDelete
  47. sempurna cantik seklai tteh ini :)
    terpesona saya :)

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.