Monday, January 7, 2013

Nikmatnya di-Madu





Siapapun pasti sudah tahu, madu punya banyak khasiat, obat dari segala penyakit. Al Quran sendiri sudah menyebutkan hal itu, pada surat An-Nahl 69. Tapiiii..... jujur saja, aku baru merasakan khasiatnya sebulan yang lalu, dan aku sangat sangat bersyukur Allah menciptakan madu. Benar benar maha suci Allah deh...

Berawal dari keresahan seorang emak, yang memiliki putri kecil dengan nafsu makan yang kecil pula. Duuuh, siapa yang gak stress jika anaknya cuman makan nasi maksimal lima kali suapan dengan volume suapan yang sangat kecil???

"Duuuh, kapan gemuknya kalo makannya sedikit banget Nak?"

Apalagi ketika melihat adikku menyuapi anaknya yang baru berumur 2 tahun, rasa iri begitu memuncak. Anaknya benar-benar bisa bekerja sama!!  Mudah sekali menyuapinya, segala macam makanan pun dengan lahap bisa dimasukkan ke dalam mulutnya. Waktu kutanya apa rahasianya, adikku menjelaskan tentang madu. Setiap pagi, begitu anaknya bangun tidur, sebelum makan dan minum apapun, Adikku langsung menyuapkan satu sendok makan madu. Dan efeknya... nafsu makan anaknya pun memuncak.

Aku langsung mempraktikkannya, tentu saja.... tapi ternyata tak semudah yang dikira. Dija langsung muntah begitu madunya tertelan. Belom lagi drama nangisnya Dija karena aku paksa meminum satu sendok makan madu. Berhari hari perang, berhari hari muntah... akhirnya aku berhenti. Kasihan Dija....

Lalu suatu hari, ketika ngobrol dengan seorang pembeli di toko.... si pembeli ternyata juga me-madu anaknya setiap pagi, dan anaknya subhanallaaah lemu ginuk ginuk !!!  Semangatku pun tumbuh lagi. Esoknya aku berusaha memadu Dija lagi, tapi kali ini dicampur dengan air, agar tidak terlalu kental. Jadi untuk Dija, madunya cukup satu sendok teh, dicampur satu sendok teh air putih biasa. Alhamdulillaaah Dija tidak muntah lagi. Dan Dija juga dengan sukarela meminumnya.

Efeknya???
Nafsu makan Dija meningkat.... well, tidak meningkat drastis sih... tapi setidaknya lebih gampang menyuapinya makan, kuantitas makanan yang masuk pun bisa dibilang meningkat banyak. Meskipun Dija tidak serta merta langsung jadi lemu ginuk ginuk, tapi sebagai emaknya aku sangat sangat gembira melihat Dija setiap hari makan lebih banyak dari biasanya.

Sekarang... kami berdua sedang menikmati indahnya di-MADU !!!

Emak-emak yang stress karena nafsu makan anaknya dibawah rata-rata, segera saja di-MADU yaaa....

63 comments:

  1. iya madu emang berkhasiat. kita sih cocoknya ama madu manukka. kalo lagi mulai rada gak fit, diminumin madu manukka pake lime juice...

    ReplyDelete
  2. Mudah2an Dija bentar lagi lemu ginuk2 ya ba El ;)
    Di rumah jg selalu ada madu, mesti ga dikonsumsi tiap hari, kalo ada yg kurang fit baru deh diminum biar ga jadi sakit :)

    ReplyDelete
  3. wah tante elsa itu madunya sama.
    tiap hari diminum madunya, selain nafsu makan, bagus buat kekebalan tubuh jg kan,:)

    ReplyDelete
  4. wah, ini tips berguna bgt utkku, anak ku jg gitu rewel bgt kalo disuruh makan,
    tp ada efek sampingnya gak sob? misalnya berpengaruh gak terhadap BABnya

    oya, itu madunya beli dimana?

    ReplyDelete
  5. aku dah lama kasih kanaya madu mbak elsa, kadang mau kadang enggak, tapi buat daya tahan tubuh juga bagus kok

    ReplyDelete
  6. Semoga Dija bisa meningkat nafsu makannya, biar makin sehat dan cepet gedhe.
    Untung saja Shasa gak pernah bermasalah dulu utk urusan makan memakan, sampai bingung mau stop nya. hehehe

    ReplyDelete
  7. Dija... yang rajin minum madu ya, sayanggg... Biar enak maemnya. Biar Tante Elsa gak gundah gulana lagi. :D

    ReplyDelete
  8. waahhh.. baru tau manfaat yang satu ini. patut dicoba. Anakku juga sama kayak Dija lagi susah makan. 5 suap itu udah Alhamdulillah banget... Tapi emang madu ok banget loohh.. Aku udah mraktekin buat ngilangin jerawat, tinggal di minum dengan dicampur segelas air sebelum sarapan dan minum apapun.. Hasilnyaaa.. *clig cling cling wajah makin berseri.. Jiaaahhh.hehehe :D

    ReplyDelete
  9. kalo dimadu yg satu ini sy suka mba,, tp kalo "dimadu yg lainnya" sya jawab, tidak! trimakasih!! hehe...

    ReplyDelete
  10. Makasih sharingnya Elsa..
    Jadi kepikiran mau kasih madu ke Samara :)

    ReplyDelete
  11. halahh, takkiro nek dimadu sing liyane Mbak.
    tapi kami sekeluarga juga pengguna setia madu, ehh dimadu, Mbak.

    ReplyDelete
  12. Boleh juga nieh di coba untuk kekasih saya karena memang dia nafsu makannya kurang. Biar dia kelihatan agak gemuk kalau makannya banyak. hehe

    ReplyDelete
  13. hhh saya penasaran baca updaten di madu ? kaget banget kirain dimadu yang entuh eh ternyata eh ternyata.
    Alhamulillah saya juga rutin minum campuran madu plus kurma cair dan tanpa mengkonsumsi obat-obatan maupun suplemen, alhamdulillah sehat

    Mbak, saya juga nulis balekambang loh

    ReplyDelete
  14. Aku juga dulu membiasakan minum madu setiap pagi sehabis subuh. Kalau tidak salah sunahnya kayak gitu
    Tapi sekarang kok malah berhenti minum madunya, mau dibiasakan lagi belum sempat, hehehe

    ReplyDelete
  15. Ahaaa Elsa bisa aja, jadi sejak di Madu, Dija makin lahap ya :)

    ReplyDelete
  16. utk kk Diya, di madu udh ga mempan, emg dasarnya susah bgd makan, ngedot aja kerjanya, tp aneh jg, kaka Diya trmsuk yg jarang sakit,,Alhamdulillah

    tante ikutan GA mimi dong... ya ya ya

    ReplyDelete
  17. Merk madunya sama ama yg biasa diminum di rumah. Tp Alisha walopun doyan madu, tetep aja nafsu makannya moody

    ReplyDelete
  18. uhuk#

    kalo utk orang dewasa bisa jg gak y mb? *baladabadanlangsing*
    :P

    ReplyDelete
  19. iya benar, madu berkhasiat untuk kesehatan..kalo untuk nafsu makan, tdk mempan untuk si Fai...bagus ya dija sekarang sudah gak muntah minum madu.

    ReplyDelete
  20. Aku pun pernah merasakan nikmatnya dimadu, eh? hehehe...Jadi kalo mulai berasa mau flu aku biasanya langsung minum madu dicampur air hangat, plus kumur2 garglin kalo mau tidur. Alhamdulillah terbukti beberapa kali flunya gak jadi hinggap, kalo pun kena paling dua hari udah kabur.

    Btw makasih tipsnya Mbak, kalo Naufal udah lebih dari satu tahun mau aku minumin madu jg :D

    ReplyDelete
  21. madu memang berkhasiat apalagi kalau rutin :)

    ReplyDelete
  22. heumm,senengnya dimadu..
    saya penikmat madu nih mbk kl mau tidur,biar sehat :D

    ReplyDelete
  23. tar mau nyobain ah untuk abang, soale kami juga pada kuatir ngeliat bodynya yg makin hari makin cungkring aja.

    selama ini kami padahal bermadu ria, tapi kok ya gak ngeuh ngemaduin si abang hehehe

    ReplyDelete
  24. saya bersyukur banget mbak.. anak saya, ga usah dimadu, ga usah di kasi vitamin, makannya lahap.. nyemil buahnya kenceng, cookies, kadang semuaaa juga dilahap ma diaaa.. *anakku sayang.. makasi mempermudah hidupku. :)
    Semangat terus buat Dija yaaa.. xx

    ReplyDelete
  25. baca judulnya awalnya senyum2 dimadu wah, kirain yang itu tuh mbak elsa, ternyata disangka dimadu minum madu toh :D

    pingin liat dedek dija ginak ginuk :D

    ReplyDelete
  26. duhh enaknya dimadu...bedain madu asli sm madu yg udah dicampur, gimana ya mbak??

    ReplyDelete
  27. hehehehe.......... mau coba ah..........

    ReplyDelete
  28. masih kecil sih lucu di-madu gitu, klo udah gede mah amit-amit "di madu"

    ReplyDelete
  29. dulu pas kecil aku kurus bgt. tiap hari dikasi madu jg tapi nggak gemuk2. cuma nafsu makan emang jadi edaaan. hehehe

    ReplyDelete
  30. Mudah2an doyan dimadu ya Dija;) dan nafsu makannya bertambah:) Itu linu ginuk2 apa tho artinya Mba Elsa?

    ReplyDelete
  31. aku ga pernah beli madu toko
    kalo mau pulang cuti suka nongkrong di pinggir hutan nyegat orang yang pulang nyari madu
    satu jeligen 2 liter cukup buat stok anak anak 3 bulan

    ReplyDelete
  32. hadeeehh bisa aja mbak Elsa neh :) Kirain di-madu gimana gitu hehehe.
    Syukur Alhamdulillah akhirnya nafsu makan Dija bisa meningkat, dan semoga berat badannya pun bertambah... :)

    ReplyDelete
  33. judulnya menjebak sekali :)))

    ReplyDelete
  34. asyiknya dimadu hihi... tambah enak kalo madunya langsung diambil pas msh ada tawonnya :D #cariPerkara

    ReplyDelete
  35. alvin makan banyak mbak, minum madu juga tapi tetep kecil :) Dija bentar lagi ultah ya barengan alvin yuk

    ReplyDelete
  36. alhamdulillah kalau dija dah lahap karena madu.. mungkin karena dija tinggi (setelah liat foto diblog dija) jadi keliatan langsing tuh, padahal berat badannya kmungkinan ideal hehe

    ReplyDelete
  37. sama kayak persediaan madu di rumah mbaa..

    kalo saya belum rutin madu-in fayyadh, kalo pas lagi inget atau pas fayyadh lg keliatan agak kurang sehat baru dimadu..

    hehe

    ReplyDelete
  38. baca judulnya langsung bergidik hehee..
    Madu memang nikmat dan bermanfaat....

    ReplyDelete
  39. wah...ternyata dimadu bisa bikin nafsu makan meningkat ya... Berlaku utk orang dewasa jg gk ya? ;)

    ReplyDelete
  40. Dulu waktu ina kecil.....aku minuminnya sari kurma.....lumayn manjur juga utk menambah nafsu makan......tp skrang udah ngga pernah diminumin lagi.....emaknya males hihhjj.......klo dd walu ngga dikasih madu nfsu makannya udah tinggi....apalagi kalo lauknya ayam kentucky......wuih bisa nambah 3 kali heheheheh.....

    ReplyDelete
  41. Mauu dunk madunya, lha kebetulan persediaan madu di rumah brsn habis neh. Dan kebetulan juga jenis madu yg saya br habs sama neh..

    ReplyDelete
  42. setuju banget dengan khasiat madu..

    kalau aku setiap bangun pagi langsung ambil aer putih terus dicampur dengan sesendok madu al-shifa terus diaduk dan diminum deh. that's how i start the day!

    ReplyDelete
  43. ga tau mau komen dimana pada postingan terkini.. >.<

    Lagi galau ya mbakkk.. Anne Hateway, cantik banget di film itu ya..
    Saya belum nonton ... bagus kah filmnya?

    ReplyDelete
  44. nanti akan saya saranin tips me-MADU ini ke kakak ipar saya mbak, sama kakak saya, anak2nya lumayan susyaaaaaaaaaah makan..makanya anak2nya kuyus2 -.-"

    ReplyDelete
  45. ok laah akan saya ikuti tipsnya :D
    tapi kalo buat ngurangin nafsu makan apa yaaa ???

    ReplyDelete
  46. aku dari dulu suka madu mbak.....
    kinan, tidak terlalu suka jadi aku campur pake air putih meminumkannya..bersama propolis...
    alhamdulilah makan lumayan sekarang..cuman ya gitu badannya ya segitu gitu aja..mungkin dah pawakan kali yah..susu juga lumayan...
    jadi terima pasrah selama emang sehat...
    hmm jadi malu nieh saya mbak ...emaknya ginuk ginuk..lemaknya nggak ilang ilang..anaknya kecil mungil..tapi gimana lagi..hehehe...
    Tos nieh kita sama sama suka dengan madu..:)

    ReplyDelete
  47. wah mantap tuh, kalo saya suka susu murni yang hangat lalu dicampur madu, diminum habis isya'an, hmmm... bangun tidur rasanya seger....

    ReplyDelete
  48. Madu emang banyak khasiatnya El, Dini kalau batuk mbak kasih madu udah lumayan berkurang

    ReplyDelete
  49. Sepertinya patut dicoba nih madu yang ini.. :)

    ReplyDelete
  50. Madu memang banyak khasiatnya, dan bagus untuk anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.

    ReplyDelete
  51. Madu selain enak rasanya banyak juga manfaatnya.

    ReplyDelete
  52. Suatu informasi yang semua orang harus mengetahuinya.

    ReplyDelete
  53. Susu bubuk full cream atau instan juga enak kalau dicampur madu putih sumbawa (buat pengganti gula).
    Rasanya jadi mirip susu cair kemasan siap minum,agak manis dikit tapi tidak terasa madu.

    ReplyDelete
  54. Kak Vales aja udah 5 tahun makannya juga cuma 5 sendok kecil. Jarang-jarang bisa lebih dari itu. Dan itupun cuma sekali sehari. Sisanya makan kue-kue atau mie (bukan mie instan). Tapi setiap minum susu selalu dikasih madu, trus mau bobo minum vitamin. Alhamdulillah, meski nggak gemuk Kak Vales sehat dan jarang banget sakit. Lagian gimana mau gemuk, emaknya aja kuyus beginih..

    Yang penting sehat ya Dek Dija.. Kiss kiss dari Kak Vales n mama...mmuuaahh..

    ReplyDelete
  55. Bismillah, Madu selain enak banyak kebaikan di dalamnya,..

    Madu Tongkat Arab

    ReplyDelete
  56. Judulnya bagus, Nikmatnya di madu,....ternyata madu emang nikmat.

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.