Monday, November 10, 2008

Tour de Mekkah 1956

Beberapa hari yang lalu, saudara sepupuku mengundang kami sekeluarga untuk datang pada acara syukuran, karena dia akan berangkat haji. dan yang lebih menyenangkan lagi, berangkat hajinya GRATIS. enak sekali yaa... itu karena sebagai dokter, dia mendapatkan tugas untuk mendampingi satu kloter selama ibadah haji. hhm, kalo dipikir-pikir, pasti dia dapat pahalanya dobel. satu karena sudah melaksanakan haji, dua karena dia merawat para jemaah haji selama melaksanakan ibadah hajinya. bukankah itu luar biasa? bikin iri aja!!

dan... beberapa hari ini, dagangan karpetku lumayan laris (meskipun tidak selari menjelang lebaran kemaren) karena banyak orang yang mau berangkat haji, membeli karpet. ada yang beli karpet untuk acara syukuran sebelum dan setibanya dari haji, ada pula yang beli karpet itu oleh-oleh, mengingat akan sangat merepotkan jika harus membeli karpet di sana. setiap aku tanya mereka, tentang persiapan ibadah hajinya, mereka selalu bercerita dengan suka cita. aduuuh, aku makin iri aja. pingin berangkat haji lagi.....

trus aku ingat sama email dari temanku, tentang suasana haji di mekkah tahun 1956. belom ada yang lahir kan?? ibuku aja tahun segitu belom lahir! hehehehehehe....
foto-foto ini di muat di majalah National Geographic tahun 1956. sayangnya, temanku tidak menyertakan keterangan lainnya tentang masing-masing foto. but thats fine, foto-foto di bawah ini sudah cukup jelas kok....

So, silahkan menikmati tur kembali ke masa lampau Mekkah tahun 1956.


ini majalah National Geographic nya. Terbitan Amerika.
sayang, gak diketahui, nama penulisnya. amerika asli atau keturunan timur tengah. soalnya kan, untuk memasuki tanah haram, (mekkah, Madinah, dll) haruslah orang muslim. selain Muslim dilarang masuk.


Sepertinya ini lapangan terbangnya. hehehehe, pingin ketawa ya... sederhana sekali. airport nya pake landasan tanah. lihat tuh pesawatnya juga kecil sekali.


Kalo ini, melihat dari pakaiannya, berarti mereka masih dalam keadaan ihrom. jadi mungkin di Arafah. sedang wukuf. bayangkan kalau semua jemaah haji harus memasak sendiri pakai kuali dan kayu bakr seperti itu? ribet banget kan?
jaman sekarang sih, semua sudah pakai jasa catering. jemaah haji tinggal duduk manis, fokus pada ibadah, gak usah mikirin acara masak-memasak. sip kan? Alhamdulillaaaah.....beruntung banget kita hidup di jaman sekarang ya....


Nah, ini lokasi untuk melontar jumroh. ada tiga sumur/lobang. gak tau deh, yang di foto ini, lobang yang man, yang ula, wustho, atau aqobah. tapi yang pasti, aku bisa bilang kalo "Kok sepi sekali ya?"
kalo dibandingin jaman sekarang nih, waduuuh, berat banget!! melempar jumrah adalah bagin terberat dari serangkaian ibadah haji. karena medannya yang kurang bersahabat, panas dan teramat sangat penuh sesak. jadi untuk melempar di satu lobang saja, perjuangan yang teramat berat. apalagi harus 3 lobang.
kalo yang ini nih.... gampang banget ngelempar batu-batunya. lha wong sepi banget gitu...

ini suasana penjualan hewan qurban. hhm... hewan qurbannya sangat sedikit ya. pembelinya juga sedikit. sama kayak di Indonesia.
kalo sekarang, penjualan hewan qurbannya persis pasar grosir internasional. banyaaaaaaak dan besaaaaaaaaaaar tempatnya. hewannya juga banyaaaaaaaaak....banget!!! jangan tanya pembelinya!! super banyaaaaaaaaaaaaaaaaak pokoknya. asyiknya lagi, pembelinya dari berbagai bangsa. ada yang rambutnya kuning, hitam, coklat, putih... kulitnya juga macem-macem. tawar-menawarnya? pakai bahasa isyaratlah...!!! hehehehe


nih dia yang lucu... hewan kurbannya masih diangkut pakai keledai!!! wow, kayak sedang membaca cerita abunawas dan keledainya ya.... heheheheheh
sekarang mana ada yang mengangkut daging kambing qurban pakai keledai?
daging qurban dari Mekkah, disalurkan ke negara-negara miskin di Afrika yang rakyatnya kelaparan. ya jelas pakai pesawat, truk, mobil...apa aja deh. yang pasti bukan keledai.

ini juga bikin iri nih....
sepi banget soalnya!!! jadi pingin kembali ke masa lampau. biar bisa sholat dekat ka'bah dan mencium hajar aswad sepuasnya ya....
lihat tuh, masa yang sholat cuman 2 atau 3 shof saja?
sekarang? jangan tanya deh!!
hari-hari biasa saja penuh. ramadhan penuh sesak. musim haji malah luar biasa banyaknya manusia yang "mengerumuni" ka'bah. Masjidil haram 3 lantai penuh semua. itu belum termasuk manusia yang gak kebagian tempat, sehingga harus sholat di luar masjid, di jalan-jalan...
Subhanallah... Tidak ada yang patut disembah selain Engkau, Ya Allah...

Oya, coba lihat lantainya!!!
dan lihat bangunan-bangunan di sekitar ka'bah.
masih sangat sederhana ya??
sekarang, Masjidil Haram merupakan Masjid terindah di dunia. Masjid Qubah Emas yang sedang di bangga-banggakan itu, gak ada apa-apanya....
dan di sekitar masjidil haram, dikelilingi oleh hotel-hotel berbintang yang tinggi dan megah, yang setiap tahun dipenuhi oleh jemaah haji berkocek tebal. karena semakin dekat hotelnya dengan masjidil haram, semakin mahal pula tarifnya.
Ya iyalah... bayangkan saja, dari jendela kamarmu, kamu bisa melihat ka'bah.
Allahu Akbar!!!! itu adalah pemandangan paling indah yang pernah kulihat.

yang Hitam itu Ka'bah. dan pagar putih sebahu itu, adalah Hijr ismail. bentuknya setenga lingkaran. kata Nenekku, ketika kami sholat di sana, itu dulunya adalah tempat Ibrahim merebahkan Ismail untuk disembelih. Subhanallaaaah.....
dan bangunan di tengah itu, yang ada kubahnya...sayangnya aku gak tau. soalnya itu sudah gak ada lagi.


kalo ini... aku gak tau juga! heheheheh
ini mungkin suasana di sekitar masjid. soalnya selain di kelilingin oleh hotel, masjidil Haram juga dekat sama pasar. jualan apa aja. mulai pernak-pernik haji, makanan, macem-macem deh.... dan selalu ramai.
tapi pasar yang sekarang, jelas wajahnya sudah gak seperti pasar tradisional lagi. kebanyakan sudah berubah jadi MALL. bersih, ber-AC.... ya persis kaya mall-mall di sini lah.

sepertinya ini adalah salah satu pintu masjidil haram. setiap pintu ada namanya masing-masing, aku gak hafal. yang bikin aku hafal, cuman dari warnanya aja. hehehehe, kayak orang buta aksara ya... menghafal sesuatu dari warnanya.
pintu masjidil haram yang sekarang, sengat megaaah dan luar biasa besar. ada tulisan arab, dan tulisan inggris, dan tulisan apalagi yaa... aku lupa.selain itu ada nomor nya juga. daan... tulisan pada setiap pintu itu bermacam-macam warnanya. tidak ada yang sama. mungkin itu juga untuk memudahkan jemaah haji yang buta aksara. hehehehehe......(termasuk aku dong...)


kalo ini sih sekumpulan jemaah haji muda yang sedang istirahat dengan menikmati Sisha (nulisnya bener gak ya?), rokok khas turki itu lhoo...


ini suasana pelabuhan kapal para jemaah haji yaa...
oya, nenekku dulu pergi haji kalo gak salah tahun 69 atau 70 gitu deh, naik kapal lho!! perjalanan berangkat dari indonesia sampai ke arab memakan waktu satu bulan. trus menetap di sana satu bulan.trus bali lagi ke indonesia naik kapal lagi, satu bulan lagi. jadi totalnya 3 bulan.waduuh.... benar-benar berat tuh!!


Nah, ini dia yang aku bilang tadi. karena ini adalah tanah suci... yang di sucikan.... maka non muslim dilarang masuk.
kalo sekarang sih, tulisan peringatan akan larangan itu jauh lebih bagus dan permanen. gak kayak di foto itu...hehehehe, kayaknya pakai triplek seadanya, trus ditulisin sebisanya. heheheheh...lucu ya...
Oya, di setiap pintu masuk menuju tanah haram, bakalan ada pemeriksaan paspor. ya itu tadi, untuk menyaring orang yang masuk ke tanah haram.

ini nih, suasana Wukuf di arafah. dan orang-orang yang mendaki di bukit itu, itu pasti jabal rahmah.
Oya, lihat tenda-tenda di kejauhan itu?
dah banyak ya.... kalo yang sekarang, jauuuuuuuuuuuh lebih banyak lagi. canggihnya, tendanya semi permanen, dan tahan api!!! hebat kan??

nah nih gak tau lagi... siapa ya dia? ada yang kenal???
mungkinkah dia jurnalis penulis laporan haji untuk National Geographic waktu itu ya?
siapapun dia, semoga anda masuk surga ya pak..


Wah, kalo ini sih gak berkomentar deh.
propaganda amerika...
coca cola kan brandingnya amerika banget gitu.
tapi kalo aku lihat sih, di sana lebih banyak Pepsi daripada CocaCola. kebalikan sama di sini.

ini acara Tahalul. mencukur rambut setelah menuntaskan haji. sederhana sekali yaa...
kalo jaman sekarang, dah muncul banyak barber shop di sekitar tempat jumroh. alatnya juga canggih, pakai pencukur elektrik gitu, jadi jauh lebih cepat. soalnya yang antri di cukup banyaaaaak sekali.
Alhamdulillah...
sekian Tur kita hari ini teman-teman.
semoga bermanfaat dan bisa menyenangkan teman-teman semua.
karena sangat menyenangkan bagiku melihat foto-foto haji masa lampau itu, untuk pembelajaran kita, supaya kita bersyukur dan sekaligus nostalgia juga.
semoga.....secepatnya kita bisa menjadi tamu Allah lagi.
Amien...
(besok, mungkin aku mo posting sedikit foto Mekkah jaman sekarang sebagai perbandingan, kalo gak lupa. ingetin yaa.....)

14 comments:

  1. Wah hebat dek ... kok abang gak keliaatan yach hue he he, abang save dulu imagenya yach ...

    Thank for the posting ...!!

    ReplyDelete
  2. Itu yg taun 50-an.
    Gimana pas jaman Rasul yak.
    Jauh sekali sama jaman sekarang.
    Mudah2an maknanya masih sama.

    Salam kenal

    ReplyDelete
  3. Nah..posting yang kayak gini Sa..Ngak cuman marah-marah melulu..he.he..

    ReplyDelete
  4. Ya, enaknya berangkat haji di kala itu memang cukup sepi tapi fasilitas sangat terbatas. Hayo pilih mana???? BTW, jadi pengen ke sana :)

    ReplyDelete
  5. Saluuut....artikel kaya gini lah yang punya nilai berita dan nilai seni....excelent.

    ReplyDelete
  6. Udah beberapa kali bolak balik kesini.. baru aku baca artikel ini.. sangat menarik..!!

    Dulu juga Mbah (Nenek) aku pergi naik haji masi pake kapal laut.. wah memang betul-2 perjuangan...

    HEBAT ARTIKELNYA..!!!
    SALUT BUAT YANG MEMPOST-NYA..!!!

    ReplyDelete
  7. Sesaat setelah Nabi melakukan ibadah haji bersama para penduduk, maka Nabi ditanya sahabatnya. "Ya Nabi, diantara semua yg berangkat haji bersama Engkau siapakah yg hajinya diterima ?. Maka Nabi menjawab "Tidak ada yg diterima ibadah haji mereka, kecuali seorang Ibu. Ibu ini dirumah tidak jadi berangkat haji karena uangnya di sedekahkan untuk tetangganya yg kelaparan, kehausan dan kedinginan". Ya Nabi pesanmu membuat aku malu..!banyak umatmu yg berangkat haji 4x tetapi...pelit banget'.

    ReplyDelete
  8. Ada banyak cermin, ada banyak bayangan yang telihat, .. terimakasih telah memasang cermin, .. Jazakumullah

    ReplyDelete
  9. OMG...
    saya sampe gak berkedip liat foto2nya mbak, jadi ikut kebawa dalem bangeed...

    very nice posting!

    *saya ijin save as ya mbak?

    ReplyDelete
  10. asik banget nih tour na..
    izin copas nih ewink..
    buat arsip, hehehe...

    ReplyDelete
  11. Nah. Begitu donk, Sa. Jangan ngomel-ngomel aja. Aku menyebutnya Elsapedia. Harus setuju.

    ReplyDelete
  12. Indah sekali mata memandang.Penglihatan di manjakan dengan foto yang bagus.Melihat saja dapat rahmat dari Allah Swt.Damai bangsaku,Aman Negeriku, bersatu umat islamku.
    Mau lihat foto Mekkah tahun ini ada di punyaku.
    Makasih...

    ReplyDelete
  13. Aku jadi ingat sewaktu masih kecil (mgkin SD), tetanggaku pergi haji, waktu itu beliau masih naik kapal laut, bukan pesawat terbang spt
    sekarang ini..

    wah gak bisa dibayankan dng kata-kata kalo naik kapal laut brpa lama... ya itulah perjuangan dlm beribadah haji.

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.