Monday, July 22, 2013

Bolu Kukus Mekar



Pernah dengar kutukan bolu kukus???

Kutukan bolu kukus terjadi ketika kita berkali kali mencoba bikin bolu kukus mekar tapi selalu gagal. Ciri ciri kutukan itu salah satunya adalah bolu kukus yang seharusnya bisa mekar, bisa tertawa lebar, ternyata hasilnya "mingkem", alias tidak mekar merekah sama sekali.

Jaman masih kelas 5-6 SD dulu, aku sering membuat bolu kukus sendiri, dan alhamdulillah pada waktu itu selalu berhasil. Bahannya mengandung air kelapa dan air soda. Dan seminggu yang lalu, ketika jalan-jalan santai ke blog-blog para blogger yang jago bikin kue, aku tertarik dengan postingan dan percakapan tentang kutukan bolu kukus itu. Aku ketawa ketiwi sendiri, mana ada sih kutukan bolu kukus? Ada ada aja, pikirku. Dengan jahatnya aku menertawakan mereka yang terkena kutukan berkali kali, sudah mencoba berbagai cara, bolu kukusnya tetap mingkem jaya!!!

Akhirnya aku mencoba membuktikan bahwa kutukan bolu kukus itu hanya mitos. Sudah puluhan tahun aku tidak pernah lagi membuat bolu kukus, dan mungkin sudah saatnya mencoba lagi. Aku memilih satu resep di salah satu blog memasak, dengan keterangan bolu kukus PASTI mekar. Sepertinya sebuah jaminan mutu kan??  Aku mengikuti semua step by stepnya, dengan sedikit sok tau. Semuanya mudah dan lancar, dan aku menunggu waktu mengukus 15 menit dengan senyum senyum penuh kelicikan. Masa gini aja gak bisa????

15 menit sudah berlalu, dengan penuh percaya diri, aku membuka tutupnya, daaaan..... bolu kukusku secara sukses dan meyakinkan... "MINGKEM" semua!!!!
sama sekali tidak mengembang, tidak mekar, tidak tertawaaaa....

Hiks... mau tak mau, aku harus mengakui, bahwa kutukan bolu kukus itu ada.

Hari itu juga, karena masih penasara, aku bikin satu resep lagi. Aku ulangi, kira kira mana yang salah, dengan membuang semua rasa sok tau ku. Dan hingga malam tiba... bolu kukusnya masih tidak juga tertawa lebar.

Sudah pasti sedih. Salah sendiri juga, kok berani-beraninya menantang kutukan bolu kukus. Tapi rasa penasaranku jauh lebih besar. Dan kemaren pagi aku hunting lagi resep bolu kukus di blog-blog para ahli bikin kue. Aku akhirnya menentukan pilihan, menjadi makmum Mbak Rina Rinso, seorang blogger yang ahli banget deh bikin aneka masakan dan kue-kue enak. Di blognya yang berjudul Dapurnya Rina, kita bisa menemukan banyaaak sekali resep-resep simple yang bikin kita tergoda untuk segera mencobanya. 

Berikut ini adalah bahan-bahannya :


Cara membuatnya gampang saja. Paling awal tentu saja panaskan kukusan, agar airnya mendidih begitu adonan sudah siap dikukus. Kemudian semua bahan kumpulkan menjadi satu, lalu dimikser sampai mengembang, berwarna putih dan kental. Bagi adonan menjadi dua, tiga, atau empat... sesuai keinginan, lalu warnai (Kebetulan stok pewarna di rumah cuman kuning hijau dan ungu. Jadinya mau bikin bolu kukus pelanginya batal, warnanya gak lengkap). Siapkan loyang bolu kukus, alasi dengan papercup, lalu isi dengan adonan hingga penuh. Pastikan air di kukusan sudah mendidih, lalu kukus selama 15 atau 20 menit (tergantung kukusan masing-masing yaa....).

(btw, adonan yang ungu aku campuri dengan meses coklat. Jadinya cuma yang ungu punya bintik-bintik)

Dan hasilnyaa....
Aku sempat deg-degan ketika menunggu detik-detik mencapai 20 menit itu. Begitu tutupnya dibuka, MasyaAllooh... bolunya tertawa, aku pun tertawa lebaaaaarrrr!!!!
Aku sudah berhasil mengalahkan kutukan bolu kukus..... Alhamdulillaaaahhhh...



52 comments:

  1. mantabsssss... ikut degdegan bacanya. hahahahhaa

    ReplyDelete
  2. Huwawawahahhaah...

    Bolunya ketawa lebar akhirnya ^^

    Selamat mbak Elsaaa..

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah, bolu kukusnya mekarnya cantik ya, warnanya juga.

    ReplyDelete
  4. he...he...lucuuu Elsa..
    hebat bisa mental kutukannya.., bagi mantranya dong

    ReplyDelete
  5. hahaha lucu bener kue nya
    sering makan bolu kukus tapi baru kali ini liat yang warna warni

    ReplyDelete
  6. jadi, tips biar bolu nggak mingkem apa ya?

    ReplyDelete
  7. Susah membayangkan, bagaimana bentuk Bolu "MINGKEM" itu :)

    ReplyDelete
  8. Selamat yah mbak jadi juga bolu yang bisa ketawa...

    ReplyDelete
  9. Wahhh jadi pengen bolu kukus nih mbak....
    Enakan beli... daripada masak sendiri hehehe ketahuan banget malesnya nih aku.

    ReplyDelete
  10. wuii bolkus nya colorful banget ya.. hehe

    ntar kasih tau esther dah resepnya. soalnya dia juga so far kalo nyoba bikin bolkus gak bisa mekar. :D

    ReplyDelete
  11. teteh, itu bolu kukusnya kayak Minion. >,<
    warnanya kuning

    ReplyDelete
  12. huaaa, jadi pengen bikin bolu kukus lagi.
    waktu itu pernah buat dan masih gagal, nanti mau coba buat lagi aaaaahh...

    kuenya cantiiikk Mbak, paduan warna kuning ijonya cantiiikk, suka lihatnya

    yg ungunya rada pucat, tapi tetap cantik karena ada bintik2 mesisnya :)

    selamat yaaah Mbak, berhasil berhasil berhasiiil, horeee

    *masa ada gak Mbak?? mau dooong nyicip buat ntar buka puasa, xiixix

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah bikin mbak, mudah2an kalau aku bikin bolunya bisa mekar

    ReplyDelete
  14. Yaahh padaal pengen liat foto bolu kukus yg mingkemnya wkwkwwk...

    Bagus bgt penampakan bolu kukusnya, secantik yg bikinnya

    ReplyDelete
  15. huaaaaaaaaaaaaa ngabuburit lihat ini asli menelan ludah..hadul saltu..alias salah waktu..pas kesini pas ngelihat makanan...
    aku tergoda pingin mencobanya...kutukan itu mengingatkanku pada bolu kukus bantat alias mingkem buatanku makanya aku mending bikin bolu panggang aja daridapa malu bikin bolu kukus nggak jadi...tapi gara gara resep mbak elsa ini jadi tergerak pingin coba..bismillah semoga ada kemauan dan keinginan..copas resep yah..:)
    btw selamat berpuasa mohon maaf lahir dan batin yah mbak....:)

    ReplyDelete
  16. Wow bolunya tertawa lebar, sy pernah menghasilkan bolu mingkem Jeng, gegara mixernya kelamaan, dan sukses ngompori mengulang lagi hingga mekar. salam

    ReplyDelete
  17. Kue bolunya selain nikmat dilidah juga nikmat di mata, mantabsss ...
    salam kenal, mampir ke blogku ya mbak!

    ReplyDelete
  18. SELAMAT...Congratulation...
    Selamat telah terbebas dari kutukan kue kukus...berarti tinggal aku yg harus mencoba...hihihihihihi. Teach me ya Sa....hahahhaha

    ReplyDelete
  19. Cantik bolunya mbak, kalo di jual di pasar ramadhan pasti laris manis tuh :D

    ReplyDelete
  20. De bikin bolkus pertama mekar, tapi bikin berikutnya mingkem. Abis itu males bikin lagi. Hahahaha

    Bolkus disini cakeb banget warna dan mekarnya.

    ReplyDelete
  21. Huaahhah, bolunya bisa tertawa. Alhamdulillah.

    Cocok nih buat emak saya di rumah

    ReplyDelete
  22. mantab. ternyaata rasa penasaran akan kutukan itu dapat mengalahkan semuanya ya mbak :D

    ReplyDelete
  23. haduwh, liat ini bulan puasa jadi ngilerr
    hihihihi

    ReplyDelete
  24. aku baru denger ada kutukan bolu kukus...
    dan baca postinganmu yang ini bikin aku senyum-senyum sendiri lho jeng secara aku belum pernah bikin bolu kukus

    ReplyDelete
  25. Kayaknya enak tuh buat takjil berbuka puasa. hehe

    ReplyDelete
  26. Bolu kukusnya lucuuuuk, warna warni

    ReplyDelete
  27. *pura-pura gag liat gambarnya--bikin pengen.. anyway berapa kali tuh nyoba-nyobanya sampe bisa bikin yang "mekar" lagi?

    ReplyDelete
  28. wah aku juga suka, kalau aku manggilnya bolu kukus pelangi hehe

    ReplyDelete
  29. aduh di bulan puasa lihat bolu kukus kayaknya ennak banget nih :)

    ReplyDelete
  30. hihihihi....alhamdulillah akhirnya tertawa jg ya mbak^^

    ReplyDelete
  31. aku aja deg-degan bacanya heheh. selamat ber-ramadan say, maaf yaa bru sempat silaturrahim kesini. slm buat bebi dija :D

    ReplyDelete
  32. selamat ya atas bolu kukusnya yg ketawa.
    mingkem tuh kami bilangnya bantut. gamau mekar

    ReplyDelete
  33. Kira2 kalau bolunya mingkem tuh karena apa, Mba? Pas membuat adonannya atau piye?

    Dulu ibu saya sering membuat bolu kukus, tapi hasile mingkem. Hihihihi

    Warna kuningnya menggugah. . .

    ReplyDelete
  34. Aaaak jadi laper baca resep dan lihat foto bolunya pas puasaan gini >__<

    ReplyDelete
  35. katanya kl bolu kukus bs mekar gitu berarti sukses bikinnya :D

    ReplyDelete
  36. Bismillahirrohaminrrohiiim..

    Hihihi, aku juga baru dengar kutukan bolu kukus
    belum pernah buat bolu kukus sih, jadinya belum kena kutukan itu
    hehe,.. pasti gemes bikin bolu kukus hasilnya mingkem terus

    Btw, gimana kabarnya mba Elsa? baik-baik saja kan?
    semoga selalu sukses dan sabar mendidik Dija :)
    Oh ya, dengan ini aku sekeluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin ya Mba :)

    Citra

    ReplyDelete
  37. Minal Aidzin Walfa Idzin mohon Maaf Lahir Dan Batin...dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri ya sobat.....

    ReplyDelete
  38. Hooo, aku baru tau ternyata bikin bolu kukus itu tricky juga ya.

    ReplyDelete
  39. Kak Elsa, join giveaway aku ya :3 hehehe

    http://febiola-febby.blogspot.com/2013/08/firmoo-international-giveaway-2013.html

    ReplyDelete
  40. Taqabbalallahu minna waminkum
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H.
    Mohon Maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
  41. wuuiih kuenya cantik bangett...tertawa lebar hahahah.....keren ihhh yang bikin...udah cantik....pinter menjahit...pinter bikin kue juga...mantappss

    ReplyDelete
  42. Selamat pagi, senang berkunjung ke website nya,, salam sukses dari kota bandung! http://goo.gl/M4XIq7

    ReplyDelete
  43. Asalamu'alaikummm....

    MAUUU IKUTAN BISNIS 0 MODAL???

    PM yukksss ('_^)

    Asli,,ayoo buktikan

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.