Friday, May 14, 2010

Jalan Sasak Surabaya

Jalan Sasak


Setiap kota pasti punya satu atau lebih jalan yang mengkhususkan diri pada satu hal, maksudnya sepanjang jalan itu semuanya berjualan bunga, sepanjang jalan itu dipenuhi penjual buah dalam gerobak, atau di sepanjang jalan itu banyak penjual rujak manis...
Nah, Jalan Sasak di Surabaya ini salah satu yang special, karena di sepanjang jalan sasak, kanan kirinya menjual buku dan kitab kitab islam.


sempit, satu arah


Terletak di kawasan wisata religi Ampel Surabaya, dan sama seperti lingkungan di sekitar situ, jalan sasak sejak dulu hinggal kini didiami oleh warga indonesia keturunan arab. tentu saja, ini membawa suasana berbeda... Orang-orang berhidung mancung, bermata lebar dan berkulit lebih terang daripada warga indonesia keturunan jawa. mereka... keturunan Arab banyak yang masih mewarisi tradisi dan budaya nenek moyangnya.
salah satunya terlihat dari bahasa yang dipakai dan makanan serta kebiasaan sehari harinya.
Tapi kali ini kita tidak akan membahas kebudayaan mereka, melainkan keistimewaan jalan sasak sebagai penyedia buku dan kitab islam terlengkap di surabaya.


salah satu warga keturunan arab

Arsitektur toko-toko di sepanjang jalan sasak sebagian besar masih bergaya tempo dulu, kuno... tapi ada beberapa toko yang bangunannya sudah baru. aku pikir sih sayang sekali ya kalo bangunan yang lama harus dipugar diganti yang baru. seandainya saja semuanya masih seragam berarsitektur kuno, pasti jauh lebih cantik lagi...

selalu ramai


Di sepanjang jalan ini, hampir semua toko tokonya menjual buku dan kitab kitab islam. misalnya Al Quran, kitab kuning... dan segala kitab dari dalam dan luar negeri untuk kebutuhan pendidikan pondok pesantren. Jangan khawatir dengan stok barangnya, rata rata mereka punya gudang yang besar. meskipun tokonya kelihatan kecil...

Toko toko penjual kitab di sepanjang jalan ini melayani grosir maupun eceran. mereka bisa mengirimkan buku dan kitab ke seluruh penjuru Indonesia.


ada juga yang jual parfum



salah satu toko yang tidak menjual Buku dan Kitab


transaksi jual beli di teras toko



Toko Mesir


Setelah menjelajahi satu persatu toko di sepanjang jalan Sasak, akhirnya aku menambatkan pilihanku pada toko sempit dan sangat kuno ini. ubinnya persis seperti ubin rumah nenekku yang dibangun jaman belanda, pintu tokonya dari kayu jati yang kuyakini telah berusia puluhan tahun jauh lebih tua dari umurku, dindingnya sudah tidak rata. lembab dan banyak yang lapuk termakan usia... namun toko Mesir tetap bertahan.

calon pembeli


Koleksi buku buku dan kitab kitabnya cukup lengkap. banyak sekali pilihan Quran, mulai yang sangat kecil hingga yang berukuran raksasa. juga buku Yaasiin&Tahlil yang aku cari cari. disini begitu banyak pilihan... dan harganya, aku pikir paling murah dibanding toko toko sebelahnya. thats why, aku membelinya disini...

Ya, untuk keperluan peringatan 40 dan 100 hari wafatnya Kak Noni, aku membeli buku Yaasiin&Tahlil disini dalam jumlah besar.


Elsa menanti bukunya dipacking di kardus besar

Teman teman di jawa timur yang membutuhkan Quran, atau kitab kitab Islam lainnya dalam jumlah besar maupun kecil, gak usah bingung lagi. Langsung saja ke Jalan Sasak Surabaya yaa...

64 comments:

  1. waahhh, kaya di kota tuaa,, yang toko buku itu kaya di kwitang,, versi jakarta nya,, heheh :)

    unfortunatelly i never go tu surabay,, hikkkss

    ReplyDelete
  2. mba' Elsa.. Surabayanya mana??

    kalo mau beli buku agama / kitab emang paling enak disitu ya mba'..

    ReplyDelete
  3. Sepakat, Mbak..
    Jalan Sasak memang menjadi jalan favorit para santri ketika mencari kitab-kitab kuning dan literatur keislaman lainnya...

    Semoga Kak Noni mendapatkan kebahagiaan dan magfirah-Nya di alam sana. Amin...

    ReplyDelete
  4. liat isi tokonya yang lumayan penuh...bisa2 puyeng klo nyari sendiri buku yg di butuhkan...sesuai nama jalannya SASAK = dalam bahasa banjar SEMPIT...cocok juga sama keadaan yg tokonya sempit, jalannya yang sempit.... ;)

    ReplyDelete
  5. els.... di bandung juga ada jalan sasak... tapi ada gantungnya... jadi jalan sasak gantung... hehe...

    ReplyDelete
  6. met sore kak elsa,

    wah, berita wisata neh,hm
    berarti ada kam[oeng arab ya di surabaya, kampoeng melayu juga ada ga di surabaya,,,?he,(secara, ku kan nak Melayu,hmmm)..

    SASAK, bukannya nama suku ya kak, kan ada suku sasak dilombok..
    kalo surabaya,sempit ya,,
    sasak=sesak(bahasa padang kan...)

    salam langit,

    ReplyDelete
  7. pakabar mbak? :) thanks share infonya.. baru tau aku ada begituan di Surabaya, soalnya yang top dr Surabaya itu dolly dkk hihihih... *minta ditabok mbak elsa..

    insyaALLAH kalo ke SBY aku ke Jalan Sasak mau liat2... lumayan buat nambah2 koleksi, itu harganya miring semiring kwitang g ya???original g mbak?

    ReplyDelete
  8. artikelnya bagus, semacam wisata shopping gitu.. shopping buku maksudnya.. knapa gak bilang2 jalan ke sasak mbak ? tau gitu saya mau nitip parfum "malaikat subuh"
    he..he..he..

    ReplyDelete
  9. dulu waktu masih ker di perak, sering lewat situ...hmmm jadi inget masa lalu :) tq dah berbagi :)

    ReplyDelete
  10. jadi ingat dengan pasar senen dan kwitang kalo di jakarta, isinya buku semua XD

    ReplyDelete
  11. yah,,, tadinya mw ngomeng,
    dibandung juga ada,

    namanya sasak gantung,
    tapi..tapi.. udah dipake tuh ma 'babeh',,

    hehe...

    ReplyDelete
  12. Wah...mau borong buku kirain buat dihibahin ke bang Pendi...he...he. Eh...ngomong2 lengkap juga ya, tapi sayangnya jauh....

    Salam hangat & sukses selalu...

    ReplyDelete
  13. Di kota nggak ada jalan yang model seperti jalan sasak.

    Yang ada pedang dngan berbagai suka nyampur & barang jualannya juga macam-macam.

    ***___
    :-)

    ReplyDelete
  14. wah,,,bangunannya jadul2 ya mbak...
    tapi kereeen

    ReplyDelete
  15. surabaya emang menyenangkan... hehehe

    banyak bangunan kuno...pa lg daerah jembatan merah^^

    ReplyDelete
  16. kalo di yogya terkenal di daerah shoping...khusus...buku2..

    ReplyDelete
  17. Hmmm.. selalu ada yang khas di setiap kota.. Begitu juga Surabaya. Di Bandar Lampung juga ada, namanya Pasar Tengah.

    ReplyDelete
  18. lumayan juga kayaknya...
    mbak, disana harganya bisa ditawar kan? tau sendiri kan, biasanya si mancung suka marah kalo ditawar...
    yg paling murah toko apa ya ???
    btw,
    salam gemes buat Putri Khadijah...
    semoga menjadi anak Sholihah, Amin

    ReplyDelete
  19. iya kak elsa, saudara2 kiki dari abah kan tinggalnya di daerah ampel semua...
    tapi kiki blum pernah mampir ke jalan sasak,,hehehe...
    jadi pengen mampir...

    kak elsa surabayanya dimana??

    ReplyDelete
  20. Waahh...aku baru tau, ada tempat seperti itu di Surabaya :D

    ReplyDelete
  21. waaaah...klo saja di Garut ada kota seperti itu pastinya gak bakal susah klo mau nyari kitab dan buku..
    Jadi pengen main ke Surabaya nich...

    ReplyDelete
  22. Wah..unik juga ya tempatnya.
    Suasananya yang serasa tempo dulu semakian memberikan keunikan tersendiri pada tempat tersebut.
    Jadi pengen kesana.
    Tapi jauh banget :(

    ReplyDelete
  23. Beuh..padat amat ya isi tokonya.
    Bukunya sampai bersusun2 gitu, hehehehhe...

    ReplyDelete
  24. aku tau...aku tau ^^
    mbak ke sby kok ga mampir ke etha ...hihihihi ^^

    ReplyDelete
  25. ealah, ni didaerah ampel to
    ehm...kapan2 kesana juga ah..

    ReplyDelete
  26. pernah ke surabaya tapi gak tahu jalan itu..

    ReplyDelete
  27. harga bukunya murah2 nggak ya disana?

    ReplyDelete
  28. Jalan Sasak? jalan yang kubayangkan penuh sesak. hehehe.. Nina kalau baca judul postingan Mbak Elsa, suka berimajinasi dulu.
    Jalan Sasak, kalau kusana, kukira akan membuatku berlari-lari penuh cinta. menyambut tumpukan buku2 yang... bisa dinego kan harganya mbak? ^.^

    ReplyDelete
  29. wah backgroundnya ganti ea Mbak,....
    Dan saya suka dengan Yasin dan Tahlil.... He
    Moga sukses acara Yasin dan Tahlilannya Kak Noni ea Mbak...

    ReplyDelete
  30. Duh, buwel mungkin kalo ke jalan sasak ini bisa seharian neh ngeborong Kitab n Buku.. :-)
    Kalo di Tegal, kawasan Arab(Kauman) ntu ada di belakang Masjid Agung Tegal, dan disitupun banyak penjual kitabnya, meski tercampur dengan aneka macam penjual lainnya... ah moga bisa buwel mampir ke sasak ah.. amin...

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. wah mb elsa...
    jadi pengen jalan-jalan kesana
    unik banget kotanya...

    ReplyDelete
  33. wah mb elsa...
    jadi pengen jalan-jalan kesana
    unik banget kotanya...

    ReplyDelete
  34. klo dalam bahasa Banjar (Kalsel) "Sasak" itu artinya "Sesak" / "Penuh"... ^_^

    Setiap kota mempunyai ciri khas masing2.. Indonesia memang kaya akan budaya...

    gimana kabar de Khadijah nya mba?

    ReplyDelete
  35. jadi penasaran ma jalan sasak ney..
    tempatnya unik sih... :D

    ReplyDelete
  36. thx berat Mbak, bisa nih dimasukin kedalam salah satu tujuan selanjutnya,,

    ReplyDelete
  37. waa..jadi tau surabaya...
    jalan sasak terinspirasi karena jalannya sempit gitu bukan mba??

    itu bukunya khusus buku2 islam aja ya mba?

    ReplyDelete
  38. kalo di jogja namanya shopping centre mba hehe

    ReplyDelete
  39. Wah, sayang sekali aku tak tahu lokasinya dan sayang juga aku jarang ke Surabaya.
    Tapi, informasi ini akan kusimpan utk sewaktu2 aku perlukan.
    Makasih ya...

    ReplyDelete
  40. Surabaya kota yg sgt menarik...!!
    Lokasix bleh jga tuh tuk d kunjungi..thnxs infox..salam kenal z..

    ReplyDelete
  41. ohhh..baru tahu ane..nice info..tar kalo ke sby coba mampira ah..

    ReplyDelete
  42. Di Bukittinggi gak ada pasar buku kayak gini...T_T

    Jadi kangen Jogja... Ada shopping center buat ngubek2 buku... Kapan bisa ke sana lagi yaa...?

    ReplyDelete
  43. bisa menjadi suatu kawasan wisata belanja buku/religi.
    jika bangunannya lebih dari 50 th, bisa masuk sbg Benda Cagar Budaya.

    ReplyDelete
  44. betapa senangnya jika kita tahu jalan. jadi ingat waktu di surabaya, pakai motor, ketinggalan jauh karena motor teman jalan lebih cepat. akhirnya kontak via telp. dia menanyakan posisiku dimana. nah, kubilang aku tidak tahu ini jalan apa, pokoknya dekat sungai. sedangkan dia tahu jalan, tapi tetap tidak bisa menemukanku. akhirnya sepakat kumpul di satu gedung tinggi yang kebetulan sama2 terlihat oleh ku dan temanku.

    ReplyDelete
  45. dr tokonya sama dg toko di kauman atau jl. sriwedari..
    lengkap juga..

    tp knp ga sepopuler Gg Doly sih???
    hmm,,,

    ReplyDelete
  46. wah..nama jalannyab sama ma nama jalan tmp mia tinggal. cuma mia ada embel2 gantungnya hehehhe

    kl di bandung, tmp pusat jual buku yg murah itu namanya palasari

    ReplyDelete
  47. Jadi semacam pecinan di seluruh penjuru New York ya? (sok teu :D) Cuman ini yang tinggal orang Arab yang khusus jual kitab & baju muslim.

    ReplyDelete
  48. klo di semarang ada yg mirip seperti ini mba elsa..namanya Kauman.. letaknya di belakang masjid kauman..cuma lebih macem2 yg di jual..^^

    ReplyDelete
  49. Info tempat beli buku n kitan yang Lengkap, membuat ingin belanja, sukses mbak

    salam kenal dari malang

    ReplyDelete
  50. wew ... oleh2 kurma-nya mana nih,
    he he he ..

    ReplyDelete
  51. Bismillahirahmannirrahiiim...
    jalan sask emang terkenal toko buku islam. ada masukan ni ELSA!!, coba beli" KITAB TAUHID". kamu pasti suka!!

    ReplyDelete
  52. Bismillahirahmannirrahiiim...
    jalan sask emang terkenal toko buku islam. ada masukan ni ELSA!!, coba beli" KITAB TAUHID". kamu pasti suka!!

    ReplyDelete
  53. Nice info mbak..saya jd tahu tentang tempat tersebut...

    ReplyDelete
  54. wah dah lama banget ga ke surabaya, dah lupa deh kapan terakhir ke sana :)

    ReplyDelete
  55. surabaya emang penuh dengan macam budaya dan etnis :)

    ReplyDelete
  56. di sini apa ada juga yg jual terjemahan kitab2 macam fatkhul qorib, mukhtasor jiddan, dsb

    ReplyDelete
  57. maaf sebelumnya saya gak baca tulisan "..., anonymous is not allowed".
    di sini apa ada juga yg jual terjemahan kitab2 macam fatkhul qorib, mukhtasor jiddan, dsb

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.