Thursday, November 12, 2009

TIPS berlibur ke China


Berlibur di China sungguh mengasyikkan. tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. ini sih berdasarkan pengalamanku. semoga bisa membantu mereka yang akan berlibur di China.

1. Musim.Pastikan dulu, sedang musim apa disana. Agar kita bisa siap-siap apa saja yang perlu dibawa. Tapi, harus diwaspadai juga tentang pergantian musim yang bisa saja terjadi. Berdasarkan pengalamanku, menurut panduan agen perjalanannya, diperkiraan suhu terendah di China saat itu hanya sampai 18 derajat celcius karena masih musim gugur. Eh ternyata begitu tiba disana, salju turun! Bodohnya aku gak bawa jaket tebal. Jadilah kami kedinginan hampir jadi balok es. Hehehehe

2. Makanan. Bawa makanan sendiri. Karena disana, terutama di China bagian utara, makanannya sungguh aneh. Gak cocok buat lidah indonesia. Kebanyakan makanan khas china yang sudah akrab di lidah orang indonesia berasal dari China bagian selatan. Jadi kalo hendak pergi ke China bagian utara, sebaiknya bawa PopMie, kecap manis, saus sambal/sambal kemasan, abon, sambal goreng kentang, bumbu pecel kalo mau... hahahaha. Beneran loh !!! daripada menderita gak bisa makan, karena gak cocok sama masakannya?? Masakan disana tuh serba asin dan sangat berminyak. Jadi siap-siap aja naik berat badannya. Bagi yang muslim, harus sangat berhati-hati. Jangan lupa memastikan kehalalan makanan.
3. Toilet. Yang ini sungguh mengerikan!!! Dari beberapa negara yangs udah kukunjungi, China adalah yang terburuk dalam hal kebersihan Toilet. Bayangkan saja, mereka amat sangat malas menyiram kotorannya sendiri!!! Kalau gak mau muntah-muntah, jangan sekali-sekali masuk toilet umum, ini termasuk toilet umum di tempat wisata terkemuka ya. Bahkan toilet di bandara pun kondisinya cukup mengenaskan. Satu-satunya toilet yang bersih adalah di kamar hotel!!! Ohya, semua toilet tidak menyediakan air sama sekali. Bahkan tissue pun tidak ada. Jadi saranku, kemana-mana bawa botol minuman kemasan gitu yang pastikan selalu ada airnya, sama tissue. Itu prioritas utama!!!
4. Shopping. Biasakan menawar sampai seperlima atau seperempat dari harga yang ditawarkan penjual. Biasanya, penjualnya memang akan marah-marah dulu, dibilang kita gak tau harga lah, bercandalah... tapi nanti penjualnya akan menarik kita untuk melakukan tawar menawar yang lamaaaa. Jangan keburu menaikkan harga, tunggu sampai penjualnya turun banyak dulu. Baru kita naikkan harga sedikit. Ini berlaku di hampir semua tempat, di stan pinggir jalan maupun di mall-mall. kalo bisa, bawa kalkulator aja sekalian. ini menguntungkan kalo pas belanja di pedagang kaki lima. mereka gak bisa bahasa inggris, mereka juga gak punya kalkulator. kalo pake isyarat aja mengkhawatirkan. lebih aman pake kalkulator. jelas bagi kedua belah pihak.
5.Uang Palsu. China adalah surga belanja barang-barang palsu. Termasuk juga uang palsu.Hati hati kalo tukar uang di money changer. Pastikan money changer itu resmi. Sebaiknya tukar di bank, atau di hotel. Jangan di money changer kecil pinggir jalan, apalagi tukar di toko. Karena banyak sekali uang palsu yang beredar di sana. Saranku, catat semua nomor seri uang Yuan yang kita punya. Soalnya kadang banyak penjual yang nakal. Ketika kita bayar, kita serahkan uang 100Yuan, sama penjualnya dengan sangat cepat bak pesulap ulung ditukar sama yang palsu. Uang asli kita disembunyikan. Karena palsu, trus penjualnya pura-pura gak mau nerima, minta ditukar dengan uang yang lain. Nah lho... hati hati yaa... sebaiknya, kalo mau bayar, pegang dulu uangnya. Pastikan penjualnya ngasih kembalian di saat yang sama kita serahkan uang kita. Atau paling gak, perhatiin banget tuh uang di tangan penjualnya. Ok?
6. Bahasa. Jarang sekali orang China yang mampu berbahasa inggris. Biasanya anak-anak muda sudah mulai bisa, tapi itupun gak semua. Dan kalaupun ada yang bisa, bahasa inggrisnya terdengar sulit dimengerti. Jadi kalo mau jalan-jalan sendiri lepas dari rombongan, pastikan mengajak seorang yang mampu berbahasa China. Biar gak tersesat. Soalnya gak bisa nanya sih kalo tersesat. Trus petunjuk jalan pun menggunakan bahasa china. Serba membingungkan!!!

32 comments:

  1. pertamax dulu ahhhh :D btw, sampe gitu ya ngeri ngeri apalagi yang tentang toiletnya.. kalo mengenai pergaulan atau tata krama disana gimana mbak elsa? seperti orang timur kebanyakan atau ada yang khusus?

    ReplyDelete
  2. @Erikson: kalo pergaulan sih gak ada masalah. betul tuh, seperti orang timur kebanyakan. sopan dan ramah. ya kaya kita lah.. heheheh (emang kita nih sopan dan ramah ya?). gak ada yang perlu dikhawatirkan kok kalo masalah itu.

    ReplyDelete
  3. wah..fotonya asyik tuh! Berartio China selatan jauh lebih berkembang ya daripada yg utara?

    ReplyDelete
  4. wah, mbak. akhirnya muncul juga tipsnya. thx eniwei.

    duh...itu yg no 3...ck,ck,ck

    ReplyDelete
  5. Fotonya cakep bangetttt.... ^^
    jadi ga sabar pengen ke China.. (maunyaaa... :D )...
    sip sip nih tipsnya... bener-bener kaget sama yang nomer 3...

    ReplyDelete
  6. ih, ada seremnya juga ya mba...apalagi soal toilet sama uang palsu itu.....

    but, tips nya oke juga, siapa tau ntar saya ada rezeki juga buat ke sana....

    ReplyDelete
  7. Tips ke 7 :
    Pastikan dengan siapa perginya, Seharusnya pergi dengan orang yg kita kenal bisa dipercaya, misal keluarga, istri, suami, anak. Karena jika tidak kita beresiko ditinggal ditengah jalan, hutan, atau ditengah-tengah pegunungan, ato di Toilet ... diluar negeri pula

    he he he he ...............

    ReplyDelete
  8. wah kalau mau kesana harus ngajak temanku si jet li biar gak bingung bahasanya hehehe, btw tq tipsnya, mudah2han ada kesempatan utk honey moon kesana hi2 :)

    ReplyDelete
  9. takkiro fotone mulan...tibakno iku sampeyan to mbak...heheheh

    ReplyDelete
  10. Mbak Elsa ini kasih tips, apa nakut-nakutin? Saya kok malah jadi takut ke sana :D

    ReplyDelete
  11. Hm, saya nggak mengira suhu 18 C bisa menurunkan salju. Ini info yang berguna sekali. Terima kasih ya.

    ReplyDelete
  12. Mba Elsa, tipsnya berguna banget nih.
    Mudah2an suatu hari aku bisa ke china juga.
    Btw, setidaknya ada yg bisa kita banggain dibanding cina. Toilet kita walopun jg ga terawat tampaknya jauh lebih baik dibanding mereka hehe

    ReplyDelete
  13. SUITTT...SUITTTT
    MBAK ELSA MAIN-MAIN KE TEMPATKUKI'
    ADA AWARD SAYA MAU KASIKI...
    DI AMBIL YA MBAK

    :)

    ReplyDelete
  14. SUITTT...SUITTTT
    MBAK ELSA MAIN-MAIN KE TEMPATKUKI'
    ADA AWARD SAYA MAU KASIKI...
    DI AMBIL YA MBAK

    :)

    ReplyDelete
  15. SUITTT...SUITTTT
    MBAK ELSA MAIN-MAIN KE TEMPATKUKI'
    ADA AWARD SAYA MAU KASIKI...
    DI AMBIL YA MBAK

    :)

    ReplyDelete
  16. @Vicky Laurentina: suhu 18 derajat celsius memang tidak bisa menurunkan salju. itu sih prakiraan kami sebelum berangkat ke china, ternyata udah nyampe disana, suhunya jauh dibawah suku perkiraan tadi itu... kalo salju sih mukin ya di sekitar suku 0 derajat.

    ReplyDelete
  17. Kalau musim salju jangan lupa bawa sirup.. :)

    ReplyDelete
  18. dan hati-hati sama pencopet
    pencopet cina lebih gila dan lebih cepat
    terutama di daerah Shenzhen, dan kota lain

    ReplyDelete
  19. hebat el...nice tips! btw kamu mirip orang china loh, tapi yg cantik nya...hehe, salam kenal yach! toilet china? duhh, ga janji dech!kikik...

    ReplyDelete
  20. Sangat luar biasa, bisa pergi ke Negeri China, karena katanya seh.. tuntut ilmumu sampe ke negeri china.. hahaha...

    Aku juga takjub akan keindahan di negeri china...

    Pasti lebih banyak lagi ya foto-foto dlm perjalanan tsb. semoga menjadi kenangan tersendiri.

    ReplyDelete
  21. saya punya kuis nih:
    Lebih parah mana?
    Toilet umum di CIna apa Toilet Umum di Pasar Tanah Abang?
    wehehehehhe
    Btw.. mbak ku yang cantik ini hebat yaaa sering banget jalan2... kayaknya mbak elsa ini punya usaha travel yaaaa ^_^

    kerja keras adalah energi kita sip sip

    ReplyDelete
  22. @Boeditea: Pasar tanah abang yang mana dulu? kalo yang blok A kan sudah bagus tuh.persis mall. kalo yang Blok F lama emang kurang sip. tapi... meskipun kotor , tidak sejorok toilet di China. jadi aku masih milih toilet di pasar tanah abang deh...

    ReplyDelete
  23. nawarnya sampe seper lima mba??
    waduh berarti mereka naikkinnya banyak bgt ya..

    sip sip pokoknya mba, jadi tau kan...sapa tau bulan depan dapet lotre jalan2 kesana..aminn..hehhehe

    ReplyDelete
  24. hiii poin 3 gak banget deh mbak, sepertinya musti bekal pispot kemana-mana yah mbak hehehe

    ih tantik-tantik poto embak2nya itu, dgn view belakang yg keren pula'

    ReplyDelete
  25. wah seru sekali ke cina, senang ya! :)

    ReplyDelete
  26. Waduh orang China kok kemproh ya?

    Perlu dicatat nich tipsnya, barangkali punya kesempatan maen ke sana hehehe

    ReplyDelete
  27. waduh yg nomor 3, saya jd muntah ni mbak, lg makan nih pas baca hue hue

    ReplyDelete
  28. Waduh lusa ak ke cina. Sebagai org cina saya jadi takut kesana hahahahaha
    Bisa2 judulnya cina ketipu cina :p

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.