Sunday, November 22, 2009

Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku

Postingan ini untuk menjawab pertanyaan dari Mas Hari, Desieria, Erikson, FlypuCino, tentang makanan khas di Bali yang halal. berlibur di Bali sekarang ini, jangan khawatir soal makanannya. terutama di Denpasar ya... banyak sekali ditemukan makanan-makanan khas jawa. atau makanan khas daerah lain. dan semuanya halal. bahkan Rawon Setan khas Suroboyo ada lho!!! atau resto Bumbu Desa yang menjual masakan sunda, ada juga!!! gampang kok cari makanan enak yang halal. kalo masih ragu ragu, pergi saja ke KFC atau McDonalds... bisa juga ke Rumah Makan Padang. sudah terjamin kan rasanya??

Nah, kalo mau nyobain satu menu yang Mak Nyus pol... nih, ada NASI AYAM KADEWATAN BU MANGKU!!

Kadewatan itu adalah nama sebuah daerah di kawasan Ubud sana, tempat asal muasal nasi ayam ini. Bu Mangku lah yang pertama kali mempopulerkannya di Ubud. restonya yang di Ubud, selalu saja ramai dikunjungi pembeli. tak jarang para pembeli rela antri untuk sekedar menikmati sepiring Nasi Ayam Kadewatan ini. trus untuk menjawab animo masyarakat yang luar biasa, Bu Mangku pun membuka cabang di Denpasar. makin asyik aja, gak perlu jauh-jauh lagi ke Ubud kan??


Begini nih wujud nasi ayamnya. seporsi nasi putih hangat, dilengkapi beberapa macam lauk ayam berbeda bumbu. ada sepotong ayam, ada juga suwir-suwir ayam, trus ada potongan ayam kriuk-kriuk. kemudian diberi pelengkap telur ayam, kacang goreng bali, dan sayur mentah semacam urap-urap, mirip karedok. rasanya luar biasa nikmat!!! alhamdulillah..... n

ngiler kan??? hahahahahahaaa

itu saja belum cukup!!!! masih ada satu menu andalan dari Bu Mangku. Sate Lilit Ayam!!!! kalo di jakarta, mirip sama otak-otak gitu deh. daging ayam yang diberi bumbu dan sedikit tepung mungkin, kemudian dihaluskan, lalu dililitkan ke batang bambu, trus setelah itu dibakar. wuiih!!! bumbunya itu lho... bikin nagih... mantap!!! apalagi dihidangkan dalam keadaan hangat... wah, bisa lupa dunia kalo gini caranya. heheheheheeee....


itu saja keistimewaannya?? tentu tidak!!!
selain menu yang benar-benar membuat lidah puas banget, suasana rumah makan yang ditawarkan Bu Mangku nih benar-benar bikin betah. pengunjung bisa memlih mau makan di dalam resto dengan cara duduk di meja seperti rumah makan biasanya, atau pilih masuk ke belakang dimana ada gubuk-gubuk kecil di tengah-tengah lingkungan yang asri? pengunjung bisa melepas lelah dengan duduk lesehan di gubuk-gubuk itu...sambil menikmati rindangnya pepohonan hijau... mengangumi deretan kebun anggrek dan bercanda dengan banyaknya ikan mas yang selalu siap menemani. hehehehe... di bawahnya gubuk tuh ada kolam ikan mas. seru kan???



makan siang disini... selain mendapatkan kenikmatan dan memuaskan selera, kita juga bisa menghirup oksigen sebanyak-banyaknya!!! hahahaha.... gimana nggak? kanan kiri depan belakang tuh tanaman hijau!! makin sehat aja kan?



nih contoh salah satu gubuknya. menyenangkan sekali bukan??? mengingatkan kita pada suasana pedesaan. lengkap dengan gemericik airnya!
kalo tiba disana ketika jam makan siang, jangan harap langsung dapat satu gubuk deh. bakalan antri!!! dijamin.... pengunjungnya tuh tiada henti. luar biasa deh!!!


Terima kasih sebesar-besarnya pada Pak Herman dan Bu Herman yang mengajak kami menikmati Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku di denpasar. nextt ime kalo saya ke Bali lagi, jangan bosan-bosan traktir saya ya Pak? hehehehehehehehee.......


dari kiri: Pak Herman, Bu Herman, Ibuku.

36 comments:

  1. Memang betul... tidak usah ragu, kalau sekarang seh ke bali hampir sudah cukup banyak para penyajih masakan yang sudah berbau halal... dan rata-2 sudah dari jatim.

    Walaupun di sana juga ckup byk makanan khas Bali.

    aku sendiri sudah beberapa kali nyebarang ke Bali .. ya maklum dekat seh...,

    makanan Warles(warung lesehan) seperti pecel Lele, bebek goreng, sambel tempe (tempe penyet) itu juga semakin semarah disana.

    tapi omong-2 kalau ke bali.. lewat jalan darat jgn lupa mampir ya ke tempatku.. Banyuwangi. hehehe.

    ReplyDelete
  2. Bikin saya kangen rumah aja Mbak, hehe.. emang enak banget kok..

    (ngiler neeehhh)

    Lam kenal. :)

    ReplyDelete
  3. tempat maemnya asik ya.. viewny keren.. trus rasa makananny sepertinya asik....

    lapeeeeeeeer... hehe

    lam kenal ya

    ReplyDelete
  4. duh, bikin ngiler mba....musim hujan gini bawaannya laper mulu.... :D

    ReplyDelete
  5. Betul tuh, Mbak....
    Dulu saya juga pernah ke Bali bareng teman2 se kampus. Pas cari makan, saya ketemu sama orang Madura yang julan sate. Ah, gak usah repot-repot kan untuk cari makan yang halal....

    ReplyDelete
  6. hmmmh ... enak nih makanannya. Postingan ini bikin perut kukuruyuk hehe

    ReplyDelete
  7. hmmm yummmy, duh pagi2 liat makanan jadi laper :(

    ReplyDelete
  8. Mba elsa....
    gambarnya itu loooh...
    bikin makin mupeng banget.
    Jadi kelaperan gini ngeliatnya hehe

    ReplyDelete
  9. wahh.. pertama: terhura eh terharu.. nama saya disebut2 hehe g nyangka sampe dibuatin pustingan khusus, makasih mbak elsa..
    kedua: makanannya yang di gambar2 itu mantap2 terutama yang kayak tahu itu.. hehehehe..

    ReplyDelete
  10. Waaahhh... jadi ngiler nich... kapan - kapan makanannya dikirim ke Garut yach mbak heheheh

    ReplyDelete
  11. wuihhhhh kaya nya enyak enyak enyak
    mau mau mau ..... sambil ngiler

    ReplyDelete
  12. Rasax idem niy..sm Erikson. Jd bangga..nama FP djajarkan para blogger yg yahuud, (sambil mengusap air mata kelilipan,hehehe). Infox bkin laper kak.. Kekekeks..

    ReplyDelete
  13. ternyata gak hanya wisata mata dan hati saja ya, wisata kuliner pun dilaksanakan juga rupanya...ck..ck..ck, asyik bener deh....

    ReplyDelete
  14. waaaaahhh.... laper jadinya.... kayaknya enak ya.... :)

    salam kenal ya....

    ninneta

    ReplyDelete
  15. hmm sedapnya... jadi lapar.. :(

    ReplyDelete
  16. mbak elsa habis dari bali ya...wah kok gak bilang.kan kita bisa ketemuan.saya tinggal di bali.meskipun bukan asli orang bali.ck ck ck semua dah dicobain ma mbak elsa.buat yang belom pernah ke bali.jangan khawatir,banyak banget makanan halal disini.

    ReplyDelete
  17. suedep tenan rek,
    jadi pengen cicipi nich.laper

    ReplyDelete
  18. wow...kelihatannya porsi gede tuh mbak

    lapeeerrr ... :p

    ReplyDelete
  19. *menenagkan diri sendiri* Boleh... Boleh... Sehari saja full kolesterol.

    ReplyDelete
  20. ho.. ho.. ho.. koq dadi luwe rek weteng iki..
    yang di denpasar aja tempatnya yahud punya, apalagi yang di ubud ya..
    alamat’e utowo ancer-ancer’e pinggir endi rek??? denpasar kan luwaaaas sa..

    ReplyDelete
  21. siang-siang liat postingannya jadi lapar.! ^^

    ReplyDelete
  22. Tq infonya..jadi pingin ke bali lagi rek :)

    ReplyDelete
  23. lapaaaaaaaaaaaaaaaarrrrrr


    hhehehehe

    ReplyDelete
  24. walah kunjungan perdana langsung dapat suguhan yg sangat membuat perut saya keroncongan hebat, hehehe....

    salam kenal dari blogger pemula Mbak Elsa...
    saya tunggu visit baliknya

    ReplyDelete
  25. nyam nyam jadi kuenyang...met sian sekedar berkunjung

    ReplyDelete
  26. Emang beda yah makan di saung dan dikelilingi pepohonan. Berasa tenang, apalagi dapat bonus udara bersih.. :)

    ReplyDelete
  27. beneran, sa. bikin ngiler. palagi kalo laper bgt hihihih

    ReplyDelete
  28. untung ada bumbu desa di sana. suka deh. eniwei mbak, itu fotonya bikin saya ngiler...loh.hehhehe

    ReplyDelete
  29. waduh saya bener2 pingin makan nih mba, mba harus tanggung jawab lho :P

    ReplyDelete
  30. jadi laper liat yang kaya gini, sekalian tuker link ya, linknya sudah ada di blog roll, trims

    ReplyDelete
  31. kapan ya bisa mampir ke sana
    hmmm

    ReplyDelete
  32. wuuueeenaaakeee :D maauuuu
    jadi pengen aja >,<

    ReplyDelete
  33. assalamualaikum..
    salam untuk mbak elsa dan keluarga
    nasi ayamnya bener-bener bkin ngiler,
    di GWK bali ada orang tasik yang jualan masakan sunda.
    suatu saat sy harus berkunjung ah ke bu mangku
    salam

    ReplyDelete
  34. Mbak harus tanggung jawab nh.. Nafsu makan saya jadi bertambah dan bawaannya tambah laper... hehe

    Oia kemana aja koq ga pernah absen di laksamana embun?

    ReplyDelete
  35. Enaknnyaa... Kyk makanan di Kintamani deh *ngebayangin guguk Kintamani*




    Lam knal yy

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.