Saturday, November 27, 2010

A Trip to Bunaken

"Langit biru... awan putih... terbentang indah... lukisan Yang Kuasa..."

Syair lagu Balon Udaranya Sherina kecil itu benar benar ada di teluk Manado, ketika kami bersiap-siap menuju Taman Nasional Bunaken. Cuaca yang sangat cerah membuat kami sangat bersemangat, apalagi matahari di Manado tidak sepanas matahari di Surabaya. Hehehe..padahal mataharinya cuma satu ya?

dari Marina menuju Pulau Bunaken dibutuhkan kira kira 45 menit perjalanan dengan menggunakan kapal kecil seperti kapal Papa Coxy ini.




Tempat duduk terdapat di tepi kanan kiri bagian dalam kapal, dan di tengah tengahnya ada 2 lubang kaca, yang fungsinya untuk melihat ke bawah, ke dasar laut.... taman laut Bunaken. Kapal maksimal diisi 15 turis dan 2 atau 3 awak kapal.

Daripada hanya duduk di dalam kapal, aku dan Nona lebih memilih berada di bagian depan kapal yang terbuka itu. aku pikir itu pilihan yang tepat. Bukankah langit biru dan awan putih serta air laut yang benar benar biru merupakan pamandangan yang sayang sekali untuk dilewatkan??

Apalagi ternyata kapal Papa Coxy kencang sekali. Ketika melewati ombak kecil saja, kami nyaris terlempar dari kapal. Pengalaman yang sungguh seru!!!





Kapal melaju kencang, jilbab kami berkibar ditiup angin. Kami tertawa keras setiap kali hampir terjatuh karena ombak menggoyang kapal. Cukup sulit awalnya untuk duduk manis dan mengambil foto, tapi setelah hampir setengah perjalanan, ombak sudah tidak ada  dan kapal pun cukup tenang.
Kami pun semakin kegirangan menikmati angin semilir dan hangatnya matahari saat itu...  aaaah, what a life!!!





Lihat... teman-teman pasti setuju kan, betapa indahnya laut di Bunaken...
Betapa indahnya laut kita, Laut Indonesia.... Kalau sedang menikmati keindahan laut seperti ini, baru ingat betapa kayanya negara kita, betapa luasnya laut kita. Harta tak ternilai yang harus kita jaga sama-sama.


Elsa ketakutan ketika kapal menghentak diterjang ombak, sementara Nona malah keasyikan menikmati goyangan kapal saat itu

Tak terasa 45 menit sudah berlalu, Kami pun mendekati Pulau Bunaken yang tidak terlalu besar. Hanya ada 4 desa di sana, dan setiap desa tidak memiliki banyak penduduk. rumah satu dengan yang lain agak berjauhan. tapi tampak di kejauhan, sebuah gereja yang cukup besar, dan sebuah masjid berukuran agak kecil di sisi satunya lagi.

Alhamdulillah, akhirnya aku bisa menginjakkan kaki di Pulau Bunaken yang sangat terkenal ini....




Tulisan berikutnya, masih tentang Bunaken. Sayang sekali aku gak bisa cerita tentang pulau Bunaken dan masyakaratnya karena tidak ada kesempatan keliling ke 4 desa itu. Tapi aku punya pengalaman lebih seru, karena ternyata... Diving di Bunaken benar benar menakjupkan!!! Tunggu ceritanya yaaa....


54 comments:

  1. Indonesiaku ga ada duanya deh. thx for sharing fotonya..

    ReplyDelete
  2. hwaaaaa,,,,pengen ke bunaken...
    kapan ya????

    ReplyDelete
  3. Subhanallah, kereeenn.. jadi mupeng, padahal masih sama2 Sulawesi tuh tempatnya :D

    ReplyDelete
  4. mba' Elsa..... bikin ngiri >.<

    pengeeeeeen >.<

    ReplyDelete
  5. Waaaa.. pengen...
    Pemandangannya SubhanAllah.. keren sangath...
    Fotonya juga Keren2.... 2 thumbs up ..
    Indahnya Indonesia.. :)

    ReplyDelete
  6. Waw....senangnya jalan2 ke Bunaken...

    Indonesia memang kerenn.....apapun yg diposting Kak Elsa bikin pingin....

    Mantab dech pokoknya :)

    ReplyDelete
  7. Keren bgttt-nget-ngett....kpn ya ku bisa kesana *iri bgt dot com*

    ReplyDelete
  8. Subhanallah..... bagus banget ya mbak lautnya... semoga besok kiiki juga bisa ke sana ya ..:D di tunggu cerita divingnya... :D

    ReplyDelete
  9. pati sangat menyenangkan, keindahan alam memang buat kita terpesona ^^

    ReplyDelete
  10. ditungguin cerita penyelamannya, dan apakah disana seru buat bulan madu? soalnya bali kan sudah biasa hehehe

    ReplyDelete
  11. mbaakk foto2nya kereeennn.. pake kamera apa ya? ajarin dung :)

    ReplyDelete
  12. Whuaaaa...pengen ke bunaken...indah banget..

    ReplyDelete
  13. wow bagus banget itu biruuu semua
    langitnya bagus cerah gtu gak kaya ditangerang mendung terus :P hehe

    ReplyDelete
  14. hmmm andai ada aku disana....aku rela jadi Photografer kalian hehehe

    ReplyDelete
  15. Indah banget ya mbak, aku belum pernah kesana apalagi diving:)

    ReplyDelete
  16. Indonesiaku yang g ada duanya :)

    jadi pengen kesana mbak ,,,, :)

    ReplyDelete
  17. Ini yang selalu ingin saya katakan: Negeriku memang indah.

    Huaaaaa jadi kangen ke Indonesia *sigh*

    Beautiful Pics mbak Elsa, bukan hanya background nya lho, model model nya juga

    ReplyDelete
  18. wah..mbak ELSA bikin iri aku aja degh hehhee

    senngnya bisa kesana hehhehheh...

    Subhanallah keindahanNYA LUAR BIASA,,,

    saya telat udah lama gak mampir nieh kak!!

    ReplyDelete
  19. subhanallah kereeen nyaaa

    mbak elsa selalu jalan2 yah.. saya belom bisa nih gara2 ngantorr melulu.. hiks

    ReplyDelete
  20. wah menyenangkan sekali jalan2 ke Bunakennya.
    terakhir ke Bunaken saya tahun 90-an, waktu itu belum ada kapal sebesar itu hehehe :D

    ReplyDelete
  21. Bunaken memang indah... Kapan ke sana lagi ya?
    Jalan2 yang menyenangkan nih mbak :)

    ReplyDelete
  22. gee... ! Sruuuu bnget. Trnyata adinda pnya jiwa adventurer jga. Tapi syukurlah... Dija gak ikutan. hee..heee...
    The next selain Bunaken, klo sempat bisa ke Komodo Island dekat kampungku.
    Di sana bukan cma bisa liat komodonya, tapi jga salah satu zona konservasi eksklusif biota laut terindah di dunia.

    ReplyDelete
  23. bagus banget sih mbak.. mungkin kalo ditambahin budgetting tripnya oke kali yaa... biar kita juga bisa nabung buat nyusulin kesana :D

    ReplyDelete
  24. waaaaah pantainya indah banget.....
    pasti seru abis tuh maen disana ...

    ReplyDelete
  25. keren banget ya pantainya, apalagi modelnya TOP, hehehe

    ReplyDelete
  26. bunaken emang top. Jadi pengen ke sana lagi, dah hampi 5 taon yang lalu ke sana-nya.

    Sempat ke bukit kasih or kubur batu di tomohon, ga elsa? bagus juga lho disana..

    ReplyDelete
  27. Bunaken memang sangat indah, mbak... makanya aku bangga jadi nona Manado, hehe

    ReplyDelete
  28. mbaaaaaa,.........kok jalan2 trus ke tempat2 kereenn sihhh..... *ngiri*

    pengeennnn ^^

    apa kabar mba elsa cantik, aku baik jg mba...alhmdulillah.

    huhuhu,..gambarnya kerenn bgts...

    ReplyDelete
  29. Kapan y aku bs kesana?? *mikir* :D

    ReplyDelete
  30. pokoke komentarnya hampir sama dgn yg lain....asyiknya mbak Elsa bisa jalan2 terus.....fotonya keren2....pemandangannya sungguh bagus....modelnya cantik2.....ahhh bikin ngiri hehehe....

    ReplyDelete
  31. senangnya yg lagi jalan2, jadi ngiri deh, hehehe... ditunggu cerita selanjutnya ya mba elsa

    ReplyDelete
  32. wohoooo....
    Keren foto2nya...!
    Saya akan kesana suatu saat...
    Snorkling jg gak? hehehehe

    ReplyDelete
  33. minta ijin ambil gambar yang berlatar gunung.

    ReplyDelete
  34. uuuwwwwoooowwwwwwwwwww.
    tempat ini ga jadi-jadi kudatangi
    huuuh...
    Bunaken... wait for me

    ReplyDelete
  35. Hiks hiks, ngiri euy!! Pengen banget Mba gw ksono. Ditunggu yah cerita divingnya *jadi ngiri kuadrat neh*

    Btw kapan neh Aunty Elsa jalan2 ke Miri? Zahia tunggu yaaaaahhhh

    ReplyDelete
  36. waaaa.......mupeeeennnnggg...asli deh keren ya alam endonesah ini

    ReplyDelete
  37. Bunaken yang indah
    langitnya biru banget
    kapan bisa kesana..
    he..he gimana sih mbak kok bisa jalan2 terus..
    nanti ah, kalo aku kerja pengin banget kek mbak Elsa..

    ReplyDelete
  38. salam sobat
    sip dan indah mba.
    saya belum pernah ke Bunaken.
    jadi pingin ni.

    ReplyDelete
  39. Hampir setiap membuka blog Mbak Elsa ini selalu kutemukan pemandangan yang indah. Semacam jurnal perjalanan, mungkin. Meski secara fisik aku tak pernah nyampek ke tempat yang sangat indah dan menawan itu, paling tidak, dengan membacanya di blog ini, rindu ini sudah lumayan terobati. Hehe...

    Salam, Mbak...

    ReplyDelete
  40. aahhhh...pengenn kesanaaa >.<
    Subhanallah indah bangeed

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah,
    dah nyampe rumah dengan slamad :)
    bagus ya tmpatnya ..

    ReplyDelete
  42. ini salah satu tempat yang pingin banget gw kunjungin dari dulu tapi belum pernah kesampaian

    ReplyDelete
  43. Wah seru bgt yah klo para blogger kopdaran di Bunaken...he...he...

    ReplyDelete
  44. Enaknyo... Jalan-jalan ke Bunaken...
    Birunya kagak nahan...
    Indonesia ternyata punya banyak pantai dan pulau yang indah...

    ReplyDelete
  45. huaaa,, never ending story nih,,
    slanjutnya trip kemana mba?? :)

    ReplyDelete
  46. Beautiful Indonesia! Mupeng.... pengen ke sana. Btw, fotonya ciamik!

    ReplyDelete
  47. mba elsaaa... Mana foto2 divingnyaa :D

    ReplyDelete
  48. masih belum bisa keBunaken neh Mbak.. :-(

    ReplyDelete
  49. this is my MANADO...hahahahaha

    ReplyDelete
  50. wow another trip....
    mbak elsa bikin ngiler nih hehe... thanks foto2 indahnya mbak,, jadi inkut menikmati suasananya :)

    ReplyDelete
  51. Huaaahh... udah lama pengen trip ke Bunaken, tapi belum kesampaian juga :(

    ReplyDelete
  52. PEngen ke Bunaken juga.... Belum pernah kesana nih.
    Semoga kesampaian deh.. Amin.

    ReplyDelete
  53. indah bangeeeeeeeeeeeeeeetttt.....*mupeng* @_@

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.