Monday, May 6, 2013

1000 Buku Untuk Tunanetra

Senang sekali mengetahui begitu banyak teman-teman blogger yang sudah berhasil menuliskan sebuah buku. Kita sebagai pembaca serasa dimanjakan dengan begitu banyaknya pilihan bacaan. Mau pilih yang buku puisi, buku perjalanan, buku cerita anak-anak, fiksi atau apapun... semuanya ada.

Tapi pernahkah terpikirkan... bahwa saudara saudara kita yang tuna netra merasa kesulitan mencari buku bacaan???

Coba pergi ke toko buku, dari jutaan buku yang tersedia, tanyakan apakah ada buku dengan huruf braille???


Close-Up View of Braille
source



Seorang teman blogger yaitu Ibu Primaningrum, Ibu luar biasa dari anak yang sangat special Si Cantik Balqiz mengajak kita semua untuk membantu saudara-saudara kita yang tunanetra memiliki bacaan yang beragam. Caranya adalah dengan mengetik ulang buku apaaaaaaaaaaaaaa saja.....

Ambil satu buku, ketik ulang semuanya dari awal sampai akhir, dari sampul depan hingga sampul belakang. Ketik dalam Words, font Times New Romans ukuran 12.

Setelah selesai mengetik, kirimkan melalui email ke indah@mitranetra.or.id  beserta data diri kita.

mari bergabung menjadi RELAWAN untuk 1000 BUKU UNTUK TUNANETRA



Untuk penjelasan UU tentang Hak Cipta,  klik disini

Untuk daftar Penerbit dan Pengarang yang telah bergabung, klik disana.

Untuk informasi lebih jelas, klik disitu.

38 comments:

  1. eh belinya dimana buku kek gitu ya..?
    perasaan di gramed juga belum pernah liat

    ReplyDelete
  2. menarik sekali Mbak Elsa, membantu sesuai dengan kemampuan yang kita miliki untuk orang-orang yang membutuhkan. Semoga niat luhur ini akan banyak kemudahan mewujudkannya
    Saya coba ke tekape

    ReplyDelete
  3. Bunda Prima memang heubat ...bukunya apa ajah ya .insya allah pengen ikutan juga.

    ReplyDelete
  4. iya ya..baru Ngeh kita menulis di blog, nerbitin buku, yang merasakan hanya orang2 tertentu saja..

    Maap yang tuna netra ga bisa merasakannya, mencoba ke tekape duku Tante ;d

    ReplyDelete
  5. Terus nanti tulisan kita akan "disalin" lagi dalam huruf braille ?
    Wah, bagus juga nih idenya. Semoga banyak yang ikut berpartisipasi.

    ReplyDelete
  6. Makasih banget utk infonya ya mbak Elsa.... meluncur ke TKP deh.

    ReplyDelete
  7. Terus abis diketik gimana? Yg bakal translate jadi Braille siapa?

    ReplyDelete
  8. gimana dengan copyrights nya sa? emangnya boleh ya buku disalin ulang gitu?

    ReplyDelete
  9. maksud gua langsung disalin tanpa ijin dari penerbitnya...

    ReplyDelete
  10. mba, elsa memang its the best ... !!! maju terus dengan egiatan positinya

    ReplyDelete
  11. menarik kreatip bisa menciptakan suatu buku untuk tunanetra ,tingkatkan generasi yang akan datang

    ReplyDelete
  12. mbak elsa ini sangat menginspirasikan sekali yaa. memberikan contoh postif bagi anak bangsa lainnya. sukses terus ya mba elsa

    ReplyDelete
  13. wah infonya bagus nih mba elsa, bikin saya jadi minat ikutan..

    ReplyDelete
  14. wah bagus bgt acaranya. sebenernya aku juga punya temen yg jadi ketua komunitas tmn2 tuna netra yg tergabung dlm komunitas bernama Fency. pernah suatu ketika bikin acara yg membuat rekor muri yaitu pengetikan ulang buku bersama ribuan relawan.....

    ReplyDelete
  15. Masalahnya belum pernah bikin buku mb ... Gmn dong..

    ReplyDelete
  16. smoga relawan lancar dalam mengetik yah mba :) idenya mulia yah yg mbikin ini

    ReplyDelete
  17. Insya Allah bisa ikutan...o ya bukunya dari koleksi pribadi ya Mbak Elsa..

    ReplyDelete
  18. pernah baca juga ajakan seperti ini tapi dimana yaa.... sekarang diingatkan lagi sama mba Elsa, menuju tekape ah.. makasih infonya yaa....

    ReplyDelete
  19. kalau buku karangan sendiri boleh ga mba?

    ReplyDelete
  20. Makasiiiih informasinga mbak Elsa... Everyone should know this!

    Insya Allah ikutan mbak... :-)

    ReplyDelete
  21. mudah-mudahan bisa membantu saudara-saudara kita

    ReplyDelete
  22. ndak terpikirkan selama ini. mantap mbak, semoga banyak teman2 yang bersedia membantu nih

    ReplyDelete
  23. idenya bagus, tapi lebih bagus lagi bila tulisan yang diketik tulisan kita sendiri

    kalau tulisan orang lain (seperti novel penerbit), musti ijin mereka dulu

    ReplyDelete
  24. Sepertinya sudah selesai project-nya ya. Daftar judul bukunya sudah tidak ada.

    ReplyDelete
  25. aku ikutan ya mbak, buku apa aja kan ?

    ReplyDelete
  26. Subhanalloh...niat dan upaya yg sangat baik sekali mba El, InsyaALLAH ikutan. meluncur ke TKP mempelajari cara detailnya.

    ReplyDelete
  27. pingin ikutan juga semoga ada waktu ngetik ulangnya coba baca baca dulu syarat syaratnya....)
    thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  28. Menarik mbak, insyaallah mau ikutan ah

    ReplyDelete
  29. memang luar biasa sekali mba mba ini,,salut bnget..

    ReplyDelete
  30. insya Alloh nnti saya cari2 lagi buku bacaannya..

    ReplyDelete
  31. sungguh mulia sekali ide mba ini..sya sendiri atau bahkan orang lain juga tidak terfikirkan untuk ini..

    ReplyDelete
  32. mba paling telat dikirimnya kapan yaa????

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.