Friday, December 21, 2012

Hitam Manis



Aku bertemu si Hitam Manis ini di alun-alun Jombang, ketika Aku dan Dija bermain-main disana. Memberi makan ratusan burung merpati, mengejar-ngejar mereka, dan berlarian di rerumputan. Saat Kami kelelahan, seorang wanita berdandan pengemis menghampiri kami, tangan kirinya menggandeng seorang anak kecil seumuran Dija, mari kita sebut dia Si Hitam Manis.

Sebenarnya aku paling benci dengan orang-orang yang berdandan pengemis dan memakai anak-anak sebagai atributnya. Jaman sekarang, pengemis bukan sebuah keterpaksaan, tetapi sebuah pilihan profesi. Banyak orang orang mampu tapi malas yang lebih suka bekerja sebagai pengemis. Dan membawa bayi atau anak anak sebagai atributnya sama saja dengan mendidik mereka, menjadikan mereka calon-calon pengemis masa depan. Yah... lupakanlah saja masalah sosial yang satu itu.... karena aku jatuh cinta pada Si Hitam Manis.

Kulitnya legam terbakar matahari, kakinya kotor karena menyapu debu jalanan. Bajunya benar-benar lusuh, tapi aku bisa melihat betapa lucu model tuniknya jika saja sudah dicuci bersih, sementara celana birunya tampak sedikit kebesaran. Mungkin celana itu dulu milik kakaknya, dan kini menurun padanya, sebuah warisan, sebuah lungsuran. Rambutnya hitam keemasan karena kurang protein tampak sangat tipis dan kering mengingatkanku pada rambut jagung, warnanya sungguh mirip. Cara ibunya mengikat rambut Si Hitam Manis sempat membuatku tersenyum senang, modelnya lucu sekali. Jabrik-jabrik berdiri ke atas, persis seperti bunga terompet yang mencari sinar matahari. Matanya jernih sekali, menatapku tajam namun tak menghakimi. Dia melihatku mengutak-atik lensa kamera, dan diam saja ketika aku memotretnya. Dia mungkin belum pernah melihat kamera seperti itu, keingintahuannya bisa aku rasakan. Aku sempat tersenyum, berharap dia tersenyum juga meskipun malu-malu. Ternyata harapanku meleset, dia tetap tenang didepanku, sambil tetang menggandeng tangan ibunya.

Aku lihat Si Hitam Manis... dia benar-benar cute, dia benar-benar cantik. Meskipun tanpa gaun yang indah, meskipun tanpa senyuman di wajahnya, aku bisa melihat kecantikannya. Dalam hati aku hanya bisa berdoa, semoga dia punya masa depan yang cerah dan seribu keberuntungan menunggu di depannya. Kelak bisa saja dia menjadi Oprah Winfrey, pembawa acara kaya raya dengan masa kecil yang sangat sangat kelam. Atau Halle Berry, aktris cantik jelita pemenang oscar yang juga punya masa kecil kurang bahagia. Who knows...

Semoga Allah mengabulkan doaku....

62 comments:

  1. Semoga do'anya terkabul ya mbak.
    kasihan sekali anak sekecil itu diajak mengemis

    ReplyDelete
  2. Aamiin.. semoga si Hitam Manis tidak mengikuti jejak ibunya..
    Mata anak kecil memang selalu indah karena belum ternoda oleh dosa..

    ReplyDelete
  3. Mbak Elsa mahir sekali mengambil pose2 yang bagus. saya kagum, ajarin donk Mbak, saya lupa, kamera mba Elsa, merek apa ya :p

    Nice shoot, I agree, She is so cute and pure... :)

    ReplyDelete
  4. blognny bnyk bgt kak ahahah saya sempat bingung

    kak dian pelangi donk, cantik ya kak ^_^ :)
    .makasih sudah berkunjung, btw blognya yng manas ya sempat bingung.

    ReplyDelete
  5. heummm,,,rambutnya itu merahkah???*bule maksudnya :D

    aminnn,,,

    ReplyDelete
  6. Amiiiinnn...
    Rambutnya kebakar matahari ya hehe.
    Ketoke ama aku isih ireng aku, lalalala~

    ReplyDelete
  7. Suka nggak tega kalau lihat anak kecil yang dijadikan "properti" dalam mengemis.
    Dan belum tentu yang menggandeng itu adalah ibu ataupun kerabatnya.

    ReplyDelete
  8. Mantap..
    Kunjungan spesial untuk mu..:)

    ReplyDelete
  9. Saya setuju, anak itu memang cantik. Semoga jalan hidupnya jauh lebih baik di masa mendatang :)
    Itu rambut pirang bukan karena diwarnain ya? Soalnya ada anak tetangga saya yang memang sengaja diwarnain ortunya :D

    ReplyDelete
  10. amin ..

    rambut jagungnya lucu, apalagi diiket kayak gitu.
    bulat matanya juga bagus ..

    ReplyDelete
  11. Aamiin yra, semoga si hitam manis memiliki pemikiran dan nasib yg lebih baik dari orgtuanya. Penasaran, mungkinkah si hitam manis dibuatin tunik baru sama mbak Elsa? hehehe...

    ReplyDelete
  12. Amin..tapi benar Kak, fotonya Hitam Manis lo,,

    Jujur setiap gambar yang diambil oleh Kak Elsa apik-apik kabeh,,

    ReplyDelete
  13. Aamiin,,Insya Allah kebahagiaan buat si anak kelak...
    #sedih

    ReplyDelete
  14. amiin, semoga anak itu akan menjadi orang besar dan selalu di jalan yag diberkahi Allah.

    ReplyDelete
  15. so cute... yah nasib orang siapa yang tau ya... :)

    ReplyDelete
  16. Aamiin...semoga si hitam manis kelak tidak meneruskan profesi pilihan ibunya ya mba El..

    ReplyDelete
  17. rambutnya dikuncir empat keatas

    mirip matahari 'eh :D

    ReplyDelete
  18. she's so freaking cute!! semoga masa depannya bisa cerah dan membahagiakan orang tuanya. amen :)

    ReplyDelete
  19. Keadaan sekarang tak akan sama dengan keadaan beberapa saat lagi, namun keadaan nanti tentunya dipengaruhi keadaan sekarang. semoga kebaikan akan senantiasa menghampirinya, sampai sesuatu yg lebih baik akan ia dapatkan.aamiin

    ReplyDelete
  20. Klo di jkt bnyk anak2 lucu yg dibawa2 ngemis, katanya itu disewakan gitu ckckck... Jaman edan

    ReplyDelete
  21. Entahlah...
    Entah apa yang ada dipikiran para org tua yang dengan seenaknya memanfaatkan anak-anak mereka dalam mencari uang. Mencari simpati orang melalui si kecil dalam gendongan...

    Anak kecil itu memang manis, polos dan apa adanya.. Dia juga mgkn gak ngerti dengan tatapan kasihan, tatapan iba, tatapan risih bahkan tatapan benci org2 disekitarnya.

    ReplyDelete
  22. Amiiiinnn ...
    semoga kehidupan si Hitam Manis nanti ...
    akan manis adanya ...
    Tak perlu mengemis lagi ...

    salam saya

    ReplyDelete
  23. amin...
    kalau dibilang benci dg org yg ngemis2 trus bawa anaknya sih enggak. sebel kdg sedikit terbersit, cuman saya balikin lagi ke niat awal-kalo memang pgn ngasih ya saya kasih dan sebaliknya. Tapi setiap melintas dan kebetulan berhenti di lampu merah, saya nggak mau ngasih sama anak2 yg ngemis2 itu-dan saya jengkel sekali karena ada diantara mereka yg berkata2 kasar (nggak sengaja denger nih mbak critanya).


    saya selalu mendoakan untuk mereka yg minta2 itu semoga diberi rezeqi yg halal yg lbh baik dr pekerjaannya sekarang (ngemis).


    oh iya, saya heran-ada beberapa kali nenek2 yg ngemis, pakaiannya layak nggak compang camping, bawa payung bagus, tas cangklong bagus-tapi semangat ngemisnya luar biasa...padahal sudah tua, kenapa ya?

    ReplyDelete
  24. sering banget ketemu anak2 yang diajak mengemis, enggak tega ngeliatnya...

    ReplyDelete
  25. Betul tuh. Modus menggunakan anak untuk mengemis disini banyak bgt sa. Ga tega liatnya. Klo untuk doamu aku jg cm bs ikut mengaminkan. Kasian adik2 seperti itu diluar sana.

    ReplyDelete
  26. Dari raut mukanya terpancar semangat..
    hanya keadaan yang membuat dia seperti ini..
    semoga ke depan do'a nya di aminkan...
    dan sy pun turut mengaminkannya

    ReplyDelete
  27. aamiin. semoga orangtuanya bisa menuntunya ke jalan yg benar.........

    kehidupan di luar sana sangat keras

    ReplyDelete
  28. Aamiin, semoga diberikan yang terbaik untu si hitam manis ya mbak

    ReplyDelete
  29. amin,.....
    item'e sepur kan akeh ceng ngenteni nduk..hehehe

    ReplyDelete
  30. klo aku bilang anak ini eksotis.. hihi..

    aminn.. smoga masa depannya indah.. :)

    ReplyDelete
  31. Semoga Allah mendengar doamu El,!

    Jadi inget lirik lagu Iwan Fals:
    "..Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu,
    Dipaksa pecahkan karang, lemah jarimu terkepal..."

    ReplyDelete
  32. tapi bener sih.. pas saya liat2 lagi, dia emang cute banget. semoga doa mbak terkabul ya. saya juga sering liat anak jalanan, yg cowok, dan lucu2..

    ReplyDelete
  33. Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim... wah cantik banget, anak siapa sih ? :D

    ReplyDelete
  34. Amin Ya robbal Alamin
    btw gimana kabar dija mbak?
    pasti udah gede :)

    ReplyDelete
  35. amin smeoga saja doa kita semua di kabulkan
    al-fatihah

    ReplyDelete
  36. salam kenal mas bro, minta backlinknya ya :D, saya tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  37. ciiiwwwww...........manteppp kasian kadang yang diperempatan lampu merah,,,hemmm mau gimana lagi, kita cuma bisa berdoaa

    ReplyDelete
  38. Amiin
    Di pertokoan Jombang juga banyak nich yang minta-minta padahal masih muda2 lho.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  39. Masih banyak ya pengemis yang membawa-bawa anak kecil utk memancing rasa kasihan...
    Semoga doanya terkabulkan mbak. Aamiin.

    ReplyDelete
  40. Aamiin.. Yup, everything is possible, sist.

    ReplyDelete
  41. Semoga terkabul do'amu sist :)

    Semoga masa depan semua anak negeri ini makin baik dari hari ke hari.

    ReplyDelete
  42. Anak-anak masih polos, mudah menyerap lingkungan sekitar, dan menerima pengaruh yang turut membentuk cara berpikir, cara menilai, cara memandang sesuatu..
    Dengan "pendidikan" di jalanan semacam itu..ada yang baik ada yang tidak baik. Semoga yg baik mampu mengatasi yang tidak baik.

    ReplyDelete
  43. hadeweh, aq bingung jwe blog yang musti tak komen.
    hadewh mbak...
    blognya banyak banget, :D

    eh ntu anak kecil kok keren yak?
    menurut q dia nggak hitam, tapi cantik.
    pasti dewasa nanti jadi rebutan cowok2 :D

    ReplyDelete
  44. Si Hitam manis ini beneran cantek ya. Aku sering juga ketemu anak-anak pengemis begini di halte bus. Kadang ada yang beneran anaknya, kadang ada yang bukan. Bisa tahu, karena setiap hari nongkrong di situ. :p

    ReplyDelete
  45. Aamiinn... Aku juga kadang terenyuh kalo melihat orang tua yg sudah mengarahkan anaknya seperti mereka (=pengemis)... Doa ku selalu utk hari yg lebih cerah ceria dan bisa menikmati masa kanak2nya tanpa harus 'membantu' orangtua nya dlm mencari nafkah...

    ReplyDelete
  46. waaa kasian yaa .. kalo masih kecil udah di kasih tau duni begituan !! kan ga seharus nya juga seperti orang tua nya ..
    semoga aja di tahun 2013 ini tidak semakin banyak yang seperti ini ya :)

    ReplyDelete
  47. bener banget mbak Elsa....anak ini memang bener2 cantik....aamiin ...mudah2an masa depannya nanti cerah...secerah wajahnya.....

    ReplyDelete
  48. iya mbak cantik je itu si hitam manis...tidak terawat dan berada di panas panas aja seperti itu apalagi kalo terawat...
    hmm semoga diberi petunjuk untuk orangtuanya diberikan perkerjaan yang baik..
    eh mbak btw asli penasaran banget ..ini mbak elsa masih pake canon ixus atau dah ganti DSLR neih dari dulu penasaran saya belom terjawab dari bromo postingan itu..

    ReplyDelete
  49. Wah...aku justru kalo lihat anak kecil yang digendong di perempatan Rampal Malang malah suka sedih lho..kasihan kan kepanasan... makanya ya kita suka ga tega kalo ga ngasih...

    ReplyDelete
  50. amin , semoga doa"nya bisa terkabulkan yang sbar dan byk berdoa

    ReplyDelete
  51. Kalau bertemu peminta-minta yang modusnya bawa anak-anak atau balita dikasihnya kue aja mba, jajanan, atau minuman" kecil buat pengganti uang. Pasti anak kecilnya lebih seneng :)

    “Yang pasti jangan sampai ketika sampai rumah kita merasa menyesal karna urung berbagi atau berbuat baik”

    Semoga seluruh do'anya dikabulkan. Amin

    ReplyDelete
  52. Salam Silatuhami dari Layanan Aqiqah Bandung

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.