Monday, November 28, 2011

Batu Caves



tips: Jika berkunjung ke Batu Caves, usahakan pagi atau siang hari, agar tidak bertemu hujan di sore hari. 
Sediakan kacang (atau yang lainnya) untuk memberi monyet-monyet di sekitar Batu Caves.
Hati hati dengan barang bawaan, bisa dirampas oleh monyet jika kita lengah. Karena dikira makanan.
Siapkan kaki cadangan, karena kita harus melewati tangga yang begitu ekstrim (hehehhehee)





Turun dari Genting, kami menuju ke Batu Caves. Tiba disana ketika sore sudah hampir berakhir. Langit begitu mendung, tampaknya tak lama lagi turun hujan. Aku, Ibu dan Aladdin (kakaknya Dija) segera berfoto di depan gerbang Batu Caves. Ada begitu banyak merpati jinak... Turis-turis lain sibuk memberi makan merpati agar bisa berdekatan dengan mereka... kami sih, numpang aja, hehehehe....

Batu Caves adalah kuil hindu yang dipandang sangat suci bagi umatnya. Letaknya di dalam sebuah gua alam yang terdapat di tenga-tengah gunung barbatu. Tebing-tebing di sekelilingnya begitu indah.




Konon, umat hindu dari Bali sering sekali berkunjung kesini hanya untuk bersembahyang. Biasanya mereka mengambil penerbangan paling pagi, begitu tiba di KLIA, langsung menuju Batu Caves. Menghabiskan hari dengan bersembahyang, kemudian kembali pulang ke Indonesia dengan penerbangan malam.




Banyak sekali orang keturunan India (tamil) di sekitar lokasi Batu Caves. Hingga pemerintah Malaysia kemudian membangun sekolah khusus Tamil di sebelah Batu Caves.  Sekolah itu menggunakan bahasa Tamil, guru-guru yang didatangkan asli dari India-tamil, dan kurikulum yang berbeda dengan sekolah lainnya. Sayang sekali, ketika kami kesana... sekolah sudah kosong karena memang sudah menjelang petang.




Untuk menuju ke Kuil Batu Caves, pengunjung haru menaiki anak tangga yang begitu banyaknya... begitu tingginyaa.....

lagi-lagi kami kurang beruntung, karena tidak menemukan seekor monyetpun.
Biasanya, banyak sekali monyet yang berkeliaran di tangga itu ketika pagi dan siang hari. Saat sore, sepertinya para monyet sudah harus kembali pulang ke rumahnya masing-masing, hehehee....



Aku baru saja menaiki anak tangga yang kesekian... saat hujan mulai turun. Awalnya gerimis kecil-kecil... tapi itu sudah membuat anak tangga jadi begitu licin. Aku meneruskan perjalanan naik, tapi hujan jadi semakin deras. Uh, sepertinya tidak mungkin dilanjutkan.... Aku pun turun kembali.




Di sekitar lokasi parkir, banyak kedai-kedai makanan (semuanya vagetarian) dan souvenir khas malaysia. Sambil menunggu hujan yang masih begitu deras, Kami  membeli satu butir kelapa muda seharga 5 ringgit (mahal banget yak!). Aku melihat ada seorang wanita muda keturunan india yang menawarkan jasa tattoo henna. Hanya 10 ringgit, aku pun menyodorkan tanganku. Kapan lagi bergaya ala Kajol atau Kareena Kapoor, meski hanya tangannya saja? Hehehehhee


Bagaimana?
Bagus kan?? hehehehehee.....
Rasa kecewa karena tidak bisa naik dan melihat langsung Batu caves rasanya sudah agak terobati dengan melihat tatto henna di tanganku ini.

55 komentar:

Ethie said...

Pertamaks!!

Arman said...

gede banget ya kuil nya. bagus.. keren...

tato henna nya juga keren tuh. :)

Susindra said...

Petualangan yang indah meski tak sampai puncak, ya....
Sarannya bisa dipakai oleh para sahabat yang akan ke sana nanti.

dhila13 said...

indahnyaa :)

rezkaocta said...

semoga bs nyusul ksana jg
aamiiinnn
=D

Inge / CyberDreamer said...

mba' elsaaaaaa....
kangen euy... :)

mba'... komentarnya aku jadiin satu aja ya... abis bacanya borongan yang tentang jalan2nya... :D

pokoknya semuanya bikin pengeeeeeeeeeen.. kapan ya bisa jalan2 kesana? erm... moga ntar pas Baby Zi udah gedhean bisa jalan2 kesana :) (amin)

sun sayang buat Dija ya mba'... kangen... :D

nurlailazahra said...

wah coba kalo bisa ketemu monyetnya satu aja ya mbak, bisa dibawa pulang tuh buat oleh2 :D

Syifa Azz said...

pengen difoto sama burung jugaa iiihh.... =O

emon said...

aaa, pengen liburaaaaaaaaaaaaaaan.
*numpang teriak d hari senin yg sibuk :p

.:diah:. said...

yaaayy kereenn bangett Mbak, huaa bikin mupeng deh

dunia kecil indi said...

Nice place and tattoos :D

Masbro said...

Mbak Elsa kok nggak ajak ajak saya seh, hehe..

obat diabetes melitus said...

waaahhh sayng sekali ya mbak, gx bisa meneruskan menaiki anak tangganya, padahal moment itu sepertinya yg paling di nanti.

genksukasuka said...

SALAM SAYANG KAKA YANG CANTIK :) , UPSS SLAM KENAL DING HEHE,,,

obat liver empedu said...

keren mbak,tatto henna di tangannya.

dv said...

kereennn...patungnya geda yah..

merpati2 nya gemesiinnn >.<

Annur EL- Kareem said...

WAH ASYIKNYA TAMASYA Brng kak Elsa...

hemmpp mupeng hehee

rusydi hikmawan said...

kuil dan pemandangannya keren. tapi gambar tatonya gak keren. soalnya gak bisa lihat detailnya, hehehehe. tapi seru juga

rahma said...

waaaaa jalan-jalan yaaa.. pengeeeeeeennnn... kayanya bagus banget tempatnya, umm *tengok rekening* oke harus nabung, batu caves masuk ke list yang akan dikunjungi satu hari nanti =)

kakaakin said...

Subhanallah... Itu tebing batunya indah banget ya...
Pinter banget ya pemerintahnya mengelola tempat wisata itu :)
Hena yang cantik. Langsung berasa mau nari2 gak? hehe...

ROe Salampessy said...

waoo keren...

saya ragu tempat wisata ini kalo di indonesia bisa dilestarikan sebagus tempat ini.

ROe Salampessy said...

waoo keren...

saya ragu tempat wisata ini kalo di indonesia bisa dilestarikan sebagus tempat ini.

hilsya said...

belum sempet... kapan ya?
eksplorasi yg deket dulu
*kata lain dari ga punya budget..hihi*

Aulawi Ahmad said...

wiiih tatoan hehehe, apik tapi,btw pinter ya orang sono buat tempat wisata hingga byk org asing kesitu :)

Sang Cerpenis bercerita said...

wah tattoonya kereeen..itu sementara aja kan?bisa ilang ya?

Lidya - Mama Pascal said...

keren tatonya mbak

AstyNNS said...

Mbak Elsa kecewa gak ketemu monyet2nya, kalo kami (sy dan suami) malah seneng banget kalo gak ketemu,hehe...

Kpn ya bisa jalan2 kesana? keren banget.

Gaphe said...

yah, sayang tuh murugan statuenya lagi dikeranjangin yah?.. jadi kurang bagus di foto. tapi asli, emang indah pemandangannya. apalagi nyampe diatas liat kuala lumpur langsung..


kemarin ke KL nggak kesana lagi.. jauuh :)

kira said...

wuuahhh, ngikut donk .hihihihi
pasti seru..

Sofyan said...

Wah lagi bertamsya ke negeri jiran nih Kak,,dedek Dija diajak gak Kak,,hehehe

uci cigrey said...

eh senyumnya eyang, tetep cakep mba :D
pantes anak2nya juga cakep, prikitiwwww.
bagus henanya mba

gajah_pesing said...

wa... tahun 1992 punya rencana ke Batu Caves, eh malah berubah haluan ke Genting Highlands :D

Rawins said...

wah keren abis
jadi pengen kesana kalo pas cuti tar..

Shafira said...

blogwalking aja dari pada pengin kesana kejauhan...

Bundit said...

Hhuhuhu sudah ke Malysia 2x, gak pernah mampir ke tempat indah ini. Maklum ke sananya bukan jalan2. Thanks reviewnya mbak.. :-)

Nia said...

wah sayang yach mbak pas kesana hujan dan kesorean.....jd kurang puas jalan2nya....

yang tatto tangan itu keren euyyy....kayak orang india asli hehe...

Allisa Yustica Krones said...

Kuilnya ngingetin saya sama kuil yang ada di Medan, mirip banget..

Tatonya keren mbak, hehe, iya kapan lagi bisa bergaya ala Kajol :D

@yankmira said...

wah seru yaa jalan-jalannya... salam kenal elsa, aku follow yaa

merry go round said...

Salah satu tempat di Malaysia yg pengen banget aku kunjungin nih *mupeng*

Lyliana Thia said...

wuaa tangannya mbak Elsa jd keren gitu... namanyua tatto henna ya ternyata :-D

ningnung said...

kereeeennn! suka yang foto tangga itu *jempols*

kok dija ga ikut mba?

attayaya-bono said...

mau melawan Batu Caves dengan Bono aseli Indonesia
xixixixiii...
http://www.attayaya.net/2011/12/mengejar-bono-sungai-kampar.html

Dewi Citra said...

keren ya, dan kompleks kuilnya warna-warni begitu, suka deh, pasti foto-foto melulu *dasar org visual :D

berangkat ke sana cuma bertiga mba?

vera said...

waahhh waktu itu ke batu caves cuma photostop aja, krn udah sore, mau ke Genting. Kayaknya seru juga ya

Pakde Cholik said...

Melihat gambar2 seperti ini jadi ingat waktu sekolah di India selama 11 bulan. Dimana-mana melihat pura/mandir.

Mengesankan.

Salam hangat dari Surabaya

Baha Andes said...

alhamdulillah pas perayaan Deepavali di Batu Cave 2011 bisa kesana.

Zulfadhli's Family said...

Hiks hiks tetetup menangisi kenapa dikau ga jadi ke Miri :-(

Hehehe, gw belom pernah kesono malahan. Waktu holidei ke KL ngendon di hotel ajah Jeng soale Zahia sakit. Om Zul & Nyokap yang kelayapan. Nasiiiibbb

Bayu Hidayat said...

hu hu batu cave keren banget. dulu pernah kesana tapi udah lama banget. naik tangga nya lumayan olahragatuh. foto nya keren mbak.

the others... said...

Itu arcanya gedhe banget. Apakah terbuat dari emas?
Masih takjub aja mengetahui orang2 Bali yg hanya jauh2 ke Batu Caves dan PP dalam sehari dalam rangka bersembahyang disana.

Rubiyanto Sutrisno said...

Mantap nih, kapan ya bisa ke sanaa....

etha said...

huaaa...abis jalan2 juga ya mbak

keren euy...kapan2 kesana aaaahhh,,hihihihi

Taufan Rahmatullah said...

Bismillahirrahmanirrahiiim...hehehe.....ini mbak elsa wong njombang mana ya?..kyknya kenal akrab dengan mas juned

obat tradisional kanker prostat said...

wah tempatnya indah sekali

obat tradisional kanker rahim said...

sempurna cantik seklai tteh ini :)
terpesona saya :)

obat tradisional batuk berdarah said...

pemandangannya bagus sekali

Post a Comment

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.