Monday, December 21, 2009

Ibunda, Mengapa Engkau Menangis??

Aku dapat kisah ini dari internet beberapa tahun yang lalu. sayang lupa sumbernya. kisah seindah ini aku yakin sudah banyak yang pernah baca. tapi special untuk hari Ibu, kisah ini kuposting di sini. dipersembahkan buat Ibuku tercinta, juga Ibu para sahabatku tercinta dan Ibu-Ibu lain di seluruh dunia. Nikmati saat-saat indah bersama Ibu... bahagiakanlah beliau selagi kita bisa.




Ibunda, Mengapa Engkau Menangis?


Suatu ketika, ada seorang anak laki-laki yang bertanya kepada ibunya. "Ibu, mengapa Ibu menangis?". Ibunya menjawab, "Sebab, Ibu adalah seorang wanita, Nak". "Aku tak mengerti" kata si anak lagi. Ibunya hanya tersenyum dan memeluknya erat. "Nak, kamu memang tak akan pernah mengerti...."

Kemudian, anak itu bertanya pada ayahnya. "Ayah, mengapa Ibu menangis? Sepertinya Ibu menangis tanpa ada sebab yang jelas?"Sang ayah menjawab, "Semua wanita memang menangis tanpa ada alasan". Hanya itu jawaban yang bisa diberikan ayahnya.Lama kemudian, si anak itu tumbuh menjadi remaja dan tetap bertanya-tanya, mengapa wanita menangis.

Pada suatu malam, ia bermimpi dan bertanya kepada Tuhan."Ya Allah, mengapa wanita mudah sekali menangis?"Dalam mimpinya, Tuhan menjawab,"Saat Kuciptakan wanita, Aku membuatnya menjadi sangat utama.Kuciptakan bahunya, agar mampu menahan seluruh beban dunia dan isinya, walaupun juga, bahu itu harus cukup nyaman dan lembut untuk menahan kepala bayi yang sedang tertidur.

Kuberikan wanita kekuatan untuk dapat melahirkan, dan mengeluarkan bayi dari rahimnya, walau, seringkali pula, ia kerap berulangkali menerima cerca dari anaknya itu.
Kuberikan keperkasaan, yang akan membuatnya tetap bertahan, pantang menyerah, saat semua orang sudah putus asa.

Pada wanita, Kuberikan kesabaran, untuk merawat keluarganya, walau letih, walau sakit, walau lelah, tanpa berkeluh kesah.

Kuberikan wanita, perasaan peka dan kasih sayang, untuk mencintai semua anaknya, dalam kondisi apapun, dan dalam situasi apapun. Walau, tak jarang anak-anaknya itu melukai perasaannya, melukai hatinya. Perasaan ini pula yang akan memberikan kehangatan pada bayi-bayi yang terkantuk menahan lelap. Sentuhan inilah yang akan memberikan kenyamanan saat didekap dengan lembut olehnya.

Kuberikan wanita kekuatan untuk membimbing suaminya, melalui masa-masa sulit, dan enjadi pelindung baginya. Sebab, bukankah tulang rusuklah yang melindungi setiap hati danjantung agar tak terkoyak?Kuberikan kepadanya kebijaksanaan, dan kemampuan untuk memberikan pengertian dan menyadarkan, bahwa suami yang baik adalah yang tak pernah melukai istrinya. Walau, seringkali pula, kebijaksanaan itu akan menguji setiap kesetiaan yang diberikan kepada suami, agar tetap berdiri, sejajar, saling melengkapi, dan saling menyayangi.

Dan, akhirnya, Kuberikan ia air mata agar dapat mencurahkan perasaannya. Inilah yang khusus Kuberikan kepada wanita, agar dapat digunakan kapanpun ia inginkan. Hanya inilah kelemahan yang dimiliki wanita, walaupun sebenarnya, air mata ini adalah air mata kehidupan".

Maka, dekatkanlah diri kita pada sang Ibu kalau beliau masih hidup

57 comments:

  1. Wanita adalah makhluk terkuat di Dunia. Menurutku.

    ReplyDelete
  2. tambah kangen sama Emaaaaaaaaaakkkk
    huwaaaaaaaaaaaaaa

    salam kenal, di tunggu ampirannya yah

    ReplyDelete
  3. selamat menyambut hari ibu. semoga Allah selalu melimpahi ibu kita dengan lindungan dan kasih sayang-Nya.

    ReplyDelete
  4. pas ngebaca jadi inget ibuku....
    jadi pengen cepet2 pulang....

    ReplyDelete
  5. Duuuh , maafkan buwel Mih...yang biasanya membuat Mamih menangis... *inget waktu bandel ama almarhum Mamih*

    ReplyDelete
  6. Makasih udah berbagi kisah indah ttg ibu menjelang hari ibu...

    ReplyDelete
  7. ibu memang tiada duanya.makasih sklagi ya mbak^^

    ReplyDelete
  8. wow, ceritanya dasyat
    Ibu emang segalanya ya Mbak

    ReplyDelete
  9. Selamat hari ibu...salam buat ibunda tercinta....

    Gimana Elsa dah bisa tidur semalam...hehehehehe....

    ReplyDelete
  10. hukz hukz... jadi pengen pulang dan ketemu ibu... ukz ukz...

    ReplyDelete
  11. Untuk semua Ibu di seluruh dunia : Selamat hari Ibu.... ^^

    ReplyDelete
  12. ceritanya menyentuh sekali mbak.. :)
    selamat hari ibu buat semua para ibu..

    ReplyDelete
  13. selamat hari ibuuuu ^^
    tapi setelah hari ibu, jangan lupa u/ selalu sayangi ibu :D

    ReplyDelete
  14. pernah berbuat salah kepada Ibu, jadi merasa bersalah lagi (sigh)

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat Almarhum Ibu saya mbak..hehhehe :) hanya bisa melantunkan doa untuk beliau semoga diampuni dosa-dosanya dan diterima amal-amalnya amin..

    ReplyDelete
  16. Selalu optimis, tetap semangat ajah dan selamat hari ibu untuk para wanita Indonesia. Salam mesra dari Jakarta Spa blog portal yang membahas seputar spa di Jakarta dan Indonesia.

    ReplyDelete
  17. jadi teringat berapa besar dosa dosaku dengan ibuku, Umi maaf kan aku.....
    maaf ya mi...



    dari far away from the memories..

    ReplyDelete
  18. Kalau saya anak yang bertanya itu. Sudah sejak tadi saya berucap, "cup cup cup, Ibunda. Janganlah engkau menangis..."

    ReplyDelete
  19. Huaaa, aku terharu bacanya mba elsa.
    Aku jadi kangen mamah.

    Happy mother's day yaa buat mama mba elsa juga.
    Semoga kita berdua bisa ngebahagiain mama kita ya mba amiiiin

    ReplyDelete
  20. setiap membaca tulisan itu saya selalu teringat akan sosok wanita.. ibu, istri dan anakku.. wanita sosok mulia dan ibu adalah profesi mulia,.

    ReplyDelete
  21. air mata kehidupan.....selamat hari ibu.....ya...moga kelak menjadi ibu yang sholihah...amien..

    ReplyDelete
  22. dhe jg pernah ne crita..
    karena airmata adlh kekuatan seorang wanita. setelah menangis maka apapun bisa ditaklukan. Sesungguhnya bersyukurlah anak2 di dunia yang tak pernah membantah ibunya, yang begitu memaknai arti seorang ibu, karena Mereka begitu berarti.

    ReplyDelete
  23. Selamat hari emak.. sayah cinta dan sayang emak ku :D

    emak itu nomer satu bagi sayah.. karena surga ada di bawah telapak kaki emak. dan berpahala besar hanya melihat wajah seorang ibuk :D

    sekali lagi sayah sayang emak :D

    ReplyDelete
  24. Bundaku ,

    Dalam manis dan lezatnya kehidupan
    Cintamu ada dalam syukurku
    Dalam pahit dan getirnya hidup
    Kasihmu ada dalam Sabarku
    Dalam sulit dan berlikunya jalan
    Kompasmu ada dalam pikiranku
    Dalam gesekan dan benturan pergaulan
    Bijakmu ada dalam hatiku
    Tak kan ada cinta yang melebihi cintamu
    Tak kan ada kasih yang melebihi kasihmu
    Tak seperti sang mentari yang masih menyisakan malam
    Tak seperti sang udara yang masih mengosongkan ruang hampa
    Tak seperti samudra yang masih menghamparkan daratan
    Cintamu adalah sejati-jatinya cinta
    Kasihmu adalah sebenar-benarnya kasih
    Dalam darahku mengalir darahmu
    Dalam dagingku menempel dagingmu
    Dalam pikiranku menumpuk pintarmu
    Dalam hatiku menggunung bijakmu
    Dalam kasih ku ada kasihmu
    Tak satupun mampu memisahkan
    Tidak jarak
    Tidak waktu
    Tidak juga dimensi
    Harimu adalah hari-hariku
    Setiap hari adalah hari-harimu
    Bunda


    Selamat hari ibu

    ReplyDelete
  25. Hmm...jadi inget sama Mamah nich...
    kasih ibu tak terhingga,, tak akan pernah bisa aku membalasnya..
    Mamah...maafin aku ya Mah.. pernah buat mamah nangis...
    Selamat hari Ibu...

    ReplyDelete
  26. salam sobat
    tangisan ibnda tanda kasih dan sayangnya sepanjang masa mba,,
    selamat hari ibu untuk IBUNDA,,
    semoga diberikan kesehatan, panjang umur dan keberkahan oleh ALLAH SWT.amin.

    ReplyDelete
  27. kisah yg inspiratis ya mba,...sungguh seorang ibu adalah hakikatnya cinta sejati.

    tidak ada kasih yg lebih besar dari kasih ibu,yg air susunya mengalirkan kasih sayang sepanjang waktu.

    selamat hari ibu untuk semua ibu yg memang hebat diseluruh dunia ^_^

    ReplyDelete
  28. Ibu. Sebuah kata yang sangat menggetarkan hati. Adakah orang yang paling dekat dari seseorang (setelah Allah) dari seorang ibu? Tidak ada! Seorang ibu adalah pesona kehidupan. Ia adalah lambang cinta abadi, pengorbanan yang hakiki dan pribadi utusan Ilahi di atas bumi-Nya. Ibu adalah wakil Allah di muka bumi. Meskipun demikian, bukan berarti seseorang harus melupakan ayahnya. Karena ayah dan ibu memiliki satu derajat dalam Al-Qur'an. Mereka berdua laksana "dua sisi mata uang yang absurd untuk dipisahkan. Keridhaan mereka merupakan keridhaan Allah. Dan murka mereka merupakan murka-Nya. Dari Abdullah ibn 'Amru ra. ia berkata: Rasulullah saw bersabda, "Keridhaan Tuhan berada pada keridhaan kedua orang tua, dan kemurkaan Tuhan berada pada kemurkaan orang tua." (HR Al-Turmudzi).

    ReplyDelete
  29. hai hai... ada award buatmu di blog ku ... ambil ya...http://moody-ninneta.blogspot.com/2009/12/movie-whore-avatar.html

    ReplyDelete
  30. dalam kerapuhannya
    ada ketegaran

    selamat hari ibu

    ReplyDelete
  31. Aku tak sanggup melanjutkan baca tulisan indah ini....! hick hick hick .......MAAFKAN ANAKMU IBU!

    Mengapa anakmu yang kau anggap gagah ini jadi cengeng! SELAMAT HARI IBU!

    Bahagiakanlah Ibu kalian yang masih mendampingi Anda!

    ReplyDelete
  32. Ksih ibu sepanjang masa..... kasih anak sepanjang jalan,truss kasih ayah sepanjang apaa...??
    kasihan ayah..padahal engkau sebagai tulang punggung keluarga,jika ada marabahaya engkau yang tampil didepan membela keluarga,engkaulah ujung tombak keluarga.pagi sebelum anakmu bangun tidur engkau sudah berangkat kerja larut malam anakmu sudah tidur engkau pulang kerja, semua jerih payah hanya kau berikan pada keluarga.
    engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya...!!!!
    selamat hari ibu walaupun tiada hari ayah aku tetap membanggakanmu ayahhh.

    ReplyDelete
  33. kalo boleh tau,,
    mbak'nya ngasih apa sama ibu pas mom's day ini???

    ReplyDelete
  34. Kata bapakku di kampung, air mata itu adalah senjata kaum hawa. Itu kata bapakku, aku sendiri kurang paham soal itu.... :)

    ReplyDelete
  35. Wah, kisahnya menyentu amat, Mbak..
    Selamat hari Ibu ya, semoga kecintaan kita pada Ibu semakin bertambah baik...

    ReplyDelete
  36. ceritanya bikin aku tambah kangen sama mama mba...

    hiks hiks hiks..

    ternyata Allah begitu besar memberikan hak istimewa kepada seorang ibu( wanita)

    ReplyDelete
  37. assalamualaikum mbak elsa saya mampir sekalian follow

    ngomong-ngomong soal air mata, tak selamanya air mata itu melemahkan kita, ada kalanya justru airmata itu lah yang akan menguatkan kita

    ReplyDelete
  38. Yupz..kasih ibu tak terhingga sepajang masa...*jadi terharu...

    ReplyDelete
  39. Suka banget ma cerita ini, perempuan yang tercipta katanya sebagai makhluk yang lemah tapi bila yang mengatakan itu sadar bahwa apa yg dikatakannya itu salah besar, perempuan adalah manusia yang sangat kuat, segala beban sptnya bisa terhandle, mulai dari sbg seorang pekerja sekaligus sebagai pengurus rumah tangga, kadang pun dia harus mengambil sikap bijaksana dgn mundur demi memberi ruang tuk pasangan lebih maju.

    ReplyDelete
  40. hihihih iya--ya mbak.. ok podo ya... =)) toss aja deeh...

    ReplyDelete
  41. Bundaaa....
    dah banyak pngorbanan yg dlakukan untuk q, gak tau deh gmn membalas smua jasa2 nya :(

    Makasih mbak, tulisannya mengingatkanku pd bunda ku tersayang.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  42. Duh jadi ingat ini depan mesjid Nabawi..
    Selamat hari ibu buat para ibu dan calon ibu.. kasih sayangmu tak hilang sepanjang hayat..
    Semoga Allah membalas semua pengorbananmu….. I love you Mother

    ReplyDelete
  43. AIR MATA IBU SEBUAH BENTUK CURAHAN HATI YANG TERSEMBUNYI, YANG TIDAK BISA DIDETEKSI PENYEBABNYA DAN TIDAK TAHU APA YANG HENDAK DICURAHKANNYA. MENURUTKU AIR MATA IBU ADALAH KEISTIMEWAAN YANG DIBERIKAN SANG KHALIK WALAUPUN DI DALAMNYA TERDAPAT KELEMAHANNYA. KARENA HANYA AIR MATA IBULAH YANG DAPAT MELULUHKAN SEGALA SESUATU YANG AWALNYA MENGERAS. SEPERTI SINAR MATAHARI YANG DAPAT MENCAIRKAN ES LEBIH CEPAT.

    ReplyDelete
  44. inyong dadi kelingan karo mboke nyong kih...
    ceritanya sangat menyentuh nih...ijin ku kopi untuk blog ku ya...trims

    ReplyDelete
  45. tapi di dunia ini,
    gak semua wanita bisa jadi ibu yang sebaik itu..

    ReplyDelete
  46. sungguh membuat phonank terharu...

    mama ku mana yah..? pengen peluk mama,, T_T

    phonank boleh Bandel,, tp hati tetap Pink

    ReplyDelete
  47. jadi kangen ama emak yang lagih pulkam

    ReplyDelete
  48. Semoga ibu kita jangan menagis....selalu bahagia...amin

    ReplyDelete
  49. amin2...sayangi orang tua selagi mereka masih ada..jangan nyesal ketika mereka sudah tidak ada :(

    ReplyDelete
  50. Air termahal adalah air mata ibu, hingga akhir hayat pun tak akan sanggup kita menebusnya apalagi membelinya.

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.