Wednesday, October 28, 2009

Welcome to HuangLong

Senin, 19 Oktober 2009. Kali ini kami berlibur ke China bagian utara. tepatnya di Huanglong. termasuk pedalaman sih. penduduknya masih berternak. tidak ada sayur mayur, heran juga. padahal daerahnya dingin banget. 4300meter di atas permukaan laut. desa-desanya masih alami. arsitektur rumahnya saja masih unik. termasuk juga orangnya. nih lihat:

sejak HuangLong ditetapkan sebagai taman nasional, penduduk di sekitar mendadak menjadi pendagang barang seni atau kerajinan khas daerah mereka. contohnya taplak meja, selimut, pashmina, sarung bantal, topi bulu domba, jaket bulu bison, dan lain lain. bagus ya??

dalam perjalanan menuju taman nasional HuangLong, kami bertemu hujan salju di puncak gunung. berhentilah kami untuk foto-foto. kebetulan ada 2 boneka salju. kalo dilihat-lihat... ibu dan aku kok persis sama boneka salju itu ya? induk dan anaknya! hahahahaha
satu impian sudah terwujud!! ketemu salju!!!!
ternyata super dingin ya? waduh.... kata tour guidenya, ketika dulu hendak berangkat, dia memperkirakan suhu di China paling rendah berkisar 18 derajat celcius. karena saat ini masuk musim gugur, bekum masuk musim salju.
ternyata eh ternyata....
musim salju datang lebih cepat dari perkiraan!!!
kami pun kedinginan!!!!
aku cuman bawa satu sweater. dan itu gak cukup untuk menghangatkan badan. terpaksa deh beli jaket tebal warna biru itu. lumayan mahal, soalnya belinya di taman nasional. di tempat wisata. jadi... harganya lebih tinggi daripada pasar biasa. mo gimana lagi? daripada beku?? jadi balok es??? hahahahahahaa




sampai di HuangLong Park...ternyata hujan saljunya gak berhenti juga. wuih makin dingin aja!!!

begitu ketemu pohon yang daunnya merah.... wuuuuaaaaaaah senengnya aku!!!! mo foto-foto, gak tahan dinginnya. jadi foto cuman sekali aja. hujan saljunya makin deras!!!




Taman Nasional HuangLong ini terletak di puncak gunung... di tengah hutan.... isinya?? cuman air. hahahahaha..... air terjun sih. bagiku biasa aja. gak bisa menikmati juga, soalnya kedinginan.



gak bisa puas foto-foto juga... gara gara hujan saljunya makin mengganas.
air terjunnya sih gak tinggi. cuman yang bikin bagus tuh... karena air terjunnya konon katanya mengandung belerang, jadi tebing yang dilaluinya jadi kuning. dan air terjunnya mengalir ke bawah, berkumpul di beberapa kolam. kolam yang satu dengan yang lain... memiliki warna air yang berbeda. katanya lagi... itu karena kandungan mineral yang ada di setiap kolamnya berbeda. sehingga muncul warna yang berbeda beda.
jadi ingat danau kelimutu ya???
Indonesia juga punya nih, pikirku.
tuh kolamnya. begitu banyak kolam.... sayang aku gak naik sampai ke atas. gak kuat dinginnya. pingin cepat-cepat kembali masuk ke dalam bus yang hangat!!! minum kopi panas....






begitu turun, sampai ke bawah, dekat dengan parkiran.... eh, hujan saljunya berhenti. ah dasar... aku sudah terlanjur turun. mo naik lagi males.... kali ini, kami tidak beruntung di HuangLong. cuaca kurang bersahabat. kurang bisa menikmati keindahan alam...


tapi alhamdulillaaaaaaaaah... sudah ketemu salju..... sudah ketemu pohon yang daunnya kuning-merah-orange!!! aaaaaaaah, betapa senanganya.....

19 comments:

  1. Commentnya enak banget aja deh, aq mau bermimpi ke sana juga aaah dan keliling dunia dgn keluarga, asyiiik.

    ReplyDelete
  2. enak banget jalan-jalannya mbak. Di Cina lagi dingin banget..

    ReplyDelete
  3. kapan ya bisa ke China, paling2 kalo di Jakarta ke kawasan Kota & Glodok aja, serasa di China juga jadinya...hehehe....

    ReplyDelete
  4. waahh..enak nya mbak jalan2 teyus ^^

    ReplyDelete
  5. waduh-waduh..!
    postingan mba elsa
    bikin saya ngiler..

    ReplyDelete
  6. waaaahhhh....eank bgt jalan2...

    ReplyDelete
  7. waaaww mba...aku enggak mengikuti ceritanya dari awal nih.

    aku baca2 dulu ya.
    itu dalam rangka apa mba?

    asyiiiiknyaa....jd MUpenG nii..

    mba jalan2 mulu nii..ajak2 dun..hehe

    ReplyDelete
  8. Ketika kau asik bermain salju
    Aku kepanasan dihujani debu
    Ketika kau bercanda dengan penduduk lokal
    Aku malah masuk angin dan mual-mual
    Ah, seandainya saja aku bisa terbang mengikutimu
    Ingin kumau mengenal dunia mengikuti jejakmu

    Hehe... Cuma nghayal mbak. Saya baru bisa ke toko China, blum bisa ke China nih, hehehe... lagi

    ReplyDelete
  9. bagus bgt pemandangannya..asyiknya..

    ReplyDelete
  10. salam kenal ..
    Kunjungan perdana
    tempatnya bagus Mba ...

    ReplyDelete
  11. whuaaahhh...uenaknya jalan2... jadi pingin ke negri cina yang dingiiin (mimpi kali yeee...???).
    Makasih yaa udah mo berbagi cerita.

    ReplyDelete
  12. waaaahhhh.........peeengeen.....kapan ya bisa kesana.....

    ReplyDelete
  13. eh....lupa baca bismillah..."Bismillahirrahmanirrahiiiim...."

    ReplyDelete
  14. Terima kasih untuk berbagi.
    Setahu saya HuangLong terletak di barat utara Wilayah Sichuan. Lokasi Sichuan adalah di barat China.

    ReplyDelete
  15. bersahabat dengan cuaca walau apa yang disuguhkan..
    negeri ini juga memliki taman nasional yang tak kalah wauapik..
    nice holiday..

    ReplyDelete
  16. Wah, sudah turun salju. Tinggal kasih sirup aja tuch ;))
    Brrrrr... dingin ya mbak.

    Pas banget mbak Elsa jalan jalannya saat fall, jadi bisa nikmatin yellow leaves.

    ReplyDelete
  17. seumur2 aku belum pernah megang salju jadi ngiri neh wkwkwkkwkwk

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.