Monday, December 22, 2014

its kinda (not really a) DILEMMA


Hari ini aku bikin satu judul baru di blognya Dija. Judulnya adalah Today I'm Wearing.  Ide awalnya adalah saat melihat begitu banyak foto Dija yang asal foto aja gitu, tanpa konsep, tanpa ada peristiwa yang melatar belakanginya. Foto foto asal jepret itu menumpuk begitu saja, karena mau dimasukin blog, tapi kok gak mengandung "cerita". Kemudian aku melihat beberapa waktu belakangan ini lagi ngetrend istilah OOTD alias Outfit Of The Day. Aksi OOTD ini gencar dilakukan oleh fashion fashion blogger yang stylish dan pastinya keren. Caranya cukup simpel, hanya mengapload foto seluruh badan untuk menampilkan secara lengkap busana apa yang dipakainya hari itu. Cara main berikutnya adalah dengan memberikan keterangan lengkap, brand brand apa aja yang dipakai from head to toe, dari atas sampai ke bawah. Misalnya, baju atasan merk apa, baju bawahan merk apa, tas merk apa, asesoris merk apa aja, dan lain sebagainya.

OOTD yang dilakukan banyak fashion blogger terkenal akhirnya mendapatkan respon dari brand brand tertentu. Karena pada akhirnya brand-brand ternama melihat OOTD para fashion blogger itu merupakan sarana promosi yang paling efektif. Yang terjadi kemudian adalah, pemilik brand fashion akan mengirimkan secara gratis barang barang terbaru mereka ke fashion blogger yang dirasa pantas untuk mempromosikannya. Sang fashion blogger pun dengan senang hati akan memamerkan barang baru itu dalam aksi OOTD nya. Semacam simbiosis mutualisme ya...

Fashion blogger yang sudah punya nama bahkan bisa menjadikan "simbiosis" itu tadi menjadi profesi tetapnya. Seperti fashion blogger yang selalu aku kagumi foto fotonya, si Alyx dari Perancis. Coba kunjungi blognya di Cherry Blossom Girl.  Foto fotonya menakjupkan. Gaun gaun dan segala pernak pernik yang dipakainya selalu tampak luar biasa indah. Everything looks good on her. Dia bahkan berkeliling dunia mengunjungi banyak negara, yaaa dari undangan brand brand ternama. Mereka mengundang si Alix ini dengan tujuan agar Alix nanti menuliskannya di blog, sebagai promosi. Hebat kan? aku ngefans banget sama blognya si Alix ini.

Nah, dari situ... muncul ide, kenapa gak jadikan foto foto Dija yang menumpuk tak berkonsep tadi menjadi semacam OOTD?
Tahu majalan VOUGE kan? Majalah fashion vouge (versi inggris) yang bisa dikatakan seperti kiblat fashion dunia ini bahkan punya segmen khusus OOTD para model ternama. Segmen itu diberi judul Today I'm Wearing.

Mencontek istilah yang dipakai oleh situs VOGUE.UK, maka jadilah postingan Today I'm Wearing ala Dija. Hehehhee.....  Harapanku membuat OOTD versi Dija ini, selain memanfaatkan foto foto yang terbengkalai tadi, juga pingin bisa mengambil foto Dija sebaik foto foto milik Alix yang cantik itu. Tentu saja levelnya Dija masih jauuuuuh dibanding Alix, seujung kuku pun belom bisa menyamainya. Tapi, meski begitu semoga segmen OOTD di blog Dija ini membuatku bersemangat ngeblog lagi, bersemangat belajar foto foto Dija lagi.

Today I'm Wearing versi Dija, sekali lagi memang pada dasarnya OOTD. Seperti yang aku jelaskan di atas, bahwa cara mainnya selain mengupload foto busana yang dipakai hari itu, juga menyebutkan merk-merk yang dipakai. Sebenarnya tidak harus branded. Diana Rika Sari dulu bahkan sering menyebutkan bahwa busana yang dipakainya adalah warisan sang nenek, tas yang dikenakan adalah warisan ibunya, atau rok yang cantik ternyata dia jahit sendiri. Intinya hanya menyebutkan, tak masalah itu barang branded atau tidak.

Yang menjadi masalah adalah.... ketika ada orang yang melihat segala sesuatu dari kacamata negatif. Ada kalanya kita bermaksud baik, tapi orang lain menilainya buruk. Pernah mengalaminya juga kan?Aku sih berdoa, pinginnya OOTD versi Dija nantinya tidak direspon negatif. Hmmm... gimana jelasinnya ya.... sebenarnya yang kumaksud adalah ini :




Please,... Tell me what you think.

Komentar si anonymous itu dengan indahnya nongkrong di blog Dija pada postingan Picnic. Terima kasih sekali buat Anonymous yang ini, yang sudah menjadi silent reader, yang sudah sangat sangat memberikan perhatian khusus pada blog Yellowlife maupun blog Dija dengan caranya sendiri. Terima kasih juga untuk peringatannya. Kalau boleh request sih, ya Mbak atau Mas Anonymous... next time kalo mau komen lagi, di blog Yellowlife aja. Karena Dija ... sama sekali gak ada kaitannya dengan anda.

Beberapa teman blogger menyarankan, untuk menghapus komentar Anonymous itu, karena dinilai membawa semacan hawa negatif. Ada saran juga untuk mengubah settingan komentar, agar bisa disaring dulu sebelum tampil di blog. Terima kasih untuk sarannya, tapi untuk sementara ini aku belum berkeinginan mengubah settingan komentar. Monggo siapapun yang ingin berkomentar, baik dan buruk. Asal jangan promosi obat-obatan yang tak sopan.

Well... balik lagi ke OOTD nya versi Dija, karena masalah yang ditimbulkan oleh anonymous inilah aku memutuskan untuk tidak menjalankan syarat kedua dari aksi OOTD, Aku tidak akan mencantumkan Dija pakai apa saja hari itu. Apakah baju mahal beli di mall, atau pakai baju murah beli di pasar tradisional. Nope. Aku hanya akan memajang foto Dija. thats it.

Semoga Today I'm Wearing nya Dija akan mendapatkan respon yang baik dari teman-teman blogger. Aaamiiin.....



66 comments:

  1. biarin aja lah itu si anonim, sirik tanda tak mampu. hahahaa..
    yg penting niat kita insyaallah baik.
    Dija juga pake apa aja cocok & difoto gaya apa aja bagus, emang dasarnya fotogenik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. setujuuuhhhh....
      sirik tanda tak mampu.

      seperti aku yang sirik ke Mila, kerjaannya jalan jalan melulu.
      pingiiiiin bisa menikuti jejakmu Jeng!

      Delete
    2. Haelah, rempong amat sih ya yang komen itu. Rempong beneeerr ngurusin hidup orang lain semacam hidupnya sendiri udah paling sempurna.
      Kalau menurut aku sih mba, blog itu media menulis yang paling membebaskan kita. Mau nulis apa, mau post foto kita, terserah kita sendiri. Kalau pembaca suka, ya mereka tinggal baca blog kita. Kalau pembaca ga suka, ya tinggal tutup laman blog kita. Gitu aja kok susah.
      Aku juga pernah dapet komen-komen nggak enak selama nulis cerita 4 Hari Untuk Selamanya di blog, akhirnya aku moderasi kolom komentarnya. Tapi walau komennya nggak muncul, perasaan nggak enak dan sedih tetep muncul sih karena komen negatif semacam itu. Kalau udah kayak gitu, aku selalu inget tujuan awal aku nulis. Untuk berkarya, untuk berbagi cerita, untuk menjadikan kenangan akan perjalanan yang aku lakukan.
      Jadi, mbak Elsa nggak usah kepikiran banget ya. Inget aja pepatah lama, haters are true lovers.

      Delete
  2. aku juga sering diserang ama anonim mbak, tapi tak biarin aja soale lama2 dia capek sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng mengetahui, ternyata si anonim tidak hanya membuat masalah disini,
      ternyata eh ternyata... anonim membuat masalah dimana mana....

      terima kasih tips nya

      Delete
  3. hahahah itu anymous nya sebenernya ngiri ajah mbak, biarin ajah orang bilang apah, lakuin yang mbak senang, kan blog untuk berbagi kesenangan dan informasi bukan maksud bikin pamer toh :D

    DIja rek kerennya, i'm wearing sama kayak ootd yaa baru ngeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... itu ya gaya gaya an tok Niar, pake judul Today I'm Wearing
      biar kelihatan sedikit beda sama OOTD
      padahal asline podho ae. Hahahhaa

      Delete
  4. Sebetulnya mbak, dengan mencantumkan dapat dimana, merk, dll justru bisa jadi inspirasi buat blogger lain. Aku pun begitu, sekalipun dapatnya di pasar (biasanya sepatu, tas) supaya bisa berbagi kalau di tempat tak terduga pun ada barang yang lucu-lucu. Kalau pun ada komentar negatif, menurutku itu karena yang komentar gak melihat sesuatu dari sisi positif.
    Aku dukung ide untuk OOTD nya Dija :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Indi... aku setuju banget. Kadang kita bisa menemukan benda benda lucu di tempat tempat tak terduga kan?

      Delete
  5. Dijanya cantik sekali Mbak...... Aku menunggu update-an blog ini lho, suka sama foto-fotonya Mbak Elsa... keren-keren. Foto2 di blognya Dija juga bagus2. Setuju banget kalau dijadiin OOTD ala Dija.... anaknya manis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your support
      Miss Sofia juga cantik sekali lho...

      Delete
  6. Halo Dija & Mbak Elsa, saya selama ini menjadi silen reader di blognya Dija, senang liat Dija yang cantik & narasi Mba Elsa yang apik. Saya pribadi sering posting poto2 baby raya di blog, dengan tulisan mereka baju kayaknya ngga masalah, banyak orang yang lbh show off dari ini. Dan mereka mendapatkan penilaian positif-positif aja :)
    Lanjutkan folder OOTD nya ya mba :) si anonymous biarin aja anggap saja anjing mengongong, Mba Elsa tetep posting hehehe... Meski protes toh dia juga mengunjungi blog Dija :)
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Mbak Sandra, terima kasih sudah menjadi silent reader yang mendukung Dija selama ini. Saya sudah mampir ke blognya Mbak Sandra, dan ternyata you;re one of that fashion bloggers i talked about, yang selalu tampil keren bin stylish. bikin kagum aja lihat busana busananya tiap hari yang tampaknya gak pernah mati gaya.

      terima kasih banyak ya

      Delete
  7. tenang saja mbak elsa ... si anonim itu mungkin ga paham dunia blog itu seperti apa, padahal blogging kan sharing ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh, kayaknya si anonim itu bukan blogger,
      belum banyak mengerti tentang dunia kita ya

      Terima Kasih Mbak Nana

      Delete
  8. Mbak Elsa, sebagai wanita berperasaan halus *halaaaah* aku cukup sakit hati lho sama si Anonymous itu. Lagian ngapain sih dia pake anonim segala, jelas2 dia pembaca setia blog atau enggak dia cukup kepo kan sampe bisa ngikutin perjalanannya mbak Elsa. Sama seperti cerita 2 orang tua dan 1 keledai, selalu aja ada orang yang bakal komen negatif, apapun yang kita lakukan.
    Padahal posting jalan2, OOTD, dan sharing apa kamera yang digunakan itu kan bermanfaat banget :)
    Lanjutkan mbaaak OOTDnya Dija hehehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh Tia... aku juga ingin sepertimu. menjadi wanita berperasaan halus lembut, Hahahahahaa....

      iya ya, aku ingat juga kisah 2 orang dan 1 keledai itu. Serba salah, begini dikatain orang, begitu juga dikatain orang. yang penting, balik lagi ke niat awalnya aja ya.

      Delete
  9. dikategorikan saja menjadi komentar sampah, kayak komentar para blogger dari negeri jiran, jadi layak dibuang he he he ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee kasihannya blogger dari negeri jiran yang identik dengan komentar sampah.
      memang tuh komentar layak dibuang ya

      Delete
  10. Ide kreatif Jeng Elsa menata foto dalam Today I'm wearing.... menginspirasi padu padan dan minat industri busana gadis cilik.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bukan ide kreatif
      idenya cuma contek sana contek sini aja kok

      Delete
  11. wah tega banget sih komentar begitu. padahal komentarnya memperlihatkan kelemahannya ya itu. setuju mba sama temennya, mending dihapus aja deh -_-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhm... belum ingin menghapus
      biarlah jadi peringatan buat aku juga

      Delete
  12. hmm si anonymous butuh belajar untuk lebih banyak khusnuzzan ya :) salam kak elsa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Febby...
      harusnya lebih banyak berbaik sangka ya...

      febby apa kabar?
      udah dewasa banget sekarang. makin cantik

      Delete
  13. cuekin aja mbak, orang sirik kl ky gt mah
    yg penting kan mbak elsa sendiri dari awal tdk berniat seperti itu, lagian aku aja penikmat blog mbak elsa ga pernah kepikiran ky gt loh, itu mah kesalaha ada pd orangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe kesalahan ada pada orangnya?
      heehehe kasihan sekali dong

      Delete
  14. Abaikan saja mba...hal2 negatif g perlu kita pikirkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup ini terlalu indah untuk mikirin hal hal negatif ya
      Jeng Irma pasti punya banyak pengalaman

      Delete
  15. Aku jg sering dpt komen jelek di blog, ga aku gubris, biarin aja, nti cape sendiri hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bayak tips nya
      SIAP! langsung dilaksanakan

      Delete
  16. Sa, gimana kalau foto-fotonya di-upload juga di instagram? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngurus blog aja keteteran
      kok mau ditambah instagram...

      Delete
  17. ambil sisi positifnya aja, Mbak. kalo dipikirin malah jadi pikiran. mending terus berbuat hal2 yg bermanfaat aja biar jadi berkah. btw, ide OOTD nya keren :D

    ReplyDelete
  18. Mba' Elsaaaaa kangeeeen... :)

    Tentang komentar anonim itu, sudaaaah sering merasakan. Saya mikirnya sih mba' ya...apapun yang kita pos tiang pasti ada yang suka dan ada yang nggak. Ada yang komentar terang-terangan ada yang ngedumel di belakang. Ya...kalau kita ikutan yang nggak suka aja ujungnya pasti capek. Mending ikutin aja apa yang kita suka, tentang niat kita pos tong itu untuk pamer atau just share, itu kembali lagi ke kita sendiri. ;)

    Keep posting & keep smileeee... Sun kangen buat Mba' Dija dari adik Ziandra&Zianka :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. INGEEEEE !!!!
      aku juga kangeeeennnnnnnnn....
      hehehee

      Delete
  19. Mbaaaa kok yang komen ngeselin sihhh. Tapi gitu banget ngga berani pakai nama =))
    Menurut aku sih gapapa dipasang mereknya, niatnya kan share. Eh aku langsung buka cherryblossomgirl tadi daaan langsung terpesonaaa huhu fotonya gusbagus amattt...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuuuh kaaan...
      ternyata bukan aku aja yang terpesona sama the cherryblossomgirl itu
      luar biasa emang foto fotonya
      kepingin pol bisa kayak gitu

      Delete
  20. Yang komen cemen beraninya anonim. Cuekin saja mbak elsa, akan selalu ada pro dan kontra.. kita gak bisa menyenangkan hati setiap orang.. yang penting niat kita saja, orang mau komentar apa ya terserah mereka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerr beenerrr
      setujuh buat Bu Guru Miwwa...

      kangen deh, lama aku gak mampir blognya
      tak mampir dulu aaah

      Delete
  21. wahhh saya jadi nambah ilmu masalah trend yg satu ini mbak keren kece badai euyy hehehe mantap".... ternyata istilahnya tu begitu toh haha hay dasar saya gak update...

    ReplyDelete
  22. cuek aja mbak, kan bisa jadi panduan fashion orang lain juga. Mbak Elsa apa kabar? aku datang lagi nih untuk bw

    ReplyDelete
  23. Ga usah dipikirin mba Elsa..yg komen kayak gitu ..EGP ajah ya dan tetap semangat ngeblognya

    ReplyDelete
  24. Aku jg pernah dapet komen serupa (tapi jauh lbh singkat krn ditulis di shoutbox). Katanya blogku isinya pamer. Beuh. Padahal waktu itu masih tahun 2006. Apa kata orang itu klo baca blogku yg tahun ini.

    ReplyDelete
  25. Hi, very interesting post thanks for sharing. Can I contact your through your email. Thanks!

    Randy
    randydavis387 at gmail.com

    ReplyDelete
  26. Lama ga ngeblog liat dija udah gede..

    ReplyDelete
  27. Mbak Elsa pun makin gemar RIYA.. Kasian banget ga paham sama keyakinan yang dianut.. Di agama yang saya anut gak pernah diajarin untuk RIYA loh mbak.. Mbak belajar dimana? Ga malu sama jilbab? Kasian

    ReplyDelete
  28. anonim yang komen itu untuk membuat suasana tambah meriah loo..

    ReplyDelete
  29. waduh ya gimana yaaaaa
    tapi memang sejatinya socmed itu pamer
    pamer apa aja bahkan juga makanan
    kita semua kalau nyosmed otomatis pamer
    hihi
    santai ajaaa
    dijah udah gede seumur adik aku yang masih kecil
    jadi berasa tua
    hihi

    ReplyDelete
  30. Yaaah, dimana mana selalu ada aja yah komen negatif, pernah lho blog ku dikomen orang, " aah cuma begini doang"... pernah ada yg bilang miskin, saat aku posting ultah Kanaya yang sederhana, hahahah... aku malah ketawa bacanyaa..... Namapun blog pribadi mah terserah yang punya blog aja mau posting apa... tetep semangat yaa Elsa....( sekarang manggilnya ga pake mbak yah, biar ikrib hihihi)....

    ReplyDelete
  31. kalau kata saya, selama masih banyak yang berkomentar positif, cuekin aja yang komentar seperti itu, Mbak. Apalagi dia pakai akun anonim. Berani mengkritik orang tapi kok gak tampak muka? :)

    Gak coba upload di IG, Mbak. Banyak foto-foto bagus disana :)

    ReplyDelete
  32. saya malah seneng liat poto-poto dija yang cantik dan poto-poto di blog Yellowlife ini.. bisa ketularan spirit bahagia...
    So, saya juga sepakat saran-saran teman-teman lain," cuekin ajah komentar yang ga ngenaikin ati itu, jeng elsa...'

    ReplyDelete
  33. Terimakasih atas informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya AIRLANGGA46

    ReplyDelete
  34. segitu ya komentarnya...harusnya hidup dinikmati dengan cara yang indaaah...melihat dari sudut yang indah aja ya Mbaa...haduuuh Dija cantik, tante itu sukaaa banget lihat gambarmu...unik. salam dari F2

    ReplyDelete
  35. Cantiknya Dija..

    Biarin aje mbak komentar seperti itu, orangnye iri kali ya...hehehe..

    ReplyDelete
  36. ngga usah di pusingkan komentar negatif orang mbak. Kita ngga bisa memuskan semua orang kok. Jadi kalo ada satu dua yang ngga suka, anggap saja itu wujud ketidaksempurnaan mbak sebagai manusia. Lainnya ngga usah dipusingin :)

    ReplyDelete
  37. Segala sesuatu jika kaca matanya negatif, apapun akan terlihat buruk. Dan memang kita tdk bisa rikues pengunjung blog utk berkomentar spt apa, yg bisa kita lakukan adalah berusaha legowo #sokbijakajeguweh

    ReplyDelete
  38. Segala sesuatu jika kaca matanya negatif, apapun akan terlihat buruk. Dan memang kita tdk bisa rikues pengunjung blog utk berkomentar spt apa, yg bisa kita lakukan adalah berusaha legowo #sokbijakajeguweh

    ReplyDelete
  39. wakz,sampai kayak gitu komentarnya. gitulah ya kalo ake kacamata negatif,auranya negatiff terus...semangat ya mbak^^

    ReplyDelete
  40. OOTD is a great idea mbak... :-D
    aku sering dpt inspirasi dari posting2 outfit, ide jalan2, ide piknik, ide art and crafts, and lots more... :-D

    very very helpful for me...

    so maybe a one anonymous shouldn't bother mbak...
    becoz there're lots more people who gain the advantages from your postings ;-)

    ReplyDelete
  41. Weleh..... jangan diambil hati..... memang banyak yg nyinyir. Blog kan diary pribadi, mo nulis apa juga terserah pemiliknya.
    Aku mau ke blog Dija aaah... penasaran dengan foto2 terbarunya.

    ReplyDelete
  42. kebanyakan orang pandai melihat kesalahan orang lain, dan terlalu bodoh untuk melihat kesalahan diri sendiri. Jadi jangan di ambil pusing aja mbak, mungkin dia ngiri kali :D cap calm and update :)

    ReplyDelete
  43. fotonya bagus lho mba, Dija nya juga cantik :)

    ReplyDelete
  44. Aihh, biarin aja komen2 begitu mah, yang penting kita ga berniat buruk, blig itu bebas2 aja, yg penting ga nferugiin orang, yuk toss mak ;)

    ReplyDelete
  45. Iiiisshh pasti gemes ya Mbak ada yg sok2 anonymous gitu.
    Beneran orang yg iri itu. Klo gak suka ya gak usah baca, gak usah komen juga skalian, pusingin dirinya aja tuh orang.

    Ayooo Mbak, semangat ngeblog, saya udh mulai balik ngeblog lagi looh, heheehh.

    Dija mah pake barang apa aja slalu cantik, Tante Elsa juga gitu :)

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.