Monday, August 13, 2012

GIVEAWAY Asyiknya Berbisnis




Pembeli :  Mbak, bantal yang paling bagus mana?
Penjual (alias aku) : Oh ini Pak... yang ini 400 ribu, yang ini 250 ribu, kalo yang ini 175 ribu.
Pembeli :  (menelan ludah)  Yang bawahnya Mbak....
Penjual : Harga di bawah itu... ada Pak. Yang ini 125 ribu, kalo yang itu 100 ribu. Yang ini 75 ribu....
Pembeli : Yang biasa biasa aja lah Mbak....
Penjual : Ini 50 ribu... ini 35 ribu... ini 25 ribu....
Pembeli : hhhm... saya mau yang 35 ribu sajalah... 2 ya Mbak...
Penjual : Ok, tambah apa lagi Pak??
Pembeli : Mau nanya Mbak... bantal ini sama yang pillow pillow itu bagusan mana?
Penjual : Pillow yang mana Pak...
Pembeli : Yaa yang orang orang bilang pillow pillow gitu...
Penjual : Pak... bahasa inggrisnya bantal itu pillow. Pillow itu artinya bantal. Coba Bapak lihat semua bantal itu, judulnya pasti ada pillow nya. Yang ini xxxx-pillow, yang itu xxxxx-pillow... semua tulisannya ada pillownya... Jadi yang dimaksud itu pillow yang mana.....
Pembeli : Oooo....



Pembeli : Saya mau beli kasur
Penjual : Ukuran berapa Bu?
Pembeli : Yang paling besar Mbak... tempat tidur saya besar banget kok
Penjual : Ukuran besar itu ada tiga Bu... mulai 160x200, 180x200 atau 200x200. Ibu mau yang mana?
Pembeli : Yang paling besar pokoknya....
Penjual : Yang 200x200 ya Bu....mari milih barangnya disana....

Si Ibu sudah memilih milih, bayar dan barang dikirim ke rumah Si Ibu. Ternyata.... memasukkan kasur ke dalam rumah Si Ibu sangat sulit sekali karena tinggi pintu rumahnya HANYA 180cm. Begitu sudah berhasil masuk, dan dipasang di tempat tidurnya, ternyata lagi.... kasurnya terlalu besar. Tempat tidur Si Ibu berukuran HANYA 160x200cm. 



Pesan Moral :  (1) Jangan meminta yang paling bagus, karena bisa jadi "bagus" itu relatif bagi tiap orang. Jangan meminta yang "Paling Besar" karena bisa jadi itu juga relatif.   (2) Sebaiknya tidak usah menggunakan bahasa inggris, jika tidak mengerti artinya. Banggalah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.




Pembeli : Ini ukurannya berapa ya Mbak?
Penjual :  Itu Pak... bisa dilihat di labelnya. ada ukuran dan ada harganya....
Pembeli : (membaca label) 200 x 300... ini meter apa senti?
Penjual : itu senti Pak, kalo dalam meter yaaa   2 x 3
Pembeli :  berarti 6 ya Mbak?
Penjual : (bingung nih orang ngajak tebak tebakan atau ngetes ya?) Apanya yang 6 Pak?
Pembeli :  Luasnya.
Penjual : oooo.... iya Pak.. luasnya 6.

Pesan Moral :  Karpet biasanya memakai ukuran panjang kali lebar, tidak pernah memakai ukuran Luas, karena karpet dengan ukuran 2x3, 1x6 atau 0,5x12 itu berbeda ukuran dan bentuknya tetapi luasnya sama. Baru kali itu aku menemukan pembeli yang mengukur karpet berdasarkan Luas nya. 





Yup, aku adalah seorang penjual perlengkapan rumah tangga di sebuah toko kecil, di kota kecil pula. Hal yang paling menyenangkan menjadi seorang penjual atau pedagang adalah kita bisa bertemu dengan orang-orang yang berbeda setiap hari, termasuk dengan "keunikan" nya masing masing yang kadangkala membuat kita gak habis pikir deh. Dan lucunya... meskipun kadang menjengkelkan, tapi kita masih bisa tertawa karenanya. Coba lihat cerita lucu lainnya DISINI, DISANA dan DISITU.





55 comments:

  1. Bantal yang setengah kilo ada nggak Mbak?
    Kalo ada saya mau beli 2 kilo saja

    ReplyDelete
  2. gadis kecil berbaju kuning yang berdiri di atas karpet itu di jual atau nggak ya mbak....hehe...:)

    punya toko seperti mbak elsa ini pasti seru ya....bisa ketemu banyak orang setiap hari..jadi kepengen deh...:)

    ReplyDelete
  3. itu yang Orang CAntik mau lewat berbaju kuning, dijual berapa Mba??
    Boleh kah aku beli..
    Ga pake nawar deh..

    ReplyDelete
  4. Tante Elsa..lemparin sini karpetnya 1 ajah,

    ReplyDelete
  5. Mbak elsa, itu adek kok atas gitu ati2 jatoh lho, eeh baca tulisannya kok awas asa orang cantik lewat, senyam senyum bacanya :D

    ReplyDelete
  6. suka duka jadi penjual bisa jadi cerita yg menarik ya El, coba dibukukan pasti menarik :) sukses buat lombanye :)

    ReplyDelete
  7. bukane ibu ibu biasane gitu
    minta yang paling bagus paling besar tapi paling murah..
    hehe

    ReplyDelete
  8. posting yang bagus kak elsa:)
    sukses buatttt dagangannya ya semoga bisa jadi toko yang lebihhh besar lagi:) amin...

    ReplyDelete
  9. bantal yg pillow-pillow... hihiihih...

    ReplyDelete
  10. huahahaha kocak abis. terutama yang luas nya 6 itu. masa ada orang beli karpet nyari yang ukurannay 6 meter persegi igut ya. hauahaha.

    lagian 200 x 300 ya pasti cm lah kalo 200 meter x 300 meter mana mungkin cuma segulung gitu doang. aneh2 aja ya sa... :P

    yang ibu beli kasur juga, masa beli kasur kok gak ngukur ranjangnya dulu sih. ampun.... hahahaha.

    ReplyDelete
  11. Wakakak... lucu...lucu...
    Assalamu'alikum mbak... Gimana kabarnya?
    Maaf udah lama nih baru mampir lagi

    ReplyDelete
  12. Hahaha... Kurleb sama dengan penjual mebel macam aku ya mbak. harus sabar menerangkan pembeli.

    ReplyDelete
  13. mbak aku mau beli karpet yang volumenya 6 ya hehehe. suka duka berdagang ya mbak

    ReplyDelete
  14. hehehe, aku baru tau ada orang yang nanya luas karpet XD

    hiihi, lucu aja, mba elsa :D

    aku pernah juga ngalami jualan seprai, pembeli udah nanya macem2 termasuk tawar2an harga, ga taunya ga jadi karena dia lupa ngukur sprainya yang cocok dipake di rumah yang mana. lupa kali. hahaha :D

    ReplyDelete
  15. mba, saya mau beli kasur.. tapi bayarnya boleh abis gajian ndaaaaak?

    ReplyDelete
  16. Mb..karpet yang pas untuk ukuran rumah perumnas berapa ya mb??? hhehehe

    Kalau menghadapi pembeli yg rewel dan ngeyel bisa menjengkelkan juga ya Tan, tapi itulah suka dukanya seorang penjual kalau ngak gitu ngak ada seninya...

    ReplyDelete
  17. El..aku pesen karpet yang seluas lapangan sepakbola ada ga? hihi..
    Kayaknya mengasyikan ya berdagang itu! Kita bisa mempelajari berbagai karakter orang, sekaligus uji kesabaran!

    Sukses terus dengan bisnisnya El!
    Naga-naganya..Dija bakal mewarisi bakatmu tuh!

    ReplyDelete
  18. Hihi.. ketawa ndiri bacanya.. Ada-ada aja ya ternyata ulah pembeli..

    ReplyDelete
  19. Mbak Elsa saya pesen satu ya, jangan terlalu pedas, cabainya 2 aja. Oh ya jangan lupa dikasih kecap

    #efeklaperpuasa

    ReplyDelete
  20. berbagi kata kata motivasi gan
    Masa depan yang cerah berdasarkan pada masa lalu yang telah dilupakan
    Kamu tidak dapat melangkah dengan baik dalam kehidupan kamu sampai kamu melupakan kegagalan kamu dan rasa sakit hati.
    semoga bermanfaat dapat di terima dan ku tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  21. Bwahahaha...itu yg beli kasur jadinya gmn mbak? dikembaliin atau tetap beli? parah.

    Btw itu gadis kecil yg maen2 diatas karpet gak takut jatuh sayang? :)

    ReplyDelete
  22. DISINI DISANA DAN DISITU SAMA-SAMA LUCU..XXIIIXXIIIXIII

    ReplyDelete
  23. kalau punya toko yang asik bisnis :D
    moga menang giveawaynya mbak :)

    ReplyDelete
  24. harus extra sabar ya mbak ngadepin macem2 tingkah pembeli :)

    ReplyDelete
  25. Senyum-senyum deh baca postingan ini :)

    ReplyDelete
  26. aduh Sabar Mbak Elsa..
    btw, anak kecil itu, si Baby Dija kah??
    *penasaran*

    Lucu juga sih... tapi kasian pembelinyaaa.. khususnya Ibu2 yang beli kasur ituhh...

    ReplyDelete
  27. hihihi, memang ya, apapun profesi kita pasti selalu saja ada pengalaman unik :D

    ReplyDelete
  28. he..he... sok/ an gitu ya pembelinya
    pokoknya yg paling besar ... taunya nggqk muat

    ReplyDelete
  29. mbak nglawaknya seru juga bikin ngakakak :d

    ReplyDelete
  30. hahaha...sa...beli karpet terbangnya ada ga?

    ReplyDelete
  31. klo aku biasany jujur blg mnta yg paling murah hihihi.. eh yg chicken set lucu bgt hahaha..

    ReplyDelete
  32. emang yach mbak tingkah laku pembeli itu macam-macam.....ada yg enak...ada yg nyeselin hihihiih.......itu yg beli kasur lucu juga yachh.....udah susah masukinnya...eh tau2nya salah wkwwkwk...

    ReplyDelete
  33. memang tingkah laku pembeli itu suka ajaib ya mba..hehehe..
    yang penting penjual jangan ikutan ajaib juga.. :D
    smoga menang ya mba..abis lucu ceritanya.. :)

    ReplyDelete
  34. jngklin yg bapakx.. hahaha.. msa tnya pillow pillow??

    ReplyDelete
  35. lcu bgt critax.. :D saya mw beli yg pke bju kuning..

    ReplyDelete
  36. ceritanya lucuuu mba.
    selamat ya sudah menang giveawaynya :)

    ReplyDelete
  37. mohon maaf lahir bathin dulu mbak, mumpung masih syawal :)

    ReplyDelete
  38. hahah ada ada aja yaa pembeli ..
    salam kenal ya mba ,,
    kunjungan pertama saya :)

    ReplyDelete
  39. hihihihi...bertemu dg berbagai macam karakter pembeli seperti itu pasti menyenangkan ya mba, walopun pasti kadang nyebelin jg he he

    ReplyDelete
  40. wah mbak aku benernya juga pingin punya bisnis...semoga oneday...
    heuhauehue..kayaknya menyengankan yah..itu lihat dija bisa ikutan mbak sambil kerja kan..hmm keren...menyenangkan..
    hmmm suka duka dengan beragam pembeli yah mbak :)
    sukses ga nya..

    ReplyDelete
  41. mba gimana kabar nya aku baru mampir lagi nie ,,,,

    ReplyDelete
  42. bismillahiromanirrohim . . .


    Lucu juga ea kalau setiap pembeli kelakuannya kaya gtu semua_heheheh

    ReplyDelete
  43. haahahaa ada2 aja, itu yg mungil2 pake baju kuning brp mbak? boleh dong aku mau gendongin :) :)

    ReplyDelete
  44. Pasti bapaknya yang beli bantal jadi bangga karna sekarang sudah tau bahasa inggrisnya bantal.

    Hehe plus punya cerita lucu tentang pillow,begitu pulang orang serumah dikasih cerita :D

    ReplyDelete
  45. Pasti bapaknya yang beli bantal jadi bangga karna sekarang sudah tau bahasa inggrisnya bantal.

    Hehe plus punya cerita lucu tentang pillow,begitu pulang orang serumah dikasih cerita :D

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.