Monday, May 30, 2011

Trip to Jogja

(Kisah Sebelumnya)

2 Pilihan yang sangat sulit. Menuju pantai-pantai indah di pesisir Pacitan, atau Menuju Jogja yang sudah lama bikin kami kangen??  Aku dan Dewi akhirnya lebih memilih Jogja, dan 2 sopir kami, Yoppy dan Ari, tak banyak komentar menuruti keinginan kami. Hehehee...Maaf yaa Ari, Maaf ya Yoppy.... next time kita pasti ke pantai Pacitan. Semoga!




Jam 5 pagi kami sudah keluar dari Alloro Guest House, meneruskan perjalanan ke Jogja. Estimasi perjalanan cukup 3 jam saja, melewati jalur Punung - Wonosari dan seterusnya. Kami berempat sangat bersemangat, apalagi pemandangannya cukup luar biasa. Begitu meninggalkan Pacitan, kami harus melewati jalanan sempit, sebelah kanan adalah tebing gunung, dan sebelah kiri jurang curam dengan pemadangan langsung ke laut!! Keren sekali....




Kami melewati hutan, perkebunan, persawahan, desa-desa sepi dan beberapa pasar. Pengalaman yang mengasyikkan ketika memperhatikan bagaimana orang-orang menghabiskan pagi itu. Kami berkendara dengan suka cita... sementara banyak sekali ibu-ibu tua yang memikul sebuah "buntelan" besar harus antri diangkut sebuah pick-up yang akan mengantarkan mereka ke pasar untuk menjual hasil kebunnya, lalu kembali pulang.

Kalo dipikir-pikir, siapa bilang perempuan jawa itu malas dan "nrimo"  yang cuma bisa macak-manak-masak? Buktinya... ibu-ibu itu pasti sudah bangun sebelum subuh , berjalan kaki dari rumahnya ke jalan aspal, untuk mencari pick-up yang mengangkut mereka ke pasar. Dengan menggendong "buntelan" besar di punggungnya, menuju pasar dan berjualan disana...... aku rasa pemandangan tersebut sudah mengikis habis stereotype negatif tentang perempuan jawa yang malas dan cuma bisa "nrimo". Setuju kan??


2 joglo yang berbeda

Sepanjang perjalanan, aku suka memperhatikan.... arsitektur rumah joglo di jawa tengah, yang sudah jarang kutemui di jawa timur. Bagus sekali yaa.... Apalagi kalo ngerti soal filosofi joglo yang konon katanya sangat mengedepankan nilai-nilai kebersamaan keluarga. Aku yang gak ngerti aja, suka dengan tampilan luarnya, apalagi yang ngerti banget soal joglo yaa

Kami berkendara dengan santai menuju jogja. Perkiraan perjalanan yang cuma 3 jam ternyata molor, apalagi ada insiden kecil soal salah jalan alias kesasar, Hehehee.... tapi akhirnya dengan selamat dan senang kami berhasil menginjakkan kaki ke Jogja.

Sambil jalan-jalan, misi silaturahim tetap dijunjung tinggi dong. Aku menelpon sahabat blogger, pakar IT sekaligus penulis buku   "Membuat Aplikasi Untuk Android"  yang kini tinggal di Jogja. Aku memaksanya untuk jadi guide kami hari itu. Alhamdulillah Pak Adhi (begitu aku biasa memanggilnya ) atau MazAdi (begitu nama bekennya di Android Community) bersedia menerima 4 tamu tak diundang ini.

"Pak, aku kelaparan.... anterin cari sarapan yaa" begitu salam pertamaku di telpon. Pak Adi yang khawatir tamunya pingsan kelaparan, langsung menggiring kami berempat ke Jalan Wijilan Jogja, sebuah sentra Gudeg yang sangat sangat terkenal. Di sepanjang jalan Wijilan, bisa kita temui penjual-penjual gudeg, bahkan hingga di gang-gang kecil kanan kirinya.... Hebat ya???

jalan wijilan


Dan bertemu sepiring gudeg asli jogja benar benar bagaikan mimpi. Kenikmatan tiada taraaaa......



Tak butuh waktu lama bagiku untuk menghabiskan sepiring gudeg itu hingga bersih sih sih.... enak sih!!!!


(  Photo by Pak Adi  )  Empat serangkai gila:  Ari  -  Dewi  -  Elsa  -  Yoppy

Setelah kami semua kenyang, Aku berhasil memaksa ke-empat sahabatku itu untuk mewujudkan impianku sejak lama, yaitu mengunjungi TamanSari !!!

Photo tentang kemegahan  TamanSari tunggu postingan berikutnya yaaa

57 comments:

  1. fiuh, asiknya ke Yogya .. pengen banget kesana, tapi belum kesampean aja ...

    gudegnyaa.. duh ..

    ReplyDelete
  2. Jalan-jalan terussssssss.....
    Kalian bener2 tahu gimana cara menikmati hidupppppp......
    MANTABSSSSSSS!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  3. @ mbak Elsa ke Jogja gak bilang-bilang, aku kan orang Jogja, hehehe... Acara padat ya mbak. Next time ya...

    ReplyDelete
  4. hmm,...jadi pingin ke jogya,,,terkahir kesana waktu SD dulu pas rekreaksi bersama,,kalu gudeg di Jember juga ada Kak,,tapi di Jogya kan masih Ori,,jadi pingin nih,,,

    ReplyDelete
  5. katanya jalan jalur selatan selatan dari pacitan sampe parangtritis dan bagus ya/
    sekali kali pengen nyoba

    eh mampir ke kotagede dong...
    mumpung masih di rumah neh...

    ReplyDelete
  6. asiiikk bangett Mbak, bener2 menikmati alam yaaahhh ^__^

    ReplyDelete
  7. lewat Pacitan lumayan cepet ya...hehee itu pic gudeg sungguh terlalu, buat aku kepengen aja.. :(

    ReplyDelete
  8. salam sobat
    wah mba Elsa mau ke Yogya ya?
    saya juga lagi menghitung hari2 untuk pulang ke Yogyakarta.

    ReplyDelete
  9. elsaaaaaaa..aku melu nang yogya po'o huaaa..piye iki blog-ku ra iso dikomentari huaaaa..

    ReplyDelete
  10. wah seru banget berangkatnya pagi-pagi :O
    perjalanannya pasti cantik deh ya jalannya

    ReplyDelete
  11. ooh ini ya perjalanan yang seru itu , fotonya jauh2an mbak kaya yg lagi bertengkar :-D

    ReplyDelete
  12. Hari ini lagi Puasa...jadi kebayang mau makan apa nanti buka ya gara2 Gudengnya Elsa nich

    ReplyDelete
  13. wah kog naik mobil embek gitu??

    ReplyDelete
  14. Mantap jalan2nya, Mba...
    Tapi, gak capek ya???
    Hehehe...

    Mau ngerasain bgmi sih rasanya makan sepiring gudeg???
    Belum prnah euy...
    Maklumlahhh...
    Di luar Jowo...
    Hohoho...

    ReplyDelete
  15. wihh seru yah. ada gudeg asli yogya. enak pasti nya tuh. pengen ke yogya lagi

    ReplyDelete
  16. seru tripnya .pengen ke jogya lagi....

    ReplyDelete
  17. Beratnya cobaanku puasa hari ini, buka blog Noel ada makanan, blog Elsa ada makanan. Ngences suraces.

    Pengeeeeennn... Kapan yah aku bisa ke Jogja *nelongso*

    ReplyDelete
  18. wahh mbak Elsa ke Jogja? pengen...tp blm kesampaian nechh...padahal dulu suami 10 tahunan tinggal di Jogja.......oleh2nya apa mbak? ngga sekalian ke jkt hehehe

    ReplyDelete
  19. Jogja, bagus... pengen jadi warga sana :)

    ReplyDelete
  20. wooow, banyak bener porsi gudegnya. Ga kaya disini, cuman sedikit. Mantep2 kapan kapan dicoba.

    ReplyDelete
  21. bulan maret kemaren aku jg barusan dari jogya n sempet lewat jalan penuh gudeg itu hehe

    ReplyDelete
  22. Gudegnya enak sekali, tuh.

    Asyik ya bisa jalan-jalan. Kapan-kapan ke Jepara, ya.

    ReplyDelete
  23. Asalamualaikum W.W waw..asyik nya bisa ke Jogja kapan ya kita bisa main2 ke Jogja

    ReplyDelete
  24. mbaaak,,,aku jadi lapeeeer...
    di pekanbaru ini gak ada gudeg yang enak....masa iya aku kudu minta dikirimin????
    hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....

    ReplyDelete
  25. Waaahh..Mbak Elsa sampe ke Jogja jg tho, kpn2 pengen kopdar deh ;D

    Btw foto yg pertama keren, tp jgn diulangi lagi ya, berbahaya! hehehe...

    ReplyDelete
  26. wah nyampe jogja ya..mampir dong ke tamimi :)

    ReplyDelete
  27. yaaa ga jadi ke pantai pacitan ya?
    eh ga makan gudeg pawon yang jualannya mulai tengah malam? gw penasaran tuh ama gudeg pawon itu

    ReplyDelete
  28. wah seru ya... foto2nya bagus2... terutama foto nasi gudegnya. menggiurkan sekali. hehehe

    ReplyDelete
  29. tiap pulang kampung ke yk, ga pernah mampir makan di wijilan.. sediiihnya :(

    ReplyDelete
  30. Saya suka pada foto kedua, dimana ada ibu2 yang menggok pada sang photograpernya. Angle nya pas :D . (halah koq kaya tahu saja)

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  31. welkam to my hometown!.. jogja, dijamin selalu bikin kangen orang yang udah pernah kesana untuk balik lagi.

    eh gudegnya di daerah wijilan apa namanya?.. karena ada banyak gudeg tuh disitu dengan rasa yang macem-macem dan jenisnya.

    yook tamansari, ditunggu ceritanya?... malioboro dan beringharjo gak sekalian?

    ReplyDelete
  32. pacitan itu kampung halama saya lho mbak, kapan2 mampir ya...

    ReplyDelete
  33. perjalanan yang menyenangkan Mbak,
    pict bagus-bagu, apalagi yang di ayas pic up sepertinya pict itu sudah mampu berbicara kondisinya

    ReplyDelete
  34. gudegnya mbaaaakkk... manteb!!!
    *jadi laper :D

    ReplyDelete
  35. wah pasti seru banget yah mba :)

    ReplyDelete
  36. Senangnya jalan2 ke Jogja, Mba Elsa... bener kata Gaphe... utk yg pernah kesana, pasti kota Jogja selalu bikin kangen ya...

    ReplyDelete
  37. Aduh... ngiler bgt deh ngeliat gudegnya :D

    ReplyDelete
  38. Mantab..gudegnya bikin ngiler...jadi kangen Yogya nich...

    ReplyDelete
  39. waahh...menggoda sekali...
    jadi tambah lapar, saya belum pernah makan gudeg...
    potonya keren2 mbak..siiip

    ReplyDelete
  40. Jogjaaa..... pengen ke Jogja... Kangen Jogja.... tapi tiket ke Jogja bulan Desember terancam nggak kepake karena cutinya udah abis :(((

    ReplyDelete
  41. haduh bikin ngiler gudegnya...wah mbak elsa ayo cepet posting lagi tentang yogyanya..yogya emang membuat selalu kangen yah buat saya biarpun dah pernah lama tinggal disana ....alhamdulilah dah kebeli tiket batam-jakarta-yogyakarta terus dilanjut YOgya - jawa timur via darat.. untuk mudik bulan agustus..pingin bernostagia lagi..
    makanya ayo posting lagi mbak ceritanya biar jadi referensi :)
    Salam buat princess dija..:)

    ReplyDelete
  42. Mbak, ada award di blog aku...mohon diterima yachhh.....makasih

    ReplyDelete
  43. waduuh.. ngiri nih sama Elsa, jalan jalan mulu... ayway, tetep ikut senang lah.. :)

    ReplyDelete
  44. Ah, perjalanan ke Yogya pasti selalu menyenangkan ya mba El, akhir tahun nanti gi buat planning perjalanan ke sana, semoga bisa diaktualisasikan he he :D

    ReplyDelete
  45. mampir ke deretan pantai selatan jogja bakal terkesima..

    ini ada gambaran pantai-pantai nya..
    http://language-komputer.blogspot.com/2011/05/10-pantai-terindah-di-jogja.html

    ReplyDelete
  46. wah Jogjaaaaaaaaa, pengen banget kesana lagi, apalagi sama makananya ya mbaaaaa

    ReplyDelete
  47. bikin iri aja deh...kapan ya aku juga bisa jalan2 ke sana? hehehe

    ReplyDelete
  48. Saya serng ke Jogya tapi gak kemana-mana, paling di sekitar Malioboro saja jeng.

    Gudegnya itu lho, abang mbranang..kelihatan enak sekali.

    Bagus dan lengkap laporannya.

    Bulan depan mau reuni di Jogya, mau jalan2 ach.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  49. trip nya pasti berkesan, jadi pengen....

    ReplyDelete
  50. kalo dilihat2, rumah joglo itu rada mirip betawi ya mbak.. arsitekturnya..

    saya belom pernah ke jogja.. justru saya malah selalu mendengar kalo perempuan jawa itu yg rajin2. :D

    ReplyDelete
  51. gudeg wijilan emang terkenal, orang sini biasa nyebut gedeg kendil.
    Tapi di djogja yang namanya gudeg tersebar di mana-mana

    ReplyDelete
  52. yah...kok ga jadi ke pantai Pacitan> padahal sy udah nunggu2 postingan foto2nya!! (kecewa nih! :( )

    ReplyDelete
  53. Gileeee yah petualangan 4 sekawan tiada akhir :-)

    Btw mau dunks gudegnya. Kayanya yummy banget boo, ampe ngiler ekye!!

    ReplyDelete
  54. wahh mantabb nii kota yogyakarta
    jadi ingin kesana :)

    ReplyDelete
  55. Yaaahhhh tidak ke pantai..
    Di Pacitan ada pantai Klayar yang keren banget, arah ke Jogja juga paling cuma masuk sekitar 11 km-an dari jalan utama.

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.