Saturday, December 10, 2011

Madumongso


Madumongso.... siapa yang tahu madumongso?

Menurut Wikipedia, Madumongso adalah makanan ringan yang terbuat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Rasanya asam bercampur manis karena ketan hitam sebelumnya diolah dahulu menjadi tape (melalui proses fermentasi). Setelah jadi kemudian diolah lagi dengan menambahkan gulasantan dan beberapa buah nanas sebelum kemudian dimasak hingga menjadi seperti dodol/jenang. Madumongso biasanya dibungkus kertas minyak yang berwarna-warni.




Beberapa hari yang lalu, ketika sedang berbelanja di sebuah toko pusat jajanan dan oleh-oleh... aku tertarik untuk membeli madumongso. Bukan karena warna kertas pembungkusnya yang warna-warni, tetapi lebih kepada judul kemasannya yang unik. Madumongso Singkong. Sebuah inovasi madumongso yang patut dicoba kan?



Beginilah wujud madumongso setelah tali pengikatnya dibuka. Bulatan kecil seukuran satu suapan--orang jawa akan menyebutnya 'sak emplok-an'--yang dibungkus plastik tipis bening rapat-rapat.




Teksturnya agak berbeda dengan madumongso yang biasa, karena campuran singkong lembut yang ada di dalamnya. Warnanya ungu kehitaman, dan masih ada butiran ketan hitam yang crunchy. Rasanya....hhmm.... UNIK!!!  karena aku bisa menemukan sedikit rasa tape singkong ketika madumongso legit  ini menguasai lidahku.




Terbayang bagaimana enaknya kan???

^_^

59 comments:

  1. iyaaaa, pasti enak rasanya, duh .. sampe ngiler.
    Disini ngerasain madumongso kalo lebaran aja, karena tetangga sebelah yg asli Madiun suka bikin. Atau kalo dapet oleh2 ...

    ReplyDelete
  2. hwaa.. kemaren di meja ada oleh2 madumongso dr temen yg habis tugas ke madiun.. kenapa ga dicobain ya?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum mbak Elsa, aih maaf baru bisa berkunjung kembali :)

    well, ini penganan khas daerah mana yah? Saya baru dengar deh mbak, baru liat juga bentuknya. lucu yah warna warni gitu.

    ReplyDelete
  4. makan ini aku gak bisa lebih dari1,manis banget mbak,mblengerr

    ReplyDelete
  5. saya sih udah pernah dengar jenis makanan ini.. tapi belum pernah rasa.hhe

    ReplyDelete
  6. Belum pernah nyobain, dari foto2nya kok jadi kepingin ya hehehe

    ReplyDelete
  7. aku baru tau makanan ini, Mbak xD
    keliatannya enak, ya. di Jakarta ada nggak sih?

    ReplyDelete
  8. Enaknya tergambarkan...

    *secara belum pernah nyobain ;(

    ReplyDelete
  9. hmmm klu gak terlalu manis aku pasti suka hehe, btw headernya ganti ya, aku liat fontnya sgt berkesan lemonite, yg gak berubah cuma daun2nya :)

    ReplyDelete
  10. Dulu ibu saya paling pinter bikin madumongso. Biasanya bikin pas menyambut lebaran..

    ReplyDelete
  11. Madumongso emang enak sekali... Buatnya susah mbak. Lebih enak yg langsung makan hehehe

    ReplyDelete
  12. Hmmm...kayaknya manis banget ya mbak?

    Btw suka banget tampilan layoutnya yg baru, makin fresh dan tetap yellow dong, hehehe... :D

    ReplyDelete
  13. Blm pernah nyobain madumongso, mau dong dikirimin, hehehe...

    ReplyDelete
  14. wah, aku belum pernah nyoba jajanan yang satu ini mba... khas daerah mana? kemasannya spt wajik bandung ya? rasanya pasti lain dunk ya?

    ReplyDelete
  15. Mmmmm..langsung telan ludah...mbak...kalau kirim ke Jembrana-Bali, harganya berapa?

    ReplyDelete
  16. wah bener-bener inovasi mbak, soalnya madumongso yang saya jual selama ini berbahan ketan putih, ketan hitam dan kacang hijau. Nhah boleh juga tuh dipasarkan di tempat saya Blitar hhh sekalian melebarkan pemasaran

    ReplyDelete
  17. Madumongso mirip kue wajik/wajit ya Mbak.

    Kalo yang rasa nanas saya sering mencobanya, cuma kalo yang singkong belum pernah. Ngeliat dari tampilannya keknya eunak betul rasanya yang dari campuran singkong itu.


    Salam.. .

    ReplyDelete
  18. jadi pengen nyoba mbak...
    kayaknya enak ya, aku tuch suka makan makanan tradisional, yummyyyyyyy

    ReplyDelete
  19. Sering liat nih, tapi baru tau jenenge madumongso :D

    ReplyDelete
  20. apa nih Mbak?? belum pernah nyoba :D

    btw template barunya bagus Mbak, lebih simple ;)

    ReplyDelete
  21. hmm lihat gambar-nya jadi terbayang dech nikmat-nya, rasa-nya ingin segera berkunjung kesana untuk membeli-nya :-)

    ReplyDelete
  22. pernah denger madumongso, tapi gua gak tau lho apaan sebenernya. dan baru kali ini ngeliat bentuknya. hahaha.

    packagingnya lucu ya....

    ReplyDelete
  23. kalau di Jogja madumongso semacam kolak pisang dan ubi yang disajikan untuk buka puasa Ramadhan,
    kalau madumongso yang mbak Elsa ceritakan ini aku blm prnh nyobain :)

    ReplyDelete
  24. Pertama kali mb nyoba makanan ini itu 3 tahun yang lalu waktu lebaran kerumah temen kantor, ibu mertuanya tidak pernah absen untuk membuat madumengso.

    Mulai dari itu aku jadi suka, hanya saja utk di jual2 belum terlihat jadi bisa makan ini kalau lebaran aja ya itupun di rumah teman mb.

    Alhamdullilah waktu lebaran kemarin dapat oleh2 madumengso dan pas ikutan giveawaynya Tarry dapat kiriman madumengso juga, sayangnya aku lagi hamil jadi gak bisa makan banyak....dari pada kempunan dan ngencess...aku berani makan juga beberapa bungkus.

    Meskipun sebenarnya pengen di habisin..hehehh Tapi emang enak rasanya El

    ReplyDelete
  25. met kenal mbak, *meskipun perasaan pernah mampir ke blog ini*
    Saya pernah melihat makanan ini tapi belum pernah ngerasain jadi penasaran mau coba nih....

    ReplyDelete
  26. pernah nyicipin, terlalu manis lengket dan kalo nempel di gigi bikin linu, apalagi gigi saya masuk gigi sensitif jadi menghindari yang beginian sih..

    lebih tepatnya, begitu melihat yang bungkusnya kayak gitu mending nggak usah ngambil.. hehehe

    bukan karena nggak enak, tapi karena nggak mau sakit gigi

    ReplyDelete
  27. aku gak doyan sih, mbak. tp ngeliat pembungkusnya bikin kepengen, hehehe :D

    ReplyDelete
  28. Ih Bungkusnya cantiks amith!! Jadi sayang mo makannya :-)

    Btw ganti cat rumah yah Jeng?? tapi teteup dunks kuning warnanya hehehe

    ReplyDelete
  29. waaah aku lebih suka photonya daripada madumongsonya
    hehehehe...
    warni warna

    ReplyDelete
  30. kayaknya pernah deh... malah bentuknya beda2.. tapi gak tahu namanya... namanya makanan ajah deh lagsung lebbb heheh

    ReplyDelete
  31. tapi yg ini kerenz....

    ini asalnya dari daerah mana jajannya mba?

    ReplyDelete
  32. bismillah, maaf lama nda muncul..sudah disambangi dijanya..blog tantenya juga sudah dilihat : ) seemed like a new spirit

    ReplyDelete
  33. aduh.. jadi kepingin..
    pemilihan motif alas (taplak meja)untuk madumongsonya cocok dan serasi.. warna2nya jadi ngeblend.. hmm.. keep jepret.. apik Sa..

    ReplyDelete
  34. ak belum pernah nyobain mbak....mirip wajit yachh.....

    ReplyDelete
  35. Saya baru tau soal makanan ini di sini, mbak, hehe...

    ReplyDelete
  36. nyammmm, ini makanan khass banget, enyak

    ReplyDelete
  37. mbak Elsa ini.. bisa2nya deh ketemu makanan yg unik2 gitu...

    skrg disuguhi madumongso singkong.. padahal kmrn yg gudeg kaleng aja aku belom nyobain.. hehee.. dimana sih mbak'e carinya... *penasaran*

    ReplyDelete
  38. Aku tau jenis makanannya..
    Cuma ga tau namanya Tante..

    Hmm jadi ngiler ,mauuu..
    Nah loh tanggung jawab nih..

    ReplyDelete
  39. madumongso hmmm...jadi inget lebaran
    bagus banget angle foto mu Elsa, aku suka.

    ReplyDelete
  40. waaaah aku belum pernah makan itu.. semacam tape ketan gitu ya? jadi pengen nyobain madumongso hihihii.. susah yah namanya :p

    ReplyDelete
  41. waah saya baru tahu
    penasaran sama rasanya...

    ReplyDelete
  42. belum pernah nyobain ini sama sekali hihi kapan2 mau coba... :9

    ReplyDelete
  43. pasti enak nih.

    gambarnya aja bikin ngiler.

    bungkusnya cantik ya

    ReplyDelete
  44. Aku suka foto2nya mba El, kalo buat nyicip sepertinya satu biji ga akan habis deh, agak sedikit aneh buat lidahku yg sunda bgt he he

    ReplyDelete
  45. Aku baru sekali nyobain madumongso ketan yang dibawa adik ipar dari kampungnya di Jatim sana. Rasanya emang campuran manis-asem. Tapi kalo madumongso singkong, lom pernah tuh...

    Templatenya apik, Jeng....

    ReplyDelete
  46. hmmm...kayaknya enak yaa...lempar satu donk mbak elsa kesini,,hehehehhe

    ReplyDelete
  47. kami menerima kiriman madu mongso mbak... :D

    ReplyDelete
  48. kesukaan aku ini mbaaakkk.. walopun paling males kalo bantuin bikin, tapi kalo makan paling duluan!! xixixixixixi

    ReplyDelete
  49. wah aku jd pngen nyoba., slama ni lom prnah nyicipin makanan itu., jd ngiler neh hehe.,

    ReplyDelete
  50. waaaaah aku suka madumongso... dan yang singkong itu keliatannya enak yah...
    Foto-fotonya bagus!

    ReplyDelete
  51. wah mbak itu makanan kesukaan kinan..sejak pulang mudik kemarin..pas dijawa dirumah Uti dan Yang ti nya ada makanan madu mongso ini dicobain terus suka,minta terus kadang habis 2 bungkus dan gak mau berhenti, tetap dibatasi maksimal 2 bungkus karena takut tape-nya itu...tapi alhamdulilah baik baik saja, dibawa kemarin ke bintan, dan tiap hari maunya "madu mongso" begitu dia bilang..walah walah..emang enak mbak..saya juga sekali, tapi yang lembut dan manis kalo yang agak asem/kecut terus agak kasar ketannya nggak begitu suka....jadi kangen neh ma madu mongso..:)

    ReplyDelete
  52. kalau itu makanan kesukaan saya mbak.
    manis asem gimana gituuu

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.