Thursday, March 8, 2012

Berburu Batik Madura



Batik Tulis Madura, sudah lama menjadi incaranku. Alhamdulillah akhirnya bisa berburu langsung ke Madura.
Agak susah sebenarnya, berbelanja batik di pasar tradisional semacam ini. Karena rata rata mereka lebih fasih berbahasa madura dibanding berbahasa indonesia. Agak menyesal sih, kenapa gak dari dulu belajar bahasa madura, hehehehehee..... secara, punya beberapa teman madura, tapi gak pernah dimanfaatkan sedemikian rupa untuk diserap ilmu bahasanya. Hehehehe


So.. hari itu, aku benar-benar terpuaskan. Meskipun isi dompet dikuras habis.... tapi rasanya worth it banget. Membeli batik tulis madura langsung ke produsennya, pastilah jauh lebih murah ketimbang batik tulis yang sudah di butik-butik besar. Apalagi yang kutemui disana bukan hanya satu atau dua produsen... tapi banyaaak. Seperti anak kecil di toko permen, rasanya aku pingin borong semuanya!



Di Madura sendiri, memiliki banyak sekali style batik. Setiap daerah bisa sangat berbeda. Daerah pedalaman Madura coraknya lebih klasik dengan warna yang cenderung lebih redup (misalnya bisa ditemui di Tanjung Bumi Bangkalan). Sedangkan batik pesisiran Madura warnanya lebih menyala dan coraknya lebih eksperimental  (seperti batik pamekasan) . Meski begitu, ciri khas Batik Madura secara keseluruhan adalah banyaknya tarikan garis pada motifnya, dan warna yang menyala. Seringnya  ada warna merah yang kuat dalam setiap design batik Madura, sebagai penggambaran karakter masyarakat Madura itu sendiri yang Kuat dan Keras.



Oh ya, aku juga memperhatikan... banyak penjual yang memakai batik hasil karyanya. Semuanya bagus-bagus... tapi yang paling bagus adalah seorang pemuda yang berhasil aku curi fotonya. Coba perhatikan kemeja batiknya. Dengan warna dasar biru keabu-abuan, bermotif salur daun kecil kecil berwarna shocking pink!!!  kesannya romantis romantis gimanaaaaa gitu, hehehehhehehee.... tapi tetap tidak menghilangkan sisi maskulinnya kan? Maksudku, meskipun dia memakai batik bercorak pink, tidak menjadikanya jadi "kewanitaan". Sang Pemuda malah terlihat tampan lhooo...

I really love you Mas, Hahahaha.... maksudnya.... I really love your shirt, Mas!!!



Pasti banyak yang pingin dapet oleh-oleh batik tulis madura kan???
Tenang.... tunggu tanggal mainnya, aku akan memberi "cipratan batik"  hihihihi
. Ikuti terus YellowLife yaaa

43 comments:

  1. waaah, banyaknya-bagus2. ini pasarnya di tempat terbuka ya mbak Elsa? nggak kayak Beringharjo, umpel2an.
    iya mbak, yg punya mas2nya tu bagus batik'e >.<

    ReplyDelete
  2. Pasti kalap yah lihat batik2 bagus gitu, rasanya pengen ngeborong semua hehehe

    ReplyDelete
  3. Di Indonesia memang kaya akan budaya mbak, apalagi batik, beragam corak dapat kita temukan di berbagai daerah :)

    Saatnya berkarya :D
    Salam..

    ReplyDelete
  4. whuaa aku mau dong tanteee... aku booking satu sebagai penerimanya yaa :D peliiisss..

    ReplyDelete
  5. Aku juga mau batiknyaaaaa :D :D :D

    ReplyDelete
  6. kayaknay seru tuhh,,nyari batiknya..

    ReplyDelete
  7. Mau..mauuu...saya pesan yang warna biru ya?*Sok akrab

    ReplyDelete
  8. woooaaa~ batiknya bener2 pada lucu2 mbak..
    jadi kepengeeennnn.. :P

    ReplyDelete
  9. wah pas banget donk ini, Mba Elsa kan emang suka sama batik yg warna warni yah hehee...
    kalo aku tetep lebih suka batik jawa yg putih coklat gitu hehee.. Tapi pengen juga koleksi Batik Madura, belum punya :p

    ReplyDelete
  10. hadeuuh...kebayang deh excitednya kek apa mba El, lha wong cuma liat foto2nya doang udah mupeng berat.

    ReplyDelete
  11. wahhh, aku udah lama ga maen kesini, eh pas maen kesini disuguhin banyak banget batik2 cantik...

    *sluurrrppppp*

    aku mau donggg kecipratan batiknya.. hihihi..

    ReplyDelete
  12. mau dong kecipratan batiknya.
    hadiah giveaway ya....

    ReplyDelete
  13. subhanalloh... senengnya bisa jalan2 y tante elsa... lihat2 pemandangan batik bikin umi pingin kesana juga... ^_^ salam jauh dari mas daffa, mba hilya, mas fahd, mas akhtar dan ade aisha, tante... jgn lupa foto2 kain batiknya y, umi pingin lihat loh, minta di close up y

    ReplyDelete
  14. Motif batiknya bagus2, jadi pengen punya juga,,

    ReplyDelete
  15. Ternyata saya amat ketinggalan info karena baru tau jika Madura juga pusat batik yang tak kalah bagus dibanding Batik Pekalongan.
    Karena lokasi saya yg dekat Pekalongan, membuat saya sudah jenuh dengan batik Pekalongan.
    Setelah liat batik Madura jadi pengin, karena motifnya kayaknya bisa juga buat pria.
    Makasih infonya

    ReplyDelete
  16. wah, aku mau juga donk oleh2 batik tulis madura nya, hehe

    ReplyDelete
  17. Belanja yang banyak mbak, borong borong, cintai prodhuk prodhuk dalam negeri... :D

    ReplyDelete
  18. masih kecil dulu aku pernah punya batik Madura, suka lihat batik Madura ini karena warnanya cerah cocok aja dipakai anak2
    untuk Dija dibelikan warna apa?

    ReplyDelete
  19. batik madura itu khas ya warnanya.. cerah2 :)

    ReplyDelete
  20. bagi bagi :) bagus batiknya :D
    ngga jadi kewanitaan walau ada pinky2nya, bener, kaya si masnya itu

    ReplyDelete
  21. mbak elsa itu belinya di pasar apa?? rumahku sidoarjo,, tar aq ikut giveway nya,, pasti de ntar kalah sm bloger2 profesional,,jadinya jalan2 ke madura ndiri aja,, sm blanja batikk...makasi ya infonya

    ReplyDelete
  22. Kapan2 berburu batik Palembang ya :-)
    Bahasa Palembang mudah difahami lho...

    Mau dong diciprati batik madura :-)

    ReplyDelete
  23. aku mau batiknyaaaaa :D
    ya itu batik yg di apke ams2nya bagus, hehe

    ReplyDelete
  24. pengen batik warna warni juga... *cry baby*

    ReplyDelete
  25. Semoga dapat cipratan batik dari madura AMiiin Hehe

    ReplyDelete
  26. Mbak Elsaaa....bikin ngiler aja ihhh...eh bener batik yg dipake si Mas itu bagus...kalem tp maskulin hihihi......Mbak...mahal ngga belanja batik disana? sama Thamrin City harganya jauh yachh?

    Ngga sabar nech nunggu Giveawaynya...jangan yg susah2 yachh....

    ReplyDelete
  27. asyiiiik aku kecipratan juga ya mbak batiknya. yg pasti Dija akan dibuatkan baju lago ya sama mbal elsa

    ReplyDelete
  28. tapi mahal2 ya mbak? kmrn tmn kantorku nawarin, mahal untuk ukuran kurang dr 2 meter.. hehe
    btw, boleh deh kalau kecipratan batik dr mbak elsa.. maaauuuuuuuuuuuuuuuuuuuu :p

    ReplyDelete
  29. Mba Elsaaaaaaa....motifnya bagus-bagus....pengennnnn:O

    ReplyDelete
  30. mbak, batiknya cakep2~ tp tetep aku ga bisa bedain batik tiap daerah hahahahah

    btw, nggak ada apa2 mbakkk, itu tulisan isi hati dari jaman batu, tapi baru terpikir posting sekarang xD

    ReplyDelete
  31. Luar biasa, di satu daerah saja punya corak batik beraneka rupa! Aplg kalo dikumpulin dari seluruh Indonesia?? bisa ratusan corak..

    ReplyDelete
  32. pasti bingung banget ya Mbak milihnya, cakep2 semua. gak cuma batik madura, tp semua batik itu membuat aku jatuh cinta :D

    ReplyDelete
  33. Wah cantik2 banget. Itu belinya di satu tempat/pasar atau di beberapa tempat/pasar mbak?

    ReplyDelete
  34. wah aku ikutan ngiler liat batik-batik cantik yang betebaran kayak gitu

    ReplyDelete
  35. kalau aku justru lebih suka pakai baju polos loh mbak...ga suka pakaian motif :)

    ReplyDelete
  36. wahhh, cantik2 batikny, mupeng,
    mahal gak mb Elsa?
    dtunggu y cipratan batik maduranya

    ReplyDelete
  37. Bener mbak, keren2 banget batiknya. Berapa harganya ya? Mahal gak mbak?

    ReplyDelete
  38. alamat produsennya dimana mbak? tfs ...

    ReplyDelete
  39. Mbak, katanya pasar batik di Madura itu pake hari-hari pasaran. Maksudnya, gak buka setiap hari. apa betul begitu? klo iya, bisa diinfokan hari apa dan ada dimana pasar batik di buka. trims.

    ReplyDelete
  40. aku suka banget dengan fotonya...
    apalagi wanita yg sambil tersenyum itu...
    hehee

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.