Monday, December 6, 2010

Diving Bunaken


yup, selesai upload foto segini banyak... sekarang aku siap mengajak teman teman blogger bertualang di indahnya Taman Nasional Bunaken.

Kami bertemu Hiu lho...
untungnya Hiu remaja, bukan Hiu dewasa. hehehee jadi gak bahaya. Hiu nya sekitar satu meter lah, sedang beristirahat di bawah terumbu karang yang indah. Waktu kami ambil fotonya, dia sedikit terganggu. untungya gak sampai marah yaa... sorry Hiu.....



Hiu yang tampan sekali yaa.....


Elsa dan Flo setelah melihat Hiu dari dekat....

dan, foto di bawah ini ... benar benar favoritku!! coba lihat sendiri, betapa indahnya... bak buket bunga. aku tidak tahu apa namanya, tapi yang pasti, aku sungguh terkagum kagum. membuatku betah berlama lama mengamatinya... speechless banget deh


ukurannya besaaaaaaar lho....

Kami banyak sekali menemukan rumahnya Nemo!! hehehehehee... Coba lihat dengan seksama. bisa temukan nemo-nya??


Hayoo, ada berapa nemo nya?

ternyata film Finding Nemo emang bener deh, maksudku... rumah nemo itu dihuni oleh 2 clown fish. mungkin suami istri yaa.. ayah ibunya Nemo. waktu aku mengamatinya dari dekat, tiba tiba satu clown fish menghadangku. benar benar menghadangku!!! menatapku dalam dalam, dan berusaha menghalauku. sementara yang satunya lagi sembungi di dalam rumahnya. aku menahan tawa, betapa lucunya ia... berusaha melindungi sang istri dan rumahnya dari monster jahat sepertiku!!! hihihihihhii
aku benar benar takjub!!! Subhanallah.....


Elsa dihadang ayahnya Nemo


Lalu lihatlah yang ini.... kalo ditiup "angin"... bisa bergerak gerak indah seperti rok penari Tango. aku sempat memegangnya juga, sedikit lengket dan kenyal... lucu sekali....



Kami terkagum kagum melihat terumbu karang yang beraneka ragam. aku agak kaget, ternyata banyak terumbu karang yang rapuh. ketika ditekan sedikit saja, terumbu karangnya akan rusak. Jadi sadar banget, betapa getolnya aktivis terumbu karang mengkampanyekan tentang penting dan berharganya terumbu karang, jangan sampai rusak.

karena ternyata.... dibutuhkan waktu 10 tahun untuk tumbuh sepanjang 1 cm.
bayangkan!!!! betapa lamanya???
Tidak banyak yang tahu kan? Bahwa terumbu karang adalah struktur hidup yang terbesar dan tertua di dunia. Untuk sampai ke bentuk yang begitu indahnya itu, terumbu karang membutuhkan waktu berjuta-juta tahun lamanya. dan  yang ada di perairan Indonesia saat ini paling tidak mulai terbentuk sejak 450 juta tahun silam. Wuiih.... speechless lagi deh!!!



atas:  Nona terkagum-kagum menemukan terumbu karang yang melebar seperti payung.  bawah: Flo dan Nona dipayungi terumbu karang.

Terumbu karang itu bisa dikatakan sebagai bangunan besar banyak karang yang menjadi tempat hidup ikan dan makhluk laut lainnya. film Finding Nemo menggambarkannya dengan cukup baik, yaitu sebagai sebuah kota sibuk yang padat penduduk dengan segala kehidupannya....

ternyata fungsinya tidak hanya sebagai rumah bagi makhluk laut lho!!
Terumbu karang juga merupakan pelindung ekosisterm pantai, dia bisa menahan dan memecah energi gelombang, sehingga bisa mengurangi abrasi dan kerusakan di pantai dan sekitarnya. Terumbu karang juga bisa dijadikan obat obatan. hebat kan??
Selain bisa mendatangkan banyak turis untuk periwisata, terumbu karang juga bisa digunakan sebagai daerah penelitian untuk pengetahuan. dan di beberapa tempat, terumbu karang memiliki nilai spiritual bagi masyarakat setempat.


Flo melayang layang


Satu lagi fakta yang mencengangkan, yaitu bahwa sebagian besar terumbu karang dunia (55%) terdapat Indonesia, Pilipina, Australia Utara dan Kepulauan Pasifik, 30% di Lautan Hindia dan Laut Merah. 14% di Karibia dan 1% di Atlantik Utara.

dan dari kekayaaan terumbu karang yang sedemikian besarnya, sayang sekali...Indonesia ternyata adalah negara dengan terumbu karang paling terancam di dunia!!!
Selama 50 tahun terakhir, proporsi penurunan kondisi terumbu karang Indonesia telah meningkat dari 10% menjadi 50%.

Yellow.... Yellow.... Yellow.....



Nona menunjukkan mahkluk yellow padaku

Terumbu karang di indonesia sekarang ini mendapatkan ancaman dari berbagai arah, yang jika diselidiki lebih lanjut pasti akan mengerucut pada satu pelaku, yaitu manusia!!  pernah nonton filmnya Al Gore kan?? 
"an inconvenient truth"  juga mengulas tentang kondisi terumbu karang yang mengalami pemutihan. akibatnya... wuih, fatal banget!! film an inconvenient truth ini sepertinya harus dijadikan tontonan wajib buat anak anak di sekolah deh


Nona membayangkan dirinya sebagai putri duyung

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga terumbu karang indonesia??
yang paling gampang sih jangan membuang sampah sembarangan, terutama membuang sampah di laut!! Jangan pernah !!! karena ada beberapa kasus, sampah plastik tertelan oleh penyu karena dikiranya ubur ubur. hehehehehee.....

selain itu, mulai sekarang sebaiknya kita melaksakan pola hidup 3R (reduce-reuse-recycle) untuk mengurangi sampah.

jika berwisata ke laut dan pantai, sebaiknya tidak mengumpulkan/membeli kerang, terumbu karang dan benda-benda laut lainnya sebagai souvenir. juga jangan lupa untuk memilih agen tur yang care dengan pelestarian terumbu karang dan kehidupan laut lainnya.

dan yang paling gampang, menyebarkan informasi ke orang orang di sekitar kita, tentang pentingnya terumbu karang ini...



Flo berpose dengan bintang laut..setelah itu meletakkannya kembali di tempatnya

Coba kunjungi GO BLUE INDONESIA atau yayasan TERANGI untuk informasi terumbu karang indonesia, atau untuk memberikan donasi.


ayooo selamatkan terumbu karang indonesia


Nona bersemangat menunjukkan karang-karang yang aneh aneh bentuknya


Flo-Elsa-Nona berpose bersama sebelum naik ke atas dan kembali ke kehidupan darat.



semoga postingan ini bisa memberikan sedikit inspirasi pada teman-teman blogger, untuk lebih tahu soal terumbu karang dan ancamannya, untuk lebih care pada pelestariannya... dan untuk lebih mencintai Indonesia yang super cantik ini....

jika ingin berwisata laut, gak usah jauh jauh ke luar negeri. percaya deh, laut Indonesia sudah paling cantik sedunia!!!!

next trip: Wakatobi dan Raja Ampat. harus banyak banyak nabung dan berdoa supaya segera tercapai! amiiin

I would like to say a very very BIG THANKS to Flo for these gorgeous pictures.

62 comments:

  1. Wow...keren2 nih fotonya.Ikannya juga bagus-bagus yah.

    Elsa gak ketemu Nemo (Finding Nemo)?

    ReplyDelete
  2. mba' Elsaaaaaaaa....

    bener2 dech... bikin iri bin ngiler bin mlongo bin pengen >.<

    beruntung sekali dirimu mba'...

    semoga suatu saat aku bisa mencicipi saat2 seperti itu >.<

    ReplyDelete
  3. Setuju Mbak, byk hal yg bs kita lakuin utk laut Indonesia salah satunya dengan tidak membeli aquarium yg isinya karang2+ikan2 dari laut kyk yg banyak di mal2. Sy sich emang gak mau beli krn mahal.hehe..

    ReplyDelete
  4. subhanallah indahnya,...berharap bs second honeymoon kesana,...

    ReplyDelete
  5. wwwwwwwwwwoooooooooooowwwwwwwwwwwwww.................irrrriiiii hehehehe belom pernah namanya nyelam dilautan nan indah... Tuhan memang Maha Hebat :)

    ReplyDelete
  6. foto2na keren2, doain ya aku bisa juga kesana :)

    ReplyDelete
  7. oh ya lupa met tahun baru hijriah, moga di tahun yang baru tercapai semua asa...amiin

    ReplyDelete
  8. subhanallah......indah banget ya mba,kapan ya...bisa diving...liat keindahan laut.

    mba elsaaaa.......seru bgt liburannya,pengeeennn..... *_*

    ReplyDelete
  9. wow......bagus nya bunaken itu..kapan ya aku bisa kesana..ngayal.com
    elsa kamu bener2 luar biasa liburan ke tempat2 yang indah..request-ku sebentar lagi kamu liburan ke wakatobi- ke losari- ke danau toba- ke lombok ya..ojo lali lupa upload foto-foto kamu itu,..keren!! (kan aku hanya tahanan kota tho,hiks..)

    ReplyDelete
  10. Mbk Elsa n mbak nona bikin iri.. hehehehehe
    Keren banget mbak...
    juga pengetahuan tentang terumbu karangnya..
    mantabs...

    kapan ya.. bisa kesana...

    ReplyDelete
  11. Ikuuuuuttt dooong. Aku pengen banget ke Raja Ampat dan Wakatobi.

    Kemaren pas 'jalan-jalan' ke Raja Ampat lewat Science film fest aku terkagum-kagum banget. Raja Ampat memiliki keanekaragaman hayati paling kaya di seluruh dunia. Masuk dalam segitiga terumbu karang dunia juga kan. Cuma lewat film aja udah terkagum-kagum dengan warna-warni alam bawah laut Raja Ampat.

    Dan setuju banget, ngga perlu jauh2 ke Phuket atau pantai lain di luar negeri, karena pantai dan laut Indonesia itu baguuuuuuuusss banget. Tinggal bagaimana kita, sebagai penduduknya ikut menjaga, melestarikan, dan memajukannya.

    Ayo mba Elsa, kita trip bareng. Sama Cipu juga :D

    ReplyDelete
  12. Wah, lihat foto2 terumbu karang di postingan ini terasa ikutan diving juga. Hehe...

    ReplyDelete
  13. subhanallah, indah banget ya mbak :) mari kita jaga bersama dan kita jewer orang2 yang suka ngerusak terumbu karang itu!

    anw, foto hiu nya kereeenn!

    ReplyDelete
  14. Subhanallaah.. indah banget pemandangannya.. seumur-umur say abelon pernah diving..apalagi ke Bunaken..

    #mandangin potonya terus
    #berharap suatu saat kesana

    ReplyDelete
  15. subhanalloh.....cantik banget banget deh pemandangan alam di bawah laut sana, masha Alloh..aku aja yg cuma liat fotonya mpe terkagum-kagum..palagi kalo liat langsung ya, tp aku masi tetep parno ma laut ihiks..

    ReplyDelete
  16. Subhanallah cantik banget ciptaan Allah..
    TOP deh buat postingan tante elsa dan jalan2nya :)

    ReplyDelete
  17. huaaaaaaaaaaa aku ga bisa nyelem
    cuma bisa snorkling doang

    jagalah alam Indonesia

    ReplyDelete
  18. waaa...pengin...kalo kesana lagi ajak dunk mbak..he.he..

    ReplyDelete
  19. wow...speechless juga aku mb elsa..

    lama banget ya,,10 tahun untuk tumbuh 1 cm..

    setuju,gak perlu wisata ke luar negeri untuk menikmati pantai,laut dan isinya, karena indonesia has the best beach and ocean ever

    ReplyDelete
  20. satu kata liat postingan ini
    bikin...


    MUPENG >.<

    ReplyDelete
  21. wowoowowooww... KERENZ ABIs pengen tapi ndk bisa renang

    ReplyDelete
  22. ihh keren banget ya... jadi pengen ngerasain juga liat terumbu karang dr dekat

    ReplyDelete
  23. Pengen ikut merasakan. Apa daya belum memiliki keberanian untuk itu. Baru berani di kolam renang. Hehe.

    ReplyDelete
  24. salam sobat
    duh saya jadi ngiler juga ,lihat foto2 bunaken ini.
    indah banget mba.

    ReplyDelete
  25. keren bangeeeet mba elsa...manthab...saya udah jatuh hati dengan bunaken waktu gencar2 nya soal sail to bunaken...
    ngeliat foto2 ini jadi tambah ngileeer....

    soal terumbu karangnya juga, nambah pengetahuan lagi nah.... saya baru tau, 10 tahun untuk 1 cm? WOW!!! ckckckck

    ReplyDelete
  26. Melihat foto2 itu disini... aku jadi menyesal kenapa aku gak bisa berenang dan menyelam ya...? L(

    ReplyDelete
  27. Pemandangan dasar laut yang luar biasa... terima kasih sharingnya ya..
    Seandainya aku bisa ikut menikmatinya... hehehe

    ReplyDelete
  28. subhanalloh,,,indah banget ya mbak...

    kapan mw ke wakatobi dan raja ampat mbak???
    aku dan suami juga mw ada rencana ke sana...
    barengan yuuuk,,,hehehehe

    ReplyDelete
  29. wah..ayahnya nemo bener2 pelindung sejati..hehe..kadang manusia mah kalah sm dia...:d

    keren bangetttt..laut indonesia asik..i luv you indonesia..

    ternyata terumbu karang itu banyak gunanya ya, selain cantik dan mengesankan..
    selamatkan terumbu karang indonesia..:)

    ReplyDelete
  30. Subhanallah. Allah Akbar!! Luar biasa banget pemandangan di dalem sono. Jadi kepikiran buat belajar renang & diving. Kalo dulu snorkling mah pake pelampung jadi bisa ngapung di atas aer

    Dija tar kalo dah gede asti diajak Tante Elsa diving juga :-)

    ReplyDelete
  31. Wow..wow..wow...
    Keren foto2nya!

    ReplyDelete
  32. wow.. kapan aku ke sana ya...
    mupeng...

    ReplyDelete
  33. sama ke kira, mupeng
    kapan ya bisa ke sana

    ReplyDelete
  34. mbak elsa ada sebuah award sederhana..mohon diterima ya...

    ReplyDelete
  35. itu yg yellow apa namanya yah mba? koq mirip isi perut :D
    keren banget dalemnya, bersyukur bgt jadi orang indonesa, meski blm pernah liat :D
    trims for sharingnya mba

    ReplyDelete
  36. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah
    pengen.com :D

    ReplyDelete
  37. Subhanallah...mbak Elsa indah betul pemandangan bawah lautnya. Beruntungnya bisa melihatnya dari dekat. Ngiriii..cuma bisa menikmati indahnya dari foto. Ditunggu selalu liputan tripnya yang asyik... :-)

    ReplyDelete
  38. Bagus banget yah ternyata dibawahnya...hhhmmm...kapan yah bisa ke bunaken...

    ReplyDelete
  39. Wah...keren2 banget fotonya, Bang Pendi jadi pengen diving...sayangnya Bang Pendi ga bisa berenang, takut tenggelem kayak batu...hehe

    Salam hangat & sehat selalu

    ReplyDelete
  40. Mbak Elsa bikin ngiler aja......
    hmmmm ada yang mau ngajak aku ke sana nggak? *sambil nengok kanan kiri hehehe*
    Mbak... asyik banget tuh....
    Dulu pernah ke sana tapi nggak sampai Diving hmmmmmm

    ReplyDelete
  41. duh bunaken emang keren ya, pengen poto di sana >_<
    btw titip salam buat hiu dong mbaknya hehehehhehe

    ReplyDelete
  42. Duh senangnya bisa jalan2 kesana. Benar2 bisa merasakan keindahan bunaken yang sesungguhnya, apalagi keindahan bawah lautnya. Tentu merupakan kebahagian yang luar biasa menikmati semua itu

    ReplyDelete
  43. SUNGGUH INDAH BANGET!
    mataku ampe mlotot saking takjubnya...
    beruntung skali km bs jln2 kesitu sob...
    kpengen nih..

    ReplyDelete
  44. Subhannallah mba elsa
    aku sampe mangap aja loh liat fotonya
    bener2 indah bgt >,<

    ReplyDelete
  45. sumpah ini postingan koq bikin ngiri siiihh mbak >.<

    subhanallah keren banged banged..dan infonya jg berguna banged..tq ya mbak :)

    ReplyDelete
  46. Bunaken mmg tak ada duanya buat saya...

    Foto2nya kueren buanget, mbak, bikin saya jd kepengen diving di sana lagi... Btw, adek saya jg hobi banget scuba diving, mbak, dan hampir semua perairan di Sulut udah pernah dicobainnya dan selain Bunaken, Lihaga juga oke banget menurutnya :)

    Amiinn...semoga dgn tulisan mbak Elsa akan membuat semakin bnyk org yg sadar utk menjaga kelestarian terumbu karang... Tks buat tulisan yg indah banget ini ya mbak...

    ReplyDelete
  47. komen-ku cuma satu elsa, KEREN...

    ReplyDelete
  48. Subhanallah.... kereeennn...indah banget bawah laut.. seneng bgt mb elsa bisa melihat langsung..

    duh jadi pingin...*tapi aku berani gak ya nyelam? xixixi... renangnya juga masih belajar nih...

    ReplyDelete
  49. mbanyaaaaaa bikin ngiri,..pengen jugaaaa

    ReplyDelete
  50. Hahah...
    Monster jahatnya narsis juga!

    Keindahan terumbu karang Bunaken
    emang ga da duanya... :))

    ReplyDelete
  51. Masyaallah, kerennnnn!!!!!!! Beruntung mbak elsa bisa menikmati keindahan laut langsung ...ditunggu cerita tripnya yanglain nieh..:)

    ReplyDelete
  52. wohhh.. keren banget Bunaken... rasanya sangat ingin melihat bunaken.. ya itulah keindahan Alam
    ingat juga kebesaran Allah.

    tapi aku gk bisa nyelam.. hehehe... Renang aja gk bisa kok nyelam... gmn ya rasanya
    bisa menyelam sambil minum air

    ReplyDelete
  53. wohhh.. keren banget Bunaken... rasanya sangat ingin melihat bunaken.. ya itulah keindahan Alam
    ingat juga kebesaran Allah.

    tapi aku gk bisa nyelam.. hehehe... Renang aja gk bisa kok nyelam... gmn ya rasanya
    bisa menyelam sambil minum air

    ReplyDelete
  54. Tempat yang sangat indah gan, jadi pengen berlibur kesana nih.....

    ReplyDelete
  55. mauu banget kesanaaa,..someday,.hmmm

    ReplyDelete
  56. Ya ampunn..keren banget itu dalem air..Saya baru nyoba di Lombok aja, Bunaken selanjutnya..keren..

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.