Friday, February 19, 2010

Orang-Orang dari Masa Lampau


Seminggu terakhir ini... cukup aneh buatku. entah apa yang terjadi, kok tiba tiba banyak orang-orang dari masa lampau yang muncul kembali.

yang pertama adalah teman masa SD ku dulu. namanya Naning. begitu lulus SD, aku gak pernah bertemu dengannya lagi, dan kehilangan kontak juga. eh, beberapa hari yang lalu tiba tiba saja dia menelponku. ajaib kan??

masih seperti dulu, dia banyak bicara...
"aku gak tau Sa, aku tuh tiba tiba kangen sama kamu. 2 hari berturut turut mimpi kamu terus. aku jadi kepikiran banget gitu... akhirnya aku suruh Ibuku pergi ke toko orangtuamu, dan tanya nomor telponmu. jadilah aku telpon kamu sekarang ini... duh, alhamdulillah bisa ketemu sama kamu meskipun cuman suaranya aja..."

aku masih terkaget-kaget. tidak bisa berbicara sebanyak dia.
"Aku sekarang di Surabaya, di perumahan AL. kan suamiku AL. anakku sekarang sudah 2, yang paling besar sudah kelas 5 SD, yang kecil baru TK. kapan-kapan kalo aku pulang ke Jombang aku mampir ya... atau kamu kalo ke Surabaya,mampir dong ke rumahku"

alhamdulillah, seneng juga mengetahui teman kita sedang menjalani kehidupannya yang bahagia.

yang kedua, ketika aku hendak menyeberang jalan, lewatlah di depanku sebuah becak... dengan penumpang seorang wanita cantik, berjilbab, berkaca mata hitam, dan mambawa tas besar. begitu lewat di depanku.. wanita itu teriak keras sekali... "ELSA!!!! Elsa kan??"

tentu saja aku terkaget kaget!
becaknya lalu berhenti. dan wanita itu langsung berlari ke arahku. memelukku.. mencium pipi kanan dan kiri.... aku masih belom sadar siapa dia.

"Hey... ini aku!!! Mbak Luth!"
langsung saja aku ingat. Mbak Luth... kakaknya Titin, temanku waktu SD juga. Mbak Luth yang dulu suka ngajarin aku bikin kue. Mbak Luth yang setiap kali aku maen ke rumahnya, selalu ikut nimbrung dan mengajak diskusi ini itu.

dan di pinggir jalan... (karena aku gak jadi nyebrang) kami mengadakan acara temu kangen dadakan. saling bertukar kabar, dan berjanji akan menjalin lagi silaturahim yang sempat terputus.

Yang ketiga.....
ketika lagi nonton film malem malem, ada sms masuk. "Assalamualaikum Elsa, apa kabar? ini Mbak Diah, yang sekamar waktu di Asrama Khadijah dulu. aku cari kamu di FB gak nemu, akhirnya nemu kamu di blog. aku senang kamu sudah punya usaha sendiri"

wuuuah, aku melonjak kaget.
kejutan apalagi setelah ini???
siapa lagi yang akan muncul???

ternyata masih ada satu lagi. yang ini lebih mengejutkan, dan sedikit berbeda.

setelah sekian lama, ada seorang mantan karyawan di tokonya Abahku datang menemui kami. lebih tepatnya menemui orang tuaku sih.. cuman, aku ya ikut menyaksikan. karena secara tidak langsung terlibat di dalamnya.

sebut saja dia, Mr B.
Mr. B ini bekerja di toko kami sejak aku belom sekolah, hingga mungkin aku kelas 3 atau 4 SD. karena menurut Abahku dia lumayan pinter, maka oleh Abah dia dikursuskan nyetir, hingga berhasil dapet SIM B. entah apa yang terjadi... aku kurang jelas karena masih terlalu kecil, Mr B ini kemudian menjadi orang yang kurang baik. suka membantah dan membuat onar. masalah demi masalah kemudian timbul. dan Mr B keluar dari toko kami dengan cara yang kurang baik. dan setelah itu, kami tidak pernah mendengar kabarnya lagi.

sampai beberapa saat yang lalu.
Mr B datang menghadap orang tuaku. dengan baik baik...
berbicara panjang lebar memberi pengakuan dosa... yang intinya adalah, ingin meminta maaf. karena dulu sering mencuri barang di toko, dan menjualnya sendiri di luar sana. dia masih ingat betul, apa apa saja yang dicurinya. Dia bahkan menuliskannya di selembar kertas.

dan Mr B ingin membayarnya sekarang!!!

kenapa begitu tiba tiba.. setelah sekian lama?
Mr B merasa dirinya sudah makin tua. dan dia juga mengetahui, beberapa karyawan dan mantan karyawan toko kami, ada yang meninggal. (alhamdulillah, tokonya Abah memang kalo punya karyawan itu awet, ada beberapa yang tetap bekerja sejak aku belom sekolah sampai sekarang!!! bayangkan!! hebat kan?? bahkan ada beberapa yang sampai meninggal. maksudnya bekerja sampai seumur hidupnya di sini))

karena itulah, Mr B takut jika tiba tiba kematian menjemputnya... sebelum dia sempat meminta maaf dan membayar semua barang yang dulu dicurinya.

well... orang-orang dari masa lampau ini benar benar mengagetkanku.
selanjutnya, apakah masih ada lagi???

i'm desperately curious to know!

45 komentar:

g. siahaya said...

Hmm.. menakjubkan ya begitu kelokan hidup memberikan kejutan2nya? :)

maiank said...

subhanallah...
jalan ceritanya bisa berurutan...
tapi pasti ga ada yang kebetulan..
semua sudah terancang dari-Nya..

kalo aku jadi mb elsa paling yo speechless..juga...

-Gek- said...

wah.. itu mah rahasia Tuhan mbak.. enjoy!
:)

ieyaz said...

Wahh...kerennn....
rencana Tuhan memang g pernah bisa ditebak..

jadi inget..akhir tahun kemarin beberapa orang dari masa lampauku tiba-tiba juga pada muncul gitu..

tapi mereka malah membawa masalahh buatku..
hikz..hikz..

Chomisah Noer said...

Allah itu Maha Adil, dan memberi rezeki .....


bagus degh ceritanya,...

oh, ya link ku belum idpasang tuh.. mba.. punya mba'e udah di pasang di di link kawanku.. lho

Sari said...

Kalo aku malah seneng bisa ketemu orang2 dari masa lalu. Kapan yaa apa yang terjadi padamu terjadi padaku? Aku pengen banget ketemu temen2 SD-SMP...

Riesta Emy Susanti said...

wah,,,kejutan yang bener2 luar biasa mbak....

Hdsence said...

hal2 yg tak terduga,
pasti kesannya indah bnget ya kak,,

ketemu sm tman2 dulu,,

salam sukses ya kak,,,

Alrezamittariq said...

wow itu tanda-tanda...mmmm...tanda - tanda silaturahmi gak pernah terputus...

mungkin aja abis ini mbak ketemu temen SMP, khan SD sudah..hehehe

Aulawi Ahmad said...

itu artinya kamu dan keluargamu adalah orang-orang yang baik dan berkesan jadi orang sulit melupakan :)

Sudino Dinoe said...

Sebuah kebetulan yang berkali-kali....mungkin itu Sebuah rencana Tuhan mbak....dan hal itu mungkin ada maknanya utk kita....
..salam..

Lina said...

seneng kalo ketemu temen2 kecil, meski cuma ditelpon aja. saya salut tuh sama Mr. B, dia benar2 bertaubat...benar2 menyesali kesalahannya.

Fi said...

yah, semua yang terjadi dalam hidup ini tak ada yang kebetulan, semua kan ada hikmahnya.

Bahauddin Amyasi said...

Wah, betapa indahnya ya ketemu sama teman2 masa lalu. Itu bukan ketiba-tibaan, mbak, melainkan rencana Tuhan untuk mengejutkan kehidupan. bahwa apapun bisa terjadi selama takdir yang menentukan.

Kayak dalam cerpen2 gitu ya? hehe.. Cerita nyata yang sarat hikmah. Terutama pengakuan Mr. B yang bertaubat! Subhanllah.. betapa hati sngat mudah terbolak-balikkan. Ya, Muqallibal Qulub Tsabbit qalby alaa dinika...Amin

Syifa Ahira said...

wah.. serba kebetulan ya mba..
semuanya rahasia Allah mba..

attayaya said...

Allah telah menggerakkan mereka
hanya pemicunya aja yg berbeda2

attayaya said...

bener tuh kata mba gek
itu salah satu rahasia Allah

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Ada hikmah dibalik semuanya...
Berarti kenangan masa lalu pasti banyak yang terungkap kembali dong.

Henny Y.Wijaya said...

alhamdulillah..
henny percaya dengan hal-hal yang seperti itu, bahwa sesuatu yang hilang dari diri kita (karena dicuri) suatu saat nanti akan kembali lagi. Allah punya cara ajaib untuk mengembalikannya

:-)

Noor's blog (inside of me ) said...

Kalau besok bang Pendi tiba-tiba turun dari becak terus cipika-cipiki dengan mba...gimana ? he..he

Osi said...

Selanjutnya aku yang akan menengejutkanmu Elsa...hehehehe...

Panggil ortu Abah ya...sama dunk dgn ku panggil Abah juga, maklum orang banjar tp gak tulen banjar

Eml scriptnya masuk ke spam, untung nya aku buka spam eml jadi tau lebih jelas kode script elsa

Elsa...tentang background pohonnya, ternyata gak ada di script templatenya Elsa yang di kirim lewat yahoo, jadinya ya gak bisa di geser ketengah kecuali ada cara 1 lagi yang aku rasa bisa untuk menjadikannya full atau agak di geser ke tengah...
untuk saat ini aku masih coba edit gambar pohon tersebut agar bisa tampil full di atas..

Sabar menunggu ya...hehehehe

SeNjA said...

hidup itu penuh kejutan ya mba...??
menyenangkan apalagi jika kejutan nya bertemu dgn orang2 baik dari masa lalu...senangnya ^^

kha said...

aku juga pernah mba
pertama ketemu temen SMA di Fb dan berlanjut ketemuan

besok nya ketemu temen dijalan dia nya lagi naik motor teriak namaku kenceng bgt

malem nya temen lama SMS aku

dwi wahyu arif nugroho said...

wah, ktm orang zaman purba g mbak?? :D

Clara said...

wew, iya ya mbak penasaran juga jadinya kok bisa semuanya muncul gitu. aku belom pernah kek gitu deh, ketemu ya satu"

Madu Nektar said...

Dlm hidup ini, tidak ada yg kebetulan, smua dalam rencanaNya,

Dan kabar baiknya smua rencanaNya adalah baik mnurutNya,

Dan smua yang baik mnurutNya adalah baik buat kita ..

bukan bgitu bu'? ...

tealovecoffee said...

subhanallah...

senang yaa mba Elsa ^^

dan alhamdulillah mr.B udah tobat

fai_cong said...

Alhamdulillah...
Allah telah membimbing hatinya.
itulah sebabnya kenapa kita tidak boleh berfikir negatif terhadap orang lain.
:D

Hendriawanz said...

Ini bener-bener kisah nyata
Dan seolah tak terduga
Namun menguatkanku bahwa semua sudah di atur dan ketika kita menunggu maka hal-hal yang memang dianugerahkan untuk kita akan terjadi pada saatnya.

anyin said...

jadi kangen orang2 lama dalam hidup -____-"

kesehaRian Ra-Kun said...

seperti cerita di cerpen ya sister. tapi cerpen memang seperti hidup ya, toh :)

Piet Puu said...

Assalamualaikum..
mbak elsa...!!
mbak elsa...
ini aku mbak... pipit...
inged ga...????
hehehehe :D

hari Lazuardi said...

that's life..

MUBAROK said...

salam kenal

DUNIA POLAR said...

setelah baca postingan ini, q kok jd iri yah, coz uda lamaaaa banget g pernah ketemu tmn SD, pengen reuni tp g jadi2 :(

Willyo Alsyah P. Isman said...

maaf sahabat ...aku baru bisa mampir lagi soalnya aku ada sedikit masalah...aku ingin berbagi...

buwel said...

Duh, pengalamannya Menarik ya Mbak, salute ama Mr B nya tuh... jarang orang seperti dia... :-)

topique said...
This comment has been removed by the author.
topique said...
This comment has been removed by the author.
topique said...

mbak, gara-gara gw baca ini sampe kebawa mimpi lo mbak!!! tentang mimpinya sendiri udah gw post di sini: http://topique.blogspot.com/2010/02/yuli_20.html

Wulandari said...

subhanallah mba elsaa,semua kejadian begitu indah dan terjadi berurutan serta tidak terduga!Allah maha besar :)

aku suka baca ceritanya,just flowing from beginning to end of story.

Wawank said...

Salam kenal kak!
low berkenan follow balik ya!

meithreea said...

Elsaa.. kalo kedatangankyu kmarin gimana ? hihi.. daku temanmu dimasa kini, masa ngeblog ^huge^

Rizaqu said...
This comment has been removed by the author.
handhika said...

mba elsa klo bercerita jago banget ya, ga ada bosen - bosennya buat baca..

Post a Comment

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.