Wednesday, June 8, 2011

Narsis di Kaliurang - Merapi

beautiful car


Akhirnya mobil kami sampai juga di Kaliurang dan Merapi. Empat Serangkai Gila yang sama sekali buta soal Kaliurang dan Merapi, bersyukur sekali Pak Adhi yang pakar IT dan ahli Android hari itu bersedia menjadi guide kami.


Narsis ria dari kiri: Dewi, Yoppy, Pak Adhi, Elsa, Ari


Begitu tiba di Kaliurang, ramai sekali. Kami sempat kesulitan mencari tempat parkir. Para pengunjung yang rata-rata membawa serta keluarganya tampaknya benar-benar menikmati udara sejuk di Kaliurang. Di salah satu sisi, ada panggung besar yang sedang menampilkan tari tradional jaranan. Di sisi yang lain, di dekat tempat parkir, begitu banyak warung berjejer menjajakan aneka makanan.  Kami langsung menuju Taman Nasional Gunung Merapi....

narsis ke sekian....

Ternyata taman nasionalnya tidak seberapa asyik... mungkin karena belom ada pembenahan secara besar-besaran sejak diterjang letusan merapi beberapa waktu yang lalu. Air Terjun yang ada di dalamnya seharusnya menjadi daya tarik utama, tapi... bagiku, air terjunnya sungguh tidak menggairahkan. Salah seorang petugas Taman Nasional Merapi berkata bahwa sebelumnya volume air nya sangat sangat banyak. Tapi setelah Merapi meletus, volume air di air terjun itu berkurang secara drastis. Aku masih berpikir... apa hubungannya yaaa? Hehehehee


narsis kuadrat :  Dewi & Elsa

Alhasil... untuk mengurangi rasa bosan, kami pun bernarsis ria. sambil memperhatikan sisa-sisa letusan Merapi. Pak Adhi menjelaskan pada kami, lokasi ini dulunya berupa hutan lebat.... yang benar-benar hijau. Merapi kemudian meluluh-lantakkan semuanya. Pohon-pohon besar bertumbangan, debu vulkanik menutupi semua area. Sehingga sepanjang mata memandang, yang ada adalah warna abu-abu gosong yang mengerikan.
Foto-foto merapi tak lama setelah letusan hebat, bisa dilihat di postingannya Clara.




Ketika kami kesana, Kaliurang dan sekitar Merapi sudah mulai menghijau. Meskipun belom ada pohon-pohon pengganti yang tumbuh. Yang ada cuma bangkai-bangkai pohon besar berserakan....
Benar-benar hutan gundul. Terbayang betapa mengerikannya saat itu, betapa dahsyatnya letusan Merapi. Ngeri yaa... Subhanallaaah




Lelah berkeliling, akhirnya kami beristirahat sejenak sambil PESTA DURIAN !
Menyenangkan sekali, duduk-duduk disana, menikmati sejuknya udara pegunungan (meskipun gunungnya gundul), ngobrol ngalor ngidul sambil klamut-klamut menikmati durian yang dibawa dari Pacitan. Nikmatnyaaaa....Alhamdulillaaah




Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Hari sudah mulai petang, gerimis juga mulai turun. Kami bergegas turun ke Yogyakarta. Disana kami bersilaturahim dengan teman lamanya Dewi, seorang photographer hebat yang sudah punya studio foto sendiri. Hebat deh, senang sekali bertemu anak-anak muda yang sedang membangun "kerajaan" bisnisnya sendiri. Saluuuut....

Setelah Isya, kami pun berpisah dengan Guide kami , Pak Adhi. 4 Serangkai Gila akhirnya pulang ke Surabaya saat itu juga.



Kemana kaki kami melangkah selanjutnya???  


Thanks to 3 Sahabatku Dewi, Yoppy dan Ari  yang sudah bersedia gila bersamaku, juga pada Pak Adhi yang bersedia direpotkan hari itu.

59 comments:

  1. enaknnyyya yang bisa travelling mulu.... :)

    ReplyDelete
  2. perjalanan yang menyenangkan,,terima kasih info²nya kak,,itu adalh oleh² yang bermanfaat hehehe

    ReplyDelete
  3. KOk foto terakhirnya dicropping mbaaak??? :D

    ReplyDelete
  4. Sudah kebayang pasti menyenagkan sekali...
    Tapi keliahtan sudah hampir ada tumbuhan disekitar hutan itu dan mungkin beberapa tahun lagi akan kembali hijau.

    ReplyDelete
  5. Jiahhhh!! oleh-olehnya jangan lupa loh Elsaaaaaa!!! :-p

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat pepatah, "jagalah kakimu, karena kakimu akan membawamu ketempat2 yang sangat indah"

    Mba Elsa foto2nya keren2 banget,...

    dan subhanallah Mba, bisa lihat sendiri bagaimana bencara Merapi meluluh lantakkan kehidupan di sekitarnya... bagaimana rasanya...?

    Semoga kaki2 itu selalu membawa pemiliknya ke tempat2 yg tak terbayangkan sebelumnya yah Mba.. :-)

    ReplyDelete
  7. foto2nya .. keren ..

    Puas2in jalan2 mbak, mumpung masih bisa .. :)

    ReplyDelete
  8. ayo kapan lagiiiiii??????

    IDEGILA JILID II.......
    IDEGILA JILID III......
    dan jilid-jilid selanjutnyaaaa....

    ReplyDelete
  9. Dija kok enggak diajak tante Elsa? wah saya malah pingin mendaki Merapi lagi nih kalao gini

    ReplyDelete
  10. Durennya nggak abis-abis, Jeng? :D

    Gila tapi seru ya? Aku juga mau gila yang begitu... :)
    Kapan rencana menggila lagi? :D

    ReplyDelete
  11. Ga ketemu Nyi Pelet atau si Gerandong? ;p

    ReplyDelete
  12. senangnya jalan-jalan terus... ditunggu perjalanan ke rumahku di tj.pinang yah elsa ^^

    ReplyDelete
  13. eh, mana jadah tempenyaa??.. kan kalo ke kaliurang, yang terkenal jadah tempe mbah cariknya.. hehehe..

    ReplyDelete
  14. Wah durennya bisa ditransfer nggak....hehehehe

    ReplyDelete
  15. Mbak Elsa, pesta duriannya menginngatkan saya pada beberapa tahun lalu. gak ingat..hehe

    waktu itu stgh tahun setelah banjir bandang di Bahorok. anis belum pernah ke Bahorok sblm banjir bandang. pas datang kedaannya gak jauh beda dengan Kaliurang.

    pulang dari Bahorok kami sekeluarga juga Pesta Durian :D

    semoga orang-orang yang ditimpa musibah diberi kekuatan untuk memulai hidup yang baru lagi..:)

    ReplyDelete
  16. terakhir ke kaliurang waktu SMA, hihihi udah lama banget

    ReplyDelete
  17. WAH jadi ngiri, aku yang deket daerah ini masal belum liat pasca erupsi terjadi....
    yang pasti semoga perjalanan ini semakin mengingatkanpada yang diatas..

    ReplyDelete
  18. salam kak, jauh dari temapat saya ujung Aceh tapi kepingin sih...

    ReplyDelete
  19. wah..dah mulai hijau lagi ya..

    kalo jalan2 mah emang ga sah kalo ga ada foto narsis.. :D

    ReplyDelete
  20. jd inget duluuuu pernah naik ke gunun merapi sampe ke puncaknya

    ReplyDelete
  21. Waktu aku ke yogya kemarin, aku juga mampir ke merapi mbak... kondisinya masih tandus..

    ReplyDelete
  22. Lain kali boleh deh ajak aku jalan2.. hehehe. BTW, duriannya enak gak...? pengen nih... #elap iler.

    ReplyDelete
  23. enak ya, bisa jalan-jalan rame rame dan narsis-narsisan juga selalu

    ReplyDelete
  24. selalu ada duren. nanti kalau mampir ke tempatku tak suguhin duren aja, ya... hihihihi :)

    ReplyDelete
  25. good to know kalo daerah yang kena letusan udah mulai menghijau ya...

    ReplyDelete
  26. Mbak Elsa, enaknyaa bisa jalan2..
    Trus hari itu jg lgsg plg ke surabaya ? opo ga capek iku mbak ?

    ReplyDelete
  27. mantap jeng liburannya...bisa ngliat bekas amukan merapi, hohoho

    ReplyDelete
  28. aduuuh.. mba elsa jalan mulu.. Jadi pengen ikutan.. apalagi pake pesta duren.. hehehe

    ReplyDelete
  29. waaahh..mau durennyaa..hehhhehe

    ReplyDelete
  30. Salut banget sama empat sekawan ini baterainya kok gak abis2 ya, setelah jalan2 keliling Jogja langsung pulang ke Surabaya? ckckckck...

    ReplyDelete
  31. Suka banget deh sama foto mobilnya, itu di edit pake apa sa? *gaptek niihhh* huehehehe...

    ReplyDelete
  32. Elsa.. ke jogja ya... gak mampir nih.. padahal kelewat lho di jl kaliurang hehe ...


    wah..saya malah sejak erupsi itu belum pernah ke kaliurang lagi

    ReplyDelete
  33. waduh2, pake acara belah durian segala toh...
    hehe
    :)

    ReplyDelete
  34. masih terlihat sisa abu dari letusan merapi yaa Mbak, sampai2 pohon2 yang hijau itu berubah warna gitu...

    yaahh, udah slesai yaa Mbak ceritanya?? kapan jalan kesini Mbak?? ajak Dija juga yaa Tante Elsa :D
    xixixix

    ReplyDelete
  35. Mbak Elsa, begitu sampe rumah pasti langsung di peluk Dija yachhh.....kangen Dija nya ditinggal tante jalan-jalan hheheheh......

    oleh-olehnya dr jogja apa mbak?

    ReplyDelete
  36. aihhhh..pesta durennya itu lho..bikin nyess... :D
    salam

    ReplyDelete
  37. boleh ikut gak nih klu jln2 lagi ? hehehe

    ReplyDelete
  38. Debit air terjun yang berkurang sejak letusan mungkin karena sumber air di dalam gunung sana mulai habis, mengalir ke Magelang bersama lahar dingin :)

    ReplyDelete
  39. Huaaa, kepengen duren... (mupeng)
    kemaren lewat ambarawa-semarang liad duren gede2 tapi gak sempet mampir... T-T

    Hmm, terakhir k daerah kaliurang pas erupsi kemaren..

    Merapi, gunungapi yg selalu bergolak.. =)

    great blog...
    salam kenal =D

    ReplyDelete
  40. kemana-mana ngemilnya duren,
    suka banget kayanya sm duren.
    *mupeng

    ReplyDelete
  41. 10 tahun lalu aku sering ke kaliurang merapi, hampir tiap minggu
    karena dekat dengan rumahku

    ReplyDelete
  42. wah dija mana nih :D
    foto kelima aku paling suka :D
    makan duren suasananya kaya gitu pasti nambah poll uenaknya :)

    ReplyDelete
  43. Nengok Si Kuning yg habis jalan2...

    ReplyDelete
  44. ke kaliurang, ga mampir ke tempatku elsa? rumahku di jalan kaliurang km 13, kalau ke kaliurang pasti lewat sana.

    btw seneng ya, punya temen yang se-ide buat hal-hal yang "gila" dan seru :)

    ReplyDelete
  45. terakhir ke kaliuran tahun 2004, dan masih hijau, kata kakakku skg luluh lantak akibat letusan merapi kemarin...next trip..Ayo Bintan mbak elsa hehehehe

    ReplyDelete
  46. terakhir ke kaliuran tahun 2004, dan masih hijau, kata kakakku skg luluh lantak akibat letusan merapi kemarin...next trip..Ayo Bintan mbak elsa hehehehe

    ReplyDelete
  47. mantab, nih...

    kapan bisa kesana ya?? durennya setiap hari ada gak, ay???

    ReplyDelete
  48. wahhh...merapi....mendapat liputan yang meluas di Malaysia dulu. sungguh dasyat....sekarang sudah boleh di kunjungi ya....

    ReplyDelete
  49. alangkah indahnya 'perjalananmu ini,
    hmm ... sampai ada acara 'belah duren ... :P

    ReplyDelete
  50. Haaa.. enaknya jalan2 teyuuus... kemarin ke kaliurang cuma sebentar, gak sempet menjelajahi goa jepang. Tapi postingan mba Elsa udah ngobatin rasa penasaran ak sama taman nasional gunung merapi.

    Thank you yah ^^

    ReplyDelete
  51. Aduh, kapan ya bisa jalan2 lag seperti ini? Enaknya yang belum nikah. Dinikmati ya jalan-jalannya.

    ReplyDelete
  52. Jalan teruuuusss neh Ola Elsa, hiks hiks Dija ga diajak :-(

    ReplyDelete
  53. duh seneny ya jlan" sambil travelling. pha lg bareng family..
    kpany ya q jg jln" k kaliurang cz lom pernah nih..he

    ReplyDelete
  54. serunya jalan-jalan bersama sahabat ya mba :)

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.