Thursday, June 28, 2012

Kelom Geulis KENG


Dahulu kala, Neng Geulis Sunda mungkin identik dengan kebaya dan batik warna-warni, payung tasikmalaya dan kelom kayunya. Sayangnya kini gambaran Neng Geulis yang seperti itu tidak bisa kita jumpai lagi sehari hari. Jaman sudah berubah, kebaya digantikan oleh kaos dan jeans sebagai pakaian seharu-hari. Payung Tasikmalaya apalagi.... ia kini hanyalah sebuah hiasan interior. Bagaimana dengan Kelom Kayu nya???

Kelom kayu khas sunda ini biasa disebut dengan Kelom Geulis (sandal kayu cantik) karena memang kelomnya sedikit genit, banyak hiasan ukiran maupun cat warna warni. Konon dahulu di Bandung ada 3 pembuat Kelom Geulis yang sangat sangat terkenal karena kualitas dan designnya. Tapi kini, dari 3 tadi hanya tersisa satu saja, yaitu Kelom Geulis KENG.




Kelom Geulis KENG kini dikelola oleh generasi ketiga keluarga Keng. Meskipun tertatih-tatih bertahan hidup, Kelom Geulis KENG tetap teguh menjaga kualitas dan design yang lain daripada yang lain.

Dari workshopnya, kita pasti bisa menilai betapa KENG bertahan melawan perkembawan jaman. Rumah sederhana tempo doeloe itu tampak  terbenam karena diapit oleh bangunan-bangunan modern di sekitarnya. Bagitu masuk, kita langsung disambut oleh rak berisi kelom kelom geulis yang tertata rapi. Etalase di depannya masih tampak kokoh meskipun pasti umurnya tak muda lagi. Di sebelah kiri dipasang cermin besar, agak pembeli bisa melihat indahnya kelom saat dipakainya.

Aku dan Nona segera disambut oleh Mr Keng, sang generasi ketiga.

Awalnya agak takut, jangan jangan harganya selangit. Aku membuka pecakapan dengan sangat tololnya. "Yang paling murah, yang mana Pak?"

Beliau tersenyum dengan damainya, dan menjawab  "Di sini tidak ada yang murah... dan tidak ada yang mahal. Semuanya biasa saja...tapi kualitasnya luar biasa"

Hehehehee.... jawaban yang sangat sangat tepat. Aku pun langsung percaya diri memilih milih kelom.




Ternyata.... Kita bisa memilih sendiri padu padannya. Kita memilih sendiri style kelom kayunya...lalu memilih sendiri hiasan atasnya yang terbuat dari kulit lembu. Waaah, benar-benar dibikin bingung. Tapi sangat puas karena semuanya adalah selera kami sendiri.

Setelah mantap dengan pilihan, Mr Keng langsung mengerjakan sendiri kelomnya. Disesuaikan dengan bentuk anatomi kaki kita lho....

Hanya butuh 5 menit saja, Mr Keng sudah menyelesaikan kelom pilihan kami. Beliau benar-benar seorang maestro kelom geulis.





Ingin berlama lama memilih kelom lagi, tapi apa daya... kami tidak ingin tertinggal pesawat. Setelah membayar, kami pulang membawa sapasang kelom geulis dengan hati yang sangat sangat puas. Suatu saat, kami pasti akan kembali lagi kesana....



53 comments:

  1. Tante ELsa Ke Cihampelas BAndung KAh ??
    kok ga ngabar2i siiihh..

    ReplyDelete
  2. kelomgeulis skr sudah beraneka model ya

    ReplyDelete
  3. dipakenya enak gag tante?
    aku pernah nyobain pake kelom geulis tapi gag enak dipakenya, berisik pula. xexee

    ReplyDelete
  4. kalo disubang ada namanya "Chats".. :D

    *malah promosi :p

    ReplyDelete
  5. Baru tau aku istilah kelom geulis...

    ReplyDelete
  6. ngeceesss benget liat ini, aku juga daridulu pengen beli, cuma belum nemu yang enak di kaki. ini dimana ya alamatnya mba elsa?

    ReplyDelete
  7. eh baru kebuka foto di atasnya, ternyata di cihampelas*melipir ke cihampelas*

    ReplyDelete
  8. Wiiiih enak banget bisa milih sendiri bentuk kelom dan hiasan atasnya jadi bisa disesuain selera pembeli...Btw mana nich foto Mbak Elsa pake kelomnya?

    ReplyDelete
  9. kelom geulis kalo di pake sama wanita geulis seperti mbak elsa ini, pasti makin terlihat geulis deh...hehe

    ReplyDelete
  10. satu pertanyaanku, kelom yg km pilih kok gak ada warna kuningnya ? hehehe

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum...
    silent reader yang beberapa kali berkunjung ke blog ini tapi nggak pernah ngasih komen
    Salam kenal mbak :)

    *maaf komennya nggak nyambung :p

    ReplyDelete
  12. yang dipilih mbak elsa selalu gak jauh-jauh dari warna kuning ^^
    harganya kisaran berapa mbak? jadi pengen ke sana kalo pas liburan ke Bandung

    ReplyDelete
  13. Kelom geulis penampakannya emang cantik ya

    ReplyDelete
  14. Putri Solo juga begitu, sudah susah dijumpai. Kalaupun ada, tampilannya beda dengan yang sering dinyanyikan dalam lagu

    ReplyDelete
  15. kelom geulis keng emang keren2, meski tampak depan tokonya sangat sederhana.

    ReplyDelete
  16. Mirip bakiak, tapi ini lebih keren ya

    ReplyDelete
  17. kelom geulis asli?

    ke tasik aja..

    ReplyDelete
  18. Mbak Elsa main ke padang dong :D

    Happy Monday ^^

    ReplyDelete
  19. Cantik bener yaa bentuk2 sama kreasinya tante elsa :D

    ReplyDelete
  20. Aq juga produksi lho merk kelom geulisnya Etnik galeri *promosi heheh

    ReplyDelete
  21. Jaman aku kecil dulu toko ini rame bangeeet.. sekarang klo lewat situ keliatannya sepi2 aja. hampir mirip sama cibaduyut, dulu rame banget skrg kalah pamor sama FO sptnya hehee

    ReplyDelete
  22. mbak elsa, aku kasih PR ya silahkanlihat diblogku :)

    ReplyDelete
  23. Awal bacanya kirain motif batik sunda, tibae sandal berbahan kayu. KIra-kira Kelom Geulis KENG itu modif-nya dari klompen kali yak ? #Ngawurr

    ReplyDelete
  24. aih...cantik kelomnya :) bisa design sesuai dengan keinginan kita pulak :p

    ReplyDelete
  25. Huhuhu... pengen banget punya kelom geulis, karena teringat masa kecil dulu pernah punya kelom kayu.
    Ternyata model-modelnya tak ketinggalan ya. Berat gak sih...?

    ReplyDelete
  26. Tante elsa jalan2 terusss, bikin mupeng.. hehe

    ReplyDelete
  27. yang unik teteap betahan melintasi zaman. tapi kita yang muda mesti melestarikan juga dong :)

    ReplyDelete
  28. Oh, kirain spesialis jual kain, ternyata sendal juga.

    ReplyDelete
  29. wah Mbak Elsa tau2 udah ada di bandung......keren euyyy kelomnya.....jadi pengen kesana juga...btw harganya brp? mahal ngga??

    ReplyDelete
  30. Kelom itu apa??
    Sandal ya mbak? hihihihi
    Gek baru bangunnnnn, maaffff..

    Bagus looooo... tapi sakit gag makeknya? Harganya brp sepasang?
    *ibu-ibu cerewet* :D

    ReplyDelete
  31. jadi penasaran juga ney.. Nyaman ga sey pakai kelom??

    ReplyDelete
  32. wah kelom tersohor dari bandung?? walah aku malah baru tahu...walah asli nggak gaul nieh emak kinan..
    jadi ingat sandal2 jaman dulu-ku...dulu model itu begitu ngehit yah...:)

    ReplyDelete
  33. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete
  34. Cantik ya...canti kyk Tante Elsa..
    Untuk anak-anak ada gak Tante..? :)

    ReplyDelete
  35. udah lama ga pake kelom! bunyi pletak pletoknya yg khas serasa di mushola kampung..hehe..

    ReplyDelete
  36. berbagi Kata Kata Motivasi
    Orang hadir di hidupmu karena sebuah alasan. Mereka berimu bahagia dan kecewa. Ada yg sesaat, tapi ada yg selamanya,
    semoga bermanfaat dapat di terima dan salam kenal sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    ReplyDelete
  37. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete
  38. oh kelom kayak gitu.. sandal kayu yah?

    kurang suka sama sandal kayu.. berat soalnya :D

    ReplyDelete
  39. mampir dong ke tasik... banyak pilihannya,, keren2 lagi,,,

    ReplyDelete
  40. berbagi kata kata motivasi gan
    Apa yang anda lakukan hari ini, merupakan kunci kebaikan ataupun juga kehancuran hari esok anda. Lakukanlah yang terbaik untuk hari ini.
    salam kenal sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  41. abdi bangga di tasik aya kelom gelis.... siv lakh maju urang Tasiiik...

    ReplyDelete
  42. Ternyata di tasik tersimpan sesuatu yang luar biasa yah.. hidup kelom geulis...

    ReplyDelete
  43. sendal kelom sangat disukai sama kluarga saya kk ^_^
    tQ infonya

    ReplyDelete
  44. wah iya ni kelomnya pada cantik cantik, apalagi pembelinya

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.