Saturday, November 10, 2012

Bakso Bakar Pak Man Malang



Siapa penggemar bakso???
Aku mungkin akan angkat tangan tinggi-tinggi. Tentu saja aku yakin, bukan hanya aku yang menggemari bakso kan... kebanyakan rakyat Indonesia  (ciiieeee......) pasti juga menggemari makanan yang sangat gampang di temui di mana mana ini.

Beberapa waktu yang lalu, ketika berkunjung ke Malang, Dewie--sahabatku-- berhasil menyeretku ke sebuah gang sempit. Kami lalu berhenti di depan SMPN 5 dan SMPN 9 Malang. Rupanya disitulah bakso bakar Pak Man berada. Sejak awal kami tiba di Malang, Dewie selalu saja menceritakan tentang kelezatan bakso ini. Well.. kini saatnya membuktikannya.




Bakso Bakar Pak Man tidak memiliki banyak varian isian. Satu mangkuk bakso hanya diisi oleh bakso, tahu, dan mie putih. Lalu apa kehebatannya?

Dewie pun menjawab, alasan pertama adalah baksonya benar-benar enak. Baksonya dibakar menggunakan arang, lalu di siram dengan saus khusus. Kita bisa memilih tingkat kepedasannya sesuai dengan selera kita.
Alasan kedua, Kuahnya nendang banget. Berasa kaldunya. Meskipun baksonya sudah habis, kita pasti tetap menghabiskan kuahnya karena tak rela meninggalkannya begitu saja. Alasan yang ketiga, menurutku agak tak masuk di akal, yaitu karena keunikannya. Dewie bilang, bakso ini tak pernah sepi. Selalu ramai pembeli, meskipun tempatnya bisa dibilang tidak nyaman. Bagaimana tidak.... pengelola bakso Pak Man ini tidak menyediakan meja yang layak untuk para pengunjung. Di tengah-tengahnya hanya diberi kursi panjang sempit, sehingga mau tak mau pengunjung bakso akan menikmati baksonya dengan memegang sendiri mangkuknya. Sejak Dewie menjadi pelanggan setianya tahun 2000, hingga kini tidak ada perubahan rasa, maupun prasarana pendukung. Semuanya tetap. Pembeli bakso pun tetap rela mengantri, kalo perlu mereka rela makan sambil berdiri. Nah lhoooo.....





Soal harga... ini yang menjadi masalah. Harganya lumayan premium untuk ukuran bakso di gang sempit. Satu butir bakso dihargai 1500 rupiah, sementara satu butir bakso bakar harganya menjadi 2500 rupiah. Ketika itu kami datang berempat, dan mampu menghabiskan sekitar 40 butir bakso bakar. Kebayang kan berapa yang harus kami bayar.....

tapi tentu saja, worth it banget!!!!  puas dengan rasanya.






Keunikannya lagi, setelah bakso dibakar, akan ditempatkan di satu mangkuk khusus bakso. Sementara kita akan mendapatkan satu mangkuk lagi yang berisi mie putih, tahu, dan kuahnya. Agak ribet ya? apalagi tidak ada meja....

Tapi tenang saja... semua keribetan itu terkalahkan dengan kelezatan bakso bakarnya. Dijamin deh... kita pasti baru beranjak dari situ setelah semua mangkuk benar-benar kosong...





Setelah menikmati bakso pedas panas-panas.... tentunya kita butuh sajian yang mendinginkan tenggorokan. Nah, tepat di sebelah kios bakso bakar Pak Man ini, ada sebuah gerobak penjual Es Ketan Hitam yang benar-benar menyegarkan. Sebuah paduan yang sempurna deh pokoknya.






Ada yang berencana ke Malang??
jangan lupa untuk menjadikan Bakso Bakar Pak Man ini sebagai detinasi wajib ya....

72 comments:

  1. mbak Elsa sukses bikin aku kemlecer.... pengen banget, jadi gak sabar pengen ke Malang

    ReplyDelete
  2. aku penggemar basooooo :D
    dan blom pernah njajal baso bakar :(
    kapan yaaa ...
    di Jakarta ada di mana yaaa *lap iler*

    ReplyDelete
  3. Bakso bakarnya Pak Man memang salah satu kuliner bakso yang enak di Malang, dan cukup terkenal. Malang memang gudangnya penjual bakso.
    Kapan-kapan Mbak Elsa juga perlu nyoba Bakso Poris di Jl A yani depannya Markas Tentara (brigif) Kediri, rasanya ehmmm nggak kalah dengan Pak Man.

    ReplyDelete
  4. kalau dijakarta ada bakso malang pak man, beda ya mbak hehehe. enak juga kelihatannya ya bakso bakarnya

    ReplyDelete
  5. Salam dari Malaysia.

    Saya suka bakso dan disini saya beli di Pasar2 Malam yang penjualnya adalah dari Indonesia.

    Semasa di Indonesia dulu, saya terkejut sebab Bakso di sana ada Francais sama seperti KFC dan Mc Donald....sedap sekali.

    Now...ini pertama kali saya dgr pasal Bakso bakar....pelik pulak...pasti tak de kat Malaysia ni...

    ReplyDelete
  6. belum pernah makan bakso bakar... ntar nyari ah

    ReplyDelete
  7. malah aku yang sementara semedi di malang belum tahu tempatnya :(

    ReplyDelete
  8. waddoh,,tante Elsa bikin dingin ini semakin membuat perut goyang dangdut deh heheheh

    ReplyDelete
  9. saya juga penggemar bakso mbak....tapi belum pernah nyobain bakso bakar ...disini belum ada yang jualan bakso bakar sih....hehe

    ReplyDelete
  10. wah cuma bisa bilang "asli kepengen" :)

    ReplyDelete
  11. Saleum,
    Aku termasuk sangat jarang makan bakso. kadang sudah lupa gimana rasanya mbak. hal pertama yg kurasakan sesudah makan bakso adalah rasa mual. gak tau lah kenapa hal itu bs terjadi

    ReplyDelete
  12. wah, aku suka deh makan Bakso...wah ngeces..kapan bs jalan2 ke Malang ya?

    ReplyDelete
  13. Bak Malang Pak MAn, dulu pernah buka cabang di Banyuwangi juga lho? Tapi kayaknya sih kurang medpatkan respon, sehingga gak sampai setan sdh menghilang. Padahal aseli baksonya oke punya, tak hanya bakso bakarnya tapi yg lain-lainnya juga mantabs.

    ReplyDelete
  14. sebenarnya angle foto2nya mbak elsa yg bikin makanan diatas sangat sangat menggiurkan :D

    ReplyDelete
  15. Ngiler sengiler-ngilernya *_*
    bakso dibakar pasti yummy bangetttt...tp bakarannya menggunakan arang pula yg jd pantangan wajib untukku saat ini :(:(

    ReplyDelete
  16. Waduh..waduh... ini kalimat "kuahnya nendang dan berasa" ini yang bikin ikut tergiur pengen nyoba.
    kalo di tempatku, bakso bakarnya gak sepanjang itu tusukannya. Tusukannya pendek2, mgkn satu tusuk itu ada 5 bakso..

    ReplyDelete
  17. Membaca postingan ini membuat saya makin nyesel gak ikut ke Malang. Sebagai penggemar bakso kelas berat, sepertinya penyajian bakso seperti ini jarang. Pokoknya kalau ke Malang nanti, warung bakso ini harus disambangi

    ReplyDelete
  18. waduuuh... lagi hujan sore-sore dan sukses ngences.. mau Ke Malang jauuh.. hahahaha

    ReplyDelete
  19. Aaahhh... Jadi kangen sama Malang!!!
    Jadi pingin kalo pulang ke Malang tahun depan, mampir makan di bakso Pak Man ah... :)

    ReplyDelete
  20. saya cateeet pokoknya Mbak. udah lama sekali nggak ke malang. meski di sini, di dekat rumah saya ada juga bakso bakar mirip begini. cuma judulnya bakso bakar solo.

    ReplyDelete
  21. huaaaaaaaaaaaaaa... bikin laperrrrrrrrrrr!!!

    hayo tanggung jawab sa!!! :P

    ReplyDelete
  22. pagi pagi disuguhi bakso bakar, hmmmm...mendadak laper nih :)

    ReplyDelete
  23. *aku akuu.tunjuk tangan tinggi2 sbagai penggemar berat bakso* tapi belum pernah makan bakso bakar niy,jd pengeeen... Beberapa bulan yg lalu ke Malang, gak sempet icip si bakso bakar ini huhuhu

    ReplyDelete
  24. Hoo my Goooddd.. Nelen liur bener baca postingan ini mba elsa..

    Enak bangeeeettt..

    ReplyDelete
  25. aku ikutan ngacung paling tinggi mba El, pecinta baksi bgt niiih, aseli ngiler liat bakso bakarnya.
    tapi bingung jg knp prasarananya ga dibuat nyaman ya...

    ReplyDelete
  26. slurrpp...mau...
    kayaknya enak ya mbak, jadi pengen :)

    ReplyDelete
  27. Mbakkk, baksonya bakso apa? Bakso sapikah? Kalo iya, saya mewek aja deh.. Saya ga makan daging sapi.
    Total bayarnya lumayan juga yaa.. hihihihii.

    ReplyDelete
  28. mba elsaaaa..... sukses bikin aku ngeces nih, di Bekasi ada gak ya yg jual.. pengeeeeennn

    ReplyDelete
  29. waddeww .. foto fotonya bikin ngilerrrrrrrrrrrrrr :)

    mbak, ada banyak pohon emas di blogku, mungkin mbak suka juga

    http://duniaely.wordpress.com/2012/11/11/hujan-emas-di-negeri-dongeng/

    ReplyDelete
  30. Unik deh Mbak, Baso dibakar kaya sate..Terus makannya dipisahkan pula dari kuah..Dan tampak enak banget :)

    ReplyDelete
  31. harganya lumayan mahal yachh mbak...tapi kalo rasanya emang nikmat ngga nyesel juga yachh bayar mahal-mahal heheheh....kalo aku lagi senengg banget sama bakso atom yang di Thamrin City...kalo abis belanja ke Tanah Abang, pasti mampir ke TC untuk kmakan bakso doank hihihih.....

    ReplyDelete
  32. Ooooh jd bakso bakar begitu yah modelnya heheee

    ReplyDelete
  33. Ngilerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr beratttttttttttt...............

    hikss pengen..

    ReplyDelete
  34. Ngilerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr beratttttttttttt...............

    hikss pengen..

    ReplyDelete
  35. Wah, salah saya kalau baca ini siang2 gini.... langsung lapar nih... heheee...
    Salam kenal mbak...

    ReplyDelete
  36. hemmm
    yummi ,,enak banget ya kayaknya mba el..
    jadi pengen , bikin perut keroncongan nih

    ReplyDelete
  37. Kalau bisa milih sih saya lebih milih mie ayam ketimbang bakso, Mbak Elsa. Tapi kalau disuguhin bakso juga nda nolak, habis makan bakso baru nanya, mie ayamnya mana? hehehe...maruk.com

    ReplyDelete
  38. eumhh nyamii ,, nyamm , nyamm, nyamm , ngiler tapii di tasik belom ada:(

    ReplyDelete
  39. ngiler ngeces basah deh bajukuu... Penasaran banget sayang jauh banget di Malang.. Hiks

    ReplyDelete
  40. Parah!!!

    Postingan ini saya baca pas lagi perut kosong. Asli nyesel banget. Perut jadi berisik gini #duh

    ReplyDelete
  41. bakso emang makanan yg cocok dengan semua lidah org ya mbaaak...ntar kalo ksana tak cobain deh hehehe :D

    ReplyDelete
  42. mbak elsa mohon maaf aku nggak bisa mampir...aku send email mbak..mohon dibaca...keadaan tidak belom memungkinkan untuk mampir kemarin...mohon maaf banget yah mbak..semoga kelak bisa berjodoh ketemuan..aku benernya dah pingin banget mampir kemarin itu..yang pas datangnya sampai jombang jam 9 malam gitu....
    sekali lagi mohon maaf yah mbak :(

    ReplyDelete
  43. milih mie ayam aja, hehe..
    dulu sih ga sempet makan baso bakar pak man, cuma mampir di belakangnya bioskop President itu.. apa namanya ya? kok lupa, haha

    ReplyDelete
  44. asli deh ....jd lapeeerrr lagi....

    picturenya ituloh nendang banget,,hehehe

    ReplyDelete
  45. Entah kenapa ya dr dulu gw pengen bgt k malang. Tp setiap ada dinas ksana gw ga pernah diajak bos.. apalagi stlh membaca posting ini. Tanggung jawab, elsa! Antar saya ke pak man! :p

    ReplyDelete
  46. Hah? 2500 perbiji? Jadi berapa puluh ribu tuh harganya... :D
    Tapi dari penampakannya keknya memang enak :D
    Dulu di samarinda ada bakso bakar yang terkenal, tapi kemudian tutup karena sepi...

    ReplyDelete
  47. serius bikin ngiler banget,,,ya ampunn,,harganya pun melambung tinggi....

    ReplyDelete
  48. kaya nya enak banget nie gan nyam nyam ,,,,,,

    mbak elsa aku minta dong kalo di tasikmalaya mah gak ada bakso bakar ,jadi belum pernah ngerasin rasa nya ,kaya nya enak ganget ,,,

    ReplyDelete
  49. baso... aku suka

    dan jadi ingat harga daging sapi naik tinggi, bakso sapi menghilang :(

    ReplyDelete
  50. duh jadi pengen bakso nya ,kaya nya enak nie ,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  51. pengen cobaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  52. wahwah saya belum pernah coba baso bakar nih padahal saya alah satu pecinta bakso :( hehe

    ReplyDelete
  53. *ngecessss... Padahal habis maksi :D

    ReplyDelete
  54. aku juga penggemar bakso!

    oh, bakso pak man ya?
    tau, tau!
    enak sih tapi harganyaa WOW :)

    ReplyDelete
  55. Ketika buka blog mbak Elsa dan lihat foto foto diatas, langsung slrrruuuup... pingiiiiiiiiiiiin....

    ReplyDelete
  56. kalo di tempat ku ada jualan malang yang bunyi nya kaya gini ,bakso malang bakso malang cha cha mariha hey hey ,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  57. Kok foto-nya gak sama ya dengan bakso bakar cak man yang sering kai kunjungi. Bakso bakar cak man yang sering kami kunjungi ada mejanya, walau tempatnya juga sempit dan selalu ramai. Tidak ada es ketan hitam. Yang ada es teh botol dari kulkas di warung pak man sendiri

    ReplyDelete
  58. Sepertinya dua jagoan bakso di Jombang (mama dan wariso) kalah jauh :D

    ReplyDelete
  59. sumpah, aku jadi ngidam bakso gini pagi2 @_@

    Jasa SEO

    ReplyDelete
  60. Artikel yang bagus. Bertambah info untuk memulakan bisnes Bakso di Malaysia.

    SH

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.