Wednesday, December 16, 2009

Tanya Jawab dengan Al Quran

Pernah merasa marah menghadapi sebuah masalah? merasa putus asa... merasa gak kuat lagi menjalaninya, merasa sendirian dan tak seorangpun yang sanggup meringankan beban kita?? Pernah protes keras kenapa hidup terasa begitu jahat?? pasti pernah kan???

Segala pertanyaan yang ada di kepala ketika kita merasa resah, galau, putus asa dan gak berdaya, ternyata sudah ada jawabnya. Yup, bener banget, jawabannya semua sudah ada di Quran. coba lihat, yang mana pertanyaanmu.... atau mana yang pernah jadi pertanyaanmu. Quran sudah menjawabnya.

Autumn by Greg Booher




Why me? Kenapa harus aku yang mengalaminya???
Apakah manusia mengira bahwa nereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman”, dan mereka tidak diuji? Dan sungguh, Kami tekah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta. (Al-Ankabut 2-3)


Aku sudah menyiapkan rencana yang begitu matang untuk masa depanku. Kenapa kemudian semuanya buyar gitu aja? Gagal dengan sejap??
… Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al Baqarah 216)


Gak kuat rasanya!!! Semalam kepalaku sakit sekali hanya karena memikirkan masalah ini saja! That’s it, sudah cukup!.
Allah tidak membebani seseorang melainkan dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. Mereka (berdoa). “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami,janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, jangan Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir”. (Al Baqarah 286)


Aku stress, depresi, frustasi… mikirin masalah ini.
Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman (Ali Imron 139)


Aku merasa sendirian, gak ada yang bisa bantu. Gak ada yang mengerti masalahku.
Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk (Al Baqarah 45)


Aku gak tau harus gimana lagi…
Cukupkanlah Allah bagiku, tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung. (At Taubah 129)


Nyerah aja deh, mampus aja sekalian… there’s nothing to do. mo gimana lagi??
…dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah hanyalah orang-orang kafir (Yusuf 87)



Special buat Temanku nun jauh disana, yang sedang kalut dan sakit kepalanya sampe harus minum 2 butir panadol. semoga bisa sabar, semoga bisa ikhlas, pasti dapat yang lebih baik dan lebih banyak... karena kamulah tumpuan harapan mereka. be strong ya...

46 comments:

  1. *bengong*

    Memang betul itu Elsa, aku kagum, melihat hamba Tuhan yang beriman seperti Elsa. :)
    Thumbs up.

    ReplyDelete
  2. Dan, jawaban-jawaban itu tepat sekaliiiiii..!

    Keren.

    Tuhan memang sudah menciptakan kitab suci agama kita, untuk menjawab pertanyaan manusia2 yang kurang sabar ya....

    (gek salah satunya.. )

    ReplyDelete
  3. Kalau di agama gek, namanya
    Bagawad Gita
    Kalo punya masalah, kerjaannya baca itu, rasanya hilang semua masalahnya, sudah dijawab oleh Tuhan..

    Ajaib.. :)

    ReplyDelete
  4. Al Qur'an memang kitab suci penjawab segala problema... postingannya sangat bermanfaat, tq 4 sharing :)

    ReplyDelete
  5. saluuuut,,,,,,mantaps pokoknya....

    ReplyDelete
  6. Sungguh telah diturunkan sebuah kitab suci untuk menyelesaikan permasalahan kecil maupun besar baik di masa lalu, masa kini dan di masa depan untuk kita. Subhanallah.

    ReplyDelete
  7. Met malam, mbak Elsa. sehat wal afiat aja kan? Sesekali mampir jug adong di kedai kopiku. Banyak teman di kedai kopi juga suka diskusi seputar Islam.

    ReplyDelete
  8. ehm.... ternyata begitu ya.... saya baru tahu... makasih ya... ternyata Tuhan memang tidak pernah membiarkan umatnya kebingungan,....

    ReplyDelete
  9. Itulah Qur'an, kitab yang memuat pesan-pesan partikular sekaligus universal. Di dalamnya tersimpan mutiara-nutiara yang indah berkilauan....

    ReplyDelete
  10. Subhanallah tida kesempurnan keculi milik sang pecipta alam dan isinya dan tuhan telah menurunkan kitab suci kepada umatnya di dunia ini dan didalam ajaran kitab suci selalu menjawab atau menyelesaikan segala problema umat NYA

    ReplyDelete
  11. bismillah..
    makasih pencerahannya...

    ReplyDelete
  12. Setujuuuuuuuuuuuuuu...wah musti rajin baca Alquran terjemahan ni skarang..^^

    ReplyDelete
  13. Yup, bener banget mba Elsa..
    Al-Qur'an berisi petunjuk yang lengkap tentang hidup bagi manusia..
    Tinggal kita sendiri yang berusaha meresapi kalimat-kalimat yang luar biasa indah itu...
    Buat teman mba Elsa, moga bisa tabah ya...
    Thanks for sharing... :)

    ReplyDelete
  14. Sebuah pencerahan yang tepat, Els. Memang segala pertanyaan dan masalah yang terjadi akan dapat diselesaikan dengan kembali pada Allah. Al-Quran adalah solusi terbaik, kita hanya tinggal mengikhlaskan saja untuk mau berjalan di rel-nya.

    ReplyDelete
  15. semua permasalahan manusia ada jawabannya di dalam Al-Qur'an
    cuma...
    manusia banyak yang tidak mau tahu akan hal itu
    tengkyu telah ber-sharing

    ReplyDelete
  16. more than words can say, terima kasih, my Autumn.

    ReplyDelete
  17. bner mba.. wktu aku dket ama al-qur'an bnyak nemuin bahwa banyak inti dari kisah yang terjadi, ada d situ, subhanallah

    ReplyDelete
  18. pembahasan masalh dg Al-Quran....

    mngkin itu rahasia wanita cantik berkrudung yg mab' dapatkan...
    slalu mengukir masalah dg senyuman....

    ReplyDelete
  19. bahkan untuk pertanyaan yang kita sendiri masih bertanya adakah pertanyaan atau permasalah seperti itu, Al Quran sudah menyiapkan jawabannya. Subhanallah!

    ReplyDelete
  20. yup, semua tuntunan hidup yg kita butuhkan sdh lengkap ada di dlmnya.. baik hidup di dunia mopun akherat nanti..
    membacanya bagi sebagian org adalah mudah, tapi bagi banyak org msh terasa sulit dlm mengurai dan memahaminya, utk kemudian mengejawantahkannya dlm keseharian kita..

    nice posting.. :)
    makasih utk pencerahannya..

    ReplyDelete
  21. wah,, mbak elsa ini hebat...

    ck..ck..ck...

    bs mengaplikasikan al quran...
    salut aq...

    kdng aq masih bngung (gak mudeng) maksudte opo...

    he..he..

    ReplyDelete
  22. pernah pastinya mba..

    cuma balik lagi semua masalah itu sebaiknya diserahkan lagi pada yang Mpunya..

    jadi pasrah dan tawakal aja..insyallah hati lebih tenang habis ituh

    ReplyDelete
  23. Lengkap sekali mbak uraiannya
    buat mbak Elsa salut !!

    ReplyDelete
  24. Pastinya, kitab suci adalah tuntunan yang harus dipercaya dan terbaik

    ReplyDelete
  25. kenapa harus bingung..toh semua masalah ada jalan keluarnya.
    sakit apapun aja ada obatnya kecuali tua dan mati,lantas apa yang dirisaukan!! khan hidup ini cuman ada dua pilihan surga vs neraka, gagal vs berhasil, sabar vs marah lantas apa lagi...

    hidup itu ibarat orang yang berangkat kemedan tempur kalau nggak kalah yach menang tapi harus penuh perhitungan siapkan dulu diri kamu perbekali dengan ilmu jika tidak punya ilmu kehidupan akan mudah menghancurkan mu.

    ReplyDelete
  26. Maha Benar Allah dengan sgala Firman-Nya

    ReplyDelete
  27. Mba Elsa, terima kasih udah mengingatkan.
    Ada kan ayatnya, apa ya tepatnya?
    Yang tentang harus saling mengingatkan dalam kebaikan.
    Semoga mba dapat pahala karena sudah mengingatkan :D

    ReplyDelete
  28. Allah Maha tahu dan maha melihat ya.. semua yang terjadi pasti ada alasan dibaliknya..

    ReplyDelete
  29. Kalau sdh jadi pejuang IKHLAS Insya Allah semua masalah pasti bisa dipetik hikmahnya, kuncinya adalah bgm qta bisa menghandle diri qta sendiri dan hasil akhir dari suatu usaha serahkan kepada ALLAH saja.

    ReplyDelete
  30. Iyah,,,,

    Sgala macam pertanyaan 'n masalah idup sebenernya Uda ada pada Al-Quran!

    coz Al-Quran tu diciptakan sebagai kamus di dalam kehidupan!

    ReplyDelete
  31. "yakinilah bahwa Al Qur'an dapat menjernihkan hati & melembutkan prilaku manusia" (QS Az zumar 23)

    Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

    SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1431 H

    ReplyDelete
  32. Memang kita diperinthakan untuk baca ayat2 Allah "Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan"
    subhanallah i'm so like this..

    saya follow mbak

    ReplyDelete
  33. makasih ya mbak,, abis baca etha jadi semakin kuat ^^

    ReplyDelete
  34. well, udah lama ga pegang Al Quran... di rumahku skarang aja ga ada Al Quran, ternyata udah jauh banget

    ReplyDelete
  35. i love al qur'an n aq dukung kamu sepenuhnya......semangat elsa......kami ada untukmu...terus perjuangkan eksistensi al qur'an

    ReplyDelete
  36. mbak... mantap nian mbak postingannya... ijin kopas ya.. ok mbak???

    ReplyDelete
  37. trima kasih ilmunya sahabat......

    ReplyDelete
  38. nambaah satu ayaat lagi mbak.. *senengane melu2* my favorite ayat nih.. Al Baqarah 186.. cekidot aja ya.. :p

    ReplyDelete
  39. berkunjung siang2 mba
    mo cari es degan

    ReplyDelete
  40. Alhamdulillah, sambil blogwalking dapet lagi 1 artikel yg memberi pencerahan.

    Bagus, Elsa... ^^
    moga kita senantiasa diberi hidayahNya, agar selalu ingat padaNya..

    ReplyDelete
  41. Mbak Elsaaaa...Makasih banyak ya postingannya mencerahkan hatiii.... *hug*

    ReplyDelete

jangan lupa baca Basmalah sebelum komen...
"Bismillahirrahmanirrahiiiiiiim......"

and please, ANONYMOUS is not allowed.