Saturday, January 2, 2010

Cheng Ho, Zangrandi dan Unair

Rabu terakhir di tahun 2009 yang lalu, atau tanggal 30 desember... aku ke surabaya untuk menemui 2 blogger keren yang sedang menghabiskan waktu di sana. yang pertama adalah Ethie Manies yang ternyata emang bener bener manis banget... dia tuh kayaknya "perempuan" banget gitu, lemah lembut, sangat sopan dan tentu saja maniiis sekali. kemudian yang kedua adalah Antown, yang ternyata emang punya kemampuan menggambar yang sangat luar biasa. ilustrator hebat yang aku doakan segera memiliki kesempatan bekerja di studio PIXAR. angkat topi buat kalian berdua!!!

Jam 11 kurang, kami bertemu di Royal Plaza, dan langsung menuju masjid Cheng Ho yang terletak di belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, depannya THR mall. beberapa hari sebelumnya, waktu chatting, aku dan Ethie pernah ngomongin masjid ini. si Ethie nih ingin membandingkan masjid Cheng Ho yang ada di surabaya dengan klenteng Sam Poo Kong yang ada di Semarang. asal tau aja yaa... Cheng Ho dan Sam Poo Kong ini adalah orang yang sama. dia merupakan seorang laksamana muslim dari China yang sangat luar biasa.

Masjid ini dibangun oleh muslim chinesse yang tergabung dalam PITI (Persatuan Islam Thionghoa Indonesia).mengingat letaknya satu kompleks dengan kantor PITI sendiri, dan lokasi nya yang cukup strategi, membuat masjid ini ramai pengunjung. apalagi saat waktu sholat dhuhur dan ashar, banyak pegawai kantor di sekitarnya yang berjamaah di masjid ini. terlebih lagi ketika sholat jumat, pengurus masjid Cheng Ho terpaksa harus membangun tenda tambahan
karena jemaah sholat jumat memenuhi halaman parkir. hebat ya...

Sebelumnya aku punya bayangan, bahwa masjid yang sangat unik ini besar dan megah. tetapi begitu sampai disana... agak kecewa juga sih. karena ternyata tidak sebesar bayanganku. cukup kecil untuk ukuran sebuah masjid yang terkenal. tapi kekecewaan itu segera terobati tatkala kami bertiga mendapati bahwa masjid ini benar-benar unik. dibangun dengan nilai filosofis yang tinggi... dan sarat dengan simbol-silbol cina-islam-jawa. akulturasi budaya yang sangat unik kan?
hhmm... tentang ini, mungkin si Ethis Manies yang akan menjelaskannya lebih lanjut, karena dia sudah mewawancarai seorang pengurus masjid bernama Mas Gatot yang sangat baik. thanks to Mas Gatot...

Mas Gatot menjelaskan setiap detil keindahan di masjid ini pada Ethie, "Seperti yang Mbak lihat, masjid ini kan dominan warna kebudayaan Tionghoa, merah dan kuning. Kuning sendiri melambangkan kejayaan...sedangkan warna merah --"

Belum sempat Mas Gatot menjelaskan maka warna merah, aku sudah menyahut, "Tuh Thie, dengerin... kuning artinya kejayaan!!!" kataku bangga. si Ethie cuma tersenyum tak percaya, sepertinya dia meremehkan warna favoritku itu. ahaahahaha....

Sambil menunggu Adzan Dhuhur tiba, Ethie masih mewawancarai Mas Gatot, sementara itu si Antown sibuk menggambar masjid unik ini. dia kan pinter banget dalam hal ini, jadi ketika bertemu dengan indahnya masjid cheng ho ini, Antown serta merta menuangkan keindahan itu ke dalam sketsanya. cuman butuh buku kecil dan beberapa alat tulis... sret sret...beberapa menit, langsung jadi!!! ajaib...hasilnya ternyata emang bener bener bagus. hahahahaa... ternyata si Antown nih gak bohong. benar benar ahli gambar banget deh!!! hehehehheee....

jangan tanya apa yang kulakukan.. aku mati gaya bertemu dua orang blogger yang kreatif itu. Antown yang bekerja sebagai ilustrator dan Ethie yang sebentar lagi jadi wartawan majalah wanita terkemuka. hhm... aku?? bisa mengantar mereka saja sudah cukup senang.

Selesai jamaah sholat dhuhur disana, kami pun menuju Es Krim Zangrandi. gerimis kecil menemani perjalanan kami. aku merasa sangat beruntung, hari itu Surabaya mendung sehingga terik matahari tidak bisa menggosongkan kulit kami. bagi Ethie yang baru pertama kalinya berkeliling di kota ini, Surabaya mirip Bandung atau Bogor yang selalu sejuk. hahahaha... aku ingin tertawa mendengarnya. dalam hati....aku cuma berkata.. "Seandainya kamu kesini ketika Surabaya benar-benar dimusuhi matahari, panasnya luar biasa! pasti Kamu tidak ingin berkunjung kesini lagi" ....

Sayang sekali, kameraku tertinggal di mobil, jadi gak bisa berfoto bersama di Zangrandi ketika menikmati es krim khas italia itu. untung saja Antown bisa mengabadikan kebersamaan kami dengan kamera ponselnya. ngobrol ngalor ngidul di sana... kami pun berjanji akan memposting acara kopdar sederhana ini. dan tampaknya, akulah yang paling awal mempostingnya. Antown masih sibuk mempersiapkan hari senin (entah apa yang harus dipersiapkan, aku tak tau) sedangkan Ethie masih melakukan perjalanan yang panjang. ehem...

Es Krim habis, kami pun menyudahi obrolan dan melanjutkan perjalanan lagi. ke Unair. hahahha... sebenarnya Unair bukan salah satu tujuan. hanya karena aku ada beberapa urusan di kampus Sastra yang sekarang sudah berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya, dan kebetulan Ethie juga belum pernah melihat Unair.. maka meluncurlah kami kesana. sesampainya disana, sekali lagi kuajak mereka berfoto. hahahaa... gak keren ya? masa foto kok di depan kampus... ya gak papa lah, kapan lagi bisa foto disana? iya kan??

Yup, thats it. akhirnya kami berpisah di depan kampus Ilmu Budaya itu. dadaaaa Ethie... dadaaa Antown, semoga bisa bertemu lagi nexttime. So Sorry kalo tidak bisa menjamu kalian berdua secara lebih pantas. maaf yaa kalo banyak kekurangan.
ini adalah pengalaman pertamaku bertemu sobat blogger. bertemu di dunia maya, ternyata persahabatannya nyata. kalo dipikir, heran juga ya... ternyata sobat blogger nih manusia manusia yang nyata, para sahabat yang nyata... meskipun kita "hidup" di dunia maya. ajaib sekali menurutku...
.
seajaib award-award ini yang kuterima di akhir tahun. alhamdulillah... berkah mengalir terus. Award mungil ini dari TeaLoveCoffee yang selalu memberikan inspirasi-inspirasi segar bagi blogger muslimah dengan tips-tips nya berbusaha agar selalu tampil menarik. Allah mencintai keindahan. thats why!!! thanks a lot ya.... semoga segera punya butik sendiri di tahun 2010. amiiiin...

dan award kedua berasal dari Pohon Kesepian... seorang pecinta alam yang gemar mengagumi keindahan alam karya Sang Pencipta, dan menghargainya dengan mengabadikan keindahan itu dalam foto-foto hasil jepretannya. selalu saja membuatku berdecak kagum... pastilah seorang photographer hebat yang sangat dermawan, karena sudah menghadiahiku award ini. terima kasih banyaaaaaaak..... semoga tahun 2010 blog Pohonku Sepi Sendiri semakin berkibar... amiiin....


dan buat teman-teman blogger semua, selamat berlibur... selamat menata semangat dan optimisme menjalani 2010 yang semoga saja penuh berkah, amiiiiiin amiiiiiiiin amiiiin ya Robbal Alamiiiiiin...

52 comments:

  1. pertamax rupanya....
    pati seru ya, bisa ketemuan didunia nyata...
    kapan2 kalau saya ke tempatnya elsa boleh nggak...
    btw, elsa dimana posisinya...
    terimakasih kunjungannya...

    ReplyDelete
  2. menelusur ayabarus...
    nice, ga nang ampel ta..

    ReplyDelete
  3. asik banget jalan-jalan sekalian foto :D
    henny kepengen deh kopdar :(

    ReplyDelete
  4. Dimana-mana teteup aja sesi foto2 ga pernah dilewatkan yak :P

    ReplyDelete
  5. Lhoooooo... Elsa gak bilang2 kalo ke Surabaya... Aku kan tinggal di Sby... huhuhu...
    Hehe... gimana di Sby seneng gak? Kalo ke Sby wajib makan bebek goreng! Top bgt bebek2 Sby :p

    ReplyDelete
  6. salam kenala aja yah... kak..

    kebetulan aku lagi numpang lewat nih... ^_^

    ReplyDelete
  7. enak ya bisa ketemu, sayang aku gak di surabaya lagi :) met taon baru moga lancar segala urusan...amin

    ReplyDelete
  8. waaaa,,senengnya bisa ktemu temen2 baru dan jalan2...
    dulu pas aku masih kecil,,,sering banget ke surabaya,,,tapi skarang pas udah gede udah gak pernah lagi ksana....

    ReplyDelete
  9. seru amat ceritanya, bisa jadi novel neh,,,,salam.

    ReplyDelete
  10. senangnya kopdar ya mba,...kapan ya aku bisa kopdar lagi :)

    aku baru sekali kopdar dengan salah satu bloger yg sama2 tinggal di jakarta.

    tapi pengen lagi nih hehe...kita kapan kopdarnya mba ???

    ReplyDelete
  11. wah senengnya bisa ketemu dengan teman dari dunia maya, dan Cheng Ho.. masjid yang unik.. :)

    ReplyDelete
  12. tambahan info: klenteng Sam Poo Kong dulunya juga sebuah Masjid yang dibangun Laks. Ceng Hoo waktu menepi di Semarang karena salah seorang awak kapalnya sakit. setelah sang laks. memutuskan melanjutkan perjalanan sebagian awaknya teteup tinggal di Semarang yang menjadi perintis kampung pecinan. karena waktu itu Etnis Tiong Hoa yang lebih banyak adalah penganut Kong Hu Cu maka mesjid berubah menjadi klenteng. waktu datang pangeran utusan dari kesultanan Demak Bintoro sang pangeran menangis sedih melihat ironisme itu...

    hehehe, sotoy mode: on

    ReplyDelete
  13. Tambah info lagi nh. Thanks Mbak

    Oia mohon sdkt kommentar buat tampilan baru Laksamana

    ReplyDelete
  14. Asyioknyaaa jalan-jalan... Ikuuuuuuttt.

    ReplyDelete
  15. Paling hobi jalan2 ke klenteng! :)
    Kayaknya klenteng itu pernah ku kunjungi dulu , Mbak!

    Selamat Tahun Baru ya, maaf baru mampir.. :)

    ReplyDelete
  16. Wuuuu, ke Zangrandi gak ngajak :(

    ReplyDelete
  17. Elsa..
    lagi berdoa nih, kabar2nya ponakanku mau dapat arek Jombang.. doakan ya.. kalo jadi, kita kopdaran ya Sa.. ^ngarep^.. trus ajaklah daku ke Rosyidah Donut & Coffe yang terkenal dari Jombang ituu (katanya), InsyaALLOH daku kan mentraktir Elsa :-)
    aamiin 3x..

    ReplyDelete
  18. wah, keren ya acara kopidarat-nya... :)

    selamat berakhir pekan dulu.
    wassalam

    ReplyDelete
  19. mesjidnya unik ya mbak
    percampuran dua budaya gitu

    eh, enak juga ya mbak bisa kopdaran..hihi saya blom pernah kopdar sama bloger XD

    ReplyDelete
  20. kapan ya aku bisa berkunjung ke masjid itu ... terkesan sangat indah...

    ReplyDelete
  21. Elsa...tiap acara jalan kamu posting di sini , selalu saja buat aku iri...pengen banget kayak Elsa yang selalu bisa jalan2 bareng teman2...Osi sibuk melulu pagi sampe malam ngurusin toko....cuaaapppeeekkk.Kalo toko gak buka berarti Osi gak dapat duit...xixixixixi

    Oh ya thanks ya komentarnya...

    Gini lho Elsa...habis buat posting dan sudah terbit, copy url judul posting buat di ping service...

    Pake yang ini z

    http://pingomatic.com atau

    http://www.mypagerank.net/service_pingservice_index

    http://blogsearch.google.com/ping

    Tulis di kolom yang ada sesuai pertanyaan.
    Truz send ping.
    Lihat hasilnya.

    Manfaat dari pink pasti sangat menguntungkan buat blog Elsa...
    Coba Elsa cek di Google ketik nama blog Elsa atau judul posting yang Elsa buat...berada di halaman ke berapakah pada Google ???...

    Bisakan lakukan ping service setelah buat posting baru...

    saran Osi ...Lakukan ping service seprlunya saja...minimal 1 hari sekali dengan judul posting yang berbeda

    Sukses ya Elsa buat blognya...

    ReplyDelete
  22. mba..asyik banget euy..

    n keeksisan mba elsa gag perlu diragukan lagi soal foto2 nya, hehehe

    btw congrats ya awardnya^_^

    ReplyDelete
  23. asyik ya bisa ketemuan...sayang aku jauh....selamat tahun baru semoga sukses

    ReplyDelete
  24. wahhhh kalo ke Jakarta boleh mbak kabar2i ya *berpikir keras mau ngajak jalan2 kemana enaknya*

    ReplyDelete
  25. ooo ceritanya kopdar ria toh?
    asyiknya maen di klenteng.. saya juga pengen tuh kapan2 berwisata di klenteng. sebenarnya di jogja juga ada klenteng, tapi gak tau tuh, boleh apa nggak untuk dikunjungi...

    oh ya salam kenal aja dari jogja..

    ReplyDelete
  26. Sayang sekali aku belum pernah mampir ke masjid itu... padahal aku di Surabaya dulu hampir 2 tahun .. hehehehe

    ReplyDelete
  27. wah masjidnya bagus
    selamat yaa atas awardnya
    link mu sudah saya pasang DISINI

    ReplyDelete
  28. Bismillahirrahmanirrahim..
    ya ampun KOPDAR.. kok nggak bilang-bilang sih..

    BTW.. mau protes boleh ngga..di dlm foto Elsa bajunya kok Pink sih.. katanya Love Yellow ..

    Tapi.. bagus ..cerah..
    Met Tahun baru juga Elsa..dan
    Jazakallah udah mau komen digubug derita saya..(halah..^_^)..
    Salam Hangat yah..

    ReplyDelete
  29. huaaaaa... sayah punya cita2 pengen ke mesjid chengho blom kesampean euy...
    pakabar elsa?

    ReplyDelete
  30. meskipun aq belum pernah masuk Masjidnya aq pernah lewat, Subhanallah indah bgt masjidnya

    ReplyDelete
  31. kalau pas dinas ke Surabaya aku malah belum sempat jalan2 tuh....hiks, sedihnya....

    ReplyDelete
  32. trus arti warna merah otu apa??/ aku suka sama warna merah


    pengen juga kopdar sama temen2 blog

    ReplyDelete
  33. Senangnya ketemu teman-teman sesama blogger. ketemu di dunia maya, tapi persahabatannya nyata...

    Wah, saya sempat setahun tinggal di Surabaya tapi nggak pernah ke mesjid Ceng Ho :(

    ReplyDelete
  34. wah, kopdaran sambil ngreview masjid cheng ho neh... keren!
    selamat tuk awardnya...

    ReplyDelete
  35. waaaaaaaaaaaaaaa asiiiiknya bisa ketemu ma sesama blogger

    ReplyDelete
  36. Mbak Elsaaaa...tararengkyuuu yaaa... :D
    Senangnya bisa ketemu mbak cantik, ditraktir es krim pulak.
    Maknyuusssss..!

    ReplyDelete
  37. mesjidnya kereenn... pengen ke sana deh jadinya...

    selamat tahun 2010 ya, mbak... sukses teruss.... ^_^

    ReplyDelete
  38. wah, postingannya keuren mbak.. jadi pengen liat masjidnya..

    makasih mbak elsa, sdh majang ewotnya.. :)
    waks, pujiannya terlalu melangit tuh mbak.. *pohon tersandung
    ralat, pohon cuma seseorang yg lagi tertarik belajar moto, mbak elsa..

    ReplyDelete
  39. Wuih... senengnya bisa kopdar sambil liat-liat mesjid Cheng Ho n makan es krim. Kapan-kapan kalo ke Sukabumi mapir ya ke gubugku, hehe...
    Oya, slamat juga atas ewotnya. Sukses terus mbak...

    ReplyDelete
  40. assalamualaikum..
    waduhw..seru banget euy..
    es krimnya mau dunk, tar ah jika ke surabaya yo mbak..
    salam

    ReplyDelete
  41. salam sobat
    wah Cheng ho, Zangrandi dan Unair,,
    baru tahu saya mba ELSA.
    karena baca tulisan mba ini.
    siip banget ,

    ReplyDelete
  42. bismillahirahmanirrahim, assalamualaikum, wah abis kopi darat nih asik dong. emang di surabaya panas ya, di bogor sekarang juga gak sesejuk dulu mungkin akibat pemanasan global ya? selamat awardnya. ngomong-ngomong enakan mana kopi tubruk, kopi susu, atau kopi darat?

    ReplyDelete
  43. huaaaa dah ke cenghoo..saya blom pernah..pengen banget mampir ke cenghoo kayak paan dalamnya mbil hunting foto >,< d ajak y saya kapan2 klo berkesempatan mba el..

    ReplyDelete
  44. eh iye bener ternyata emang anak sastra indonesia unair ya elsa berarti gak salah orang neh he he

    ReplyDelete
  45. i like it sam po-kong,,,andaikan aqu bisa berkunjung kesana???

    ReplyDelete
  46. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH RIJI atas bantuannya saya bisa menang togel,saya benar2 tidak percaya dan hampir pinsang karna anka yang di berikan MBAH 4695 ternyata tembus..!!! awalnya saya cuma coba2 menelpon,saya bilang saya terlantar di propensi sumatra dan tidak ada onkos pulang,mulanya saya ragu tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil,sekali lagi makasih banyak yaa MBAH dan saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik MBAH RIJI ,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 082 388 362 128 MBAH RIJI Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.INGAT…kesempatan tidak akan datang untuk ke 2 kaliny

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.