Thursday, December 6, 2012

Ciplukan - "Physalis Angulata"

Namanya Cipluk'an. 
Sejak kecil aku menyebutkan begitu.  Masa itu, setiap kali ke sawah, aku selalu mencari buah yang tertutup kelopak ini. Rasanya manis asam, seperti tomat, seperti carson fruit, tapi berbeda... rasanya unik. Subhanallaaaah....






Namanya Cipluk'an.
Yang aku tahu, buah ini tidak memiliki nilai komersil sama sekali di Indonesia. Tapi ketika berkunjung ke Zhangjiajie China tahun 2009 lalu, aku mendapati banyak kios penjual buah-buahan di sana menjual Ciplukan. Aku terpana luar biasa, melihat mereka menjualnya kiloan, dan melihat ukuran ciplukan di sana dua atau bahkan tiga kali lipat ukuran ciplukan di Indonesia. Subhanallaaah







Namanya Cipluk'an.
Ternyata buah lucu ini punya nama latin Physalis Angulata.
dan Subhanallaaaaah...... ternyata buah ini memiliki banyak khasiat... di buahnya, di daunnya, di batangnya, di akarnya.... Tak percaya? Coba tanyakan Mr Alamendah  tentang khasiat Ciplukan ini.





Namanya Cipluk'an.
Sejak kecil hingga kini, aku menyebutnya begitu... Sejak kecil hingga kini, aku menyukainya.
Bagaimana teman-teman menamai buah kecil ini??




63 comments:

  1. waktu sd msih sering liat buah ini, tapi lupa apa nyebutnya waktu itu hehe.
    Btw baru nyadar ada yg berubah dgn nama blogmu, apapun makna dibalik itu, semoga esok selalu lebih baik..amin

    ReplyDelete
  2. Dulu nenek saya sering minum jamu rebusan ciplukan. Kalo sekarang susah nyarinya. Udah mulai langka di kampung saya.

    ReplyDelete
  3. ditempat saya namanya juga ciplukan mbak...

    waktu saya masih kuliah di jogja , saya sering menjumpai buah ini di jual di pasar beringharjo lho mbak, harganya murah..temen kost saya dulu sering membelinya.

    ReplyDelete
  4. ciplukan juga nyebutnya...
    buah masa kecilku juga ini...main sambil nyari buahnya yang matang ...seruuu deh

    ReplyDelete
  5. sama namanya di kampungku sana juga ciplukan

    mbak lagu di blogmu ini judunya apa ya ? suka aku

    ReplyDelete
  6. Aku juga nyebutnya ciplukan, ceplukan...
    Jaman dulu di Jogja becandaannya lalalala bunuh diri di pohon ciplukan, bukan di pohon cabe :D

    ReplyDelete
  7. Wah.... sekarang aku sudh jarang lihat pohon itu Mba. Jadi mungkin untuk anak-anak sekarang akan heran melihat bentuk buahnya kali ya Mba ?

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  8. baru tau ada pohon ciplukan, belum pernah liat sebelumnya.. hhhmm atau mungkin sebenarnya byk di sekitar rumah tapi aku yg gak ngeh kali ya hehe

    ReplyDelete
  9. Kalo d kampung sy namanya bebendot mba...
    Tp kayanya skarg sdh jarang ya...

    ReplyDelete
  10. Aku melihatnya seperti lonceng,..

    ternyata ini sejenis buah yg bermanfaat ya, aku pikir dulu serupa dgn bunga berbentuk lonceng.

    selamat pagi mba,...:)

    ReplyDelete
  11. di kampung saya ini namanya " Pultak - pultak" aneh kan. gak kok. sepertinya nama itu diberikan karena setiap kali pembungkus buahnya itu dipencet, bunyinya "tak-tak" gitu. ngaco gw ya. :)

    ReplyDelete
  12. aku sering liat tanaman ini tp g tau bisa dimakan ^^ lain kali klo nemu mau nyobain deh

    ReplyDelete
  13. jaman kecil dulu pernah liat tanamn ini Elsa, sekarang dah gak pernah lagi....

    ReplyDelete
  14. jaman kecil dulu pernah liat tanamn ini Elsa, sekarang dah gak pernah lagi....

    ReplyDelete
  15. wow masih ada yoo mbak ciplukan, dulu seneng banget lho nyari ciplukan sama anak-anak gitu, eeh sekarang udah sulit nyari pohonnya mbak :D

    ReplyDelete
  16. Ternyata ciplukan masih ada to? Shasa belum pernah lihat nih...

    ReplyDelete
  17. saya baru liat ni buah. hehehe. belum pernah makan juga

    ReplyDelete
  18. Baru jalan2 lagi :)
    Wah ngga tau mba els >.<
    kalo disana dijual dsni mgkn ekspor aj ksana :D

    ReplyDelete
  19. Sama mbak
    Di tempatku juga kami nyebutnya ciplukan
    dan masih ada sampe sekarang, kadang suka nemu di kebon :D

    ReplyDelete
  20. Ciplukan emang mantap rasanya, waktu SD sering cari di kebun-kebun. Dlu masi banyak. Sekarang kl mw nyari ciplukan di Jakarta dimana yaaa???

    ReplyDelete
  21. hi hi hi..jadi ingat masa kecil..berburu ciplukan di kebun ya jeng.

    Sekarang kayaknya sudah langka, diganti rambutan dan jambu bangkok.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  22. aku sering lihat buah inih...
    tapi baru tahu kalo nama nya ciplukan...

    enak kah rasanya???

    ReplyDelete
  23. di indonesia ciplukan dijadiin tanaman obat.

    ReplyDelete
  24. it's my favourit fruit.......... masih ada kok dilahan-lahan yg subur dan penuh bahan organik.


    salaman,
    http://tanibertani.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. kalau dikung saya namanya sepu sepuk
    tp ada yng bilang pupus yang mana yang bener

    ReplyDelete
  26. Saleum,
    Ditempatku dinamakan terong selimut mbak, Atau biasa disebut dgn tawuang slimuik. Aku suka sekali mencicipi buahnya tatkala sedang bermain di sawah. Namun sekarang sudah jarang ada terlihat sebab banyak areal persawahan dirombak untuk didirikan ruko

    ReplyDelete
  27. aku baru tau buah ini mba El, belom pernah nyicip jg :(

    ReplyDelete
  28. aku baru tau ada buah ini. DI Indonesia emang ada ya? **penasaran mau belusukan cariin**

    ReplyDelete
  29. Di kampung saya namanya CIMPLUKAN...buah ini pula yang kerap dicari anak saya ketika berada di sawah...salam:)

    ReplyDelete
  30. makasih banyak mbak ,,,,,,,,
    saya belum tau ciplukan baru sekarang hehe :D

    ReplyDelete
  31. kalo di tempatku (Ciamis) itu buah namanya cecendet mb.Elsa,,, sekarang udah jarang, dulu sering banget nyari cecendet di pinggir sawah.. seru pokoknya rebutan sama temen2 hehehe

    ReplyDelete
  32. waktu sd msih sering liat buah ini, tapi lupa apa nyebutnya waktu itu hehe.
    Btw baru nyadar ada yg berubah dgn nama blogmu, apapun makna dibalik itu, semoga esok selalu lebih baik..amin

    ReplyDelete
  33. ooooo, namanya ciplukan yaa.. lucu. dulu pernah lihat sekali, entah dimana, sekarang diingatkan.. hehhe.. Mbak, cameranya bagus deh. :)

    ReplyDelete
  34. Hahaha malu sendiri rasanya, buah di Indonesia tp aku sendiri nggak pernah tau :p
    Tau2 ini dari mbak Elsa.. jadi penasaran ih pengen nyoba. Tapi sekitaran Malang atau Sby, aku kok nggak pernah lihat ya mbak? Hm..

    ReplyDelete
  35. sudah lama tidak berkunjung ke sini
    apa kabarnya kak??
    apa kabar princess dija??and family nya??

    ReplyDelete
  36. huaaaaaa aku lupa nama buah ini
    dulu juga sering makan ini kalo lagi cari burung di semak2

    maaf lama tak berkunjung kemari
    aku pindahan

    ReplyDelete
  37. Ditempatku ngga ada mbak pohon ini...........adanya pohon cherry doank...baru tau trnyata buah itu bisa dimakan yach mbak....tp sayang yach skrang pohonnya udah langka

    ReplyDelete
  38. saya nyebutnya cepluk'an mbak Elsa, beda "i" aja hehe.

    wahh, penasaran yg di Cina kok bisa sampai lbh besar ukurannya, kira2 apa dipupuk? buah ini juga favorit saya pas jaman SD dulu selain kersen tentunya. emang biasanya nemu di sawah, senengnya itu pas ngebuka kulitnya trus kedapetan cepluk'annya gemuk gitu...waaaa kangennnn

    ReplyDelete
  39. Ya itu ciplukan mbak.
    Di Atlanta juga ada, tepatnya dijual di Farmer Market, dan lebih besar dari ciplukan di Indomesia. Kira kira sebesar tomat.

    ReplyDelete
  40. Buah ini msh byk di jual di pasar bringharjo jogja, aku pernah nyicipin tapi gak suka jadi gak beli, hehe..

    ReplyDelete
  41. berbagi kata-kata motivasi mas broo.
    Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
    semoga bermanfaat salam kenal di tunggu kunjuannya :D

    ReplyDelete
  42. kunjungan pertama nih,,, salam kenal ya!!

    ReplyDelete
  43. memang bener tanam sperti itu bisa membantu dalam proses pengobatan asam urat kalo kaga salah.

    ReplyDelete
  44. mantap info nya sangat bagus,,,,,,,,,
    dan salam kenal aja ,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  45. makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

    ReplyDelete
  46. wadohhhhhhhhh mbak gambar ceplukanmu mengingatkanku pada betapa nikmatnya dan mak nyusnya ceplukan ini...mengingatkan masa kecilku berburu ceplukan di kebun ...waduhhhhhh kangen..udah berapa tahun ini tak makan ceplukan...hiks...

    ReplyDelete
  47. kalau di tasikmalaya namanya cecenet, tanaman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan

    ReplyDelete
  48. aku suka dengan tanaman itu terlihat indah dan unik

    ReplyDelete
  49. klo gak salah dulu waktu Bapak sakit, sering direbusin buah ini terus airnya Beliau minum.
    klo gak salah bisa buat diabetes ini Mbak, Bapak dulu diabetes soalnya..

    ReplyDelete
  50. wow ini buah kesukaanku di purworejo wates masih banyak kok pohn cimplukan ini,buat yang mau nyicip n nyari gratis dtangb aj kesini ada 2 macem loh cimplukan itu cimplukan biasa yang buahnya bisa besar n manis dan ada yang gak bisa besar buahnya dan rasanya kaya nanas,,,,


    i like it.

    ReplyDelete
  51. sepintas terlihat hanya seperti daun ya.

    Jasa SEO

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.