Monday, February 11, 2008

Gila ya... Ponsel makin merajalela!!!

Bayangin aja, tadi pagi ketika aku jalan-jalan, aku melihat dua orang anggota pasukan kuning yang duduk di tepi trotoar. mereka berdua duduk berdekatan, tapi tidak saling berbicara. keduanya khusyuk memencet-mencet tombil ponsel masing-masing. hebat bener nih, sekarang ponsel sudah dimiliki oleh siapapun. muali tukang sapu sampah, tukang becak, penjual es degan, hingga yang paling kaya sekalipun. bahkan sekarang nih, satu orang, gak cukup cuma punya satu ponsel. minimal dua, atau tiga. gilee beneeer!!!

ponsel sudah ada dimana-mana! dan sadarkan anda kalo sudah banyak peraturan yang diruntuhkan oleh ponsel. dan percaya atau tidak, peraturan seketat apapun, sepertnya akan diruntuhkan juga oleh si benda kecil ajaib! siapapun tahu, di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi tuh, bawa ponsel dilarang. apalagi kamera digital. hhhmm.. benarkah? kalo dulu sih iya. sekarang? lain lagi ceritanya!!!


tahun 1997, ketika pertama kali ke arab saudi,aku gak bawa ponsel. karena waktu itu memang belom ada ponsel. jadi foto-foto cuma bisa dilakukan di tempat-tempat bersejarah lain, kecuali Masjidil Haram dan masjid Nabawi. kemudian tahun 2001, kali kedua aku kesana, sudah bawa ponsel. namun ponselnya belum dilengkapi kamera. lagipula saat itu, pemeriksaan di pintu masuk dua masjid suci itu masih sangatlah ketat. sehingga tidak mungkin berhasil menyelundupkan barang-barang yang dinilai tidak pantas masuk.


nah... terakhir, tahun 2007, ketiga kalinya pergi kesana, aku sudah membawa ponsel berkamera, dan kamera digital masuk ke Masjidil Haram dan Nabawi. karena apa? karena eh karena... peraturan Masjidil Haram tidak mampu lagi membendung geliat pertumbuhan ponsel dan kamera digital, atau gadget sejenisnya. memang sih, masjidil harap tidak seketat Nabawi. bagi teman-teman yang pernah kesana baru-baru ini, pasti sangat takjup melihat pemandangan banyaknya jemaah seluruh dunia yang mengabadikan moment-moment mereka di Ka'bah. sedikit annoying memang, nih orang mau Thawaf atau mau foto-foto ria sih? tapi maklum saja, bagi sebagian orang, mungkin ini kesempatan sekali seumur hidup. sehingga ada pemikiran "kapan lagi aku bisa foto di depan ka'bah?" hehehehe... termasuk aku juga! hehehehehe...

lain lagi di Nabawi, agak sulit menyelundupkan ponsel masuk ke dalam masjid. tapi dasar Elsa, berhasil juga! gila ya? hehehehe...

kemajuan zaman sudah tak mungkin dibendung lagi. rasanya kalo gak lihat TV sehari aja, ada yang kurang. gak sms-an tangan jadi gatel. ponsel ketinggalan, banyak yang pilih balik pulang untuk ngambil ponselnya. atau terpikir kah anda, kembali ke jaman dimana ponsel belum semarak sekarang ini? mo janjian susah bener. mo kirim berita penting, harus pake telegram dulu. itu pun cuma ada di kantor pos. nyampenya pun lamaaaa. mo ngirim uang, pake wesel. hhm... tapi apa salahnya yaa, sekali-sekali kita pake gaya retro, kembali ke masa lampau. jadi kangen nulis surat...masukin ke kotak pos, dan harap-harap cemas nungguin balasan yang tak kunjung datang. hahahaha..lucu sekali!

No comments:

Post a Comment

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.