Tuesday, December 8, 2009

film: Things We Lost In The Fire


kalo lagi merasa mellow, mungkin film ini bisa sangat membantu. Judulnya Things We lost In The Fire, dibuat tahun 2007 lalu. bergenre drama, dan sangat sangat menyentuh. kita bisa belajar banyak tentang indahnya persahabatan dan nilai-nilai keluarga, juga tentang bagaimana cara melepaskan kepergian orang yang kita cintai, termasuk menatap masa depan sesudahnya. Film ini siap menguras habis emosi penontonnya.


pertama kali dibuka dengan adegan dimana Audrey Burke (Halle Berry) sedang mempersiapkan pemakaman suami tercintanya Brian Burke(David Duchovny). segalanya telah dipersiapkan dengan sempurna, dan menjelang detik-detik acara dimulai, Audrey tiba tiba mengingat sesuatu yang dilupakannya. Dia lupa mengundang Jerry Sunborne (Benicio Del Toro), sahabat baik suaminya.

Selama ini, Audrey dan Brian memiliki hidup yang sungguh sempurna. keadaan ekonomi yang mapan, 2 anak yang menyenangkan, segalanya serba indah. apalagi Brian adalah seorang suami yang sangat baik dan ayah yang teladan. dan tidak cuma itu, Brian ternyata juga seorang sahabat yang sangat setia. meskipun Brian menomor satukan keluarga, dia tetap tidak pernah abesn meluangkan waktunya untuk para sahabat, terutama untuk Jerry. meskipun Jerry adalah pecandu narkoba yang hidupnya morat-marit, Brian tetap memperhatikan Jerry. Brian meluangkan waktunya untuk menemani Jerry di hari ulangtahunnya, Brian bahkan berbelanja kebutuhan sehari-hari untuk Jerry. Dan itulah yang membuat Audrey menjadi kesal. Audrey tidak suka suaminya menghabiskan banyak waktu bersama seorang pecandu narkoba yang pasti akan membawa dampak negatif nantinya.



Audrey sungguh tak mengerti apa yang membuat suaminya sangat menyayangi Jerry. apa sih yang ada di Jerry ini?
di upacara pemakaman suaminya, Audrey pun bertemu Jerry dan meminta maaf karena telah membencinya selama ini, dan berharap setelah suaminya meninggal Jerry masih berhubungan baik dengan keluarganya. Jerry pun menngiyakan permintaan Audrey.
setelah itu, hidup Audrey tanpa suami terasa begitu hambar. tak ada teman, tak ada sahabat, tak ada yang membantunya mengurus anak-anak dan mengelola rumah. Audrey lalu teringat Jerry, selama ini Brian selalu merawat Jerry. kenapa ia tidak meneruskan kebaikan Brian? Audrey pun mengajak Jerry untuk pindah ke rumahnya, agar Jerry tidak homeless lagi. awalnya Jerry menolak, namun untuk membantu istri sahabatnya... ia pun pindah ke rumah Audrey.

di rumah itu, Jerry menjadi seorang yang sangat membantu. Jerry bisa bermain dengan kedua anak Audrey, menemani mereka di saat mereka merindukan ayahnya. Jerry juga bisa membantu Audrey mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. bahkan ketika salah satu anak Audrey hilang dari sekolah, Jerry lah yang bisa menemukannya dan membawanya kembali ke rumah. Jerry bahkan memberi Audrey semangat dan keyakinan untuk menatap masa depan sepeninggal Brian. Jerry menjadi sangat berguna bagi Audrey dan anak-anaknya. Jerry pun merasa sangat senang karena memiliki keluarga baru yang memperhatikannya. proses rehabilitasi lepas dari pengaruh narkoba pun sepertinya bisa berjalan lancar di rumah itu.
teman-teman Brian bahkan menyambut hadirnya Jerry dengan tangan hangat. bahkan ada yang memberi kepercayaan penuh pada Jerry dengan memberinya pekerjaan penting. Jerry pun menjadi lebih bersemangat lagi untuk sembuh dari ketergantungannya pada narkoba.
lama kelamaan, Jerry terasa sebagai pengganti peran Brian, meskipun Jerry tidak pernah bermaksud mengambil tempat Brian sebagai suami dan ayah bagi mereka. dan Audrey yang galau dan marah, lantas mengusir Jerry karena dinilai sudah keterlaluan. dengan berat hati, Jerry pun pergi. kepergian Jerry jelas memukul anak-anak. mereka sangat kehilangan sosok jerry. dan ternyata begitupun bagi Audrey.
setelah yakin Jerry sepertinya kecanduan narkoba lagi, Audrey bergegas mencari Jerry dan membawanya pulang ke rumah. dalam keadaan sakaw berat, Jerry yang tidak sadarkan diri dan kesakitan, dibantu Audrey menyembuhkan diri. proses ini memang sungguh tidak mudah, namun di rumah Audrey, Jerry dibantu dan didukung oleh segenap keluarga Audrey. berhasilkah Jerry sembuh dari kecanduannya? apakah Jerry akan menjadi bagian dari keluarga Audrey??
Judul "Things We Lost In The Fire" terinspirasi dari sebuah peristiwa dimana rumah Audrey dan Brian pernah terbakar. mereka kehilangan banyak barang. Audrey begitu panik dan kalut, sementara Brian jauh lebih tenang. Audrey bertanya, "Kenapa kamu begitu tenang?" dan Brian menjawab, bahwa semua hal yang hilang dalam kebakaran itu, hanyalah benda-benda. yang bisa kita dapatkan lagi, yang masih bisa kita cari. yang terpenting adalah nobody hurt, dan mereka masih memiliki satu sama lain. Brian mengajarkan pada kita bahwa memiliki keluarga dan sahabat yang kita cintai jauh lebih berharga dibanding semua benda-benda di dunia ini. jika ada barang yang hilang, kita bisa membelinya lagi. tapi tidak begitu dengan kehilangan orang yang kita cintai.
dan jika kita kehilangan seseorang yang kita cintai, memang kita berhak berduka dan merasa sangat sedih. tapi yang perlu diingat, kita masih punya banyak sahabat dan keluarga yang masih memberikan begitu banyak cinta.
di sisi lain, Film ini juga berbicara tentang kekuatan HOPE. bagaimana kita harus selalu berusaha dan jangan putus asa. ketika Brian memberikan bantuan kepada Jerry, Brian selalu bilang "Accept the good, Jerry!". dan ketika Jerry menawarkan bantuan pada Audrey agar bisa ikhlas melepaskan kepergian suaminya, Jerry mengutip pesan Brian; "Accept the good, Audrey!". dan itu berlanjut ketika Audrey menawarkan bantuan pada Jerry untuk memasukkannya ke panti rehabilitasi, Audrey pun kembali berkata "Accept the good, Jerry".
Hidup ini sebenarnya penuh dengan goodness. tergantung pada kita, mau menerimanya atau tetap terkungkung pada sebuah keadaan yang sebenarnya menyiksa.
secara keseluruhan, film ini sangat indah. Halle Berry bermain sangat apik. sementara Benicio Del Toro, gak usah diragukan kemampuannya. akting sebagai pecancu narkobanya sungguh menyentuh. penonton wanita pasti dibuat jatuh hati padanya. dan yang unik dari film ini, adalah kedua anak Audrey. karena Audrey berkulit hitam, sementara Brian berkulit putih, maka dicarilah pemain film anak-anak yang juga memiliki darah campuran, agar cocok untuk peran tersebut. dan aku pikir, pilihannya sudah sangat tepat.
kalo nonton film ini, perhatikan cara pengambilan gambarnya yang terbilang agak lain dari biasanya. menurutku sih lebih indah dan dramatis. juga membuatnya lebih romantis. percaya deh! dan terakhir, perhatikan endingnya. sungguh memukau.
selamat menonton!!!


32 comments:

  1. bener memang, kalau kebakaran nggak ada korban jiwa itu yang lebih menguntungkan.
    ah..jadi pengen cari film ini, mbak. resensinya meyakinkan.

    mbak elsa, ada award buat mbak elsa. diambil di sini ya :

    http://wanodyayu.blogspot.com/2009/12/semangat.html

    ReplyDelete
  2. Kayaknya layak untuk ditonton.
    Hidup memang selalu penuh dengan kebaikan, hanya Tuhan saja yg membuatnya penuh teka-teki, agar kita bisa merenung sedikit. :)

    Mau dounk, mawarnya,,,

    ReplyDelete
  3. Waaa reviewnya sangat meyakinkan...
    Jadi pengen nontooon.. aw awww...

    harus siap2 tisu nih kalo nonton :D

    ReplyDelete
  4. mbak... itu DVD keluaran tahun brp?
    boleh pinjam DVD nya gak?review nya bagus, jadi pengen nonton..

    ReplyDelete
  5. ini film baguuuuuuuusss banget..... aku dah nonton beberapa kali........ toptoptop....

    ReplyDelete
  6. baru baca dikit aja udah tertarik untuk nonton, wkwkwkwkkw...
    jadi pengin cari ahhh...
    bisa donlod kali ya...hihihi *jiwa downloadernya kambuh*

    ReplyDelete
  7. btw, new moon nda gitu bagus sih mbak, tapi kalo penasaran mau nonton,,,,monggo,,,jacob topless siap tampil di depan anda hihihihi

    ReplyDelete
  8. ceritanya bagus banget...
    Aku suka film yang bergenre drama.

    ReplyDelete
  9. waduh mesti nyari dvdnya nih mbak elsaa...

    ReplyDelete
  10. membaca postingan ini jadi ingin sekali menontonnya...
    dan Insya Allah ..aku akan menonton film ini

    ReplyDelete
  11. sudah punya filemnya tapi belum sempat nonoton, weih disini dah dapet reviewnya.

    ReplyDelete
  12. sa, lagi rajin ngeblog ya :)
    mulai ngereview film nih. kapan mereview blog sahabat2 blogger lainnya

    ReplyDelete
  13. Ntr ngobok2 toko disc , pengen banget mo liat nih film...

    ReplyDelete
  14. wah... mantap banget filmnya.. perlu / layak di tonton bersama,

    ReplyDelete
  15. Recomendasi yang sangat bagus. Tapi saya malah lebih tertarik dengan gaya penulisan Yellow Life yang sangat baik menceritakan film Thinks Lost In The Fire itu. Keep writing.

    ReplyDelete
  16. salam sobat
    memang patut ditonton nich..
    saya juga suka kalaufilm seperti ini.

    ReplyDelete
  17. assalamualaikum..
    drama yang menarik, terutama melupakan sebuah kesedihannya.
    sy menyukainya jika berkesempatan nonton
    salam

    ReplyDelete
  18. wah, kalau yang maen si halle belle
    pasti keren tuhhh pilemnya
    ntar dech aku nyoba nyari ke rental
    ok,, yhanks yah referensinya

    ReplyDelete
  19. wah harus sedia tissue banyak nih mba elsa?
    aku mau cari ah, mudah2an malah bisa di download biar ga beli.

    "Brian mengajarkan pada kita bahwa memiliki keluarga dan sahabat yang kita cintai jauh lebih berharga dibanding semua benda-benda di dunia ini."
    aku suka kata-kata ini mba elsa...

    ReplyDelete
  20. lengkap sekali ripiu nya..
    layak untuk ditonton ne...
    salam...

    ReplyDelete
  21. Accept the good.....
    hmmmm kalimatnya bagus

    ReplyDelete
  22. waaaw... jadi pengen nonton euy...

    ReplyDelete
  23. hmmh ... aku paling suka film bergenre drama keluarga. Kayaknya film ini bakal asyik buat dinikmati.
    terima kasih ya, Els sudah mereviewnya

    ReplyDelete
  24. kayanya bgs nih filmnya mba,...
    membaca tulisan mba di sini aj sudah merasuk nilai yg terkandung di filmnya.

    ReplyDelete
  25. hay Asslakummmm..corry lo pake nylonoNk yuahhh,,,^_^ salam kenal yuahhh sob.. da fb ng hehehehehe ..pizzzzzz

    ReplyDelete
  26. Wah, jadi kepengen nonton juga tuh. Tapi....

    ReplyDelete
  27. wah, waktu baca judul kirain film thriller gitu mba, pake fire2, hehe...

    ndak taunya so sweet banget ya....jadi pensaran sama ending yang mba bilang itu...ntar deh saya cari.... :D

    ReplyDelete
  28. mba Elsaaa... komen lagi aah.. :D
    ada award nih buat mba Elsa...

    *celinga celingu... Elsa udah pernah dapet blm yaa... @_@

    ReplyDelete
  29. Jadi penasaran endingnya nich...

    ReplyDelete
  30. ehm resensi film roman..saya suka ini :D perlu hunting dvd neh :p

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.