Monday, December 26, 2011

MUST TRY : Tengkleng and Mie Ongklok


Mampir Solo??? Sempatkan mencoba Tengkleng Bu Edi di gapura Pasar Klewer.

Tengkleng sebenarnya adalah masakan yang berbahan utama tulang belulang  kambing. Lha kenapa bukan daging kambing? Nah, di sinilah letak keistimewaan Tengkleng.

Daging kambing biasanya diolah menjadi sate atau gule kambing. Tulang belulang dan tengkoraknya yang dianggap tidak bermanfaat ternyata bisa dijadikan masakan serupa gule, tetapi tidak mengandung santan dan tanpa kehilangan rasa gurihnya, yang dinamakan Tengkleng tadi. Banyak orang jadi penggemar Tengkleng karena asyik "mbrakoti balungan".

Begitu pula aku.... Hehehehee. Tengkleng Bu Edi yang berada tepat di bawah gapura Pasar Klewer patut diperjuangkan. Pembelinya antri banget, gak heran jika tengkleng Bu Edi tiap hari ludes terjual dalam tempo 3 atau 4 jam saja. Geleng geleng kepala kan?

Info lebih lengkap tentang Tengkleng Bu Edi, klik Disini.






Ini dia.... makanan khas Wonosobo yang sejak dulu kuidam-idamkan.

Mie ongklok sebenarnya mie biasa, tapi kuahnya yang luar biasa. Seperti bubur, kuah Mie ongklok terbilang cukup kental. Rasanya benar-benar khas jawa tengah, manis banget!

Mie ongklok biasa dinikmati dengan sate sapi dan tempe goreng tepung. Coba saja makan mie ongklok panas-panas di Wonosobo yang dingin, wuuuah...SEMPURNA!!!!!


PS: Makaaaan terus, jangan heran kalo aku jadi gendut sekarang, heheheheee

49 comments:

  1. wah :O kuah mie ongkloknya gg bisa dibikin pedes tuh ya ?

    ReplyDelete
  2. hehehe... mendengar namanya jadi tersenyum simpul aku mba....

    tapi kok jadi pingin mencoba ya... Mba Elsa ini ya, emang jago menggugah selera deh ih...

    terus mie ongklok? opo meneh iki mba?

    jadi pengen deh... :-)

    ReplyDelete
  3. woooaa~ jadi kepingin saya mbak.. :)

    ReplyDelete
  4. kompakan ternyata
    aku juga seneng tengkleng dan mie ongklok
    tapi jarang ke solo
    jadinya cukup tengkleng kotagede saja

    ReplyDelete
  5. aku mau mie ongkloknya mbak 1 porsi ya hehehe

    ReplyDelete
  6. waaaaa, mbak... asli!! dua makanan di atas bikin mupeng >.<

    ntar kalo ke Jogja lagi disempetin deh mampir ke solo ...huhuhu

    ReplyDelete
  7. Tengklengnya haram utk aku mbak, kambing kan bikin darah tinggi, padahal aku penggemar daging2 termasuk kambing. hiks.

    ReplyDelete
  8. Mi ongklok mah kesukaanku...hihihi mau mau..apalagi tengklengnya :)

    ReplyDelete
  9. waduh mbak, walaupun aku gak suka kambing kok gambarnya menggiurkan banget sepertinya >.<

    ReplyDelete
  10. ah, perasaan baru baru ngomentarin ttg mie ongklok di tempat lain.. di sini ada juga ternyataa...

    sukaaa... jadi kangen pak muhadi *lho?*

    ReplyDelete
  11. Manis memang menjadi ciri khas masakan orang Jawa Tengah.. hmm penasaran sama Tengklengnya..

    ReplyDelete
  12. menelan air liur mba els aku jadinya.. mana hari dingin pengen makan yang begituan,,, wuhh...
    Mbrakoti balungan... hmmm yang punya sakit gigi be carefull

    ReplyDelete
  13. Kalo sama tulang kambingnya, aku gak begitu ngiler mbak, soalnya lagi menghindari makanan yang komposisinya terlalu berat, nih, hehe... Tapi kalo sama mie ongkloknya, aku ngileeerr... :D

    ReplyDelete
  14. mbak, maaf postingannya tadi aku delete komennya mbal elsa cepet bgt padahal aku baru publish:) tapi usah aku publish baru yg tadi gambarnya gak muncul soalnya

    ReplyDelete
  15. waduh...bikin ngiler nich
    pengen nyobain semua makanan2 itu...
    slurpppp....

    ReplyDelete
  16. karna tidak begitu suka dengan mie ayam, maka mie jowo menjadi salah satu makan mie pavorit.Dengan adanya mie ongklok ini kayak bisa menambah referensi :)selain mie hijau jakarta..Adanya cuman di wonosobo ya?coz baru denger nich..

    ReplyDelete
  17. saya jadi pengen nyoba,berkisar berapa tuh harganya mbak,.??mau tahu cara bikinnya biar nanti saya buka usaha mie ongklok khas tasikmalaya

    ReplyDelete
  18. melihat gambarnya aja sya udah "ngacay" nich mb...gimana kalo menikmatinya ya...
    salam kenal dan salam persahabatan !

    ReplyDelete
  19. aku ngiler banget liat mie itu sluurrrp

    ReplyDelete
  20. waduh berat di ongkos Mbaaaaaaakkk :D

    ReplyDelete
  21. Kurang suka sih yang berbau kambing, apalagi kalau masih ada baunya hehehe. Tapi kok ya gambarnya bikin ngiler ya hehehe

    ReplyDelete
  22. kalo tengkleng dah sering makan.... Tapi kalo mi oklok belum pernah liat wujudnya...

    ReplyDelete
  23. semakin menambah keroncongan nih perut.. :(

    ReplyDelete
  24. pernah baca tentang mie ongklok yg dinikmati di dieng , main ke sini ketemu lagi mie ongklok, fotonya merangsang hawa nafsu lagi, nafsu makan , lapeeerr :D

    ReplyDelete
  25. Wiihhhhh...
    Enakk enakk >.<
    Pengen nyobain, deh..

    ReplyDelete
  26. tukan pasti deh kalo mampir ke blog mba elsa bikin ngiler hehe^^

    chika belum pernah mba nyobain kayak beginian..

    kapan ya :D

    maaf ya chika baru berkunjung hihiii *jadi malu

    ReplyDelete
  27. Aahhh... suka banget ma mie ongklok.... Jd pengen ksana lagiii...

    ReplyDelete
  28. tengkleng emang oke punya....
    joss.....
    panas2 mak nyoss....

    cuma kalo mie ongklok aq blm pernah nyobain....
    :P

    ReplyDelete
  29. tengkleng belum pernah denger, mie ongklok sering denger katanya memang khas wonosobo. Tapi dua-duanya belum pernah mam tuh mbak. Hehehe

    ReplyDelete
  30. kalo disabled blognya, masuk ke blogger.com tulis email dan password trus ikuti petunjuk minta agar blog kita diaktifkan lagi. seru yaaaa... di dieng

    ReplyDelete
  31. kayaknya asyik yach makan tengkleng...gerogotin tulang kalo kata org jakarta hehehe......fotonya bagus banget...nnti mau dipraktekin ahh tips2nya....

    ReplyDelete
  32. so yummy...
    Mie Ongklok di jakarta dimana yah?? tau ga Elsa?

    ReplyDelete
  33. Yg Tengkleng itu kayaknya enak banget ya? tp sayangnya tiap abis makan daging , kepalaku cekot2..kyknya mulai kena kolesterol nih :(

    ReplyDelete
  34. kalau tulang aja disikat, nanti kucing dapat apa dong?

    aku biasanya makan daging, tulangnya kukasih ke kucing :D

    ReplyDelete
  35. Tengkleng aku suka...yang mie ongklok belum pernah coba. Hm, iya ya, dilihat dari gambarnya, spertinya kuahnya cukup kental.
    Ke tempat Dija dulu ah.

    ReplyDelete
  36. mbak elsa abis dri solo ya???kangen maem tengkleng lagi...

    ReplyDelete
  37. hmmmm.. slruuppp.. kangen jadinya. aku sukaaaaaaaa bgt tengkleng. yang pualing aku suka makan pakai otaknya. :9

    sayang kmrn waktu ke tmpt mbah putri di solo, ga sempet makan ini... *murung dipojokan :(

    ReplyDelete
  38. mbak elsa sukses hari ini membuat lidahku kemecer karena pingin banget makan mie ongklok itu..walah walah mienya itu kesukaanku banget pipih..walah apalagi khas jawa tengahnya yang manis itu..hmm asli mbak ini nulis sambil kemecer, kalo tengkleng nggak seberapa suka..hmm ada stock mie pipih kayak gitu dirumah pingin buat nnati pulang kerja, tapi pasti rasanya nggak seenak dengan yang diphoto mbak elsa itu...hiks.

    ReplyDelete
  39. sebenernya jarang bgt makan daging domba..tkut..di rmh ga pernah masak daging domba..mknya itu..tpi pas liat gambar tengkel mba itu..jadi ngiler....rasanya seperti apa seh mba...hehehe

    ReplyDelete
  40. enak tp berlemak tinggi. kurang baik utk penderita darah tinggi,kolesteroldan jantung. artikel yg meanrik

    ReplyDelete
  41. tengkleng.....??
    i lop it....
    biasa klo plg k slo mesti request itu mb...hehehehe
    klo mie ongklok blm tau rasanya nich...
    penasaran jg..hehehe

    ReplyDelete
  42. foto mie ongkloknya mirip bakmie kuahnya pak Gun ya mba? yang barat stadion jombang.

    ReplyDelete
  43. foto mie ongkloknya mirip bakmie kuahnya pak Gun ya mba? yang barat stadion jombang.

    ReplyDelete
  44. Saya suka Tengkleng..pertama kali nyoba di Jogja.

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.